silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
NAMA: ASNADA MILLATA CHANIFA
NIM: 857780623
Di dalam video yang yang pertama yang berjudul “anak sulit berimajinasi saat menggambar” Berisikan tips untuk menggali ide seorang anak, yaitu dengan cara:
1.membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya dan membebaskan anak berkreativitas
2.mengajak anak keluar halaman untuk melihat apa saja yg ada di halaman sekolah
3.menyuruh anak menceritakan apa yang di gambar anak
nama: asnada millata chanifa
nim 857780623
Di dalam video yang yang pertama yang berjudul “anak sulit berimajinasi saat menggambar” Berisikan tips untuk menggali ide seorang anak, yaitu dengab cara:
1.membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya dan membebaskan anak berkreativitas
2.mengajak anak keluar halaman untuk melihat apa saja yg ada di halaman sekolah
3.menyuruh anak menceritakan apa yang di gambar anak
Di dalam Video yang ditampilkan mengenai imajinasi dalam menggambar, ada beberapa cara untuk mengembangkan daya imajinasi anak dalam menggambar antara lain :
1. memberikan kebebasan untuk menuangkan ide ide kreatif untuk menciptakan suatu gambaran
2. memberikan pengalaman-pengalaman nyata seperti di ajak jalan -jalan disekitar sekolahan. dari situ anak-anak mampu mengamati dan melihat keadaan disekitarnya. dan disisi lain juga guru mangajak anak berkomunikasi dan memberi tahu apa yang dilihat sekarang.
3. guru memberikan fasilitas untuk membantu anak-anak dalam menuangkan ide supaya anak mampu berkreatif untuk menggambarnya. dan memberikan media-media yang mendukung daya imajinasinnya .
4. anak-anak mampu menceritakan kembali apa yang dilihat saat jalan-jalan di luar sekolah
5. guru mampu memberikan apresiasi kepada anak-anak, supaya anak dalam pengembangan mampu untuk mengembangkan percaya diri dalam menyampaikan pendapat.
Nama :Dewi Shofiah
Nim: 856600563
Jurusan :S1 PGPAUD
Upbjj : Jambi
Pada video diatas dengan judul :Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Guru PAUD menunjukkan tentang menstimulasi imajinasi pada anak, dengan kegiatan menggambar.
-dengan menjelaskan beberapa strategi yang sudah diterapkan dengan memberikan kebebasan pada anak, untuk menggambar sesuai imajinasinya, anak dapat menggambar yang diinginkan.
– dengan mengajak anak keluar kelas supaya dapat mengamati dilingkungan sekolah, agar anak mendapatkan pengalaman yang luas.
Dengan anak bercerita dan menggambarkan hasil temuan, untuk membangun kepercayaan diri pada anak supaya dapat berekspresi.
-guru menyediakan berbagai macam alat dan media pada gambar untuk menarik hati anak supaya dapat berekspresi.
-memberikan semangat pada anak untuk menggambar yang ada di pikirannya.
UniversitP45561upaten Buleleng Singaraja Bali
rodi : PGPAUDas Terbuka KabNama : Gusti Agung Ayu Indrayani
NIM : 8590
Dalam video diatas sangat bermanfaat sebagai sumber pembelajaran bagi guru PAUD karena memberikan gambaran nyata tentang kenyataan yang di hadapi oleh anak dalam berimajinasi saat belajar menggambar dan bagaimana guru dapat memberikan stimulasi yang tepat. Ada beberapa saran pengembangan kognitif anak dari video diatas, antara lain :
– Memberikan kegiatan menggambar bebas dan memberikan kebebasan untuk dapat mengekspresikan ide dan imajinasi tanpa
tekanan hasil yang sempurna.
– Mengintregasikan metode pembelajaran seperti eksperimen warna untuk dapat memperluas pengalaman dan stimulasi kognitif
anak.
– Menggunakan metode pengajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Pendapat saya tentang manfaat dari guru pintar online tersebut sangatlah bermanfaat bagi guru PAUD karena, membantu guru untuk memahami pentingnya memberikan ruang kebebasan berekspresi pada anak agar p
Alasan video diatas, Agar video ini akan menjadi media pembelajatan yang relevan dan efektif, untuk dapat mendukung tugas guru PAUD dalam mengembangkan aspek kognitif anak, yang khususnya dalam hal imajinasi dan kreativitas.erkembangan kognitif dan kreativitasnya lebih optimal.
Nama : Agisna Mirahmatillah
Nim : 859662886
berdasrkan video di atas , saya setuju memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar akan membuka ruang untuk anak dapat mengembangkan kemampuan berimajinasinya , adapun memeperlihatkan objek dengan bentuk yang kongkret kepada anak dapat membantu menginspirasi apa yang anak bayangkan dengan melihat lingkungan nya secara langsung akan lebih mudah untuk anak menemukan inspirasinya dalam berimajinasi.
menegmbangkan imajinasi juga bisa dilakukan melalui cerita , seperti pada video di atas setelah mengeksplor lingkungan sekitar anak diminta untuk bercerita untuk mengembangkan imajinasinya
Nama : Gusti Agung Ayu Indrayani
NIM : 859045561
Prodi : PGPAUD
Universitas Terbuka Kabupaten Buleleng Singaraja Bali
Dalam video diatas sangat bermanfaat sebagai sumber pembelajaran bagi guru PAUD karena memberikan gambaran nyata tentang kenyataan yang dihadapi oleh anak dalam berimajinasi saat belajar menggambar dan bagaiman guru dapat memberikan stimulasi yang tepat. Ada beberapa saran pengembangan kognitif anak dari video di atas, antara lain :
– Memberikan kegiatan menggambar bebas dan memberikan kebebasan untuk dapat mengekspresikan ide dan imajinasi tanpa tekanan hasil yang sempurna.
-Mengintregasikan metode pembelajaran seperti eksperimen warna untuk dapat memperluas pengalaman dan stimulasi kognitif anak.
-Menggunakan metode pengajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Pendapat saya tentang manfaat dari guru pintar online tersebut sangatlah bermanfaat bagi guru PAUD karena, membantu guru untuk memahami pentingnya memberikan ruang kebebasan pada anak agar perkembangan kognitif dan kreativitasnya lebih optimal.
terimakasih
Nama: Alivia Agda
NIM: 877556768
UPBJJ: Padang
Matkul: Pemantapan Kemampuan Mengajar
Menurut pendapat saya, Dalam video tersebut guru telah bagaimana cara supaya anak tersebut percaya diri yang ada di gambar tersebut
Maka seorang guru ketika seorang anak tidak percaya diri maka guru tersebut memberi motivasi supaya anak tersebut tidak canggung dengan dirinya sendiri dan pede pada gambar yang telah dibuatnya, ketika anak tersebut tidak bisa menggambar maka tugas seorang guru adalah menolongnya supaya anak tersebut bisa menggambar dengan sendirinya
5.Nama: Andar Yuli Amiyati
NIM : 858003181
Prodi : S1 PGPAUD
UPBJJ : Yogyakarta
Video ini menunjukkan strategi yang menarik untuk membantu anak-anak mengembangkan imajinasi dalam menggambar.Guru menggunakan pendekatan yang realistis dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah.Anak-anak mendapatkan Pengalaman langsung dengan mengamati objek di lingkungan sekitar sekolah, memberikan anak-anak pengalaman konkret yang dapat mereka gunakan dalam menggambar,hal itu juga bisa merangsang imajinasi anak-anak,Membangkitkan rasa ingin tahu: Pertanyaan guru “Apa saja yang sudah dilihat di luar kelas tadi?”berhasil membangkitkan rasa ingin tahu anak-anak dan mendorong mereka untuk mengungkapkan apa yang mereka amati.
Teknik ini membantu anak-anak menghubungkan imajinasi mereka dengan realitas.
Masukan dan Saran saya untuk vidio ini:
1. Berikan contoh gambar yang beragam: Guru bisa memberikan contoh gambar yang beragam, misalnya, mengambar hewan, benda, atau orang. (di vidio Guru hanya memberikan 1 contoh gambar pemandangan sehingga kurang merangsang imajinasi anak).
2. Berikan arahan yang lebih spesifik: Setelah anak-anak melihat objek di luar kelas, guru bisa memberikan arahan yang lebih spesifik untuk membantu mereka mengembangkan ide gambar, misalnya, “Siapa yang ingin menggambar pohon? Bagaimana cara menggambar daunnya? Ada berapa warna yang bisa digunakan?”
3. Gunakan teknik yang lebih menarik: Guru bisa menggunakan teknik yang lebih menarik untuk merangsang imajinasi anak-anak, misalnya, meminta mereka untuk menggambar mimpi mereka, menggambar cerita yang mereka dengar, atau menggambar dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa.
Terimakasih Video tersebut membantu saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru tentang pengembangan kognitif anak usia dini.
Nama : Rafiqah Syaihany Maarif
NIM : 859405133
Berdasarkan video diatas, video ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan pengalaman saya saat mengajar anak usia 5 tahun. Saat kegiatan menggambar bebas banyak anak yang bingung dan hanya membuat coretan yang sama atau meniru gambar temannya. Setelah saya mencoba teknik finger painting menggunakan cat warna, anak anak jadi lebih tertarik dan berani mengekspresikan ide mereka sendiri. Mereka menggambar bentuk seperti pelangi, bunga, bahkan monster sesuai dari imajinasi mereka tanpa takut salah. Teknik ini sangan efektif untuk merangsang kreatifitas dan video ini semakin menguatkan saya untuk terus memberikan stimulasi yang variatif dalam kegiatan menggambar.
Terimakasih