silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Windi Sumarsih
NIM : 858464729
Prodi : PAUD
UPBJJ-UT : Samarinda
Assalamualaikum warhmatullah wabarakatuh,,
ijinkan sy menanggapi dan merefleksi vidio tersebut sesuai dengan perintah tugas yang diberikan tutor
Setelah saya melihat dan mengamati vidio tersebut, Vidio ini menunjukan mengapa anak-anak pada usia dini tidak dapat menggambar sesuai dengan imajinasinya dan kebanyakan anak-anak hanya meniru dan memodifikasi gambar yang sudah mereka lihat sebelumnya karena mereka belum terbiasa menuangkan idenya sendiri. Hal ini menunjukan kurangnya dorongan kepada anak untuk dapat melakukan aktivitas kreatif dalam menggambar.
Solusi yang diberikan oleh guru pada vidio tersebut sangat efektif sehingga anak-anak memiliki gambaran secara langsung mengenai informasi yang mereka amati,sehingga memudahkan anak-anak untuk menuangkan ide kreatifnya
Sebagai guru saya belajar bahwa memberikan kebebasanide anak-anak berimajinasi dan menuangkan gagasan mereka di atas kertas gambar akan sangat berkontribusi dalam menumbuhkan ide-ide kreatif anak. Sebuah imajinasi yang perlu bimbingan serta pengetahuan dan memberikan cukup banyak contoh yang beragam tidak terlalu baku memberi beragam dan memberi contoh gambar — cenderung memberikan lebih banyak yang tidak standar. Pendekatan semacam ini apabila diterapkan pada anak didik akan semakin melibatkan mereka ke dalam proses pembelajaran.
Demikian trimakasih
Nama : Naiz Durotul Lana
NIM : 857698917
Dalam kasus seperti ini saya sebagai guru didik juga pernah mengalami. Anak diminta berimajinasi menggambar bebas tetapi mengikuti contoh gambar yang dibuat oleh guru, ada juga yang mencontoh gambar punya temannya, ada juga yang minta saran “bu aku gambar apa ya ? Aku bingung” “bu aku mau gambar pesawat tapi gak bisa” pertanyaan pertanyaan seperti itu muncul ketika mereka bingung dengan apa yang harus mereka gambar. Dari video di atas guru melakukan perbaikan dengan menggali imajinasi anak dengan memperlihatkan lingkungan diluar kelas, sehingga anak bisa melihat dan berfikir bahwa ternyata banyak gambar-gambar yang mereka bisa buat dan memunculkan imajinasi mereka
Nama : Amirotussuflah
nim : 878368535
Saya merasa video ini sangat relevan dengan kondisi pembelajaran di lapangan saat ini. Banyak anak mengalami kesulitan saat diminta menggambar secara bebas karena terbiasa dengan pola meniru atau mengandalkan contoh. Hal ini menunjukkan bahwa daya imajinasi anak belum terbentuk secara optimal, dan salah satu penyebabnya adalah kurangnya stimulasi dari lingkungan serta pendekatan pembelajaran yang terlalu berorientasi pada hasil.
Sebagai guru, saya menyadari pentingnya menciptakan ruang aman dan bebas untuk anak mengekspresikan ide melalui gambar. Tidak semua anak harus menggambar dengan indah, tetapi setiap anak harus diberi kesempatan untuk menuangkan isi pikirannya secara bebas dan tanpa takut dikritik. Saya juga setuju bahwa guru perlu menghindari memberikan contoh jadi secara terus-menerus, karena ini dapat membatasi kreativitas anak.
Video ini memberikan pelajaran berharga bahwa kita perlu menanamkan nilai bahwa proses berpikir kreatif lebih penting daripada hasil akhir gambar. Saya akan berusaha menerapkan strategi-strategi seperti bercerita melalui gambar, menggunakan media beragam, dan memberi pujian atas usaha anak, bukan hanya hasilnya.
Nama : Neng Imas Faridah
Nim : 857470482
Pada video tersebut guru sedang menjelaskan tentang bagaimana menstimulasi imajinasi anak dalam kegiatan menggambar. Dalam video tersebut juga sudah dijelaskan tentang beberapa tips untuk menggali ide imajinasi anak, diantaranya adalah:
1. Membebaskan anak menggambar sesuai dengan imajinasinya
2. Mengajak anak keluar kelas untuk melihat halaman sekolah untuk melihat benda-benda yang nyata yang ada di halaman sekolah
3. Guru meminta anak untuk menceritakan kembali tentang apa yang telah mereka lihat dihalaman sekolah
4. Guru melakukan tanya jawab tentang hasil karya anak
Jangan lupa kita sebagai guru harus memberikan apresiasi terhadap hasil karya anak, agar anak-anak lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Nama : Mei Alya Sonata Tumanggor
NIM : 859802638
hal yang dapat saya simpulkan dari Video pembelajaran diatas adalah bahwa membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi dan minat mereka dapat membantu menggali kreativitas dan imajinasi anak. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif. Guru dapat memfasilitasi hal ini dengan mengajak anak ke lingkungan sekitar dan memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja.
Terimakasih
Nama : Mei Alya Sonata Tumanggor
NIM : 859802638
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari Video diatas adalah bahwa membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi dan minat mereka dapat membantu menggali kreativitas dan imajinasi anak. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif. Guru dapat memfasilitasi hal ini dengan mengajak anak ke lingkungan sekitar dan memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja.
Terimakasih
Nama : Aas Ariska
Nim : 858098766
Dalam video diatas tentunya tidak heran lagi Ketika mengajar paud kita sering menemukan anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar dan biasanya itu terjadi karena anak sulit untuk berkonsentrasi pada suatu kegiatan dan anak tidak diberikan kebebasan untuk menuangkan ide kreatifnya sehingga ia menjadi sulit untuk berimajinasi. Terkadang juga sering meniru gambar temannya dan juga sering meminta untuk dibuatkan. Di dalam video diatas menunjukkan bagaimana cara guru mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar dengan mengaja anak – anak untuk menjelajah keluar kelas sehingga mereka dapat mengeksplorasi dunia luar.
Nama : Neng Imas Faridah
Nim : 857470482
Pada video tersebut guru sedang menjelaskan tentang bagaimana menstimulasi imajinasi anak dalam kegiatan menggambar. Dalam video tersebut juga sudah dijelaskan tentang beberapa tips untuk menggali ide imajinasi anak, diantaranya adalah:
1. Membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya
2. Guru mengajak anak keluar kelas untuk melihat halaman sekolah untuk melihat secara langsung benda-benda yang nyata yang ada dihalaman sekolah
3. Guru meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang telah anak-anak lihat yang ada dihalaman sekolah
4. Guru melakukan tanya jawab kepada anak tentang hasil karya yang telah mereka buat
Kita juga sebagai guru jangan lupa memberikan apresiasi terhadap hasil karya yang telah anak buat supaya anak lebih bersemangat lagi dalam belajar.
Terimakasih
Assalamualaikum wr wb
Nama : Susan Miswati
Nim : 857529838
Video yang saya tonton diatas sangat membantu saya untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi dengan cara menggambar. Dimana anak dibebaskan berkreasi sendiri menggambar sesuai minatnya. Dapat juga di ajak keluar kelas agar anak dapat melihat objek secara langsung untuk menambah stimulus imajinasi nya dalam melihat objek secara langsung agar anak dapat menggambar dengan imajinasi yang ia dapat. Setelah itu anak diminta untuk menceritakan apa yang di gambar nya, latihan atau kegiatan tersebut dapat membantu mengembangkan aspek kognitif nya.
NAMA : DINCE SAHURINA
NIM : 856765341
PRODI : S1 PGPAUD
Berdasarkan video pada GPO yang saya tonton terdapat seorang guru dan anak-anak didiknya sedang melakukan kegiatan menggambar, sebelum memulai kegiatan menggambar guru sudah memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, serta memberikan contoh gambaran seperti menggambar pemandangan. Setelah ibu guru tersebut membagikan kertas menggambar, anak-anak mulai menggambar, kemudian guru meminta anak untuk mengumpulkan hasil karya yang dibuat, setelah itu guru mengecek hasil karya anak yang mana terdapat ada 3 anak yaitu queena, najwa, dan calvin yang hasil karyanya sama, yaitu sama-sama menggambar pemandangan sesuai dengan contoh yang diberikan guru tersebut. Melihat hal itu guru kemudian memberikan motivasi dan strategi kepada anak, agar anak dapat mengembangkan aspek kognitifnya yaitu dapat berimajinasi pada saat menggambar. Hal yang dilakukan guru tersebut yaitu dengan cara guru memfasilitasi anak mengajak anak-anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya yaitu halaman sekolah, serta memberikan kebebasan pada anak untuk melihat apa saja yang ada disekitar mereka, kemudian guru meminta anak untuk menceritakan apa yang mereka lihat dan mereka alami selama eskplorasi dihalaman sekolah, dari kegiatan yang diberikan guru tersebut tidak hanya dapat memberikan motivasi pada anak untuk meningkatkan imajinasi anak pada saat menggambar, tetapi juga membantu perkembangan aspek Bahasa anak pada saat guru bertanya hal apa yang mereka lihat dan mereka alami.