silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
nama :Dewi yuliyanti
Nim :857268905
memberikan kebebasan dan mengajarkan anak untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan itu sangat baik untuk mengatasi kesulitan dalam berpikir kreativ pada anak, dengan hal ini anak dapat mengetahui minat dan bakatnya sendiri dengan adanya guru sebagai fasilitator yang mendorong anak menggambar sesuai imajinasi mereka masing-masing dan membuat anak lebih percaya diri denganhasil karyanya.
Nama : Robiatul Adawiyah
Nim : 859678025
Dari vidio di atas dapat saya simpulkan bahwa imajinasi anak akan mhncul ketika anak
diajak langsung untuk meneliti beberapa keadaan di lingkungan sekitar sekolah
Nama : yuli yani
Nim : 859670719
Kesimpulan yang saya ambil dari vidio yang sudah saya lihat di atas adalah membebaskan anak ketika menggambar itu sangat bagus karna anak nanti bisa berimajinasi lebih luas dan bisa menggali kreativitas nya dan guru juga harus bisa mengajak anak ke lingkungan sekitar dan membebaskan pada anak untuk menggambar apa yang mereka lihat dan mereka inginkan
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama : Sania Oktaviani
NIM : 857528227
Judul video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Berdasarkan video yang saya tonton diatas video tersebut tentang cara bagaimana agar anak bisa menggali imajinasinya untuk menggambar bebas dan untuk merangsang kreatifitas anak agar bisa mengekspresikan ide dan imajinasinya. Setelah anak bisa berimajinasi dan mengekspresikan ide atau perasaannya anak-anak dapat bercerita juga tentang apa yang telah digambarnya dengan itu dapat mengembangkan kognitif anak. Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya dan juga menambah wawasan saya, dengan video ini semakin menguatkan saya untuk melakukan pembelajaran dengan stimulasi yang variatif dalam kegiatan menggambar bebas.
Sekian, terimakasih 🙏🏻
Nama : Yunita
NIM : 859665921
Pembelajaran yang dapat saya tangkap setelah melihat video pembelajaran “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar” adalah bahwa sebagai guru kita harus memiliki cara untuk mengatasi anak yang kesulitan dalam pembelajaran, salah satunya seperti contoh di atas yaitu dengan memberi kebebasan anak untuk melihat banyak objek untuk di gambar, sehingga muncul imajinasi dalam pikiran mereka.
vidio dengan judul anak sulit berimajinasi saat menggambar:cara penyampaian dalam vidio tersebut mudah di pahami dan sangat jelas dalam penyampaian materinya, kita dapat mempelajari cara agar anak menemukan imajinasinya dengan mengajak anak melihat pemandangan sekitar sekolah dan anak di minta untuk menyebutkan apa yang ada di halaman sekolah tersebut dan meminta anak untuk menggambar nya kembali.
Nama: siti ika Irawati
Nim : 859681173
Video pembelajaran tentang mengatasi permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini : anak sulit berimajinasi saat menggambar ” Sangat relevan dan penting.
1.pentingnya stimulasi kreatifitas, untuk mengembangkan imajinasi anak. Anak2 sering kali membutuhkan contoh konkret tentang bagaimana guru atau orang tua dapat membantu.
2.metode interaktif, penggunaan metode ini, seperti permainan, diskusi, dan aktivitas kelompok, sangat efektif dalam menarik perhatian anak dapat dilakukan dengan cara menyenangkan.
3.dukungan emosional, dukungan dari orang dewasa. Pujian dan dorongan positif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, yang sangat penting untuk mendorong mereka berani berimajinasi dan mengekspresikan diri.
Secara keseluruhan video ini memberikan panduan yang berguna bagi pendidik dan orang tua dalam membantu anak-anak mengatasi kesulitan berimajinasi. Dengan pendekatan yang tepat, anak-anak dapat belajar untuk mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik dan mengembangkan kreativitas yang akan bermanfaat sepanjang hidup mereka.
Di dalam video menggambarkan strategi guru dalam mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.
Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat mereka dan mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar.
Pendekatan ini efektif dalam merangsang imajinasi anak, karena mereka dapat menggambar berdasarkan apa yang mereka lihat secara langsung.
Terimakasih untuk paparan video yang telah disampaikan.
Nama : Ana Puji Lestari
NIM : 857875286
UPJJ : UT Surakarta
Di dalam video menggambarkan strategi guru dalam mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.
Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat mereka dan mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar.
Pendekatan ini efektif dalam merangsang imajinasi anak, karena mereka dapat menggambar berdasarkan apa yang mereka lihat secara langsung.
Nama Tika
NIM 85610 228
dari video di atas menurut saya menjadi seorang guru kita bisa memahami keinginan anak dan kita bisa menerima ap saja yg mau di lakukan ank dan langkah2 untuk anak berimajinasi Berikut beberapa komentar positif yang dapat membantu meningkatkan kreativitas anak:
1. “Wah, ibu suka sekali gambarnya! Apa yang menginspirasi kamu membuat gambar ini?”
2. “Kamu memiliki ide yang sangat kreatif! Teruslah berimajinasi dan menggambar.”
3.”Kamu memiliki bakat menggambar yang luar biasa! Teruslah berlatih dan bereksperimen.”
Untuk membantu anak mengembangkan imajinasi saat menggambar
1. Memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja.
2. Menyediakan berbagai bahan dan alat menggambar.
3. Mengajukan pertanyaan terbuka untuk memicu ide.
4. Mendorong anak untuk menggambar dari pengalaman atau cerita.
5. Menampilkan karya seni yang beragam untuk inspirasi.
Bagaimana Anda ingin membantu anak mengembangkan kreativitasnya?