silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Sukma Wati
    NIM : 858317921

    video yang ditampilkan sangat relevan dengan apa yang biasanya terjadi di kelas saya mengajar. anak terkadang tidak bebas berekspresi dan hanya terpaku pada gambar-gambar tertentu saja. dengan ini, guru dapat memberikan fasilitas kepada anak dengan mengajak anak ke luar ruangan seperti taman bermain atau taman bunga di samping sekolah untuk lebih mengasah lagi imajinasi anak dalam menggambar.

  2. Dalam video tersebut terlihat anak-anak merasa antusias ketika guru memberikan tugas menggambar bebas akan tetapi guru tersebut tidak memberikan penjelasan yang tepat kepada anak-anak tentang menggambar bebas tersebut.Menurut saya kelemahan guru dalam video tersebut guru tidak memberikan contoh gambar yang lain sehingga anak – anak hanya meniru gambar yang dicontohkan oleh guru tersebut.Seharusnya guru sebelum memberikan tugas menggambar bebas, anak – anak terlebih dahulu diajak ke halaman sekolah untuk menumbuhkan imajinasi anak. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut, Guru menjelaskan dengan bahasa yang mudah difahami anak,Guru selalu mendampingi anak dan mengarahkan anak menggambar.
    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru dari tayangan video tersebut, Seharusnya guru mengajak anak – anak untuk pergi ke halaman sekolah terlebih dahulu sebelum anak di tugaskan untuk menggambar sehingga anak bisa berimajinasi tentag apa yang mereka lihat tetapi dalam video tersebut malah sebaliknya. Selain guru menyebutkan gambar seharusnya guru juga menyertakan gambar untuk memancing imajinasi anak.

  3. NAMA : IZAH HADIZAH
    NIMDalam video tersebut terlihat anak-anak merasa antusias ketika guru memberikan tugas menggambar bebas akan tetapi guru tersebut tidak memberkan penjelasan yang tepat kepada anak-anak tentang menggambar bebas tersebut.Menurut saya kelemahan guru dalam video tersebut guru tidak memberikan contoh gambar yang lain sehingga anak – anak hanya meniru gambar yang dicontohkan oleh guru tersebut.Seharusnya guru sebelum memberikan tugas menggambar bebas, anak – anak terlebih dahulu diajak ke halaman sekolah untuk menumbuhkan imajinasi anak. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut, Guru menjelaskan dengan bahasa yang mudah difahami anak,Guru selalu mendampingi anak dan mengarahkan anak menggambar.
    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru dari tayangan video tersebut, Seharusnya guru mengajak anak – anak untuk pergi ke halaman sekolah terlebih dahulu sebelum anak di tugaskan untuk menggambar sehingga anak bisa berimajinasi tentag apa yang mereka lihat tetapi dalam video tersebut malah sebaliknya. Selain guru menyebutkan gambar seharusnya guru juga menyertakan gambar untuk memancing imajinasi anak.

  4. NAMA : IZAH HADIZAH
    NIM : 857435639
    Dalam video tersebut terlihat anak-anak merasa antusias ketika guru memberikan tugas menggambar bebas akan tetapi guru tersebut tidak memberkan penjelasan yang tepat kepada anak-anak tentang menggambar bebas tersebut.Menurut saya kelemahan guru dalam video tersebut guru tidak memberikan contoh gambar yang lain sehingga anak – anak hanya meniru gambar yang dicontohkan oleh guru tersebut.Seharusnya guru sebelum memberikan tugas menggambar bebas, anak – anak terlebih dahulu diajak ke halaman sekolah untuk menumbuhkan imajinasi anak. kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut, Guru menjelaskan dengan bahasa yang mudah difahami anak,Guru selalu mendampingi anak dan mengarahkan anak menggambar.
    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru dari tayangan video tersebut, Seharusnya guru mengajak anak – anak untuk pergi ke halaman sekolah terlebih dahulu sebelum anak di tugaskan untuk menggambar sehingga anak bisa berimajinasi tentag apa yang mereka lihat tetapi dalam video tersebut malah sebaliknya. Selain guru menyebutkan gambar seharusnya guru juga menyertakan gambar untuk memancing imajinasi anak.

  5. NAMA : VENI NORMAZALIANTI
    NIM : 877674407
    Kesimpulan : setelah saya mengamati video diatas, cara tersebut efektif dalam membantu anak untuk berimajinasi, karena anak secara langsung mengamati halaman sekitar, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas bagi anak yang sulit untuk berimajinasi. Namun akan lebih baik lagi apabila guru terlebih dahulu memerintahkan anak untuk pergi ke halaman sebelum memberikan tugas menggambar kepada anak. Kelebihan dari video tersebut, guru menjelaskan dengan bahasa yang mudah di pahami, mendampingi anak serta mengarahkan anak untuk menggambar.

  6. NAMA : VENI NORMAZALIANTI
    NIM : 877674407
    Isi dari video tersebut :
    1. Guru memperlihatkan gambar pemandangan kepada anak, seperti gunung, sawah, jalan, dll.
    2. Guru memerintahkan anak untuk menggambar kepada secara bebas.
    3. Anak mengumpulkan hasil yang telah digambar, kemudian guru melihat satu persatu, ternyata semua anak meniru gambar ibu guru, ini menggambarkan bahwa anak kesusahan dalam berimajinasi.
    4. Memerintahkan anak untuk bersama sama pergi ke halaman sekitar sekolah untuk mengamati apa saja yang ada di halaman yang bisa digambar oleh anak-anak.
    5. Setelah mengamati, anak-anak diperintahkan kembali untuk menggambar bebas.
    Kesimpulan : setelah saya mengamati video diatas, cara tersebut efektif dalam membantu anak untuk berimajinasi, karena anak secara langsung mengamati halaman sekitar, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas bagi anak yang sulit untuk berimajinasi. Namun akan lebih baik lagi apabila guru terlebih dahulu memerintahkan anak untuk pergi ke halaman sebelum memberikan tugas menggambar kepada anak. Kelebihan dari video tersebut, guru menjelaskan dengan bahasa yang mudah di pahami, mendampingi anak serta mengarahkan anak untuk menggambar

  7. Anak yang kesulitan menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam bentuk gambar. Dalam video tersebut, guru memberikan rangsangan dalam bentuk kalimat dan contoh gambar terlebih dahulu. Anak melihat guru menggambar, memperhatikan gambar guru, lalu diberikan kertas dan anak diminta untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya.Guru juga mengajak anak di luar kelas, untuk mengeksplorasi ide serta gagasannya, dan memberikan kesempatan kepad anak untuk menggambar bebas, tidak harus sama dengan Bu Guru. Dan setelah selesai, guru memberikan tanggapan atau komentar terhadap hasil karya anak. Ada yang menggambar sendiri, dan ada yang menggambar sama dengan gurunya, paadahal guru sudah menyampaikan tidak harus sama dengan Bu Guru.
    Saran untuk video : Untuk melatih keberanian, mungkin bisa anak diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil gambarnya di depan teman-temannya. Apa yang dia gambar hari ini, warna apa saja yang dia pakai, apa cerita di balik gambarnya ini. tanya jawab bisa dilakukan guru pada saat anak sedang menggambar, dan ikut memberikan dukungan semangat kepad anak agar berani menuangkan ide serta gagasannya dalam bentuk gambar.

    Nama : Reni Lestari
    NIM : 858009516

  8. Nama : Dewi Kurnia
    Nim : 856237718
    Menurut saya strategi yang digunakan guru dalam video ini sangat efektif untuk merangsang imajinasi anak. Dengan mengajak anak keuar kelas, anak bisa mendapatkan pengalaman nyata yang bisa dijadikan inspirasi dala menggambar. Saya aka mencoba menerapkan pendekatan ini di kelas degan Tama lingkungan sekitar.

  9. Nama : Dewi Kurnia
    Nim : 856237718
    Menurut saya, strategi yang digunakan guru dalam video ini sangat efektif untuk merangsang imajinasi anak. Dengan mengajak anak keluar kelas, anak bisa mendapatkan pengalaman nyata yang bisa dijadikan inspirasi dalam menggambar. Saya akan mencoba menerapkan pendekatan ini di kelas degan tema lingkungan sekitar.

  10. Nama : Ezra Arisawati Florence

    Video pembelajaran tentang mengatasi permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini : anak sulit berimajinasi saat menggambar ” Sangat relevan dan penting.
    Dalam Video diatas, Anak – anak diberikan kebebasan dalam menggambar bebas untuk menggunakan imajinasinya. tetapi dalam video tersebut anak – anak masih mengikuti contoh yang diberikan oleh gurunya.
    Menurut saya dalam video tersebut, seharusnya sebelum meminta anak menngunakan imajinasinya. guru bisa mengajak anak berkeliling untuk melihat yang ada di sekeliling anak – anak. barulah ibu guru bisa mengajak anak berimajinasi dengan menggambar yang ada di pikiran anak – anak.

Leave a Reply