silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama: Ayu sulistiawati
    Nim: 857755343
    Prodi: PG PAUD S1
    menurut saya tentang vidio tersebut sangat efektif untuk mengarahkan anak ketika sulit berimajinasi saat menggambar. Memang terkadang anak ketika disuruh menggambar bebas ada yang kesusahan, maka dari itu tugas para guru yaitu mengarahkan dan memfasilitasi kegiatan pembelajaran anak. Agar anak bisa berimajinasi yang luas guru bisa mengajak anak keliling disekitar sekolahan seperti contoh vidio diatas. Bisa juga mengamati macam-macam benda dilangit menggunakan gambar print out lalu anak bisa meniru sebisa anak tanpa harus sama pada gambar yang dicontohkan bu guru. Mungkin juga ada salah satu murid yang sudah diberi contoh atau diajak main keluar kelas tetapi saat disuruh menggambar anak tersebut masih kesulitan, disini guru bisa menuntun atau sedikit menggambarkan dikertas anak tersebut lalu anak tersebut bisa meneruskan sesuai keinginan dan imajinasi anak. Terimakasih

  2. NAMA MAHASISWA: FITRI IKA FIRNAMITA
    NIM: 858167119
    UPBJJ UT: SURABAYA

    JUDUL : SERI PEMBELAJARAN (PENGEMBANGAN KOGNITIF PAUD) “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    NAMA PEMBUAT VIDEO
    Naskah: Neti Hernawati
    Penelaah Materi: Siti Aisyah
    Penelaah Media: Trini Prastati
    Sutradara: Donny Harsabudhi
    Produksi : Universitas Surabaya

    RINGKASAN MATERI: membahas tentang kesulitan anak saat diberi tugas menggambar bebas yang cenderung menirukan karya gambar dari temannya sehingga membuat anak tidak kreatif, dalam video tersebut disebutkan ada beberapa cara dalam menangani anak yang sulit berimajinasi saat menggambar yaitu salah satunya dengan membebaskan anakuntuk menggambar sesuka hati dan minat anak. Cara lain yang dapat digunakan, guru memfalitasi anak untuk menggali kreatifitas atau imajinasi anak dengan mengajak anak keluar di halaman sekolah dari situ anak akan dapat melihat apa saja yang ada di sekitarnya.

    PENDAPAT SAYA: guru dalam video sudah menunjukkan asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran dengan melakukan upaya peningkatan imajinasi anak dengan mengajak anak keluar kelas dan melakukan tanya jawab setelah pembelajaran. Menurut pendapat saya, guru dalam video tersebut melakukan langkah pertama dengan menggali imajinasi anak terlebih dahulu tidak langsung memberikan tugas kepada anak untuk menggambar sesuka hati, jadi membuat stimulus dahulu baru diberi tugas menggambar bebas dan tidak harus sama dengan temannya. Jika guru menemukan anak yang menggambar sama atau menemukan anak yang kesulitan dalam menuangkan imajinasinya dalam menggambar, hal yang dilakukan guru adalah bisa menentukan tema terlebih dahulu, contohnya tema transportasi darat, disitu guru menjelaskan bahwa transportasi darat itu ada mobil, becak, sepeda motor, dll. Lalu memberikan tugas pada anak untuk memilihsesuai minat anak dengan memilih salah satu transportasi darat untuk di gambarnya.

  3. NAMA: WARMINI
    NIM: 857496611
    PGPAUD AKSELERASI SEMESTER 2
    VIDEO ” ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    dari video diatas guru memberikan tugas ke anak murid untuk menggambar bebas namun guru tersebut tidak memberikan contoh gambar yang diperlihatkan ke anak anak. sehingga anak anak masih binggung dengan tugas yang diberikan guru. anak anak cenderung meniru gambar temannya, alhasil satu kelas hampir menggambar gambar yang sama. untuk menggali kreativitas dan imajinasi anak dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    1. membebeaskan anak menggambar sesuai imajinasinya
    2. guru membawa anak keluar kelas untuk melihat disekeliling halaman sekolah
    3. mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya diluar kelas/halaman sekolah
    4.adakan tanya jawab antara guru dan anak tentang yang dilihatnya diluar.
    5. beri tugas kepada anak untuk menggambar kembali.
    dari video tersebut guru sudah melakukan assesment dengan memberikan beberapa metode. sehingga anak lebih kreatif dan mempunyai imajinasi yang luas dalam menggambar.

  4. Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak.
    Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi.
    Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

  5. Nama : MAZNA WATI
    NIM : 856820147

    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak.
    Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi.
    Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

  6. Nama: mazna wati
    Nim : 856820147
    POKJAR : KAUR
    MK: METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
    ersitas Terbuka

    Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

    Badru Zaman

    Pakar Dosen
    Pakar Guru
    February 1, 2023 Seri Pembelajaran PAUDAdmin GPO176 Comments
    Post navigation
    Previous Post
    Belajar Tentang Sistem Ekonomi Indonesia Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping
    Next Post
    Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
    176 thoughts on “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    NAMA: WARMINI says:
    April 24, 2023 at 8:46 pm
    NAMA: WARMINI
    NIM: 857496611
    PGPAUD AKSELERASI SEMESTER 2
    VIDEO ” ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    dari video diatas guru memberikan tugas ke anak murid untuk menggambar bebas namun guru tersebut tidak memberikan contoh gambar yang diperlihatkan ke anak anak. sehingga anak anak masih binggung dengan tugas yang diberikan guru. anak anak cenderung meniru gambar temannya, alhasil satu kelas hampir menggambar gambar yang sama. untuk menggali kreativitas dan imajinasi anak dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    1. membebeaskan anak menggambar sesuai imajinasinya
    2. guru membawa anak keluar kelas untuk melihat disekeliling halaman sekolah
    3. mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya diluar kelas/halaman sekolah
    4.adakan tanya jawab antara guru dan anak tentang yang dilihatnya diluar.
    5. beri tugas kepada anak untuk menggambar kembali.
    dari video tersebut guru sudah melakukan assesment dengan memberikan beberapa metode. sehingga anak lebih kreatif dan mempunyai imajinasi yang luas dalam menggambar.

    Reply
    sitizainab041097 says:
    April 24, 2023 at 8:42 am
    NAMA : SITI ZAINAB
    NIM : 859164961
    UPBJJ : UT MATARAM
    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak.
    Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi.
    Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

    Reply
    Riva Illahiah Bilkis says:
    April 23, 2023 at 11:00 pm
    Nama: Riva Illahiah Bilkis
    NIM: 857500585
    Prodi: PGPAUD S1

    Menurut saya tayangan video di atas sudah cukup baik dengan tips dan trik untuk mengatasi anak yang kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Di dalam video tersebut guru dengan baik berinisiatif untuk membawa anak-anak keluar kelas untuk memberikan inspirasi dan mengenal benda-benda atau pemandangan di sekitar yang ada di halaman sekolah, sehingga anak mendapat informasi baru dengan apa yang sudah dilihatnya, karena pada saat evaluasi setelah menggambar sebelumnya di kelas, anak-anak mayoritas menggambar pemandangan yang sama dan meniru apa yang telah digambarkan oleh guru di papan tulis,
    Hanya saja ada sedikit kekurangan yaitu guru pada saat awal sebelum memberikan tugas anak menggambar kurang detail menjelaskan tentang menggambar bebasnya dan pada saat di halaman sekolah pun kurang menjelaskan ada apa saja yang ada di sana.

    Reply
    sitizainab041097 says:
    April 24, 2023 at 8:40 am
    NAMA : SITI ZAINAB
    NIM : 859164961
    UPBJJ : UT MATARAM
    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak.
    Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi.
    Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

    Reply
    maznawati1828 says:
    April 24, 2023 at 9:26 pm
    Your comment is awaiting moderation. This is a preview; your comment will be visible after it has been approved.
    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak. Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi. Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya
    yeniindaah90 says:
    April 22, 2023 at 12:27 pm
    Nama :Ni Kadek Yenni Indah Permatasari
    Nim :859029503
    Prodi :PG PAUD

    Menurut pendapat saya tentang video di atas tentang anak sulit berimajinasi itu sudah baik. Guru sudah dapat menstimulus anak dalam kegiatan berimajinasi dengan memberikan contoh gambar di depan dengan bebas meskipun anak cenderung meniru. Anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar diajak untuk keluar kelas, kemudian menanyakan kepada anak apa saja yang mereka lihat. kemudian guru mengajak anak untuk menggambar bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat disekitar lingkungan sekolah, Kemudian meminta anak untuk menceritakan apa yang anak gambar. Darisanalah guru dapat mengetahui tingkat perkembangan anak.
    Trimakasih.

    Reply
    Forum Diskusi Cancel reply
    Logged in as maznawati1828. Edit your profile. Log out? Required fields are marked *

    Nama: mazna wati
    Nim : 856820147
    POKJAR : KAUR
    MK: METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF

    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak. Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi. Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

  7. NAMA : SRI JULIANI
    NIM : 855976604
    POKJAR : KARO
    PROGRAM STUDI : S1 PAUD

    Menurut pendapat saya tentang video ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar ” adalah:
    1. Cara guru dalam memberikan pembelajaran kepada anak didik sangat bagus, Dengan mengajak anak untuk berimajinasi dengan cara mengajak anak-anak untuk melihat halaman sekolah kemudian memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menyalurka imajinasinya dengan cara menggambar
    2. Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi dan minat anak
    3. Meminta anak untuk bercerita tantang apa saja yang dilihat dihalaman sekolah4
    4. Guru mengajak anak untuk bercerita tentang apa yang dia lihat. dan berinteraksi dengan anak dengan menanyakan tentang hasil dari gambarnya tersebut.

    Kekurangan dari video tersebut Adalah Guru harus lebih jelas dalam memberikan instruksi untuk menggambar bebas. Sehingga anak dapat lebih mudah memilih objek yang akan digambar.
    3

  8. Nama : Tiya Alvinadia
    NIM : 857600534
    POKJAR : Purwokerto

    Menurut pendapat saya tentang video “ Anak sulit berimajinasi saat menggambar “ cukup baik dimana dalam video tersebut memaparkan bagaimana anak kesulitan dalam hal berimajinasi,sehingga cendrung menyebabkan menirukan gambar yang sesudah di gambarnya,guru atau teman sekitarnya,dan dalam video tersebut juga memberikan solusi untuk mengatasi masalah anak yang kesulitan dalam berimajinasi dimana guru mengajak anak mengamati lingkungaan halaman sekolah,melakukan sesi tanya jawab dan mengajak anak untuk mengambar kembali dari hasil yang mereka amati.
    Akan tetapi,dalam video tersebut guru kurang menjelaskan tentang menggambar bebas itu apa, dan guru hanya memberikan satu contoh saja di papan tulis dimana hal ini bisa beranggapan anak harus mencontoh gambar tersebut, alangkah lebih baiknya guru bisa menggambar beberapa contoh,atau bisa menggunakan berbagai macam gambar print out dimana anak-anak bisa memilih dengan bebas gambar yang akan mereka buat,atau bisa juga dengan mengamati sebuah video yang di berikan guru,setelah sudah diamati lakukan sesi tanya jawab atau anak menceritakan kembali dan kemudian ajak anak untuk menuangkan hasil yang mereka amati dalam bentuk gambar.

    Sekian,Terimakasih

  9. Nama : Anjas Wahyuningtyas
    NIM : 857759018
    Progdi : PG PAUD BI (Masukan Sarjana)
    Judul Video : Anak Sulit berimajinasi saat mengambar

    Tanggapan saya mengenai Video tersebut. Saya mendapat pembelajaran mengenai Video ini terkait cara memotivasi anak yang kurang dapat berimajinasi saat mengambar. Cara yang dilakukan guru sudah tepat dengan memberikan kesempatan anak untuk berimajinasi. Dengan pemahaman bahwa dengan meniru anak menjadi tidak kreatif serta tidak biasa mengali ide imajinasi. Guru sudah menerapkan evaluasi dan asesmen awal dan menindalanjuti sekiranya ada yang kurang sesuai. Saran yang diberikan kepada pendidik dalam memotivasi anak untuk bisa berimajinasi sangat bermanfaat bagi saya selaku pendidik. Seperti contoh dalam video tadi dalam pembelajaran mengambar bebas.
    – Anak diberikan kebebasan untuk membuat sesuatu sesuai dengan kreativitas dan minatnya
    – Guru memfasilitasi anak dengan mengajak anak-anak berjalan dan melihat di sekeliling halaman untuk memberikan gambaran pada anak kreatifitas gambar apa saja yang dapat mereka tuangkan dalam hasil karya mereka nanti
    – Meminta anak menceritakan apa yang dilihatnya kemudian anak dapat mengambar sesuai hal yang diimajinasikan dan dilihatnya tidak lagi meniru contoh.

    Demikian tanggapan saya atas Video tersebut. terimakasih

  10. Tanggapan saya dari vidio di atas tentang anak sulit berimajinai saat menggambar yaitu salah satunya anak yang kurang kreatif dan tidak bisa menyampaikan imajinasi nya ke dalam sebuah gambar, oleh sebab itu ada beberapa cara supaya anak yang kurang kreatif agar lebih kreatif dalam berimajinasi dalam sebuah gambar yaitu bebaskan anak untuk menyampaikan imajinasi nya sesuai dengan kekreatifan anak, mengajak anak rekreasi dalam puncak tema rekreasi, mengajak anak untuk belajar di luar ruangan/halaman sekolah.

Leave a Reply