silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Sri lestari
    Nim:857992303
    Vidio ini sangat bermanfaat untuk kami.guru yang memberikan tugas kepada anak2,juga menjelaskan bagai mana cara untuk mengali imajinasi anak ,yaitu dengan cara ,membebaskan anak untuk menggambar ,memfasilitasi untuk mengali bakat anak ,anak menceritakan hasil karyanya,dan guru bisa bertanya dengan karyanya anak

  2. Nama : Khusnul khotimah
    UPBJJ : Surabaya
    Semester : 4
    saya ingin menanggapi video tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar. kejadian ini sering kali terjadi pada kelas saya. anak sulit meniru atau sulit berimajinasi dalam menggambar. sesuai video diatas saya sering mengajak anak ke halaman sekolah untuk mencari inspirasi atau bayangan dalam menggambar. hal ini bertujuan agar daya imajinasi anak terbuka. saya juga biasanya membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan kreativitasnya dengan tetap mendampingi dan melakukan pertanyaan sederhana apa yang ada di imajinasinya.

  3. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Nama : Salsabila Hana Syahira
    Nim : 856662548

    Video tersebut sangat lah bermanfaat, guru memberi kebebasan ke anak buat gambar sesuai minat mereka. Cara tersebut bisa bikin anak lebih percaya diri dan nggak takut salah. Mengajak anak keluar kelas dapat menjadi solusi lain, soalnya mereka jadi bisa lihat langsung hal-hal baru yang bisa jadi inspirasi buat gambar.

  4. Nama : Grace Mara A.S
    NIM : 857860057
    Surakarta
    Video ini memberikan gambaran cara guru bisa membantu anak yang sulit berimajinasi. Imajinasi penting untuk mendukung perkembangan otak, kreativitas, komunikasi, dan kemampuan sosial anak. Guru perlu memberi ruang bagi anak untuk berekspresi bebas melalui gambar.

  5. Nama : Utari Marlina
    UPBJJ : UT MAJENE
    terimakasih atas videonya,ini adalah salah satu inspirasi yang bisa kami jalankan nantinya buat anak-anak yang sulit berimajinasi

  6. Nama : Ari Jati Setyaningsih
    NIM : 857993992

    Assalamu’alaikum wr wb
    Kejadian dalam video tersebut juga sering terjadi pada peserta didik yang ada di lembaga kami. Anak cenderung meniru apa yang sudah bu guru gambar di papan tulis. Selain melakukan pendekatan seperti cara pendekatan yang ada di video, kami juga melakukan pendekatan dengan cara menyediakan berbagai media agar lebih menarik bagi anak, selain itu guru juga mengurangi kontrol pada anak supaya kreatifitas dasar anak tidak berkurang.

  7. Nama Nadia fitria
    Nim 857535824
    Video ini menggambarkan betapa krusialnya peran guru dalam mendukung dan mengembangkan imajinasi anak-anak. Dengan pendekatan yang tepat, seperti yang ditunjukkan oleh guru dalam video ini, anak-anak tidak hanya belajar menggambar, tetapi juga memperoleh kemampuan untuk mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik.

  8. Nama saya Dewi Susanti
    nim 857631435
    Saya dari UPBJJ purwokerto

    Video ini sangat menginspirasi, karena menunjukkan bagaimana guru mampu memahami dan mendampingi anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Strategi yang digunakan seperti memberikan kebebasan anak untuk menggambar sesuai minatnya, mengajak anak keluar kelas, dan meminta anak untuk bercerita sebelum menggambar sangat tepat untuk merangsang imajinasi anak. Saya pun sering menerapkan pendekatan serupa di sekolah, dan terbukti anak menjadi lebih antusias serta ide menggambarnya menjadi lebih beragam. Pendekatan seperti ini sangat sesuai dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak dan patut terus dikembangkan.

  9. Video ini sangat membuka wawasan saya sebagai guru PAUD. Pendekatan yang sabar dan penuh kasih, serta strategi konkret seperti memberikan ruang adaptasi kepada anak dan bekerja sama dengan orang tua, benar-benar relevan dengan situasi di lapangan.

    Saya jadi semakin paham bahwa kemandirian anak tidak bisa dipaksakan, tetapi harus ditumbuhkan secara bertahap dengan lingkungan yang mendukung dan penuh empati. Terima kasih Guru Pintar UT atas ilmunya yang sangat bermanfaat!

  10. Yendri Roza
    NIM :856306758
    VIDIO di atas mengambarkan bagaimana seorang guru merangsang anak anaknya agar bisa mengembangkan inspirasi mereka mengambar apa yang dilihatnya dengan lukisan demngan sebuah gambar dan guru memberi pujian setiap anak menjelaskan gambar apa yang dibuatnya,ini merupakan salah satu contoh memotivasi anak untuk menyukai kegiatan mengambar pada anak anak.

Leave a Reply