silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Rizki Mardiah Daulay 859526884
Video anak sulit berimajinasi saat menggambar dalam video ini sangatlah membantu kita sebagai guru pemula untuk memcahkan sebuah permasalahan yang sering kita jumpai di dunia anak usia dini dan di dalam video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. dan di jelaskan juga bagaimana strategi yang dapat diterapkan guruyaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. dengan begitu akan membantu pengetahuan anaksemakin berkembang dan akan lebih mengajak anak untuk lebih berimajinasi lagi.
Nama: Widyaningsih
NIM :858018554
UT YOGYAKARTA
Terimakasih video ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi, imajinasi anak-anak memang berkembang ketika anak-anak sudah melihat dari pengalaman nyata, sehingga bisa mereka wujudkan imajinasi mereka dalam bentuk gambar.
Rizki Mardiah Daulay 859526884
Video anak sulit untuk berimajinasi ini sangat membantu khusus nya kepada saya guru pemula mengajar anak usia dini, permasalahan ini sangat sering lah saya temui dan dengan adanya video ini sangat lah sangat membantu kepada saya untuk menerapkannnya di pembelajaran selanjutnya dan dengan adanya Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. dan di jelaskan juga bagaima Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. dan dengan begitu kita dapat lebih mengembangkan imajinasi setiap anak.
Nama : Ita Purnamasari
Nim : 857247958
Video ini menggambarkan kreativitas seorang guru dalam mengajar agar anak-anak dapat dengan mudah menggambar sesuai imajinasi mereka,, dalam video ini juga seorang guru memberikan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan karakteristik anak usia dini yaitu belajar sambi bermain,.
Dapat menjadi referensi untuk pembelajaran disekolah,
Nama : Eni Sumarni
Nim : 877797202
Assalamalikum WR…WB izin memberi tanggapan dan komentar tentang Vidio pembelajaran tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar.
Anak usia dini masih perlu bimbingan dalam hal berimajinasi dan kreativitasnya dalam menggambar,anak cenderung meniru gambar yang dicontohkan ibu guru atau meniru gambar temannya.berikan kebebasan kepada anak sesuai yang ada dipikirannya sehingga muncuk kretivitasnya saat menggambar.masuak dari saya agar lebih banyak aktivitas yang dapat menumbuhkan imajinasi dan krativitas anak,tidak hanya melihat objek langsung tetapi biarkan anak menciptakan dunia baru dan bentuk abstrak yang belum pernah ada.vidio ini sangat bermanfaat bagi saya sebagi guru paud karena memberikan inforamsi dan pemahaman.
Nama : Ita Purnamasari
Nim : 857247958
Dari vidio diatas yang berjudul mengatasi anak yg sulit berimajinasi pada saat menggambar, vidio ini menunjukkan kreativitas seorang guru dalam mengatasi anak -anak yg sulit berimajinasi ketika sedang menggambar, guru memberikan pembelajaran diluar kelas/ dari lingkungan contohnya seperti gambar pepohonan mereka melihat langsung gambar pepohonan itu seperti apa, hal ini menarik minat mereka, sehingga mereka dapat menuangkan apa saja yg mereka lihat kebunku gambar sesuai instruksi guru, belajar sambil bermain menjadikan anak-anak senang dan tidak bosan. Vidio ini juga dapat menjadi referensi untuk pembelajaran di paud tempat saya mengajar.
Nama : Rukiyati
Nim : 858196879
Dari video yang ada dapat menunjukkan berapa pentingnya peran guru dalam membantu peserta didik untuk dapat meningkatkan imajinasi siswa dan menuangkannya dalam bentuk gambar.
Nama: Nurul Afifah
Assalamu’alaikum Wr Wb.
Anak perlu dorongan untuk menuangkan kemampuan kreativitasnya. Sebagai guru harus mampu menjadi fasilitator bagi peserta didiknya.
Seperti pada video tersebut, pendekatan guru dalam memberikan kebebasan kepada anak didik serta memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber imajinasi anak, anak akan mendapatkan pengalaman yang konkret yang dapat mereka rasakan secara langsung.
Terimakasih.
Nama : Herliani
Nim : 858319925
Vidio tersebut memperlihatkan bagaimana pentingnya peran guru untuk membuka imajinasi anak untuk menggambar bebas, yang masih mengalami kesulitan untuk berimajinasi untuk dituangkan dalam bentuk gambar.
Nama : Dewi Setyowati
NIM : 857865672
UPJJB : Surakarta
Video ini menggambarkan betapa pentingnya peran guru sebagai sumber belajar, motivator, inovator dan fasilitator yaitu membantu siswa memberikan informasi dalam menentukan sumber belajar untuk mengembangkan imajinasi mereka sebelum melakukan kegiatan menggambar, dari video tersebut tampak guru mengajak keluar ke halaman sekolah untuk melihat situasi yang kongkrit. Dengan menggunakan metode yang kreatif dan tepat akan lebih menstimulasi perkembangan kognitif anak sehingga dapat menumbuhkan imajinasi mereka dan dapat dituangkan lewat gambaran. Tanpa ada kalimat pemantik, motivasi dan metode yang tepat anak akan susah menuangkan ide-ide mereka, bahkan mereka akan mengalami kesulitan karena mereka hanya bisa membayangkan sesuatu tanpa melihat langsung.