silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Rita wulan
NIM : 857534808
MK : Pematan kemampuan mengajar
Pada video “ Anak sulit berimajinasi saat menggambar “ bermanfat dan dapat membantu saya dalam merangsang anak-anak dalam berimainasi utuk anak mampu meggambar sesuai imajinasinanya, dengan cara memeberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja yang mereka bisa atau sukai untuk di gambar, jika anak tidak ada bayangan atau ide, kita bisa mengajak anak untuk pergi ke luar kelas atau halaman untuk anak mengamati apa saja yang mereka lihat di luar, kemudian menayakan kepada anak apa saja yang mereka lihat dan anak di berikan kesempatan kembali untuk menggambar sesuai apa yang mereka lihat diluar, atau menggambar sesuai apa yang mereka bisa gambar mulai dari gambar-gambar kecil hingga gambar-gambar yang besar yang anak-anak lihat, dari hanya sekedar bunga- bunga atau rumput hingga ke bangunan atau orang bahkan pohon.
Nama : Rita wulan
NIM : 857534808
MK : Pematan kemampuan mengajar
Pada video “ Anak sulit berimajinasi saat menggambar “ bermanfat dan dapat membantu saya dalam merangsang anak-anak dalam berimainasi utuk anak mampu meggambar sesuai imajinasinanya, dengan cara memeberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja yang mereka bisa atau sukai untuk di gambar, jika anak tidak ada bayangan atau ide, kita bisa mengajak anak untuk pergi ke luar kelas atau halaman untuk anak mengamati apa saja yang mereka lihat di luar, kemudian menayakan kepada anak apa saja yang mereka lihat dan anak di berikan kesempatan kembali untuk menggambar sesuai apa yang mereka lihat diluar, atau menggambar sesuai apa yang mereka bisa gambar mulai dari gambar-gambar kecil hingga gambar-gambar yang besar yang anak-anak lihat, dari hanya sekedar bunga- bunga atau rumput hingga ke bangunan atau orang bahkan pohon. Hingga gambar yang tersulit menurut mereka.
Nama:Syipa Herdianti
Nim :857535928
Saya ingin menanggapi video tentang anak sulit berimajinasi pada saat menggambar ,hal ini sering terjadi pada kelas saya . Saya biasanya memberikan contoh” cerita agar anak-anak bisa menuangkan ceritanya ke dalam gambar selain itu juga mengajak anak untuk keluar kelas agar bisa menuangkan nya dalam gambar masing-masing . Video ini dapat menjadi referensi saya sebagai pendidik
NAMA : VANIA SHAFIRA YASMIN
NIM : 857526929
Izin menanggapi isi video diatas, dari video yang sudah saya lihat yaitu tentang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, yaitu kita sebagai guru harus bisa menggali ide dan imajinasi anak tersebut diantaranya dengan membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi dan minat anak, yang kedua guru harus memfasilitasi anak untuk menggali ide dan imajinasi nya, seperti anak diajak ke halaman sekolah dan meminta anak menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat, lalu meminta anak untuk bercerita tentang apa yang mereka lihat dan melakukan tanya jawab, dari sini anak akan mendapatkan bayangan tentang yang akan mereka gambar karena mereka tidak terpaku pada satu objek saja seperti hanya terpaku pada contoh gambar yang di contohkan oleh gurunya, ketika anak diajak ke halaman sekolah akan membuka imajinasi dan ide mereka dalam menggambar, maka dalam video tersebut dapat membuka wawasan kita sebagai guru agar kita bisa memfasilitasi ide dan imajinasi anak dengan berbagai cara
Refleksi dan Analisis Video 2
Judul Video: Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Sumber: GPO (Guru Pintar Online)
Nama: Insani Ghaida Salsabila
NIM: 857629754
Kode Kelas: 91
1. Ringkasan Isi Video
Video ini menjelaskan tentang masalah yang sering terjadi saat anak-anak menggambar, yaitu ketika mereka sulit untuk berimajinasi. Dalam video disebutkan bahwa tidak semua anak langsung bisa menggambar sesuatu dari imajinasi mereka, karena kemampuan ini juga perlu dilatih. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru atau orang tua untuk membantu, seperti bercerita sebelum menggambar, memberikan stimulus lewat gambar, benda nyata, atau aktivitas menyenangkan lainnya.
2. Apa yang Saya Pelajari dari Video Ini
Dari video ini saya belajar bahwa imajinasi anak itu nggak bisa langsung muncul begitu saja. Ternyata anak-anak juga butuh bantuan dan dorongan supaya mereka bisa berpikir kreatif. Saya juga sadar pentingnya suasana yang nyaman dan tidak menekan, supaya anak lebih berani menuangkan ide mereka dalam bentuk gambar.
3. Hal yang Bisa Saya Terapkan Saat Praktik
Saat praktik nanti, saya ingin mencoba berbagai cara untuk menstimulasi imajinasi anak sebelum mereka menggambar. Misalnya dengan cerita pendek, memperlihatkan benda-benda unik, atau tanya jawab sederhana yang bisa memancing ide mereka. Saya juga nggak akan langsung mengoreksi gambar mereka, tapi lebih fokus ke proses dan keberanian mereka dalam mengekspresikan diri.
4. Analisis Kritis (Kelebihan & Kekurangan Video)
Kelebihan:
– Pembahasan mudah dimengerti dan sesuai dengan pengalaman di lapangan.
– Memberikan solusi yang realistis dan bisa langsung dipraktikkan.
– Membuka wawasan bahwa menggambar bukan sekadar aktivitas, tapi bagian dari proses berpikir anak.
Kekurangan:
– Tidak terlalu banyak contoh nyata dari kegiatan menggambar di kelas.
– Durasi video cukup singkat, jadi ada beberapa poin yang hanya dibahas secara umum.
– Akan lebih menarik kalau ada visual dari hasil gambar anak atau suasana pembelajaran.
Assalamualaikum wr.wb
Mohon izin berkomentar🙏🏻
Setelah saya menyimak video dari Guru Pintar Online ini sangat membantu saya dalam meningkatkan pemahaman tentang pengembangan aspek kognitif anak. Dan Video ini tidak hanya memperkuat teori, tetapi juga memberikan inspirasi nyata untuk praktik pembelajaran langsung yang sesuai dengan karakteristik pada anak usia dini.
Sekian, terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Dewi Anggun Ardina
Nim: 877955291
Mohon izin berkomentar 🙏🏻
Setelah saya menyimak video dari Guru Pintar Online ini sangat membantu saya dalam meningkatkan pemahaman tentang pengembangan aspek kognitif anak. Dan Video ini tidak hanya memperkuat teori, tapi juga memberikan inspirasi nyata untuk saya praktik pembelajaran langsung yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Sekian, terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
nama : Dwi Nengrum Safitri
UPBJJ: bengkulu
“menurut saya metode yang yang dipraktikan sangat bagus dan mudah di terap kan .mengajak anak mengamati lingkungan
sekitar adalah ide yang paling bagus untuk memicu ide-ide baru dalam gambar mereka.
Nama : Sundari Nur Safitriani
Upbjj : Mataram
Hasil analisis saya menonton vidio anak sulit berimajinasi saat menggambar adalah salah satu cara guru supaya anak-anak bisa berkembang dan lebih kreatif.
dari metode yang digunakan guru itu anak akan mampu berpikir lebih luas dan berimajinasi kelihatannya hanya bermain saja akan tetapi belajar di luar ruangan atau langsung melihat alam bebas membuat imajinasi anak makin luas dan anak bebas mau gambar apa saja yang diinginkan sesuai kemampuan anak.
Bermain sambil belajar supaya anak suka belajar hal baru.
Barokallahufiikum
Dari vidio yang saya lihat bisa dijadikan inspirasi bahwa mengajarkan anak didik belajar diluar ruangan dapat memberi gambaran tentang banyak hal serta bisa memacu kreatifitas serta kepekaanbandk didik terhadap lingkungan disekelilingnya tanpa banyak biaya karena dilakukan dilingkungan sekitar