silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Berdasarkan video di atas sering kita temui permasalah seperti serupa di tempat kita mengajar , anak anak cendeerung meniru gambar atau melihat gambar teman sebagai inspirasinya , srategi yang bisa dilakukan berdasarkan video adalah dengan mengajak anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasinya atau mengjaak anak untuk melihat siisi lain dari lingkungan sekolahnya untuk menemukan inspirasi dan menggali imajinasinya, adapun anak diminta menceritakan kembali apa yang telah dilihat dan menggambarkannya
Nama : Dina Auliya
NIM : 859942375
kemampuan imajinasi masing-masing anak berbeda, banyak ditemui anak yang kurang inisiatif dalam mengungkapkan apa yang ingin ia gambarterdapat juga anak yang meniru sama persis dengan gambar yang dicontohkan oleh guru ataupun hasil gambar yang dibuat oleh temannya.
Dan ampak yang dapat ditimbulkan bila anak kesulitan mengungkapkan imajinasi menggambar, adalah anak akan kurang terampil dalam bersosialisasi, merasa kesulitan untuk memecahkan masalah dengan caranya sendiri, kurang percaya diri, dan kurang mampu bersaing.
Dari video diatas, Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Nama : Dina Auliya
NIM : 859942375
kemampuan imajinasi masingmasing anak berbeda, banyak ditemui anak yang kurang inisiatif dalam mengungkapkan apa yang ingin ia gambarterdapat juga anak yang meniru sama persis dengan gambar yang dicontohkan oleh guru ataupun hasil gambar yang dibuat oleh temannya.
Dan ampak yang dapat ditimbulkan bila anak kesulitan mengungkapkan imajinasi menggambar, adalah anak akan kurang terampil dalam bersosialisasi, merasa kesulitan untuk memecahkan masalah dengan caranya sendiri, kurang percaya diri, dan kurang mampu bersaing.
Dari video diatas, Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Nama : Dina Auliya
NIM : 859942375
kemampuan imajinasi masingmasing anak berbeda, banyak ditemui anak yang kurang inisiatif dalam mengungkapkan apa yang ingin ia gambarterdapat juga anak yang meniru sama persis dengan gambar yang dicontohkan oleh guru ataupun hasil gambar yang dibuat oleh temannya.
Dan ampak yang dapat ditimbulkan bila anak kesulitan mengungkapkan imajinasi menggambar, adalah anak akan kurang terampil dalam bersosialisasi, merasa kesulitan untuk memecahkan masalah dengan caranya sendiri, kurang percaya diri, dan kurang mampu bersaing.
Dari video diatas, Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Nama : Dinda Galuh Arumsari
NIM : 859863112
UPBJJ : Manado
Prodi : PGPAUD
Pada video di atas, Guru mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan menggambar yang anak-anak dibebaskan untuk kreatif dengan memilih gambar yang akan dibuat. Sebelum melakukan kegiatan menggambar, Guru mengajak anak-anak untuk memperhatikan dan melihat apa saja yang ada disekitar mereka agar anak-anak bisa menuangkan ide atau imajinasi mereka. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak yang masih susah menuangkan ide atau imajinasi sehingga sangat membantu proses kegiatan tersebut.
Nama : Krismawati Sinambela
NIM : 877522009
Program Studi : Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
UPBJJ : Medan
Judul Vidio pembelajaran 1 dari seri pengembangan kognitif paud
“ Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar “
Nama guru : Netti Hernawati
Bid Pengembangan : Kognitif
1. Kelebihan dari kegiatan proses pembelajaran dalam video “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” dari GPO (Guru Pintar Online) adalah mengidentifikasi penyebab kesulitan berimajinasi pada anak saat menggambar.Menawarkan strategi praktis dan mudah diterapkan untuk meningkatkan imajinasi anak.Memberikan contoh praktis dan demonstrasi untuk membantu guru dan orang tua menerapkan strategi tersebut.Meningkatkan pemahaman guru dan orang tua tentang pentingnya imajinasi dalam perkembangan anak.
2. ada saat proses pembelajaran berlangsung ada satu anak murid yang merasa bingung saat diberikan tugas oleh ibu guru berupa menggambar secara bebas sesuai dengan imajinasi anak, meskipun anak-anak yang lain juga tidak menggambar sesuai dengan imajinasi anak melainkan menggambar yang sudah dicontohkan ibu guru tapi anak yang lain tidak merasa bingung. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan imajinasi dan kreativitas bervariasi.Imajinasi dan kreativitas dianggap sama oleh ibu guru, padahal imajinasi adalah kemampuan untuk membentuk gambaran mental, sedangkan kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru.
Video cenderung menggunakan pendekatan yang seragam tanpa mempertimbangkan perbedaan individual anak. Tidak ada eksplorasi tentang berbagai gaya belajar atau minat anak yang berbeda.
3. Hal unik terjadi pada saat guru menunjuk salah satu anak untuk menjelaskan kedepan kelas terhadap apa yang sudah dilihat anak dilingkungan sekolah. Ada salah satu anak menjawab dengan polos yang dilihatnya adalah satpam, pohon kelapa, dan pohon kelapa sawit. Anak-anak sering mengucapkan kata-kata atau kalimat yang tidak terduga, sehingga terkesan unik untuk didengar orang dewasa.
Nama : Tri lestari septi handayani
Nim : 859676949
prodi : PG PAUD
Pada pemutaran vidio diatas mengambarkan atau menjelaskan tentang anak yang kurang atau belum bisa berimajenasi,dengan guru mengajak anak-anak melihat halaman dan lingkungan di sekitar sekolah adalah upaya guru mengajak anak untuk bisa berimajenasi dalam membuat gambar yang akan di buat oleh anak-anak,sebelum mengajak anak -anak mengambar apa yang di lihat ibu guru mereviu atau menanyakan kembali kepada anak-anak apa saja yang di lihat anak-anak tadi.sehingga anak bisa mengingat kembali dan ber- imajenasi sesuai pikirannya,Ide Guru ini sangat membantu dalam tumbuh kembang anak terutama dalam bidang perkembangan kognitifnya.
Nama : RAFNI P.LIAMIN
NIM :859701361
Prodi :PGPAUD
UPPBJJ:82/Palu
Dengan menonton video dalam Guru pintar online tentang Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Secara umum tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai yaitu menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya
Guru memberikan kesempatan kepada anak anak menggambar bebas
Guru memberikan tanya jawab kepada anak anak apa yang dilihat pada saat dihalaman sekolah
Guru mengajak anak keluar kelas , kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan untuk melakukan kegiatan menggambar bebas dan memberikan kebebasan untuk menuangkan ide kreatif anak anak pada gambar yang dibuat
Guru membutuhkan kesabaran pemahaman dan pendekatan yang tepat dengan stimulasi yang tepat dan lingkungan yang mendukung setiap anak dapat mengembangkan potensi kreativitasnya secara optimal
NAMA :RAFNI P Liamin
NIM:859701361
UPPBJJ:82/PALU
Dengan Menonton video Gpo diatas secara umum pembelajaran sudah tercapai yaitu menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya
Guru memberikan kebebasan kepada anak anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilapangan
Guru membutuhkan kesabarab , pemahaman dan pendekatan yang tepat dengan stimulasi yang tepat dan lingkungan yang mendukung, setiap anak dapat mengembangkan potensi kreativitasnya secara optimal
Assalamu’alikum,
perkenalkan
Saya :Nurul Fadlilah
Nim: 858531006
Prodi PgPaud
Upjj semarang
Asal Jepara.
Video diatas adalah tentang :
Anak sulit berimajinasi dalam menggambar
Anak sulit berimajinasi ,anak-anak sering kali meniru gambar yang dilihat sebelumnya atau meniru gambar milik temanya.
Hal ini menjadikan anak tidak kreatif dan tidak menggali kreatifitasnya dalam bentuk gambar.
Cara meningkatkan kreatifitas anak yaitu
1. Dengan membebaskan anak menggambar sesuai imajinasi dan minat anak.
2. Guru mengajak anak-anak melihat langsung apa yang ada di sekitar seprti ke halaman sekolah agar anak dapat memiliki ide- ide yang baru.
3. Mintalah anak bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkanya.
4. Guru melakukan diskusi kepada anak tentang hasil karya yang di gambar
Dalam kesimpulannya video ini adalah Kita seorang guru harus bisa melihat kondisi anak , Anak harus dalam kondisi senang, hadirkan dulu moodnya dengan mengajak ngobrol,mengajak lihat sekelilingnya dan bertanya apa yang ia suka yang barusaja ia lihat kemudian anak diajak menuangkan ke kertas gambar . saat anak melakukanya dengan happy maka kita perlu memberikan Apresiasi kepada Anak-anak.
Demikianm tanggapan saya, Terimakasih