silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Assalamu’alaikum,
    Nama : Inka arista
    Nim : 859779309
    Asal Upbjj : palembang
    Dari video pembelajaran saya menangkap bahwasanya kita sebagai guru harus melakukan umpan balik balik kepada siswa yang sulit berimajinasi pada gambar, karena setelah melakukan umpan balik siswa mampu mengekspresikannya dengan menggambarkan apa yang sudah kita ceritakan, anak Merasa nyaman Bahkan anak didik tidak takut membuat kesalahan tanpa takut dihakimi
    Hal ini secara tidak langsung mendorong anak didik untuk lebih aktif dan percaya diri.
    W assalamu’alaikum

  2. assalamuallaikum izin menjawab
    NAMA: CANTIKA SINTA DEVI
    NIM: 856642901

    “anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Lewat video ini setelah saya perhatikan seoarang guru yang mngerahkan muridnya untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi atau kesenangan anak disini guru memberikan contoh guru menggambar pemandangan alam di papan tulis.
    Lalu guru memberikan alat gambar kepada anak muridnya untuk menggambar bebas.
    Tetapi, setelah murid menggambar ternyata muridnya menggambar sesuai dengan apa yang digambar guru dipapan tulis sebelumnya yaitu pemandangan alam dan juga dijumpai anak yang meniru gambar milik temannya sehingga gambarnya sama.
    Disini guru menjumpai muridnya yang belum bisa menggali imajinasi atau sulit menuangkan ide idenya dalam bentuk gambar.
    Lalu guru menggambil tindakan mengajak muridnya keluar untuk melihat lingkungan disekitar sekolah.
    Untuk menggali imajinasi murid yang bisa dilakukan guru anatara lain
    1.membebaskan anak untuk menggambar apa saja yang ada diimajinasi anak
    2. guru memfasilitasi anak dan mendampinginya agar anak bisa menggali imajinasinya dengan mengajaknya keluar untuk melihat lingkungan disekitar sekolah
    3.guru mengajak murid masuk kelas lalu guru meminta anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat dilingkungan sekolah dan menggambarkannya di buku gambar.
    Setelah gambar anak selesai guru mengadakan sesi Tanya jawab dengan anak tentang apa yang digambar anak tersebut sehingga anak tersebut menceritakan isi yang ada di gambar nya sesuai dengan apa yang dilihat anak tersebut.
    Terima kasih.
    Wasalamuallaikum wr.wb

  3. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama: Siti Rodliyah

    NIM: 859667133

    Prodi: PGPAUD

    UPBJJ: Bandung

    Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini yang mengangkat permasalahan atau judul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”

    Mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar memerlukan pendekatan yang kreatif dan empatik. Strategi yang diterapkan dalam program ini sangat tepat, karena menghormati minat dan ritme setiap anak. Memberikan kebebasan dalam memilih objek gambar membantu anak merasa lebih nyaman dan percaya diri. Selain itu, kegiatan di luar kelas membuka wawasan anak dan merangsang daya pikir melalui pengalaman langsung. Saat anak diminta bercerita sebelum menggambar, proses ini mengaktifkan imajinasi mereka secara alami. Pendekatan ini bukan hanya membantu anak dalam menggambar, tetapi juga mengembangkan kemampuan observasi, komunikasi, dan ekspresi diri.

  4. Assalamualaikum wr wb

    Nama: Siti Rodliyah
    NIM: 859667133
    Prodi: PGPAUD
    UPBJJ: Bandung

    Kognitif Anak Usia Dini yang mengangkat permasalahan atau judul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar.

    Mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar memerlukan pendekatan yang kreatif dan empatik. Strategi yang diterapkan dalam program ini sangat tepat, karena menghormati minat dan ritme setiap anak. Memberikan kebebasan dalam memilih objek gambar membantu anak merasa lebih nyaman dan percaya diri. Selain itu, kegiatan di luar kelas membuka wawasan anak dan merangsang daya pikir melalui pengalaman langsung. Saat anak diminta bercerita sebelum menggambar, proses ini mengaktifkan imajinasi mereka secara alami. Pendekatan ini bukan hanya membantu anak dalam menggambar, tetapi juga mengembangkan kemampuan observasi, komunikasi, dan ekspresi diri.

    Sekian terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr wb

  5. Nama : Meri Asmita
    Nim : 856281514

    melaui video tadi saya melihat untuk menimbulkan kreatifitas dan imajinasi anak guru tidak cukup dengan bercerita dan memberikan arahan saja kepada anak muruidnya dan apalagi memberikan contoh dengan cara itu maka anak akan monoton akan melakukan apa yang iya lihat sebelum mengaambar. sehingga hasil gambar anak dikelas itu sama semuanya meniru gambar gurunya.
    maka guru dengan bijak dan kreatif mengajak anak keluar menuju halaman kelas untuk melihat apasaja yang bisa digambarnya. maka metode ini sangat menarik bagi anak dan memberikan pengalaman yang menyenangkan sehingga anak dapat melukis dengan berbagai kreativitas dan hasil lukisan beragam sesuaidengan apa yang telah mereka saksikan sendiri. menurut saya ini merupakan metode yang sangat tepat dilakukan untuk memunculkan kreativitas anak.

  6. Nama : Olga Alfire Santi Syaranamual
    Nim : 858598527

    Menanggapi video anak sulit berimajinasi saat menggambar,pengalaman saya saat mengajar di sekolah ( TK ),anak di beri kebebasan untuk menggambar,kalau ada anak yang kesulitan pada saat menggambar,maka saya membantu anak tersebut,saya akan mendampingi anak tersebut sampai ia bisa menggambar secara mandiri.terima kasih.

  7. Nama : Olga Alfire Santi Syaranamual
    Nim : 858598527
    UPBJJ : Ambon
    PRODI : PGPAUD

    Menanggapi video dengan judul anak sulit berimajinasi saat menggambar,pengalaman saya pada saat mengajar di sekolah TK,anak di beri kebebasan untuk menggambar,jika kedapatan ada anak yang tidak bisa menggambar maka saya akan membantu dan mendampingi anak tersebut sampai ia bisa menggambar secara mandiri.Terima kasih.

  8. Assalamualaikum izin berpendapat mengenai video ibuk,
    Nama:Zahratul Bulan
    Nim:856282935
    Upbjj :Padang

    Memang benar anak ketika menggambar cenderung lebih memilih gambar yang dibuat oleh guru maupun teman nya mereka jarang untuk mau mengembangkan imajinasi nya sendiri mungkin bisa kita atasi dengan sering membawa anak dalam puncak tema,tidak harus jauh bisa dengan berkeliling maupun jalan santai sekitar lingkungan sekolah agar anak mampu melihat serta membangun ide-ide yang bisa menjadi ia lebih berimajinasi mengenai lingkungan nya,
    dengan begitu tukar suasana yang dialami anak mungkin membuat ia tidak menjadi bosan dan mampu mengekplor imajinasi serta pola pikirnya yang tidak harus ngestalk di rumah maupun di dalam kelas saja itu solusi bagi saya untuk anak yang kurang imajinasi.

    sekian dari saya terimakasih

  9. Nama: Yuniman Ndruru
    Nim: 859809085

    Dalam video yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi Saat Mengambar” menyajikan tentang upaya guru menggali ide dan imajinasi seorang anak, dalam video dijelaskan salah satu upayanya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak, selain itu dengan cara guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah.
    Kelebihan dari metode pembelajaran yang diajarkan oleh guru dalam video yaitu anak diberikan ruang bebas diluar kelas sehingga anak dapat berimajinasi lebih luas, sedangkan kekurangannya yaitu bagi anak yang pemalu akan sulit untuk bercerita didepan kelas seperti yang ada divideo, dalam video guru tidak memberikan solusi bagi anak yang pemalu untuk bercerita.

  10. Nama: Yuniman Ndruru
    Nim: 859809085

    Dalam video yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi Saat Mengambar” menyajikan tentang upaya guru menggali ide dan imajinasi seorang anak, dalam video dijelaskan salah satu upayanya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak, selain itu dengan cara guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah. Kelebihan dari metode pembelajaran yang diajarkan oleh guru dalam video yaitu anak diberikan ruang bebas diluar kelas sehingga anak dapat berimajinasi lebih luas, sedangkan kekurangannya yaitu bagi anak yang pemalu akan sulit untuk bercerita didepan kelas seperti yang ada divideo, dalam video guru tidak memberikan solusi bagi anak yang pemalu untuk bercerita.

Leave a Reply