silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Rican Gusrita
    Nim : 856244079
    Program Studi : PG-PAUD
    UPBJJ : Padang
    Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar.
    Dalam video diatas menggambarkan bahwa guru menemukan kendala ketika anak melakukan kegiatan menggambar,yang mana guru menemukan hasil karya anak yaitu menggambar semua dengan tema atau gambar yang sama yaitu gambar pemandangan.Anak lebih cenderung meniru belum bisa untuk berimajinasi sendiri.
    Dalam video terlihat guru berupaya untuk menggali atau memunculkan imajinasi anak dengan mengajak anak kehalaman sekolah untuk melihat lihat benda apa saja disekitar sekolah,,kemudian guru juga berupaya untuk mengajak anak bercerita benda benda apa saja yang ada dihalaman sekolah yang sudah dilihat.dari upaya guru tersebut anak anak akan memunculkan imajinasinya dalam menentukan bentuk benda yang akan di gambar.
    Video diatas sangat menginspirasi saya sebagai guru PAUD dan semoga juga menginspirasi semua guru yang mempunyai kendala dalam menghadapi masalah yang sama.
    Terimakasih

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Novia Eka Heryanti
    Nim : 859917672

    Menurut pendapat saya setelah saya menyimak vidio di atas solusi yang di berikan sangatlah baik dan mudah di terapkan di lembaga-lembaga. Seperti halnya menumbuhkan imajinasi anak untuk belajar di luar ruangan guna menggali imajinasi dengan melihat langsung benda kongkrit di hadapannya, selain itu memfasilitasi anak dalam proses menggambar seperti menyiapkan alat dan bahan serta tempat yang nyaman, selain itu perlunya pembekalan atau bercerita dahulu sebelum memulai kegiatan pembelajaran tersebut serta dapat pembuat peraturan seperti gambar yang di buat tidak boleh sama dengan yang lain.

    Terimakasih 🙏

  3. Nama : Sandityas Daffa Pradani
    NIM : 858014969
    Dalam video tersebut menjelaskan tentang “Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar” memang benar sering sekali pada anak-anak usia dini ketika menggambar dia masih menirukan gambar yang kita buat ataupun mencontoh gambar dari teman yang lain menjadikan gambar 1 anak dengan anak yang lain hampir sama. Divideo diatas dijelaskan mengenai beberapa solusi yang bisa di lakukan diantaranya:
    1. Memberikan kebebasan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi
    2. Memberikan kebebasan bermain dan mengamati ada apa saja dihalaman
    3. Menceritakan kembali apa yang anak lihat di halaman
    4. Tanya jawab tentang hasil gambar anak.
    Dari ke 4 solusi tersebut bagi saya sudah cukup membantu mungkin hanya urutannya saja yang dapat dirubah yaitu yang pertama menyesuaikan dengan tema yang sudah di susun, baru mengajak anak anak untuk mengeksplor apa saja yang ada di halaman sekolah, menanyakan kembali apa yang sudah di lihat, kita memberikan contoh gambar (“tadi dihalaman bu guru lihat ada pohon, ada bunga, ada juga rak sepatu”) dengan seperti itu anak akan terpancing imajinasinya dan yang terakhir mempersilahkan anak untuk menggambar sesuai dengan kreativitas dan imajinasi mereka setelah mereka mengamati di halaman sekolah. Terimakasih.

  4. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Nama : Binti Khusnainiah
    NIM : 859675718

    Video ini berisi tentang seorang guru mengajak anak untuk mengasah imajinasi anak didiknya. hal ini sangat baik bagi perkembangan anak dalam usia 5-6 tahun karena anak dalam fase tersebut masih sangat cenderung memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga dengan memfasilitasi anak dengan hal-hal yang ada disekitar dapat memunculkan imajinasi anak untuk menentukan gambar apa yang akan dia buat.

    Terdapat beberapa strategi pendekatan yang dilakukan oleh guru antara lain :
    1. Mengajak anak melakukan kegiatan diluar ruangan.
    2. Menceritakan sebuah pengalaman tentang rekreasi.
    3. Memberikan kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan diri.

    Sekian jawaban saya. Terimakasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.

  5. Nama : Lisnawati
    Nim : 856066352

    “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Pada video diatas memberitahukan guru yang menemukan kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Anak cendwrung meniru gambar yang sudah ada atau meniru gambar temannya, sehingga membiat anak tidak kreatif dan sulit berimajinasi.
    Sebaiknya sebelum memberikan tugas menggambar, guru memberikan gambar awal tentang tema yang diambil untuk kegiaran pembelajaran.

  6. Nama: Ni Kadek Dwi Anggreni Jana Putri
    NIM: 859047533
    Kesimpulan dari yang saya tonton adalah
    Untuk menggali ide pada anak yaitu dengan cara:
    • Membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasi dan minat anak
    • Guru memfasilitasi anak dengan berbagai macam ide seperti halaman sekolah agar anak dapat melihat apa yang mereka tangkap.
    Dari yang saya perhatikan dilapangan, ada beberapa hal yang membuat anak tidak dapat menggambar sesuai imajinasinya seperti:
    1. Anak malas dalam berfikir apa yang akan ia buat.
    2. Anak tidak mengetahui apa yang akan ia buat dan tidak ada gambaran yang ada didalam imajinasinya.
    3. Anak tidak tau dari mana ia harus memulai untuk menggambar/tidak bisa mengambar.
    Jadi yang saya lakukan adalah saya membuat berbagai macam contoh Gambaran yang mudah untuk mereka tiru,saya bertanya satu persatu apa yang mereka sukai seperti buah-buahan,hewan dan alam,dan saya akan memberi mereka instruksi untuk menggambar sesuai instruksi saya dan mereka akan menggambar sesuai imajinasi bentuk.

  7. Assalamualaikum WR, WB
    Perkenalkan nama saya :
    Nama : Adek Kusuma Yanti
    NIM : 818558975
    izin untuk menanggapi video dengan judul kesulitan anak berimajinasi saat menggambar.
    Anak-anak sering mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar, terutama jika mereka belum banyak terpapar dengan berbagai hal yang bisa menjadi inspirasi. Kadang, mereka merasa takut jika gambar yang mereka buat tidak sempurna atau tidak sesuai dengan yang mereka bayangkan, sehingga mereka jadi ragu untuk mulai menggambar. Selain itu, keterampilan motorik mereka yang belum sepenuhnya berkembang juga bisa menghambat mereka untuk menggambar dengan bebas. Faktor lain yang mempengaruhi adalah kurangnya dukungan atau rangsangan dari orang dewasa yang bisa membantu anak merasa lebih percaya diri.
    Untuk mengatasi ini, penting untuk memberikan anak banyak contoh dan pengalaman visual, seperti mengajak mereka melihat berbagai gambar dan objek menarik. Memberikan pujian dan ruang bagi mereka untuk berkreasi tanpa rasa takut juga sangat membantu. Dengan cara ini, anak-anak bisa lebih bebas berimajinasi dan semakin percaya diri dalam menggambar. selain itu guru juga harus menstimulus dan mendorong anak untuk berimajinasi.

  8. Assalamualaikum Wr, Wb
    perkenalkan saya ”
    Nama : Adek Kusuma Yanti
    NIM : 818558975
    Izin memberikan komentar terhadap video kesulitan anak berimajinasi dalam menggambar. menurut saya
    Anak-anak sering mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar, terutama jika mereka belum banyak terpapar dengan berbagai hal yang bisa menjadi inspirasi. Kadang, mereka merasa takut jika gambar yang mereka buat tidak sempurna atau tidak sesuai dengan yang mereka bayangkan, sehingga mereka jadi ragu untuk mulai menggambar. Selain itu, keterampilan motorik mereka yang belum sepenuhnya berkembang juga bisa menghambat mereka untuk menggambar dengan bebas. Faktor lain yang mempengaruhi adalah kurangnya dukungan atau rangsangan dari orang dewasa yang bisa membantu anak merasa lebih percaya diri. Untuk mengatasi ini, penting untuk memberikan anak banyak contoh dan pengalaman visual, seperti mengajak mereka melihat berbagai gambar dan objek menarik. Memberikan pujian dan ruang bagi mereka untuk berkreasi tanpa rasa takut juga sangat membantu. Dengan cara ini, anak-anak bisa lebih bebas berimajinasi dan semakin percaya diri dalam menggambar.
    hal yang dapat saya simpulkan dari Video pembelajaran diatas adalah bahwa membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi dan minat mereka dapat membantu menggali kreativitas dan imajinasi anak. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif. Guru dapat memfasilitasi hal ini dengan mengajak anak ke lingkungan sekitar dan memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja.

  9. NAMA:RURY ANGGRAENI
    NIM:877308171
    PRODI:PG PAUD
    UPBJJ:Surabaya
    Mohon ijin saya menjawab mengenai tentang seorang guru TK untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggamba.Yaitu Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar biasanya butuh rangsangan visual dan verbal. Guru TK dapat membantu dengan memperlihatkan gambar-gambar sederhana, membacakan cerita yang memancing imajinasi, serta mengajak anak berdialog dengan pertanyaan terbuka seperti, “Kalau kamu bisa terbang, ke mana kamu mau pergi?” Strategi ini merangsang daya pikir kreatif dan mendukung perkembangan bahasa secara alami.Serta Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar perlu stimulasi dari guru, misalnya melalui dongeng bergambar, bermain peran, atau menunjukkan contoh karya gambar. Guru juga bisa bertanya seperti, “Coba bayangkan rumah impianmu, ada apa saja di dalamnya?” untuk membantu anak membayangkan dan menuangkannya ke dalam gambar. Pendekatan ini efektif mengembangkan kreativitas dan kemampuan berbahasa anak.

  10. Assalamualikum WR.WB
    Kepada YTH Tutor mata kuliah PKM
    Rekan rekan Tutorial online sekalian
    Izin memberikan refleksi tentang Video yang berjudul “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    Nama : Hidayatun Nahariyah
    NIM : 858538009
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : Semarang

    Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak UT yang sudah menyajikan video tentang kesulitan anak berimajinasi saat menggambar beserta dengan cara untuk menghadapinya.karena hal ini sangat relevan dengan pengalaman pribadi saya yang sering menemukan masalah yang serupa dalam kegiatan pembelajaran di kelas saya.Sering saya jumpai anak yang mengalami hambatan menuangkan imajinasinya saat menggambar.Tak jarang anak hanya meniru gambar yang dibuat oleh temannya.Menurut saya hal ini masih wajar terjadi.Anak kesulitan menuangkan imajinasi bukan berarti anak tidak kreatif,tapi bisa jadi karena kurang adanya gambaran yang kuat di dalam benak anak tentang suatu objek.Sehingga diperlukan berbagai stimulasi untuk membuka imajinasi anak.Mengingat anak usia dini berada pada masa berpikir konkret.Hal ini menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh seorang guru.Saya sangat setuju dengan inisiatif yang dilakukan oleh guru dengan mengajak anak keluar dan melihat objek secara langsung kemudian menuangkan apa yang dilihat ke dalam gambar.Dengan melihat objek secara langsung mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak.Selain dapat melihat bentuk visual yang lebih jelas,melihat objek secara langsung juga akan membuka pikiran anak dari berbagai sudut pandang misalnya anak dapat mengamati bentuk,merasakan tekstur dan warna suatu objek dengan lebih detail.Hal ini tentu akan jauh lebih efektif daripada guru hanya memberikan instruksi secara verbal dan contoh gambar saja.Menurut saya dalam video di atas guru sudah menerapkan pembelajaran efektif dengan melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak yakni dengan cara memberikan anak kebebasan untuk menggambar apa saja yang di inginkan.memberikan pengalaman belajar secara langsung yang tentunya lebih menyenangkan untuk anak.Guru juga sudah mampu menjadi fasilitator yang baik dalam menjembatani imajinasi anak ke dalam ekspresi visual anak.Saya ingin menambahkan sedikit,cara yang biasa saya lakukan untuk menstimulasi anak yang masih kesulitan dalam menuangkan imajinasinya ke dalam gambar,saya akan meminta anak berimajinasi dari hal yang paling sederhana dulu.misalnya dalam tema kendaraan dan anak masih kesulitan dalam menggambar sepeda saya akan menstimulasinya dengan memberikan pertanyaan pemantik.misalnya roda sepeda bentuknya gimana ya?kalau anak anak membuat lingkaran bisa?rodanya sepeda berapa ya?coba sekarang kita bikin roda sepeda dengan membuat 2 bentuk lingkaran dulu ya?kalau buat lingkaran teman teman pasti sudah bisa kan?dan seterusnya.
    Demikian refleksi yang dapat saya sampaikan,mohon maaf atas segala kesalahan
    Wassalamualikum Wr.Wb

Leave a Reply