Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,280 Comments

  1. Nama : SULISTIORINI
    NIM : 858164439
    Prodi : PGPAUD BI
    UPBJJ : Surabaya

    Judul video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Nama pengembang video :
    Naskah : Neti Hernawati
    Sutradara : Donny Harsabudhi
    Penelaah materi : Siti Aisyah
    Penelaah media : Trini Prastati
    Kelompok : TK
    Lokasi : Sekolah
    Pada video tersebut menceritakan upaya guru untuk mengatasi anak yang sulit menuangkan idenya saat menggambar. Cara yang digunakan adalah dengan mengajak anak-anak berkeliling sekitar sekolah, untuk melihat benda apa saja yang dapat ditemui anak-anak yang nantinya dapat dituangkan anak-anak dalam hasil gambarannya.

    Setelah melihat video yang berjudul “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”, komentar yang dapat saya berikan adalah :
    1. Di dalam video, guru sudah melaksanakan asesmen atau evaluasi pada hasil karya anak-anak (gambar). Namun, asesmen atau evaluasinya tidak dilakukan sesuai prinsip-prinsip evaluasi. Guru hanya sekedar melihat sebentar benda apa yang digambar anak-anak. Guru tidak mengamati kerapian hasil karya anak-anak. Guru hanya melihat apakah hasil karya anak-anak sama atau tidak dengan hasil karya guru, karena guru mengharapkan anak-anak menggambar sesuatu yang berbeda dari hasil karya guru.
    2. Menurut saya, hal-hal yang perlu diperbaiki dalam video pembelajaran tersebut adalah perlu dilaksanakannya kegiatan berdoa sebelum kegiatan dimulai, memberi dan menjawab salam serta mengajak anak-anak bernyanyi dan bercakap-cakap mengenai tema yang akan dibahas pada hari itu. Selain itu, guru hendaknya lebih memberikan semangat kepada anak-anak untuk merangsang imajinasi dan semangat anak-anak untuk menggambar bebas, misal dengan menyebutkan lebih banyak contoh benda yang dapat digambar oleh anak-anak. Dan tentunya, guru hendaknya memberikan reward kepada anak-anak setelah selesai menyelesaikan tugasnya.
    Demikian komentar yang dapat saya sampaikan, terima kasih.

  2. Nama: Sipti utamah
    Nim:856822309
    Pokjar:kaur
    Video :anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    Dari video diatas guru memberikan tugas ke anak murid untuk menggambar bebas namun guru tersebut tidak memberikan contoh gambar yang diperlihatkan ke anak2 . sehingga anak2 masih bingung dengan tugas yang diberikan guru.anak2 cendrung meniru gambar temannya,sehingga hasilnya hampir sama.untuk menggali kreativitas dan imajinasi anak dapat dilakukan dg cara sbb:membebaskan anak menggambar sesuai imajinasinya,guru membawa anak keluar kelas untuk melihat disekelili halaman sekolah,meminta anak untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya diluar ,diadakan tanya jawab diantara guru dengan anak tentang yang dilihatnya diluar,memberi tugas kepada anak untuk menggambar kembali.dari video tersebut guru sudah melakukan assessment dengan memberikan beberapa metode, sehingga anak lebih kreatif dan mempunyai imajinasi yang luas dalam menggambar.
    Terima kasih

  3. Nama : ROKHMADONA WIJAYANTI
    Nim : 857761053
    PG PAUD BI smtr 2
    a. Identitas Video
    Judul : ” Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Sutradara : Donny Harsabudhi
    Naskah : Neti Hernawati
    Penelaah Materi : Siti Aisyah
    Penelaah Media : Trini Prestasi
    Lokasi : Diruang kelas dan diluar ruang kelas
    Kelompok usia dalam Video : Usia 4-5 th
    RINGKASAN MATERI
    Daya Imajinasi adalah potensi pada anak yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Imajinasi anak tidak tumbuh sama antara anak yang satu dengan yang lainnya, maka dari itu kita sebagai pendidik harus membangun imajinasi anak agar berkembang secara optimal.
    Manfaat Mengembangkan daya imajinasi anak yaitu sbb:
    – Mengembangkan cara berpikir kritis dan kreatif pada anak.
    – Membuat anak terampil dalam bersosialisasi dan berkomunikasi.
    – Memperkaya pengetahuan anak.
    – memunculkan bakat anak.
    Adapun cara yang bisa dilakukan untuk memunculkan daya imajinasi anak yaitu :
    – Memberikan stimulus berupa pertanyaan yang bisa memancing cara berfikir anak.
    – Jika dalam pembelanaran menggambar ajak anak untuk menggambar bebas hal ini dimaksudkan agar anak bisaenggambar sesuai imajinasinya.
    – Mengajak anak untuk belajar / mengenal lingkungan diluar kelas atau outdor class untuk menambah pengetahuan anak.
    b. Apakah dalam Video tersebut guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada anak usia dini?
    Dalam Video tersebut guru sudah menggunakan teknik asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran yaitu:
    -) Terlihat saat guru mengumpulkan data anak” Dengan menanyai satu persatu apa yang sedang digambar oleh anak.
    -) pada saat evaluasi guru juga mengevaluasi tentang gambar anak” Dan ternyata gambar anak” Sama dengan gambar yang dicontohkan guru dipapan tulis kemudian guru memberikan refleksi bahwa anak” Boleh menggambar bebas.
    -) Trik yang terakhir yang diberikan oleh guru agar anak” Tidak menggambar sama dengan contoh dipapan tulis kemudian guru mengajak anak” Melihat kondisi diluar kelas agar anak anak mmpunyai inspirasi baru terkait benda yang akan digambar.
    c. Jelaskan pendapat anda hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran pada video tersebut!
    -) Sebelum pembelajaran seharusnya anak ” diajak untuk melihat atau mengamati apa saja yang ada disekitar lingkungan dan guru memberikan stimulus pertanyaan tentang apa yang ada dilingkungan sekitar untuk memunculkan daya imajinasi anak.
    -) Sebaiknya guru tidak memberi contoh gambar langsung dipapan tulis, karena bisa menyebabkan anak cenderung mencontoh gambar gurunya, dan kurang kreatif dalam menggunakan daya imajinasinya.

  4. NAMA : WIDIA FITRIANI
    NIM : 856257046
    PRODI : PGPAUD Semester

    Menurut saya tentang video diatas, anak sulit berimajinasi saat menggambar, anak-anak lebih cenderung meniru gambar yang dilihatkan oleh gurunya, karena disini saya lihat anak kurang kreatif dan belum berimajinasi saat menggambar.
    Dan ketika guru mengajak anak keluar kelas untuk melihat dan bercerita tentang apa saja yang dilihatnya, dan pada saat ada kegiatan menggambar kemungkinan anak sudah bisa berimajinasi seperti ada yang menggambar bunga, rumah, pohon, dan lain lainya.

  5. Nama : Pungki KUrniawati
    Nim : 858718925

    1. Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru Taman kanak-kanak berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut:
     Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak
     Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memperhatikan objek yang ada di luar, memberikan fasilias dengan cara memaanfaatkan media di luar kelas. Dengan begitu anak dapat bercerita apa saja yang mereka lihat. Sehingga saat anak di suruh menggambar bebas anak sudah dapat berimajinasi menggambar sesuai dengan objek yang di lihatnya atau yang mereka ditemukan di lapangan.

    2. Kekurangan dan kelebihan kegiatan yang dilakukan oleh guru ialah sebagai berikut :
    Kekurangan dalam video :
     Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan. Karena guru merupakan orang yang dipercaya anak dan anak pada usia dini merupakan tahap imitasi (meniru) maka anak menganggap bahwa apa yang dibuat oleh guru adalah contoh yang paling baik. Oleh karena itu anak meniru gambar guru.
     Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru.
     Serta Guru belum terlihat memberikan feedback / umpan balik dan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak.

    Kelebihan dari video :
    Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.

  6. Nama Reni Trisnayanti
    Nim 858854508
    Pokjar Ngunut

    a. Judul : “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Nama pembuat vidio:
    Naskah : Heti Hernawati
    Penelaah Materi : Siti Aisyah
    Penelaah Media : Trini Prastati
    Sutradara : Donny Harsabudhi
    Lokasi : “Dalam Ruangan dan Sekitar Sekolah”
    Kelompok anak : TK
    Ringkasan Materi :
    – Dalam Vidio tersebut guru mengajak anak anak untuk menggambar bebas sesuai kreatifitas anak, ide, dan imajinasi anak, tetapi sebelumnya guru mengajak anak anak untuk berkeliling / melihat lihat lingkungan sekitar sekolah. Tujuan dari pembelajaran tersebut agar anak bisa bebas menuangkan ide ide cemerlang dan bebas untuk berkreatifitas.

    b. Guru sudah menerapkan asesmen dan evaluasi dengan menunjukkan hasil gambar anak secara langsung kemudian melakukan tindakan dengan mengajak anak-anak untuk melihat lihat dan memperkenalkan benda yang bisa ditemui disekitar lingkungan sekolah

    c. Menurut saya : Di vidio tersebut langkah yang dilakukan oleh guru dengan mencontohkan gambar terlebih dahulu dan mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat benda apa saja yang ada disekitar sekolah, lalu mengajak anak untuk bercerita di depan teman-temannya tentang apa saja yang dilihat di sekitar lingkungan sekolah. Hal tersebut bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dan dapat menuangkan ide ke dalam gambar yang akan dibuatnya.
    Akan tetapi yang harus dilakukan oleh guru sebelum memberi tugas kepada anak anak, pertama melakukan pembukaan dengan bernyanyi atau bertepuk tangan sesuai tema sebelum memberi tugas kepada anak, agar anak merasa senang dan secara tidak langsung anak dapat berimajinasi dengan nyanyian tersebut. Dan juga alat gambar yang digunakan anak anak tidak harus menggunakan crayon,pensil dan kertas gambar tapi bisa menggunakan media lainnya seperti biji bijian, kancing baju, lego, tutup botol, batu kecil dan lain-lain.

  7. Nama: Sri Harni
    NIM: 857763698
    Prodi: PG PAUD BI
    Judul Video: Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    Naskah: Neti Hernawati
    Penelaah materi: Siti Aisyah
    Penelaah media: Trini Prastati
    Sutradara: Donny Harsabudhi
    Produksi: Univesitas Surabaya
    Lokasi: Dalam ruang kelas dan lingkungan sekolah

    Menurut pendapat saya tentang video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” adalah guru dalam video tersebut sudah tepat memberikan kesempatan pada anak untuk bisa berimajinasi saat menggambar dengan cara memberikan contoh langsung berupa gambar dan mengajak anak keluar kelas untuk mengeksplor lingkungan sekolah sehingga bisa menumbuhkan imajinasi anak saat menggambar, serta melakukan tanya jawab setelah pembelajaran. Guru sudah menerapkan asesmen dan evaluasi untuk menindaklanjuti sekiranya ada yang kurang sesuai dengan apa yang diharapkan dalam pembelajaran.
    Akan tetapi, dalam video tersebut, guru tidak menjelaskan tentang menggambar bebas itu apa, tetapi hanya memberikan satu contoh gambar saja dipapan tulis, sehingga membuat anak beranggapan bahwa mereka harus menggambar seperti yang telah dicontohkan oleh guru. Alangkah baiknya jika guru memberikan beberapa contoh gambar, video atau bisa juga menentukan tema gambar bebas apa yang akan digambar. Kemudian melakukan sesi tanya jawab dan selanjutnya ajak anak untuk menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar.

    Demikian pendapat saya. Terima Kasih.

  8. Nama : Vebrianti Latul
    NIM. : 855704714
    Prodi. : S1 PG PAUD

    Saya ingin menanggapi video diatas
    Apa yang dilakukan oleh guru sudah benar .
    Akan tetapi yang saya simak dari video diatas guru belum melakukan aspek Nilai agama dan moral yaitu berdoa sebelum melakukan kegiatan belajar.
    Dan sudah sangat benar guru membiarkan anak-anak untuk belajar di luar ruangan , supaya anak dapat mengamati objek apa saja yang dia lihat di lingkungan sekitar sehingga dia bisa curahkan di lembar kertas nanti tetapi guru jangan memberikan contoh di papan tulis Nah dari situ anak akan sulit Berimajinasi anak akan meniru apa yang di buat oleh gurunya.

  9. Nama : Fitri Sholehah
    NIM : 857350328
    Pokjar Sawangan Depok
    Semester III Linier PGPAUD

    a. Judul : “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Nama pembuat vidio:
    Naskah : Heti Hernawati
    Penelaah Materi : Siti Aisyah
    Penelaah Media : Trini Prastati
    Sutradara : Donny Harsabudhi
    Lokasi : “Dalam Ruangan dan Sekitar Sekolah”
    Kelompok anak : TK (Usia 4-5 Tahun)
    Ringkasan Materi :
    A. Video bagian pertama :
    1. Menjelaskan bahwa Guru memberikan contoh sebuah gambar di papan tulis. Gambar tersebut adalah sebuah gambar pemandangan gunung dan sawah. Kemudian guru meminta anak-anak untuk menggambar bebas, tidak perlu sama seperti gambar yang dibuat oleh guru. Lalu anak-anak pun menggambar di atas buku gambar mereka dan ternyata hampir semua meniru gambar buatan guru. Mereka pun ikut membuat gambar pemandangan.
    2. Tanggapan saya terkait opening video ini adalah pada tahapan menggambar anak usia 4-5 tahun diawali dengan cara meniru. Maka guru perlu menstimulasi kemampuan meniru tulisan atau gambar pada anak secara bertahap, dimulai dari gambar atau tulisan sederhana sampai yang lebih banyak dan bervariasi. Jadi bisa dipastikan terlebih dahulu kemampuan meniru bentuk gambar pada anak apakah sudah tercapaii atau belum. Bila sudah guru bisa melanjutkan ke tahapan anak dapat menggambar bebas sesuai imajinasi mereka sendiri.

    B. Video bagian kedua :
    1. Karena pada bagian pertama anak masih meniru gambar guru dan belum dapat berimajinasi gambar yang mau mereka gambarkan, maka guru pada video tersebut mengajak anak untuk mengeksplorasi lingkungan di dalam dan sekitar sekolah. Guru mengajak anak melihat apa saja yang ada di sekolah mereka yang dapat mereka tuangkan apa yang mereka lihat kedalam bentuk gambar.
    2. Tanggapan saya terkait video bagian kedua tersebut adalah langkah yang dilakukan guru sudah tepat. Dimana ekplorasi atau melihat secara langsung benda-benda atau kondisi di sekolah/lingkungan merupakan salah satu cara yang dapat menstimulasi imajinasi untuk menggambar. Selain itu beberapa cara lain yang dapat meningkatkan kemampuan imajinasi anak yaitu menyediakan properti sederhana dengam permainan seperti kotak ajaib yang dapat mereka gambar setelah mereka melihatnya, membacakan buku bergambar kemudian anak dapat menggambar bagian cerita yang mereka sukai, dan dapat pula dengan bermain peran kemudian menggambar tokoh yang mereka perankan.
    3. Pada video tersebut juga belum terlihatnya guru menanggapi hasil karya gambar anak. Maka disinilah guru perlu mengapresiasi setiap hasil karya anak. Guru juga dapat memberi respon terkait paduan warna yang digambar anak. Ini juga dapat meingkatkan kemampuan kognitif dan imajinasi mereka

  10. Nama : Aniroh
    NIM : 857419437
    Pokjar : UPJJ Bandung
    Prodi: S1 PAUD

    Setelah saya menyimak video yang berjudul ” Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar ”
    Sedikit Kelemahan dari video yang saya simak Guru tidak terlihat memberikan kegiatan pembukaan dan berdo’a

    Untuk kegiatan yang lainnya Guru sudah memberikan pembelajaran sesuai dengan 6 aspek perkembangan
    1. Untuk aspek kognitif : Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak dan mengenal macam-macam apa yang ada diluar kelas
    2.Untuk aspek bahasa guru meminta anak untuk bercerita dan melakukan tanya jawab setelah mengajak anak keluar kelas
    3.Untuk aspek motorik : Guru meminta anak untuk menggambar dengan menggunakan krayon
    4. Untuk aspek sosial emosional : mengajak anak untuk keluar kelas dan belajar duduk dengan tertib
    5. Untuk aspek NAM Guru mengajak anak melihat dan menyebutkan macam” ciptaan Allah
    6. Untuk aspek seni : Hasil karya anak menggambar.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/
https://mtvsz.hu/https://accgroup.com/https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://mtvsz.hu/https://russiacb.com/
https://lpm.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/