silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Lasmina
    NIM :858970142
    video tersebut sangat bermanfaat untuk penerapan bagi anak yg sulit berimajinasi yaitu dengan cara menggambar langsung dilingkungan sekitar sekolah.hal tersebut akan menambah wawasan anak dalam hal menggambar dan anak-anak akan menceritakan kembali benda-benda /bermacam hal yang telah mereka amati yang ada di alam dan juga menambah kosa kata anak .dalam kegiatan menggambar bebas anak-anak akan jauh lebih bahagia tanpa ada paksaan mereka akan berimajinasi sendiri apa yang akan digambar sesuai dengan apa yang telah ia amati.

  2. Nama: Laila Hilaliah
    Study: PGPAUD
    Nim: 858326311
    Video ini membahas topik yang sangat relevan dan penting bagi guru PAUD. Anak-anak usia dini memiliki imajinasi yang kaya, namun terkadang mereka mengalami kesulitan dalam menuangkan imajinasi mereka ke dalam gambar. Video ini memberikan beberapa penjelasan yang mungkin menjadi penyebabnya dan menawarkan solusi yang praktis bagi guru PAUD.

  3. Via Sandita
    nim : 858023524
    didalam video yang diputar sangat bagus dan menarik. bermanfaat untuk kami para guru untuk menjelaskan kepada anak yang belum bisa berimajinasi dalam menggambar.

  4. Nama : Via Sandita
    Nim : 858023524
    didalam video tersebut sangat menarik dan bermanfaat, sehingga dapat membantu anak-anak yang kurang memiliki imajinasi untuk menggambar. sering menemukan anak yang saat menggambar dia bingung mau menggambar apa, setelah diberi contoh baru bisa menggambar sesuai yang guru contohkan

  5. : Dalam video sangat menarik untuk di tiru dan di praktekan oleh guru yang bingung karna banyak sekali anak-anak yang memang bingung untuk mengimajinasikan dan menggambar

  6. Nama: Syamsida Nur
    NIM: 858422327

    Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa anak usia dini mempunyai banyak imajinasi atau pemikiran yang luas. Jadi kita sebagai guru PAUD mau ndak mau harus memiliki pola pikir yang kreativ. Karena secara fitrah anak memiliki bekal atau pontensi yang sama dalam upaya memahami sesuatu. Seperti halnya menggambar, anak diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengeekspresikan pengetahuan dan keterampilannya dalam berimajinasi melalui berbagia kegiatan.

  7. Nama : Aulia Agistianik Dianika
    Nim : 877703848

    Di dalam video tersebut sangat menginspirasi para guru lainnya ketika menghadapi siswa yang mengalami kesulitan berimajinasi saat menggambar. Lingkungan luar adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan kesehatan fisik, kreativitas, dan melatih kemampuan sosial. Kreativitas di dalam otak anak menjadi lebih berkembang setelah melihat lihat lingkungan sekitar, terlebih melihat pepohonan dan langit yang cerah. Pikirannya akan lebih terbuka dan memikirkan hal hal yang menarik di matanya. Selain itu, jiwa anak juga merasa lebih bahagia dan bebas dari pada di kelas yang hanya fokus pada benda benda yang sama.

  8. Nama : Sitti Hardianti Baskia
    NIM : 838079138

    video tersebut membahas tentang cara mengembangkan imajinasi anak, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    1. membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai imajinasinya
    2. guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide dan imajinasi anak ke halaman untuk melihat-lihat apa saja dihalaman sekolah
    3. menceritakan dan menggambarkan apa yang dilihat anak dan guru melakukan tanya jawab pada anak tentang apa yang telah digambar anak

  9. Nama Afidah
    NIM 859438701

    Berbagai cara dapat dilakukan oleh guru untuk memberikan ide-ide untuk anak agar dapat berimajinasi untuk membuat sebuah gambar. Sangat menarik dalam video yang ditayangkan, guru memberikan dorongan bagi anak untuk memunculkan ide-idenya dengan cara mengajak anak melihat pemandangan yang ada di halaman sekolah, sehingga anak dapat melihat apa saja yang terlihat dari halaman sekolah yang dapat memunculkan ide bagi anak agar dapat berimajinasi untuk menciptakan sebuah gambar.

Leave a Reply