silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Om Swastyastu,Namo Budhaya, Assalamualaikum wr. WB ,Salam sejahtera, Salam kebajikan ,,,
    Nama : Winarsih
    NIM. : 877972961
    Ijinkan saya mengutarakan pendapat sy berdasarkan video yg telah sy tonton diatas , menurut saya upaya dalam video di atas untuk melakukan pendekatan kepada anak dengan mengajaknya keluar itu sudah bagus tetapi menurut sy harus ditanya terlebih dahulu apakah yang disukai anak-anak yang mau diekspresikan dalam suatu gambarnya, terimakasih.

  2. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh NAMA JUMRIATI NIM 859442321, Menurut saya video ini menggambarkan bagaimana kita menghadapi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar dalam video ini memberikan saya berbagai pengajaran untuk diterapkan kepada anak murid saya yang mengalami hal seperti itu. video ini sangat bermanfaat bagi saya apalagi ketika kita melatih anak menggambar melalui imajinasinya dengan belajar meggambar diluar ruangan sehingga anak bisa mengembangkan kreativitasnya dengan menggambar berdasarkan apa yang mereka lihat. dengan demikian anak lebih mudah menyalurkan imajinasinya melalui gambar yang dibuat.
    Terima kasih

  3. benar sekali, ketika menggambar anak-anak yang kebingungan ingin menggambar apa pasti butuh masukan dari guru, misalnya apa yang anak sukai dan lain sebagainya yang berhubungan dengan anak tersebut. bisa juga dengan cara memperhatikan lingkungan, ada apa sih di sekitar lingkungan tersebut. dengan cara ini anak-anak bisa menggambar objek nyata. saya sangat setuju sekali ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas dan menggambar objek yang mereka lihat, karena tidak semua anak bisa berimajinasi sendiri.

  4. Bismillah,
    Nama : Nur Aisyah
    NIM : 859435942
    Izin memberi tanggapan pada video “anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Pada video tersebut memperlihatkan bagaimana guru mengasah imajinasi anak-anak didiknya dengan memperlihatkan objek nyata terlebih dahulu sehingga anak-anak dengan mudah mengambil keputusan tentang hal yang akan mereka gambar melalui imajinasi mereka. Video tersebut sangat bermanfaat sebagai bahan ajar untuk diterapkan di lembaga masing-masing dengan akses yang mudah.
    Terimakasih

  5. Assalamualaikum ijinkan saya menanggapi video tersebut
    Nama : Hariyani indah
    NIM : 858195949
    Di dalam video tersebut semua yang di lakukan guru benar sekali dengan cara membebaskan anak-anak bereksplor ke lingkungan untuk menambah imajinasi mereka.
    pada video tersebut adalah bahwa video itu dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Dengan menampilkan contoh konkret dan cara-cara penanganannya, video tersebut dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi orang tua dan guru untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berimajinasi dan kreativitas mereka.

    Video tersebut juga dapat menjadi contoh yang baik tentang bagaimana menggunakan media visual untuk menyampaikan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang isu-isu pendidikan. Dengan demikian, video tersebut dapat menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
    Sekian dan terima kasih.

  6. Assalamualikum, mohon ijin berdiskusi.
    Nama : Yuli Rahmawati
    NIM : 860138801
    Saya sangat sering menemui anak yang sulit berimajinasi saat akan menggambar, kebanyakan dari anak-anak bingung mau menggambar apa dan bagaimana cara menggambarnya. Selalu bilang “tidak bisa bu guru”. Dengan melihat video yang ada di portal guru pintar ini, saya dapat mengetahui bagaimana langkah-langkah agar anak bisa berimajinasi saat menggambar. yaitu dengan mendorong anak-anak untuk menggambar bebas , mengajak anak-anak melihat lingkungan sekitar sebelum menggambar, mengajarkan warna dan bentuk pada anak dan tidak lupa untuk memberikan apresiasi positif kepada anak agar dapat meningkatkan kepercayaan diri pada mereka.

  7. Nama kardem
    Nim 859668049
    Anak terkadang kurang nya berimajinasi terhadap bagaimana cara menggambar.
    Dan yang sering terjadi ialah meniru gambar temannya.
    Dan stimulasi mencari ide nya ialah dengan mengajak anak untuk keluar lingkungan terdekat,itu sangat efisien.

  8. ASSALAMUALAIKUM
    nama saya ; HARVINA
    NIM ; 859818543
    pokjar ; kulisusu

    izinkan saya menberikan tangapan saya tentang anak yang yang susah berimajinasi , seperti yang kita ketahui anak usia dini adalah masa keemasan rasa ingin tahu mereka sangat tinggi seperti berimajinasi akan tetapi semua itu bertahap dan butuh beberapa beberapa cara atau metode untuk mengembangkan imajinasi anak didik kita
    berikut beberapa cara atau solusi untuk meningkatkan daya imajinasi anak
    1. membaca buku bergambar tentang tempat atau tokoh yang belum anak kenal
    2. mengajak anak bermain peran bersama seperti menggunakan boneka atau hal lainnya
    3, berkarya seni , seperti mebuat sesuatu yang menarik minat anak

    terima kasih

  9. Nama: Maudy Pangesti
    NIM: 878222789

    Video tersebut menampilkan metode pembelajaran yang sangat mendukung perkembangan kreativitas anak usia dini. Pada tahap ini, imajinasi anak sedang dalam fase perkembangan yang pesat, namun ada anak yang belum mampu menuangkan pikirannya dalam bentuk gambar. Oleh karena itu, peran guru adalah melakukan pendekatan melalui memberi ruang kebebasan pada anak dalam berkarya, mengajak anak mengeksplorasi lingkungan sekitar serta mendorong mereka bercerita sebelum menggambar. Hal tersebut merupakan strategi yang cukup efektif untuk mengembangkan kreativitas anak. Terimakasih

  10. Nama: Maudy Pangesti
    NIM: 878222789

    Video tersebut menampilkan metode pengajaran yang sangat mendukung perkembangan kreativitas anak usia dini. Pada tahap ini, imajinasi anak sedang berkembang pesat, namun belum semua anak mampu langsung menuangkan pikirannya dalam bentuk gambar. Oleh karena itu, pendekatan guru yang memberikan ruang kebebasan dalam berkarya, mengajak anak menjelajah lingkungan sekitar, serta mendorong mereka untuk bercerita sebelum menggambar, merupakan strategi yang sangat efektif.

Leave a Reply