silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Video tersebut menampilkan metode pengajaran yang sangat mendukung perkembangan kreativitas anak usia dini. Pada tahap ini, imajinasi anak sedang berkembang pesat, namun belum semua anak mampu langsung menuangkan pikirannya dalam bentuk gambar. Oleh karena itu, pendekatan guru yang memberikan ruang kebebasan dalam berkarya, mengajak anak menjelajah lingkungan sekitar, serta mendorong mereka untuk bercerita sebelum menggambar, merupakan strategi yang sangat efektif.

  2. Dari video tersebut menurut saya sangat bermanfaat bagi guru paud karena didalamnya terdapat solusi yang sangat tepat dan memudahkan pemahaman anak, serta memahami masalah anak dan dapat menjadi sumber referensi dalam menangani masalah anak,menurut saya ketika anak diajak untuk keluar kelas agar mendapatkan imajinasinya, ini lebih baik mengajak anak kegiatan belajar diluar kelas dengan mengajak anak untuk menggambarkan apa yang dilihat nya secara langsung disekitar sekolah sehingga anak menjadi kreatif

  3. Nama : Vania Refa Yuniar
    NIM : 877325605
    metode pembelajaran atau penangan anak yang sulit berimajinasi yang dilakukan bulina sudah tepat mengajak anak – anak untuk mencari imajinasinya dengan jalan – jalan diluar .sama seperti yang ada dilembaga saya anak terkadang sulit mengungkapkan imajinasinya bahkan sulit mengaplikasikan imajinasinya untuk Digambar. Saran saya guru menampilkan video tentang Binatang, tumbuhan, atau yang lainnya , anak dibacakan cerita – cerita menarik untuk memicu imajinasinya , dan juga bisa mengajak anak melihat macam gambar, ilustrasi, atau karya seni kepada anak. Diskusikan apa yang mereka lihat dan rasakan, dan ajak mereka untuk membuat gambar berdasarkan apa yang mereka amati

  4. Silvia sukmana ayu
    877834816
    Betul tidak sedikit anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi dan mengungkapkan ide mereka melalui gambar. Hal ini membuat mereka sering meniru gambar yang sudah ada, sehingga kemampuan berpikir kreatif mereka tidak berkembang.
    Untuk menumbuhkan imajinasi dan ide-ide anak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, berikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi dan minatnya. Kedua, guru dapat mengajak anak keluar kelas, misalnya ke halaman sekolah, agar anak bisa mengamati lingkungan sekitar. Ketiga, minta anak untuk menceritakan apa yang mereka lihat, lalu menggambarkannya.
    Melalui kegiatan ini, anak akan lebih terlatih dalam mengamati, berpikir, dan mengekspresikan diri, yang semuanya merupakan bagian penting dari pengembangan kognitif di usia dini.

  5. Nama:silvia sukmana ayu
    Nim:877834816
    Betul tidak sedikit anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi dan mengungkapkan ide mereka melalui gambar. Hal ini membuat mereka sering meniru gambar yang sudah ada, sehingga kemampuan berpikir kreatif mereka tidak berkembang.
    Untuk menumbuhkan imajinasi dan ide-ide anak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, berikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi dan minatnya. Kedua, guru dapat mengajak anak keluar kelas, misalnya ke halaman sekolah, agar anak bisa mengamati lingkungan sekitar. Ketiga, minta anak untuk menceritakan apa yang mereka lihat, lalu menggambarkannya.
    Melalui kegiatan ini, anak akan lebih terlatih dalam mengamati, berpikir, dan mengekspresikan diri, yang semuanya merupakan bagian penting dari pengembangan kognitif di usia dini.

  6. Izin berkomentar

    kemampuan berfikir divergen yang dilakukan tanpa batas, seluas-luasnya dan multiperspektif dalam merespon suatu stimulasi. Kemampuan ini sangat berguna mengembangkan imajinasi anak. Dengan imajinasi anak dapat mengembangkan daya pikir dan daya ciptanya tanpa dibatasi kenyataan dan realitas sehari-hari.

  7. Izin berkomentar

    NAMA : MULAZIMAH
    NIM : 857646743

    kemampuan berfikir divergen yang dilakukan tanpa batas, seluas-luasnya dan multiperspektif dalam merespon suatu stimulasi. Kemampuan ini sangat berguna mengembangkan imajinasi anak. Dengan imajinasi anak dapat mengembangkan daya pikir dan daya ciptanya tanpa dibatasi kenyataan dan realitas sehari-hari.

  8. Selamat Malam Ibu Tutor dan teman teman
    Nama :Tanma
    Nim. :877682174

    Menanggapi video yang berjudul Anak sulit berimajinasi saat menggambar,,solusi yang di berikan dalam video ini sangat membantu saya ,yang terkadang menemukan ada anak yang sulit berimajinasi saat menggambar,,sering di temui saat anak di minta untuk menggambar bebas mereka kebingungan harus menggambar apa,,karena itu solusi yang di berikan di video ini akan saya coba terapkan pada anak anak di TK saya,,semoga semakin banyak lagi video yang di buat untuk membantu kami para guru mengatasi kesulitan kesulitan dalam menghadapi anak anak ,trima kasih

  9. Nama Dina pittaloka
    Nim 858192943
    Vidio dengan judul “anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Menurut saya vidio sangat membantu saya sebagai profesi guru, dalam vidio guru membantu anak agar dapat berimajinasi ketika menggambar, guru membebaskan anak menggambar apa yang ia sukai,guru juga mengajak anak berkeliling agar ia dapat menemukan ide pada gambaranya, dengan cara guru ini dapat membantu saya juga agar bisa menerapkan strategi dalam vidio di sekolah tempat saya mengajar, hal lain yang dapat membantu agar anak dapat berimajinasi saat menggambar, guru dapat bercerita macam macam hewan dan buah buahan atau sesuatu yang akan digambar, sehingga anak anak dengan pemikiran yang ada dootaknya akan berimajinasi tentang bentuk bentuk yang disebutkan guru pada cerita. Sekian pendapat saya, semoga bermanfaat, terima kasih.

  10. Saya Ajeng Rahma Azzahra dengan NIM 858013562 dari Prodi PGPAUD izin menanggapi video yang telah saya tonton. Yaitu yang berisi upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Video dari Guru Pintar sangat relevan dengan tantangan nyata yang dihadapi guru PAUD di lapangan. Penjelasan mengenai strategi pembelajaran yang konkret, seperti dalam video tentang anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar, sangat membantu karena memberikan gambaran langsung cara guru bisa menyiasati situasi tersebut. Penayangan kegiatan pembelajaran secara visual membuat strategi pembelajaran lebih mudah dipahami dan ditiru. Misalnya, penggunaan media nyata dan aktivitas luar ruangan untuk memicu imajinasi anak adalah metode yang sangat baik dan efektif.
    Saran untuk Pengembangan Video Selanjutnya Akan lebih baik jika dalam setiap video disertai dengan refleksi dari guru yang bersangkutan atau pendapat dari anak-anak setelah kegiatan. Hal ini akan memberi gambaran lebih mendalam tentang efektivitas strategi yang diterapkan.

Leave a Reply