silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Tayangan video diatas menunjukkan beberapa anak masih kesulitan menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar karena belum berkembangnya kreativitas sehingga mereka meniru gambar teman lainya. Di dalam video guru sudah menerapkan beberapa cara untuk mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi dengan cara membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi anak, guru mengajak anak untuk pergi ke luar sekolah agar anak dapat mengembangkan imajinasi mereka dengan mengamati lingkungan sekitar. lalu guru meminta anak untuk menyebutkan benda apa saja yang ditemui berdasarkan hasil pengamatannya dan setelah itu meminta anak untuk menggambarnya. tidak lupa guru memberikan motivasi kepada anak bahwa mereka pasti bisa melakukannnya meskipun hasil gambarnya berupa coretan tetapi tetap diberikan apresiasi agar mereka semakin semangat dan percaya diri.

  2. Tanyangan dalam vidio berjudul anak sulit berimajinaai dalam menghambar memberi gambaran kepada kita adanya persoalan yang kerap kita hadapi sebagai seorang guru PAUD, anak memiliki kemampuan berbeda beda dalam berimajinaai disini diperlihatkan bagaimana seorang guru PAUD harus dapat memberikan solusi bagaimana anak didik kita agar dapat mengembangkan dan mengeluarkan imajinasi mereka dalam menggambar. Solusi dividio diberikan dengan cara membebaskan anak didik untuk menggambar bebas sesuai imajinasi mereka selain itu anak didik di ajak keluar untuk melihat situasi di sekitar lingkungan sekolah untuk dapat mendapat ide dalam menggambar dari pengalaman langsung yang mereka peroleh. Demikian tanggapan dari saya, terimakasih.

  3. Nama : Siti Nur Khofifatun
    Nim : 877686551
    Setelah saya menonton video tersebut, menurut saya video tersebut sangat bermanfaat bagi semua guru PAUD. Dalam video tersebut, telah dijelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang masih sulit untuk berimajinasi dalam menggambar yaitu dengan cara membebaskan Anak menggambar apa yang menjadi objeknya, dengan guru memfasilitasi anak dengan mengajak anak keluar kelas misalnya ke halaman sekolah atau taman sekolah itu sudah sangat bagus untuk membuka imajinasi anak, serta dapat mengembangkan kreativitas anak melalui imajinasi gambar tersebut.

  4. Nama : Siti Nur Khofifatun
    Nim : 877686551
    Setelah saya menonton video tersebut, menurut saya video tersebut sangat bermanfaat bagi semua guru PAUD. Dalam video tersebut, telah dijelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang masih sulit untuk berimajinasi dalam menggambar yaitu dengan cara membebaskan anak menggambar apa yang menjadi objeknya, guru memfasilitasi anak dengan mengajak anak keluar kelas, misalnya ke halaman sekolah atau taman sekolah, agar anak dapat mengembangkan kreativitasnya melalui menggambar objek yang ditujunya.

  5. Assalamualaikum wr.wb
    Izinkan saya memberi tanggapan
    IRMA NOVITA
    Dari video yang ini menurut saya sudah sangat bagus cara pemecahan masalah bagi anak-anak yang sulit berimajinasi, dengan cara menuntun anak mengeksplor benda atau tanaman di dalam maupun diluar sehingga anak tidak bingung mau menggambar yang mana. Dan saya lihat dari video tersebut ibu guru memberi kesempatan untuk anak-anak bercerita tentang alam sekitar. Seperti yang kita ketahui daya imajinasi anak sesungguhnya memegang peranan penting dalam perkembangan kognitif dan emosionalnya. Perlu kita ketahui, setiap anak memiliki daya imajinasi yang unik. Daya imajinasi ini bukan hanya sekadar untuk bermain, tapi juga membantu Si Kecil dalam memahami dunia di sekitarnya.

  6. Nama : Agustina landang
    Nim. :877803233

    Dari video diatas menunjukan bahwa peran seorang pendidik sangat penting dalam mendidik anak-anak. Video diatas memberikan contoh seorang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, dan seorang pendidik
    yang berupaya membimbing anak-anak
    Dengan memberi dukungan dan motivasi .

  7. Nama : Safinatun Najah
    Nim : 857645956
    Pada video di atas mengajarkan kita tentang pentingnya menumbuhkan imajinasi pada anak, supaya anak menjadi kreatif karena menggunakan imajinasinya. Divideo tersebut dijelaskan mengapa anak bisa kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar dan guru memberikan cara untuk membuat anak membangun imajinasinya dengan menggambar bebas dan mengajak mereka berkeliling ke luar kelas (halaman sekolah) lalu meminta mereka menggambar objek yang mereka lihat di luar kelas, jadi ketika menggambar mereka menggunakan imajinasi mereka sendiri tanpa harus berpatok (sesuai/mirip) dengan apa yang sudah guru contohkan. Video di atas sangat berguna untuk saya sebagaii guru paud sebab membuat saya tau bagaimana cara menangani anak yang kesulitan dalam berimajinasi dan video tersebut mudah untuk dipahami, informatif, padat penyajiannya.

  8. Selamat malam
    Nama : Veronika Serang Sogen
    Nim : 859320639

    Ijin menjawab diskusi empat ini, menurut pendapat saya anak belum semua dapat menuangkan imajinasi mereka masing masing karena belum mampu berkreativitas, padahal sudah diajak untuk menggambar bebas namun karena imajinasinya belum terlatih dengan baik maka anak cenderung mengikuti gambar teman atau gambar yang di contohkan oleh gurunya dan semua hampir sama seperti yang saya nonton dalam video tersebut. Namun guru tidak habis cara, guru mengajak untuk menyebutkan apa saja yang dilihat oleh anak disekitar lingkungan sekolah lalu sebutkan dan mengambar kembali apa yang dilihatnya. bagunya guru selalu setia mensuport anak sehingga anak selalu punya semangat.
    Terima Kasih

  9. Saya sangat setuju untuk strategi yang diterapkan oleh guru tersebut, guru tidak memaksa anak untuk mengikuti contoh gambar yang sudah digambarkan oleh guru, melainkan memeberikan kebebasan untuk berekspresi sesuai minat dan pengalaman anak. Langkah untuk mengajak anak keluar kelas halaman sekolah juga merupakan strategi yang tepat, karena dengan car aini anak diberi kesempatan untuk mengamati lingkungan sekitar, sehingga daya imajinasi anak dibangun dari pengalaman

  10. Nama : Rachel Hanin Rifa’i
    Nim : 877313349
    Saya sangat setuju untuk strategi yang diterapkan oleh guru tersebut, guru tidak memaksa anak untuk mengikuti contoh gambar yang sudah digambarkan oleh guru, melainkan memeberikan kebebasan untuk berekspresi sesuai minat dan pengalaman anak. Langkah untuk mengajak anak keluar kelas halaman sekolah juga merupakan strategi yang tepat, karena dengan car aini anak diberi kesempatan untuk mengamati lingkungan sekitar, sehingga daya imajinasi anak dibangun dari pengalaman

Leave a Reply