silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Eka Dela Octavia
NIM : 860137451
Mohon izin menyampaikan pendapat, setelah melihat tayangan video yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”, menurut saya video tersebut sangat bermanfaat dan menginspirasi, terutama bagi kami para guru PAUD yang sering menghadapi anak-anak yang tampak bingung saat diminta untuk menggambar. Saya menjadi paham mengenai pentingnya memberi stimulus sebelum menggambar, dan imajinasi anak perlu diransang melalui kegiatan bermain, bercerita, dan bereksplorasi untuk membuka berbagai wawasan.
menurut saya metode pembelajaran ini sangat lah baik dalam mengasah kemampuan imajinasi dan juga memberikan mereka ruang untuk berkarya dan berpendapat dan cara ini juga relatif sangat baik bagi perkembangan anak karena mendukung banyak aspek seperti aspek motorik pada anak juga dilatih. dan anak juga diberikan kesempatan menjelaskan apa yang mereka lihat dan apa yang mereka saksikan. serta anak juga diberikan kebebasan berpendapat tentang apa yang akan mereka lukis hal ini juga melatih kepercayaan diri pada anak-anak. mereka akan merasa sangat senang dan antusias karena metode ini membuat mereka merasa benar benar dilibatkan secara keseluruhan.
Nama : Mariana Andriani
NIM : 871818099
Video ini dengan jelas menunjukkan tantangan umum di kelas PAUD, yaitu banyak anak cenderung menggambar objek yang sama, baik meniru contoh guru maupun teman sekelasnya, sehingga kreativitas menjadi kurang berkembang.
Yang menarik, video ini tidak hanya menggambarkan masalah, tetapi juga menawarkan solusi konkret untuk menstimulasi imajinasi anak.
Guru mengajak anak-anak keluar dari ruangan untuk mengamati lingkungan sekitar, lalu mendorong mereka menceritakan apa yang mereka lihat, sebelum menuangkan pengamatan itu dalam bentuk gambar.
Pada video ini, narator juga menyarankan, setelah anak selesai menggambar, guru dapat mengadakan sesi tanya jawab untuk menggali lebih dalam ide di balik
karya mereka. Metode ini sangat efektif karena menghubungkan antara pengalaman langsung, verbalisasi ide, dan ekspresi kreatif dalam bentuk gambar, sebuah pendekatan yang sangat mendukung perkembangan kognitif dan bahasa anak, sekaligus menghidupkan kreativitas mereka.
Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan yang aplikatif tentang bagaimana guru dapat mendorong orisinalitas dalam karya anak-anak, bukan hanya dengan memberi perintah menggambar, tetapi dengan membangun pengalaman nyata terlebih dahulu.
Jika ada catatan kecil, mungkin akan lebih menarik bila video juga memperlihatkan perubahan hasil gambar anak-anak sebelum dan sesudah kegiatan observasi, untuk memperkuat gambaran keberhasilan strategi yang diterapkan. Terima kasih.
Nama : Mariana Andriani
NIIM : 878181099
Video ini dengan jelas menunjukkan tantangan umum di kelas PAUD, yaitu banyak anak cenderung menggambar objek yang sama, baik meniru contoh guru maupun teman sekelasnya, sehingga kreativitas menjadi kurang berkembang.
Yang menarik, video ini tidak hanya menggambarkan masalah, tetapi juga menawarkan solusi konkret untuk menstimulasi imajinasi anak.
Guru mengajak anak-anak keluar dari ruangan untuk mengamati lingkungan sekitar, lalu mendorong mereka menceritakan apa yang mereka lihat, sebelum menuangkan pengamatan itu dalam bentuk gambar.
Pada video ini, narator juga menyarankan, setelah anak selesai menggambar, guru dapat mengadakan sesi tanya jawab untuk menggali lebih dalam ide di balik karya mereka. Metode ini sangat efektif karena menghubungkan antara pengalaman langsung, verbalisasi ide, dan ekspresi kreatif dalam bentuk gambar, sebuah pendekatan yang sangat mendukung perkembangan kognitif dan bahasa anak, sekaligus menghidupkan kreativitas mereka.
Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan yang aplikatif tentang bagaimana guru dapat mendorong orisinalitas dalam karya anak-anak, bukan hanya dengan memberi perintah menggambar, tetapi dengan membangun pengalaman nyata terlebih dahulu.
Jika ada catatan kecil, mungkin akan lebih menarik bila video juga memperlihatkan perubahan hasil gambar anak-anak sebelum dan sesudah kegiatan observasi, untuk memperkuat gambaran keberhasilan strategi yang diterapkan. Terima kasih.
Izinkan saya memberikan tanggapan video pembelajaran di atas.
Berdasarkan video tersebut dijelaskan beberapa cara untuk menumbuhkan atau mengasah imajinasi anak dalam berkarya. Dalam video juga ditampilkan interaksi tanya jawab antara murid dengan guru untuk meningkatkan daya ingat dan megasah kemampuan bepikir. Tetapi disisi lain setiap anak memiliki pola asuh dan lingkungan berbeda di rumahnya, jadi kemungkinan ada pengaruh dalam berimajinasi. Selain itu, anak mudah teralihkan fokusnya, sehingga perlu adanya pengarahan saat kegiatan berlangsung.
Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izinkan saya memberikan tanggapan video pembelajaran di atas. Berdasarkan video tersebut dijelaskan beberapa cara untuk menumbuhkan atau mengasah imajinasi anak dalam berkarya. Dalam video juga ditampilkan interaksi tanya jawab antara murid dengan guru untuk meningkatkan daya ingat dan megasah kemampuan bepikir. Tetapi disisi lain setiap anak memiliki pola asuh dan lingkungan berbeda di rumahnya, jadi kemungkinan ada pengaruh dalam berimajinasi. Selain itu, anak mudah teralihkan fokusnya, sehingga perlu adanya pengarahan saat kegiatan berlangsung. Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaruh
Nama: NURLINAE
NIM: 858197666
Menurut saya, video ini sangat membantu kita sebagai guru dalam mengatasi keterbatasan atau kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Karena di lapangan memang inilah kesulitan yang kita hadapi, akan tetapi dengan adanya video ini kita telah dibekali cara efektif menangani kesulitan ini. terimakasih atas trik yang dibagikan, semoga kami dapat menerapkan dan anak-anak tertolong dalam kesulitan mereka.
Nama: NURLINAE
NIM: 858197666
Video ini sangat menolong guru PAUD dalam menangani kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Keterbatasan kita para guru dalam menangani masalah ini juga menjadi salah satu alasan anak-anak tidak keluar dari masalah/kesulitan mereka dalam hal berimajinasi. Dengan memberi kebebasan, membantu anak-anak dengan media visual (alam/benda langsung) dan memberi imajinasi atau ide-ide kreatif yang dapat menstimulasi ide anak serta mengajak untuk mereka menceritakan kembali apa yang mereka lihat akan menstimulus saya imajinasinya. Harapannya, saya dapat merepkan trik yang menarik ini dan anak-anak juga dapat keluar dari kesulitan mereka berimajinasi. terimasih telah berbagi ilmunya.
Nama : Nikmat
Nim : 859182074
Setelah menonton video tersebut, saya menyadari pentingnya peran guru dalam membantu anak yang kesulitan mengembangkan imajinasi saat menggambar. Guru bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan gambar sesuai dengan ide dan keinginannya sendiri tanpa batasan. Selain itu, guru juga bisa mengajak anak berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolah untuk melihat berbagai hal yang menarik. Setelah itu, anak diajak bercerita tentang apa yang dilihatnya dan menuangkannya ke dalam gambar. Metode ini tidak hanya membantu anak mengasah daya imajinasi, tapi juga melatih kemampuan pengamatan dan komunikasi mereka secara menyenangkan.
Nama : Nikmah
Nim : 859182074
Setelah menonton video tersebut, saya menyadari pentingnya peran guru dalam membantu anak yang kesulitan mengembangkan imajinasi saat menggambar. Guru bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan gambar sesuai dengan ide dan keinginannya sendiri tanpa batasan. Selain itu, guru juga bisa mengajak anak berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekolah untuk melihat berbagai hal yang menarik. Setelah itu, anak diajak bercerita tentang apa yang dilihatnya dan menuangkannya ke dalam gambar. Metode ini tidak hanya membantu anak mengasah daya imajinasi, tapi juga melatih kemampuan pengamatan dan komunikasi mereka secara menyenangkan.