silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama : Nanik Trisnawati
NIM:859052377
Setelah saya menyimak video diatas sangat menginspirasi saya dalam melakukan proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran tersebut untuk mengatasi anak yg kesulitan berimajinasi saat menggambar yaitu dengan mencontohkan suatu gambar pemandangan dan mengajak murid untuk keluar melihat sekitar lingkungan sekolah setelah itu anak ditanya apa saja yang terdapat di lingkungan sekolah dan anak diajak untuk menggambarkan apa yang telah dilihatnya tadi. Terima kasih .
Izin berkomentar mengenai video tersebut,
Nama : Vivi Ana Faradillah
Nim : 860141168
Upjj : Ut Surabaya
Dalam video tersebut terdapat solusi jika anak sulit berimajinasi saat menggambar. Hal yang dapat dilakukan yaitu :
1. Menugaskan anak menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi dan minat anak.
2. Menfasilitasi anak menggali ide-ide dengan mengajak anak untuk melihat lingkungan sekolah.
Tanggapan saya setelah melihat video tersebut saya mengerti dan dapat dengan mudah memahami situasi akan adanya anak sulit berimajinasi saat menggambar. Video ini sangat berguna bagi saya yang saat ini perlu banyak belajar untuk menjadi seorang calon pendidik yang baik.
Izin menanggapi video tersebut. Video tersebut sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai pendidik agar lebih bijak saat menuntun anak yang masih kesulitan untuk berimajinasi. Setelah saya menonton video tersebut, saya menjadi lebih paham bagaimana cara menghadapi anak yang masih mengalami kesulitan dalam menuangkan imajinasinya ketika diberi tugas untuk menggambar. Terima kasih.
Izin menanggapi vide tersebut.
Video tersebut sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai pendidik agar lebih bijak saat menuntun anak yang masih kesulitas untuk berimajinasi. Setelah saya menonton video tersebut, saya menjadi lebih paham bagaimana cara menghadapi anak yang masih mengalami kesukitan dalam menuangkan imajinasinya ketika diberi tugas untuk menggambar.
Terima kasih.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh…
Nama: Ana Herdiana Fauziah
NIM: 877633046
Izin menanggapi video di atas😊🙏
Judul Tanggapan: Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
Video ini sangat menarik karena memperlihatkan bagaimana guru menghadapi anak-anak yang kesulitan menuangkan imajinasinya saat menggambar. Saya sangat menghargai pendekatan yang dilakukan guru, yaitu dengan memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minatnya. Guru juga tidak memaksa, tetapi justru mengajak anak keluar kelas agar mereka bisa melihat langsung benda atau kejadian di lingkungan sekitar, lalu menggambarkannya kembali.
Menurut saya, ini adalah contoh yang bagus dari pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Anak-anak diajak berpikir bebas, berimajinasi, dan menuangkannya melalui gambar. Guru berperan sebagai fasilitator, bukan sekadar pemberi tugas. Ini juga sesuai dengan pendekatan asesmen otentik, karena guru bisa menilai sejauh mana kreativitas dan pemahaman anak berkembang melalui kegiatan yang nyata dan kontekstual.
Pendekatan ini penting karena setiap anak punya cara sendiri dalam mengekspresikan diri. Dengan memberi ruang dan dukungan, anak jadi lebih percaya diri dan mampu menumbuhkan imajinasinya.
Nama : Ni Komang Sriwati Ningsih
Nim : 859052123
Izin menanggapi
Setelah saya menonton video diatas menanggapi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar guru perlu melakukan pendekatan yang sabar dan kreatif kita dapat menggunakan beberapa strategi agar dapat membantu anak untuk berimajinasi sebelum mulai menggambar guru dapat menggunakan metode bercerita terlebih dahulu menceritakan kisah sebelum sesu menggambar dapat merangsang imajinasi anak dengan mendengarkan cerita anak dapat membayangkan adegan atau karakter yang kemudian dituangkan dalam gambarnya . Sekian terimakasih
Nama: zaskya anas salsabila
Nim : 856530507
Video ini sangat bermanfaat karena mengangkat situasi nyata yang sering terjadi di kelas PAUD, yaitu ketika anak tampak kesulitan berimajinasi atau bingung saat diminta menggambar. Dalam video tersebut, guru menunjukkan pendekatan yang sangat bijak: tidak memaksa anak, tetapi justru mengajak berdialog, memberi contoh, dan membangun suasana yang menyenangkan agar anak terdorong untuk berekspresi.
Setelah menonton video tersebut menurut saya peserta didik hanya berfokus pada acuan contoh ya g di berikan oleh guru dan mayoritas anak itu bahkan hanya berfokus pada gambar yang di contohkan dan seharusnya dalam tahap ini peserta didik bisa lebih luas berimajinasi jika di arahkan oleh guru pembimbing dengan lebih baik seperti menambahkan beberapa contoh benda-benda lain atau mengajak para murid meriview apa yang ada di sekeliling mereka sehingga mereka bisa berimajinasi sesuai apa keinginan mereka dan tidak monoton hanya menjadikan contoh sebagai acuan berimajinasi.
Nama :Siti Maisaroh
Nim. :856108252
Izin menanggapi tentang video tsb,setelah saya melihat dan memahami video tsb..video tersebut sangat membantu dan memberikan pengalaman yang baru sebagi pendidik anak usia dini.. bagaimana cara mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar.yang anak cenderung lebih suka meniru.yabg di contohkan gurunya atau ikut ikutan temannya,dari pada menuangkan ide kreativitas nya.Dengan memberikan kebebasan anak menggambar apa yang disukai salah satunya dengan mengajak anak ke halaman..untuk melihat apa yang dilihatnya,kemudian di minta untuk menceritakan apa saja yang di lihat, kemudian di minta untuk menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Dengab begitu anak lebih berkreasi dalam menggambar.Terimakasih🙏
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. setengah menonton video tersebut anak anak di ajarkan menggambar berbagai objek di luar ruangan dan di dalam ruang.. sehingga anak dapat berimajinasi dan menggambar sesuai objek yang di lihat walaupun tidak sempurna tapi dapat memberikan penilaian sehingga anak merasa bahagia.