silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Pada Video, dijabarkan penyebab dan berbagai macam upaya/strategi mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar.
    Penyebab anak belum dapat berimajinasi adalah karena kurangnya rangsangan visual. Sebagaimana salah satu karakteristik anak yaitu belum dapat berpikir abstrak, maka mereka pun belum dapat berimajinasi dengan baik. Guru dapat melatih dan merangsang imajinasi dengan berbagai strategi.

    Strategi yang diterapkan guru untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
    1. memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak
    2. mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

    Hal ini sangat bermanfaat bagi guru dalam mengatasi anak yang masih sulit berimajinasi. Guru mendapat pencerahan dengan adanya video tentang perkembangan kognitif anak.

    Terima kasih dan semoga sukses selalu

  2. Nama: Evi Lintari
    Nim : 858100135
    Izin kan saya menanggapi video pembelajaran diatas kegiatan pengembangan di dalam video pembelajaran dia atas menunjukan di dalam kegiatan pengembangan ada kelemahan dan kelebihan yang terlihat pada saat proses kegiatan pengembangan di dalam video GPO menunjukan bagaiamana strategi guru berupa mengatasi dan meningkatkan kegiatan pengembangan agar proses pembelajaran atau tujuan pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik

  3. Video tersebut menjelaskan bagaimana mengembangkan kreativitas anak dengan cara menggambar. Cara yang dilakukan guru yaitu dengan mengajak anak untuk melakukan kegiatan menggambar di luar ruangan/kelas. Tujuannya agar anak menggambar benda-benda yang ada di halaman sekolah, sehingga anak memiliki pengalaman yang lebih kaya dalam berkarya. Menggambar di luar ruangan memungkinkan anak untuk mengamati lingkungan secara langsung, merasakan suasana, dan mendapatkan inspirasi dari alam sekitar serta membantu mereka mengembangkan kreativitas. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, serta membangun keterhubungan dengan lingkungan. Pada video tersebut tahap akhir dalam kegiatan menggambar guru melakukan tanya jawab mengenai karya/gambar yang dibuat anak. Kegiatan tanya jawab memberi kesempatan bagi anak untuk mengekspresikan ide, perasaan, dan makna di balik karya mereka. Selain itu, dengan tanya jawab akan memperkuat keterampilan komunikasi mereka, dan mendukung pengembangan sosial-emosional serta membangun kepercayaan diri anak dalam menyampaikan pendapat.

  4. Nama Dariyah
    Nim 856766192
    Upbjj palembang
    Setelah menonton video pembelajaran anak sulit berimajinasi saat menggambar. Saat bermanfaat sekali strategi pembelajaran yang diberikan guru ke anak sehingga cepat merangsang imajinasi anak, seperti dengan cara memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajar anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan di lapangan sekolah.

  5. Video tersebut memaparkan bagaimana cara mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak melalui kegiatan menggambar. Hal-hal yang terjadi pada anak saat kegiatan menggambar yang membuat imajinasi anak tidak berkembng yaitu: Anak sulit bercerita dengan imajinasinya dengan menuangkannya dalam bentuk gambar, anak cenderung meniru gambar yang sudah digambar sebelumnya dan meniru gambar temannya sehingga dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya dalam bentuk gambar.
    Cara yang bisa dilakukan guru untuk membantu anak mengembangkan kreativitas dan imajinasinya adalah dengan membebaskan anak menggambar apa saja yang sesuai imajinasi dan minat anak. Guru bisa memfasilitasi anak untuk menggali ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah selanjutnya guru minta anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkannnya setelah itu guru mengadakan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka.

  6. Nama:OKTAVIANA MOLAN
    Nim:859296741
    Judul vidio:anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Dividio ini menceritakan anak sulit berimajinasi saat menggambar, guru melihat gambar queena dan Gavin yang mengikuti gambar bu lina yaitu pemandangan. Karena masih banyak menggambar mengikuti temannya.
    Kelemahan dari vidio pembelajaran tersebut yaitu saat pembukaan masih berpusat pada guru, guru kurang dlm memfokuskan anak dengan materi yg diberikan. Alat permainan edukatif yg dipakai guru kurang kreatif.
    Kelebihan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru dengan sabar menjelaskan anak tentang eksplorasi lingkungan sekolah dengan membebaskan anak menggambar bebas sesuai imajinasi dan minat mereka
    Hal unik yg ditemukan yaitu guru menggunakan metode observasi pengamatan lingkungan sekitar dengan diajak langsung ke objek yg berbeda, dengan cara itu maka anak akan kaya dengan pengetahuan.

  7. Nama: Khabibatul Muniroh
    NIM: 857819604
    Menurut sya langkah untuk mamancing imajinasi anak seperti yang disampaikan dalam vdio ckup efektif. Anak kesulitan berimajinasi karena mngkin kurang inputnya, atau anak kurang memperhatikan detail2 di sekitarnya. Oleh krna itu dngan mbgakak anak ke luar kelas dan mengamati lingkungan sekitar dapat memancung imajinasi anak dan melatih anak untuk memperhatikan detail2 di sekitarnya.

  8. Nama : MUTAMIMAH
    NIM : 860104106
    video sangat bagus, dalam kegiatan pembelajaran anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. terlihat anak – anak antusias untuk keluar kelas dan melihat pemandangan yang ada d halaman, hal ini dilakukan guru untuk menambah wawasan anak terkait dengan benda-benda yang ada di halaman (yang dilihatnya) yang nantiknya menjadi inspirasi anak untuk dituangkan ke dalam gambar.

  9. Video tersebut memaparkan bagaimana cara mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak melalui kegiatan menggambar. Hal-hal yang terjadi pada anak saat kegiatan menggambar yang membuat imajinasi anak tidak berkembng yaitu: Anak sulit bercerita dengan imajinasinya dengan menuangkannya dalam bentuk gambar, anak cenderung meniru gambar yang sudah digambar sebelumnya dan meniru gambar temannya sehingga dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya dalam bentuk gambar.
    Cara yang bisa dilakukan guru untuk membantu anak mengembangkan kreativitas dan imajinasinya adalah dengan membebaskan anak menggambar apa saja yang sesuai imajinasi dan minat anak. Guru bisa memfasilitasi anak untuk menggali ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah selanjutnya guru minta anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkannnya setelah itu guru mengadakan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka.

  10. Nama: Lidya Elizabeth Boru Simanjuntak
    NIM: 859523484

    Menurut saya, video “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar” memberikan gambaran yang sangat relevan dengan realita di lapangan, terutama dalam konteks pembelajaran anak usia dini. Saya setuju bahwa salah satu penyebab anak sulit berimajinasi adalah karena terlalu sering diberikan contoh atau pola yang harus diikuti, sehingga anak cenderung meniru daripada mengeksplorasi ide mereka sendiri.

    Saya sangat mengapresiasi pendekatan guru dalam video ini yang memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai pengalaman dan pengamatan mereka, seperti saat diajak keluar kelas. Ini menurut saya langkah yang sangat positif karena tidak hanya mendorong kreativitas, tapi juga melatih anak untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

    Namun, saya merasa video ini akan lebih kuat jika ditampilkan secara lebih utuh, misalnya dimulai dari kegiatan pembukaan yang menunjukkan bagaimana guru memotivasi dan membangun suasana belajar yang menyenangkan. Selain itu, akan lebih lengkap jika disisipkan sedikit teori perkembangan anak untuk memperkuat alasan mengapa pendekatan tersebut dipilih.

    Secara keseluruhan, saya merasa video ini cukup menginspirasi dan bisa menjadi bahan refleksi bagi para pendidik PAUD untuk tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses berpikir dan berimajinasi anak.

Leave a Reply