silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama: Selita Siregar
    NIM: 878166222

    Terima kasih atas sharing ilmunya dari video diatas. Betul sekali menurut pengalaman saya selama mengajar di TK banyak anak cenderung menggambar berulang, itu-itu saja dan biasanya meniru hasil karya guru atau temannya. Solusi yang diberikan di video seperti mengajak anak untuk lebih bereksplorasi dan memberikan ide-ide dari lingkungan sekitar memang dapat memacu kreativitas anak. Tambahan menurut saya mungkin tidak semua anak akan dapat berekspresi banyak lewat gambar karena menurut teori Multiple Intelligences (MI) oleh Howard Gardner beberapa orang cenderung memiliki bakat yang berbeda beda, dan mungkin dalam hal ini spatial intelligence anak pun berbeda-beda. Benar dalam hal ini yang harus diperhatikan guru bukanlah terhadap hasil karya atau gambaran anak namun lebih kepada proses di mana anak tersebut terstimulasi oleh kegiatan yang dilaksanakan pada saat kegiatan sesi menggambar. Di akhir kegiatan guru dapat mengapresiasi semua hasil karya anak karena yang terpenting adalah anak dapat berpartisipasi dan mencoba kegiatan tersebut.

  2. Izin mengomentari pada sesi ini
    Nama : Elsa Monika
    NIM : 856268404
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar

    “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Video yang disajikan sangat bermanfaat terkususnya kepada saya yang mengajar di kelas TK, dimana banyak anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar, langkah yang harus diambil atau peran guru pada saat kondisi anak sulit berimajinasi pada saat menggambar, guru bisa membawa anak keluar kelas, karena jika diluar kelas anak akan mampu mengeluarkan imanjinasinya, contohnya pada saat didalam kelas anak tidak bisa mengetahui gambar bunga, setelah dibawa keluar kelas, maka anak akan mampu mengenal bunga, dan mampu membuat gambarnya walupun masih belum rapi seperti bentuk nyata, tetapi anak sudah mandiri dan mampu berimajinasi dengan baik.

  3. Nama : Novy Martio Silitonga
    Nim : 878361184

    “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Ya, saya setuju dengan pernyataan tersebut. Pendekatan yang dilakukan guru dalam video “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” menunjukkan pemahaman yang baik tentang perkembangan kreativitas anak usia dini. Berikut beberapa alasan mengapa pendekatan ini efektif dan patut diapresiasi:

    1. Memberikan Kebebasan Sesuai Minat Anak
    Anak-anak memiliki dunia imajinasi yang unik dan berkembang melalui pengalaman serta minat pribadi. Ketika guru memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minatnya, anak merasa dihargai dan lebih termotivasi. Ini mendorong ekspresi diri yang lebih autentik.

    2. Belajar di Luar Kelas (Pembelajaran Kontekstual)
    Mengajak anak keluar kelas dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman nyata. Pengalaman langsung sering kali lebih merangsang ide dan imajinasi dibandingkan instruksi verbal semata.

    3. Menggabungkan Cerita dan Gambar
    Mendorong anak untuk bercerita terlebih dahulu sebelum menggambar sangat membantu. Bercerita adalah bentuk imajinasi verbal yang bisa dijadikan jembatan untuk mengekspresikan ide melalui gambar. Ini juga memperkuat kemampuan komunikasi dan literasi awal anak.

    Kesimpulan:
    Strategi guru dalam video tersebut mencerminkan pendekatan pembelajaran yang child-centered, kreatif, dan sesuai dengan prinsip perkembangan anak usia dini. Metode ini sangat baik dalam menumbuhkan imajinasi, ekspresi diri, dan rasa percaya diri anak. Pendekatan seperti ini layak untuk dicontoh dan dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini secara lebih luas.

    Demikian Jawaban Dari Saya, Saya ucapkan terima kasih.

  4. Nama : Nurul Sakinah
    NIM : 857257135
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar

    “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
    Pada video ini menjelaskan masih banyak anak-anak yang sulit menggunakan imajinasinya saat ibu guru memerintahkan untuk menggambar bebas, anak-anak memiliki tingkat kreativitas dan imajinasi yang berbeda-beda, mungkin ada beberapa anak yang memiliki tingkat imajinasi yang tinggi dengan dukungan dari orangtua dirumah. Bagaimana jika anak sulit berimajinasi, orang tua dan guru dapat mengajak anak untuk eksplorasi di luar ruangan/alam terbuka. Hal ini membuat ide kreativitas dan imajinasi anak meningkat dalam melihat bentuk-bentuk benda sekitar atau makhluk hidup lainnya.

  5. Hesti Puji Rahayu
    857994188
    Pada vidio ini menjelaskan bahwa Anak Sulit berimajinasi saat menggambar, hal ini terjadi karena anak-anak memiliki tingkat kreativitas dan imajinasi yang berbeda-beda, anak cenderung menconto gambar yang sudah disajikan dan menggambar secara berulang-ulang, untuk menghindari hal tersebut agar anak dapat berimajinasi secara luas guru dapat mengajak anak keluar ruangan melihat dan mengamati benda yang ada misalnya tanaman, hewan, pohon besar, guru menjelaskan secara singkat benda yang dilihat anak, setelah itu anak disuruh menggambar bebas mengenai apa yang dilihatnya, dengan demikian anak sudah mempunyai gambaran anak dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasinya sesuai benda yang dilihat.

  6. Nur Hidayatun Nikmah-877702251
    Video ini membahas bagaimana anak-anak usia dini terkadang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan imajinasi mereka saat menggambar. Penyebab yang mungkin karena kurangnya stimulasi, terlalu sering diberi contoh yang kaku, atau kebiasaan meniru tanpa diberi ruang untuk eksplorasi. Dalam video juga dijelaskan bahwa guru sebaiknya tidak terlalu menuntun secara kaku, tetapi memberi anak kebebasan berekspresi, anak perlu diberi pengalaman nyata atau diceritakan suatu kisah yang bisa memicu imajinasi sebelum menggambar, menggambar harus dianggap sebagai sarana bebas ekspresi, bukan meniru gambar orang dewasa atau gambar cetakan.
    Saya setuju bahwa anak-anak memerlukan dukungan untuk merangsang imajinasinya. Dalam merangsang imajinasi yang dapat dilakukan berupa memberikan cerita menarik atau pengalaman bermain sebelum menggambar, lalu membebaskan anak menggambar apa yang mereka bayangkan, mengajak anak mengeksplorasi hal-hal disekitarnya. Dengan cara ini, kreativitas anak bisa tumbuh dan mereka tidak merasa takut salah.

  7. NURJANNAH-858465516
    Alhamdulillah, video ini sangat membantu saya sebagai seorang guru TK dalam menghadapi anak didik saya terutama dalam hal menggambar, sebab ada anak yang belum tahu apa yang mau digambar, walaupun mereka di suruh untuk menggambar bebas. Dengan adanya video ini, merupakan referensi pembelajaran yang bisa dipakai dalam mengembangkan daya imajinasi dan aspek motorik halus anak melalui menggambar.

  8. Yoga Ekarini
    NIM : 857880184

    Judul video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Saya setuju dengan cara yang digunakan dalam video tersebut. Dengan mengajak anak langsung berhubungan atau melihat obyek yang akan dijadikan sumber ide menggambar secara langsung akan menambah daya imajinasi anak. Dari pengalaman tersebut anak bisa belajar menceritakan apa saja yang sudah dilihat dan mendiskripsikannya. Dan dari penangkapan anak tentang pengalaman tersebut akan menstimulasi daya imajinasi anak, sehingga anak bisa menggambar sesuai imajinasinya tentang oyek yang sudah dilihat sebelumnya. Untuk selanjutnya daya imajinasi anak akan berkembang dengan baik sesuai dengan usianya dan pengalaman yang pernah dilihatmya.

  9. Nama : Fenny Sugiarti
    NIM : 857994006
    Judul Video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    Dari video tersebut dapat dilihat bahwa anak masih kesulitan dengan imajinasinya. Dalam menggambar anak masih menirukan gambar yang dicontohkan oleh guru di papan tulis. Seperti yang terjadi di sekolah saya, anak juga masih kesulitan dalam berimajinasi, dan sering meniru apa yag bu guru contohkan bahkan ada yang meniru gambar teman di sebelahnya. Dalam video tersebut tampak guru menjagak anak keluar kelas untuk melihat pemandangan, objek langsung yang bisa dilihat dan bisa dijadikan bahan atau ide menggambar anak-anak. Dengan seperti itu anak akan lebih banyak imajinasinya dan tidak akan kesulitan lagi dalam menuangkan ide-idenya ke dalam gambar.

  10. Nama : Yeni Yuwita Putri
    Nim : 856824699
    Dari video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Leave a Reply