silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Asiyah Nurhidayah
Nim : 857635188
Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Vidio ini sangat membantu saya dalam memecahkan masalah yang sama, saat anak – anak bingung mau menggambar apa dan mulai dari mana saat kegiatan menggambar bebas dan untuk lebih memotivasi anak, guru dapat memberikan kata- kata motivasi seperti : “bismillahirrohmaanirrokhim,,aku pasti bisa, yes!”
Nama : Sang Ayu Putu Sugiartini
NIM : 859019613
Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Dalam video tersebut menurut saya dengan membebaskan anak untuk menggambar bebas sangat baik untuk menggali potensi imanjinasinya, selain itu juga strategi yang digunakan sudah tepat, dimana guru mengajak anak untuk keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar, sehingga anak-anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.
Dalam video ini terlihat seorang anak mengalami kesulitan untuk menuangkan ide atau imajinasi ke dalam bentuk gambar. Anak tampak ragu, bingung, atau cenderung meniru gambar dari teman atau contoh yang diberikan guru, tanpa mengekspresikan gagasan sendiri.
Situasi ini mengingatkan saya bahwa imajinasi anak perlu dirangsang secara bertahap melalui pengalaman yang kaya, suasana yang bebas tekanan, dan pemberian kesempatan untuk berekspresi tanpa takut salah. Saya menyadari bahwa penting bagi guru untuk menciptakan lingkungan yang merangsang kreativitas, seperti dengan mengajak anak berdiskusi, mendongeng, bermain peran, atau mengamati benda-benda di sekitar sebelum menggambar.
Refleksi ini juga menekankan bahwa dalam menggambar, hasil bukanlah fokus utama, melainkan proses berpikir dan berekspresi anak. Saya belajar bahwa menghargai setiap coretan anak, bertanya dengan terbuka (“Apa yang kamu gambar?”) dan memberikan respons positif adalah kunci untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan keberanian anak dalam berimajinasi.
Sebagai pendidik, saya terdorong untuk terus memberikan ruang eksplorasi dan stimulasi yang tepat, agar anak-anak dapat berkembang menjadi individu yang kreatif dan percaya diri dalam menuangkan pikirannya ke dalam bentuk visual.
Nama: Eka Putri Ameylia
NIM: 858960324
Video ini memberikan gambaran nyata tentang tantangan yang dihadapi anak-anak usia dini dalam proses belajar, khususnya dalam kegiatan menggambar. Anak yang terlihat dalam video tampak mengalami kesulitan menuangkan ide secara bebas, yang mencerminkan kurangnya kemampuan berimajinasi atau masih terbatasnya pengalaman serta rangsangan yang mendukung kreativitas.
Sebagai pendidik PAUD, video ini menjadi pengingat penting bahwa setiap anak memiliki perkembangan kognitif dan imajinatif yang berbeda. Beberapa anak mungkin membutuhkan lebih banyak stimulasi, arahan, atau bahkan suasana yang mendukung agar mampu mengembangkan daya imajinasi mereka. Dalam situasi seperti ini, guru harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan kaya akan rangsangan visual serta pengalaman nyata.
Saya juga belajar bahwa guru perlu memberikan inspirasi tanpa membatasi kebebasan anak dalam berekspresi. Misalnya, dengan menunjukkan berbagai contoh gambar, mengajak anak mengamati lingkungan sekitar, atau menceritakan kisah sederhana yang dapat memancing ide. Penting juga untuk menghargai setiap hasil karya anak, apapun bentuknya, sebagai bagian dari proses belajar dan pertumbuhan kreativitas mereka.
Secara keseluruhan, video ini memperkuat pemahaman saya bahwa peran guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator kreativitas anak. Guru harus peka terhadap kebutuhan setiap anak dan terus berinovasi dalam memberikan dukungan yang sesuai untuk mengembangkan potensi mereka secara optimal.
menurut saya menggambar bebas bagi anak TK bertujuan utnuk meningkatkan kreativitas, rasa percaya diri,dan kemapuan motorik halus anak selain itu dapat membenbantu mengekspresikan emosi dan imajinasi anak.
Menggambar bebas pada anak TK memiliki banyak manfaat, terutama dalam mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan keterampilan motorik halus. Menggambar bebas memberikan kesempatan bagi anak untuk mengekspresikan diri, meningkatkan kemampuan kognitif, dan memperkuat koordinasi mata-tangan.
pada video tersebut menggambar kan bahwa anak kesulitan menggambar karena seperti dilapangan gur serring memberi contoh atau pola gambar lalau anak meniru sehingga kreativitas dan imajinasi sulit berkembangan
mohon izin untuk memberikan tanggapan terkait video diatas, hal ini menjadi tugas kita selaku guru PAUD / TK, untuk terus berupaya memberikan beragam stimulasi pada anak, guna dapat mengembangkan berbagai kemampuan ASPEK ANAK yang sesuai dengan tingkat usia anak, dan tidak lupa kerjasama dengan orang tua agar kita bisa berkolaborasi dalam berbagai stimulasi yang berdampak pada perkembangan anak ke depannya menjadi lebih baik dalam menampilkan berbagai karya, melalui berbagai ekspresi dan imajinasi anak.
Terkait video tsb diatas, sangatlah penting bagi kita para guru PAUD / TK dalam memberikan beragam stimulasi yang berdampak pada berbagai Aspek Perkembangan Anak,. agar kedepannya anak jadi lebih baik lagi dalam berekspresi, berimajinasi, dalam karya dan tugas lainnya. tidak lupa peran orang tua juga perlu dalam hal ini, sebisa mungkin guru dapat berkolaborasi dengan orang tua dalam menciptakan stimulasi bagi perkembangan anak.
Assalamualaikum wr wb ..
Anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar bisa jadi karena beberapa factor. Mungkin mereka belum punya banyak pengalaman atau merasa terbebani dengan standar gambar yang “benar”. Solusi yang paling baik adalah dengan menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas seperti menyediakan beragam media gambar dan memberikan kesempatan untuk menggambar dengan bebas tanpa tekanan.
Dan berdasarkan tayangan video tersebut, pendekatan atau strategi yang telah diterapkan oleh guru sudah tepat yaitu dengan cara : Pertama, guru memberikan kebebasan menggambar sesuai dengan minat anak. Kedua, guru mengajak anak keluar kelas dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya agar anak mendapat pengalaman langsung secara nyata. Ketiga, guru mendorong anak untuk bercerita terlebih dahulu sebelum menggambarkan apa yang telah ia temukan dilapangan. Cara yang dilakukan oleh guru sudah benar dengan membiarkan anak menggambar dengan bebas tanpa batasan, agar mereka dapat mengeksplorasi ide-ide mereka sendiri.
Nama: Santi
NIM: 821682702
Video ini sangat membantu pendidik PAUD untuk memahami bagaimana mengatasi anak yang sulit berimajinasi ketika menggambar. Adapun cara-caranya adalah membebaskan anak untuk menggambar apa saja yang mereka inginkan dan guru dapat mengajak ke luar kelas untuk melihat langsung apa saja yang dapat digambarnya.