silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Ria Ayu Dwi Wahyuningsih
Nim : 858162388
Prodi : PGPAUD BI
Judul : Anak sulit berimajinasi pada saat menggambar
Dalam video GPO yang saya lihat yaitu Usaha seorang guru Taman Kanak-kanak mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar.
Guru menugaskan anak-anak menggambar bebas, dan guru memberikan contoh pemandangan. Kemudian guru membagikan buku gambar kepada anak-anak. Tak lama kemudian setelah anak-anak selesai menggambar, guru menanyakan kepada setiap anak menggambar apa. Kebanyakan anak-anak menggambar pemandangan yang sudah dicontohkan oleh guru.
Strategi yang di terapkan guru yaitu, mengajak anak-anak keluar kelas atau kehalaman sekolah, kemudian meminta anak untuk bercerita. Setelah itu guru memberikan buku gambar dan anak-anak menggambar apa yang telah dilihatnya.
NAMA : RIRIN NADHIROH
NIM : 858172292
Prodi : PG PAUD BI
Berdasarkan video di atas anak sulit berimajinasi dalam menggambar karena anak cenderung menirukan gambar yang ia lihat / contoh dari guru.
untuk merangsang anak agar mampu berimajinasi dalam menggambar hendaknya guru memberi fasilitas agar anak bebas menggambar sesuai dengan idenya, guru mengajak anak belajar di lingkungan sekolah agar anak lebih luas dalam berimajinasi.
Nama:Sasi Kirana Zahrani
Nim;855889028
Menurut saya Vidio tersebut sangat menginspirasi bagi saya dan guru lain.
Hal yang dilakukan oleh guru sudah benar,jika guru menugaskan anak untuk menggambar bebas namun anak tidak bisa berimajinasi,guru memberi waktu kepada anak untuk melihat lingkungan luar agar anak dapat berfikir dan berimajinasi.
Adapun Cara meningkatkan imajinasi pada anak adalah;
– dorong anak berfikir aktif
– biarkan anak membuat pilihan
– toleransi kekacauan yang dibuatnya
– guru terlibat dalam imajinasi anak
– berikan pujian
– jangan memaksakan sesuatu kepada anak
Terimakasih
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu
saya menjawab diskusi di atas
A) identitas vidio
judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
Nama:Kurnia Putri
Nim:859404661
Prodi:PGPAUD S1
Judul :Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
Dilamar video tersebut terdapat seorang guru taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit menggambar atau berimajinasi. Dan guru juga harus cerdas dalam menyiapkan strategi yang telah di tetapkan guru tersebut. Anak akan mengambar sesuatu yang sesuai dengan imajinasi anak ketika kita membawanya diluar ruangan maka anak akan membayangkan apa yang ia akan gambar pada lembar kertas yang telah diberikan kepada mereka. Sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan pembelajaran mengambar bebas sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Terimakasih saya menjawab diskusi di atas
judul : Aanak sulit berimajinasi saat mnggambar
vidio tersebut menggambarkan guru untuk mengatasi anak sulit untuk menggamabar dimana anak di berikan kebebasan untuk menggambar apa saja yang di inginkan atau sesuai imajinasi anak tetapi anak hampir semua anak menggambar yang di contohkan oleh guru.
*strategi yang di lakukan oleh guru adalah
– guru memfasilitasi anak untuk menggali ide atau mengajak anak untuk melihat lingkungan sekolah agar anak bisa menggamabr berimajinasi untuk mengembakan kreatifitasinya.
Nama : Nika Ismawati
Nim : 858735179
Menurut pendapat saya tentang video tersebut yaitu:
Guru masih cenderung memberikan contoh gambar sehingga anak anak akan terpacu pada gambar yang sudah di contohkan, mungkin guru bisa mengajak anak untuk melihat pemandangan di halaman sekolah erlebih dahulu baru kemudian anak di berikan umpan balik tanya jawab, dari tanya jawab itulah anak anak biasnaya akan muncul imajinasinya sendiri untuk di tuangkan dalam gambar.
Nama Partiasih Dwi Ratnawati
NIm 858745639
Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Badru zaman
Dalam video tersebut ibu guru sudah memenuhi prinsip asesmen yakni dg memberikan kebebasan kepada siswa² sampai mereka dapat menyelesaikan tugas yg diberikan kpd anak2 sampai selesai
Guru memberikan solusi bagi anak2 yg merasa kesulitan dalam berimajinasi dan mengajaknya keluar kelas untuk mencari inspirasi,
Sebenarnya untuk mendapat hasil yg maksimal harusnya dari awal ibu guru tidak usah memberikan contoh gambar dipapan, karna dampaknya anak² cenderung akan meniru apa yg ada di hadapan mereka dari pada berimajinasi sendiri.
Tita haryati(859166062)
Menurut saya metode yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi anak anak yang sulit berimajinasi ketika menggambar dalam vidio tersebut sudah benar, setelah melihat anak anak kesulitan berimjinasi ketika menggambar dengan mengikuti gambar guru, maka guru mengajak anak untuk keluar kelas lalu meminta anak menggambar sesuai minat anak dengan melihat langsung objek yang ingin anak gambar, kemudian guru menanyakan apa yang digambar anak. Karena dengan melihat langsung objek yang banyak ditempat yang luas tentu akan menumbuhkan imajinasi anak tambahan pengalman saya, kita juga sebagai guru dapat membiarkan anak untuk menggambar langsung pada halaman sekolah sambil melihat objek yang ingin anak gambar pasti anak anak akan lebih leluasa dalam berimajinasi.
Tita haryati(859166062)
Menurut saya metode yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi anak anak yang sulit berimajinasi ketika menggambar dalam vidio tersebut sudah benar, setelah melihat anak anak kesulitan berimjinasi ketika menggambar dengan mengikuti gambar guru, maka guru mengajak anak untuk keluar kelas lalu meminta anak menggambar sesuai minat anak dengan melihat langsung objek yang ingin anak gambar, kemudian guru menanyakan apa yang digambar anak. Karena dengan melihat langsung objek yang banyak ditempat yang luas tentu akan menumbuhkan imajinasi anak tambahan pengalman saya, kita juga sebagai guru dapat membiarkan anak untuk menggambar langsung pada halaman sekolah sambil melihat objek yang ingin anak gambar pasti anak anak akan lebih leluasa dalam berimajinasi.