Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,280 Comments

  1. Menurut saya pada video tersebut sangat bermanfaat bagi kami para guru karna mengajarkan kami cara-cara agar anak menggambar dengan berbeda sesuai dengan imajinaasi anak. Dan langkah-langkah ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran.

  2. Nama : Sherly Nike Arimbi
    Nim : 858163777
    Prodi : PG PAUD BI

    Menurut saya cara yang diberikan di dalam video tadi sudah baik yaitu dengan mencontohkan menggambar, namun sayangnya anak bukan malah berimajinasi tapi anak meniru gambar yang sudah ada. Guru menggambar pemandangan maka semua akan menggambar pemanadangan karena menurut mereka biar sama sama ibu guru dan tidak mungkin salah kalau sama.
    Mungkin kita bisa meminta anak untuk menggambar bebas sesukanya. Lalu guru mengajak anak untuk keluar melihat lingkungan luar itu bagus untuk imajinasi anak.

  3. Nama : Diajeng Gita Arisya Zulqolbi
    Nim : 858741061
    Prodi : PG PAUD
    Semester : 2
    Kelas : A

    Dari video yang sudah saya simak yang berjudul ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR.

    Kebanyakan anak saat menggambar atau mewarnai memang seringkali melihat dan meniru apa yang di contohkan atau meniru teman sebelahnya.
    Dalam video ini juga sangat terlihat anak hanya terfokus pada gambar yang dibuat oleh ibu gurunya, padahal guru sendiri sudah sudah mengatakan bahwa anak bebas menggambar apa saja, itu juga bisa disebabkan konsentrasi anak yang terfokus pada apa yang dilihat dan kemudian di rekam oleh anak, saat ibu guru mengatakan boleh menggambar sesuka hati anak tidak menghiraukan.
    Disini guru sangat sigap dan langsung mengajak anak keluar kelas agar anak bisa melihat segala sesuatu yang ada diluar kelas dan bisa menuangkan apa yang mereka lihat untuk bisa mereka gambar pada buku gambar mereka.

  4. Nama : Margaretha Nogo Leyn
    Nim : 859550553
    Program Studi : S1 PGPAUD
    Menurut pendapat saya tentang vidio tersebut ialah :
    Tehnik pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru dalam vidio tersebut sangat baik, karena memancing kreatifitas anak yang tadinya anak hanya dapat meniru dari gambar yang telah dibuat oleh gurunya tapi setelah diajak untuk mengamati di luar ruangan, anak-anak jadi bisa menemukan ide-ide apa yang mau mereka gambar sesuai dengan kemauan mereka, dan juga anak diajarkan untuk bercerita apa saja yang telah mereka amati di luar ruangan kelas, Tehnik yang guru lakukan itu bisa juga jadi contoh agar kita sebagai guru juga harus kreatif dalam proses belajar mengajar,

  5. Nama : Tiara Aulia Fisabilah
    NIM : 857490216
    Program Studi : S1 PGPAUD
    UPBJJ/Pokjar : Bandung / Awipari

    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Pengembang : Badru Zaman
    Tanggapan :
    Dalam video tersebut menayangkan tentang bagaimana cara guru mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Guru terlebih dahulu menggambar imajinasinya yaitu pemandangan di papan tulis, lalu guru meminta anak menggambar bebas, tidak harus sama dengan contoh seperti yang guru buat. Namun anak lebih fokus pada apa yang dilihat sehingga kebanyakan dari mereka manggambar dengan gambar yang sama yaitu pemandangan. Mungkin hanya beberapa yang menambahkan sesuatu benda lainnya.
    Oleh karena itu, untuk mengembangkan imajinasi anak, guru mengambil tindakan yang tepat yaitu mengajak anak berkeliling di sekitar lingkungan sekolah. Anak mengamati kemudian menceritakan kembali benda-benda apa saja yang telah dilihatnya. Guru pun meminta anak menuangkan imajinasinya dengan menggambar benda yang dilihatnya sewaktu berkeliling. Akhirnya setiap anak menggambar benda yang berbeda sesuai gagasan idenya.

    Menurut saya, cara guru memberikan pelajaran kepada anak sudah benar, seperti guru menerapkan strategi antara lain: dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
    Guru pun berhasil membantu anak mencapai perkembangannya sehingga anak dapat menuangkan imajinasinya melalui menggambar.

  6. NAMA : DESSY WAHYU WIRASTI
    NIM : 858948151
    PRODI : S1 PGPAUD (AKPMM)
    Seri Pembelajaran : Pengembangan Kognitif PAUD
    Video : Berimajinasi saat menggambar
    Naskah : Neti Hernawati
    Penelaah naskah : Siti Aisyah

    Dalam video diatas menggambarkan bagaimana strategi yang dilakukan atau diterapkan guru tersebut untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar atau anak kesulitan dalam menuangkan ide-idenya dalam bentuk gambar. Pada umumnya anak cenderung mencontoh gambar yang sudah dicontohkan atau meniru gambar gambar temannya, hal ini akan menyebabkan anak menjadi tidak kreatif dan belum terbiasa menggali ide atau imajinasinya dalam bentuk gambar.
    Menurut saya strategi yang sudah diterapkan guru tersebut sudah sangat baik. Pada saat kegiatan pertama awalnya anak-anak belajar di dalam kelas di ruang tertutup dan terbatas, guru menugaskan anak untuk menggambar bebas tetapi guru juga mencontohkan gambarannya di papan dan akhirnya anak-anak tetap menggambar apa yang sudah dicontohkan guru tersebut. Di dalam kelas anak-anak belum mampu untuk berpikir kreatif dan berimajinasi tentang gambar apa yang akan mereka buat.
    Langkah kedua yang di lakukan guru tersebut adalah mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas, anak-anak terlihat sangat senang dan antusias melihat lingkungan yang ada di luar kelas. hal ini berdampak baik bagi anak sehingga saat kegiatan di dalam kelas anak sudah mampu menceritakan dan menggambarkan apa-apa yang dudah mereka lihat di luar kelas.
    Menurut saya untuk kegiatan selanjutnya guru juga dapat menugaskan kembali pada anak untuk menggambarkan apa yang sudah mereka lihat tadi dan menceritakan sambil menunjukkan hasil karyanya di depan teman-temannya.

  7. Nama : Luluk Nuroicha
    Nim : 858950506
    Prodi : S1 PGPAUD

    Judul video: Anak sulit berimajinasi saat menggambar.

    Pengembang : Badru zaman

    Dalam video tersebut menayangkan tentang bagaimana cara guru mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    Sering kita menjumpai anak-anak yang sulit untuk berimajinasi atau menuangkan ide-ide dalam bentuk gambar ketika kita minta anak menggambar atau bercerita sering kita jumpai anak yang sulit bercerita tentang imajinasi dan menuangkannya dalam bentuk gambar sering terjadi anak cenderung meniru gambar yang sudah digambar sebelumnya, secara tidak langsung Hal ini dapat menyebabkan tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya dalam bentuk gambar.

    Untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
    – membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya serta minat anak.
    – guru munfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah melihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah.
    – guru meminta anak untuk menggambarkan apa saja yang dilihat ketika berada di halaman sekolah.

  8. Nama: Ismawati
    Nim: 858304459
    Prodi: PGPAUD Masukan Sarjana (121)
    Seri Pembelajaran Pengembangan Kognitif PAUD
    Judul: Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    Naskah: Neti Hernawati
    Penelaah Materi: Siti Aisyah
    Penelaah Media: Trini Prasasti
    Sutradara: Donny Harsabudhi
    Menurut saya upaya yang guru lakukan dalam video tersebut sudah benar, guru berusaha untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar dengan cara; memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi dan minat anak, guru memfasilitasi anak untuk menggali imajinasi dan ide-ide dengan cara mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukannya di luar kelas.
    Dan juga guru dapat mengembangkan imajinasi dan minat anak dalam menggambar dengan beberapa cara yaitu:
    1. asah melalui cerita, cerita merupakan salah satumedia yang baik untuk mengembangkan imajinasi anak, imajinasi akan semakin bisa di pacu dari buku bacaan.
    2. guru tidak perlu mengoreksi (menyalahkan) cara menggambar anak, sebaiknya puji usaha anak dalam menggambar.
    3. diskusikan dengan anak hasil dari gambar yang mereka buat dan apresiasi hasil gambar anak.
    Terimakasih

  9. NAMA : ELIK ENDAH SRI SAYEKTI
    NIM : 858845745

    menurut saya ,tentang vidio ini
    guru sangat kreatif dalam pembelajaran seperti mengejak pembelajaran di luar kelas dan setalah pembelajaran guru bertanya apa yang kita pelajrai hari ini.untuk lingkungan sangat mendukung dengan lingkungan kelas yang luas mendukung anak dalam bereksplorasi apalagi ada tambahan pembelajaran di luar kelas itu sangat ber dampak positif terhadap tumbuh kembang anak .

    sekian terimakaih

  10. Nama : Lia Anggraeni
    NIM : 857495831
    Prodi : PGPAUD

    Seri pembelajaran pengembangan kognitif PAUD
    Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Naskah : Neti Hernawati
    Penelaah materi : Siti Aisyah

    Dalam video yang sudah saya saksikan diatas terlihat perbedaan cara mengajar antara guru yang pertama dan guru yang kedua, guru yang pertama mengajak anak-anak untuk menggambar bebas namun guru yang pertama sudah mencontohkan nya dipapan tulis terlebih dahulu, meskipun guru menyuruh anak-anak untuk menggambar bebas namun anak-anak sudah melihat contoh gambarnya terlebih dahulu sehingga yang berada di ingatan setiap anak itu hanya ada gambar yang telah dicontohkan oleh gurunya, dan hasilnya semua anak jadinya menggambar apa yang dicontohkan oleh guru nya. Berbeda dengan guru yang kedua, guru yang kedua pertama-tama sebelum mengajak anak-anak menggambar guru yang kedua mengajak terlebih dahulu anak-anak untuk melihat pemandangan yang ada di luar disekitar sekolah, setelah anak-anak selesai melihat pemandangan yang ada di luar lalu anak-anak dibawa masuk kembali untuk melakukan saintifik kepada anak-anak tentang apa yang telah mereka lihat tadi diluar, setelah selesai saintifik lalu guru mulai membagikan buku gambar dan mempersilahkan anak-anak untuk mengambil alat mewarnai yang telah guru tunjukkan. Dengan demikian metode pembelajaran guru yang kedua itu lebih efektif untuk menggali imajinasi anak lebih luas, sehingga setiap anak akan menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://sipil.teknik.untan.ac.id/https://industri.teknik.untan.ac.id/https://lingkungan.teknik.untan.ac.id/https://magisterelektro.teknik.untan.ac.id/