silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Didalam vidio tersebut menayangkan bagaimana cara guru dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Guru tersebut menggambarkan imajinasinya tentang pemandangan dipapan, kemudian menyuruh anak-anak untuk menggambar bebas. Untuk menggali ide atau imajinasinya guru memfasilitasi anak-anak dengan mengajak mareka berkeliling di sekitar lingkungan sekolah, anak mengamati kemudian guru pun menyuruh anak-anak untuk menceritakan kembali apa yang mareka lihat dan menyuruh mareka menggambar apa yang mareka lihat.
Nama : Rita Riyanti, S. PAK
NIM : 857761458
Prodi : SI PGPAUD BI
Seri Pembelajaran : Pengembangan Kognitif Paud
Video : Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar
Setelah menyaksikan video yang ada dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar yang sebelumnya meskipun guru sudah memberikan kebebasan untuk menggambar bebas tapi semua anak sama membuat gambar pemandangan yang seperti apa yang dicontoh guru.. Dan untuk mengatasi semua itu apa yang dilakukan guru sudah sangat baik dengan mengajak anak keluar ruangan kelas dan melihat apa yang ada di halaman sekolah setelah itu, guru memberikan kesempatan anak bercerita tentang apa yang di lihat di halaman sekolah, dan anak diberikan kesempatan untuk maju bercerita, secara tidak langsung ini merangsang imajinasi anak, selanjutnya imajinasi itu bisa dituang dalam bentuk gambar, dan ternyata anak-anak bisa menggambar bebas seperti apa yang dia lihat dan imajinasi anak terasah dan berkembang . Terima kasih.
Nama :Novi Boya Hattu
NIM :855704911
UPBJJ :Ambon
Tanggapan saya terhadap video anak sulit berimajinasi adalah bahwa: tindakan guru dengan berinisiatif untuk memberikan kesempatan kepada anak dalam menggambar bebas dengan memfasilitasi anak dalam memanfaatkan media di luar kelas dengan begitu anak dapat bercerita apa saja yang mereka lihat,anak bisa berimajinasi dan kreatif dalam menuangkan ide-ide baru anak melalui gambar. Sangat tepat jika seorang guru PAUD berkarakter demikian. Yang perlu dikoreksi dari video ini adalah guru hendaknya lebih memberikan semangat kepada anak untuk berimajinasi misalnya dengan menyebutkan lebih banyak contoh benda yang dapat digambar dan tentunya guru hendaknya memberikan reward kepada anak-anak setelah selesai menyelesaikan tugasnya.
Seri: Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Nama : Heni Ratnawati
NIM : 857480279
Dalam video, guru sudah tepat untuk mengajak anak keluar kelas dengan tujuan agar anak dapat mendapatkan stimulus dalam berimajinasi. Melalui objek yang nyata anak dapat lebih melihat secara jelas benda-benda disekitarnya dengan demikian akan dapat menjadi sebuah gambaran dalam anak berimajinasi.
Guru melakukan beberapa kegiatan seperti:
– memberikan kesempatan kepada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya
– Guru untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah dan melihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah.
– Guru meminta anak untuk menggambarkan apa saja yang dilihat ketika berada di halaman sekolah.
Vidio: Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
hasil pengamatan saya dari video tersebut yaitu mengenai anak sulit berimajinasi atau menuangkan ide ide dalam bentuk gambar, anak sulit bercerita tentang imajinasinya dan menuangkan dalam bentuk gambar. Anak cenderung meniru apa yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya.
Untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan beberapa cara sebagai berikut:
1. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide -ide atau imajinasi anak dengan mengamankan anak ke halaman untuk melihat lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah.
3. Minta anak bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya.
4. Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang mereka buat.
Nama : INDRAYANI
Nim : 859417715
Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, salah satunya adalah kemampuan dalam menggambar sesuai imajinasinya. Hal ini dipengaruhi oleh stimulasi atau rangsangan yang mereka dapatkan dari lingkungan terutama dari lingkungan keluarga yang merupakan pendidikan pertama yang mereka temui. semakin sering anak diberikan kebebasan dan kesempatan untuk menuangkan idenya tanpa paksaan ataupun tekanan maka kemampuan anak dalam berimajinasi akan semakin terasah dan tentunya akan mempengaruhi perkembangan kognitifnya. Strategi yang digunakan guru dalam video tersebut sudah tepat yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mulai dari mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Melalui tahapan ini, anak akan termotivasi untuk menuangkan idenya dalam bentuk gambar yang mereka jumpai saat berkeliling di lingkungan sekolah. Guru harus selalu mendampingi dan memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan anak. Sehingga anak menjadi lebih semangat dan percaya diri untuk mengeksplore kemampuan yang dia miliki
Video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Menurut saya tujuan dari pembelajaran sudah tercapai namun pada kegiatan awal pembelajaran tidak terlihat karena langsung terpotong dengan kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak. Pendekatan/strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi permasalah anak tersebut sudah tepat yaitu mengajak anak keluar kelas untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar.
Bismillah….
Menurut saya anak-anak sulit berimajinasi karena mereka berada di ruangan yang sama dan objek yang sama,mereka mencontoh gambar ibu guru karena yang ada di pikiran mereka gambar ibu guru bagus,lalu mereka tidak bisa berimajinasi karena mereka tidak melihat objek gambar yang lain,,
Menurut saya langkah ibu guru dengan mengajak anak-anak keluar sekolah untuk melihat objek yg lain untuk di gambar adalah hal yg sangat bagus dan sangat berperan dalam perkembangan imajinasi dan kreativitas anak,,karena dengan melihat objek yg baru serta mereka di bebaskan untuk memilih mau menggambar apa,,,mereka akan dengan senang hati menggambar apapun yg mereka lihat,dan saat di tanya, anak-anak akan dengan mudah mengungkapkan apa isi gambarnya karena mereka di hadapkan dengan objek yang nyata
Nama : Sayidatun Nisak
NIM : 857840965
Menurut saya setiap anak memiliki kemampuan daya imajinasi yang berbeda-beda . Dalam video tersebut guru sudah memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu dengan minat anak, mengajak anak ke luar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilapangan . Mungkin bisa ditambahi dengan melihat video melalui multimedia sehingga anak lebih banyak memiliki daya imajinasi yang banyak
Nama : istiadah
Nim : 858167538
Pokjar : magetan
Dari video pembelajaran anak sulit berimajinasi di atas, menurut saya tahap yang dilakukan ibu guru sudah benar. Yaitu dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.