silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Risma Hutu
Nim : 836299966
Pokjar : Cilegon
Dari Video ini saya merasa bahwa metode yang digunakan guru sudah tepat. dengan mengajak anak-anak keluar dan melihat lingkungan, maka anak-anak dapat melihat dan membayangkan langsung sehingga kemungkinan kreatifitas anak akan bertambah, bisa juga guru mengajak anak untuk menggambar diluar kelas bukan hanya melihat tetapi anak juga bisa langsung membuat hal-hal yang mereka lihat.
Nama : Mafidatul Laili Maghfiroh
NIM : 858734145
Judul Video : Anak Sulit berimajinasi saat mengambar
Tanggapan saya mengenai Video tersebut. Saya mendapat pembelajaran mengenai Video ini terkait cara memotivasi anak yang kurang dapat berimajinasi saat mengambar. Cara yang dilakukan guru sudah tepat dengan memberikan kesempatan anak untuk berimajinasi. Dengan pemahaman bahwa dengan meniru anak menjadi tidak kreatif serta tidak biasa mengali ide imajinasi. Guru sudah menerapkan evaluasi dan asesmen awal dan menindalanjuti sekiranya ada yang kurang sesuai. Saran yang diberikan kepada pendidik dalam memotivasi anak untuk bisa berimajinasi sangat bermanfaat bagi saya selaku pendidik. Seperti contoh dalam video tadi dalam pembelajaran mengambar bebas.
– Anak diberikan kebebasan untuk membuat sesuatu sesuai dengan kreativitas dan minatnya
– Guru memfasilitasi anak dengan mengajak anak-anak berjalan dan melihat di sekeliling halaman untuk memberikan gambaran pada anak kreatifitas gambar apa saja yang dapat mereka tuangkan dalam hasil karya mereka nanti
Menurut saya pada video tesebut bu guru sudah baik dalam melatih imajinasi anak-anak dengan cara mengajak anak untuk langsung mengeksplor tempat atau benda yang akan di jadikan objek dari gambar anak-anak. Saya pribadi sudah melakukan hal tersebut tetapi masih ada satu atau dua murid saya yang masih belum bisa melatih imajinasi dalam hal menggambar ia cenderung mencoret-coret buku nya saja dan ia tidak mau melanjutkan kegiatan menggambar tersebut. Akhirnya saya pelan-pelan mengajari anak tersebut dengan memegangi tangan nya dan menggambar bersama hingga anak itu mau melanjutkan kegiatan menggambar.
Menurut saya pada video tesebut bu guru sudah baik dalam melatih imajinasi anak-anak dengan cara mengajak anak untuk langsung mengeksplor tempat atau benda yang akan di jadikan objek dari gambar anak-anak. Saya pribadi sudah melakukan hal tersebut tetapi masih ada satu atau dua murid saya yang masih belum bisa melatih imajinasi dalam hal menggambar ia cenderung mencoret-coret buku nya saja dan ia tidak mau melanjutkan kegiatan menggambar tersebut. Akhirnya saya pelan-pelan mengajari dengan memegangi tangan nya dan menggambar bersama hingga anak itu mau melanjutkan kegiatan menggambar.
Nama :imroatusholiha
NIM. :858751213
PRODI :PGPAUD
POKJAR :Mojokerto
“Anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar”
Dari hasil pengamatan saya tentang video “anak sulit untuk berimajinasi” dapat saya simpulkan bahwa dalam video tersebut pada saat anak-anak di suruh menggambar oleh ibu guru,anak-anak sulit untuk berimajinasi.Walaupun ibu guru sudah memberikan kebebasan pada anak-anak untuk menggambar bebas.tapi anak -anak masih kesulitan untuk berimajinasi hal ini di karenakan anak-anak belum mengerti/kurang faham dengan arti bebas,guru tidak menjelaskan boleh menggambar bebas, tidak harus sama dengan yang ibu gambar,anak-bisa menggambar meja,papan tulis dll tp ibu guru tidak menjelaskan hal tersebut,sehingga anak-anak hanya semua menggambar seperti yang di contohkan ibu guru.Tapi setelah anak-anak di ajak keluar kelas untuk mengamati semua yang ada di luar kelas,imajinasi anak-anak langsung berkembang.hal ini dapat terlihat ketika ibu guru menyuruh anak-anak untuk menggambar kembali.Mereka dapat menggambar sesuai dengan imajinasinya, diantaranya,ada yang menggambar mobil,pohon kelapa dll.
Menurut saya video mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sudah bagus dan kreatif anak anak di ajak keluar kelas untuk melihat pemandangan yang ada di luar kelas tetapi lebih bagus lagi jika guru dalam video tersebut tidak memberi contoh gambar, karena di beri contoh menggambar pemandangan semua anak menirukan menggambar pemandangan dari hal tersebut menghambat anak untuk berimajinasi sendiri harusnya dari luar kelas anak dibiarkan berimajinasi sendiri sesuai apa yang di lihat di luar kelas tadi, biarkan anak mengingat apa yang dilihat tadi dan mengimajinasikan dalam bentuk gambar dari situlah akan muncul ide – ide dan tumbuhlah imajinasi anak saat menggambar
Nama : Restianti
NIM : 857606417
Prodi : PGPAUD-Semester 2
Video:” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”.
Menurut pendapat saya,dalam video diatas yang dilakukan guru sudah benar dan sesuai,anak diajak keluar kelas untuk melihat pemandangan dan benda apa saja yang ada dilingkungan dan menjelaskannya.lalu setelah selesai guru menanyakan pada anak apa saja yang sudah dilihatnya tadi,lalu meminta anak untuk menggambar bebas sesuai dengan apa yang anak lihat dilingkungan tadi.
Nama : Fifi Yeny Yuliati
NIM :858949669
UBJJ/POKJAR: Jember/ Lumajang
Prodi : PGPAUD
judul : anak sulit berimajinasi dalam menggambar
Assalamualaikum wr.wb
dari video diatas menunjukkan tentang cara mengajari anak untuk berimajinasi dalam membuat gambar bebas.
yang dapat dilakukan guru yang pertama adalah membri kebebasan kepada anak dalam menuangkan ide gambarnya, yang kedua guru dapat memfasilitasi anak dngan cara mengajak anak-anak belajar di luar kelas seperti halaman sekolah atau kebun sekolah. selanjutnya guru mengajak anak untuk bercrita tentang apa yang dilihatnya
NAMA : TUMINEM
NIM : 856259784
Menurut saya,cara guru untuk mengembangkan imajinasi anak dlm menggambar sudah bagus.Dengan membawa anak keluar ruangan kelas dan memandang dialam sekitar sekolah itu sudah bagus.tetapi alangkah baiknya,jika anak dibiarkan menggambar bebas dialam terbuka dengan membawa peralatan menggambar dan meja untuk kelengkapan menggambar dan mewarnai.Setelah selesai anak menggambar dan mewarnai gambarnya,baru anak dibawa kedalam kelas dan anak diminta atau bercerita tentang apa yang sudah mereka lihat dan gambar.Anak diminta satu persatu menceritakan tentang gambarnya ataupun ditanya tentang apa yang sudah mereka gambar.Dari cara tersebut berbagai imajinasi mereka tentang apa yang mereka gambarkan dan ceritakan.
Terimakasih
Nama : septi arianti
Nim : 859894693
Prodi : PGPAUD
Setalah saya melihat video tersebut dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan video tersebut, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.