silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama: Naning Ernawati
    Nim : 857841713
    Kelas : SI PGPAUD
    Judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar

    saya sangat setuju dengan cara guru mengasah imajinasi anak dalam vidio tersebut, dengan cara membebaskan anak dalam menggambar, memfasilitasi apa yg dibutuhkan anak dalam menggambar, mengajak anak keluar kelas jalan-jalan melihat keadaan dan lingkungan di sekitar kelas, dan melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang apa saja yang tai anak-anak lihat disekitar, kemudian guru bisa menjelaskan kepada anak bahwa itu bisa di buat objek anak dalam menggambar, berimajinasi dari apa yang anak-anak lihat tadi kemudian anak dapat menungkannya menjadi sebuah gambar. jika sering dilakukan seperti yang dividio itu pasti akan sangat berguna buat anak dan akan semakin mengasah imajinasi anak yang semakin hari anak akan semakin pandai dan mahir dalam berimajinasi dan menuangkan dalam gambar.

  2. Nama: Elok HAFIDHOH
    NIM :857756116
    PGPAUD B I Semarang
    judul video: anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Pada video tersebut guru memberikan contoh menggambar pemandangan yaitu gambar gunung, anak2 semuanya menggambar gunung seperti yang dicontohkan gurunya, padahal gurunya sudah berpesan boleh menggambar bebas. Hal ini menunjukkan bahwa anak sulit untuk berimajinasi. Untuk mengatasi tersebut, guru mengajak anak keluar kelas, melihat lingkungan yang ada di sekolah. Anak anak melihat pohon, pos satpam dan lain sebagainya. Menurut saya ini merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi anak yang sulit untuk berimajinasi ketika menggambar. Sehingga anak lebih kreatif dan imajinasi dalam menggambar.

  3. Nama : ALIF YULIANTI
    NIM : 858738515
    Prodi : PGPAUD BI
    Judul Video : Seri Pengembangan Kognitif PAUD(Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar)
    Setelah saya melihat dan memahami tayangan video Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar,Menurut saya pada awalnya guru mengajak murid menggambar,mengambil alat gambar/pewarna,guru mencontohkan 1 gambar pemandangan,karena sifat anak – anak yang masih imitatif atau meniru apa yang dilakukan orang dewasa sehingga semua anak menggambar pemandangan seperti yang digambarkan guru,meskipun guru sudah memerintahkan boleh menggambar bebas sesuai imajinasi anak,namun anak tetap menggambar seperti gambar bu guru.Menanggapi kejadian tersebut akhirnya guru melakukan ide yang menurut saya ide guru sudah bagus ketika anak sulit berimajinasi dalam menggambar yaitu Guru memberi kebebasan anak untuk menggambar sesuai minat dan imajinasi anak,Guru memfasilitasi anak-anak untuk menggali ide,imajinasi dengan mengajak anak keluar kelas/sekolah,Guru meminta anak bercerita lalu menggambar apa yang dilihat diluar kelas/sekolah.Sehingga ketika anak disuruh menggambar lagi oleh guru,hasil gambar anak sudah bermacam – macam sesuai imajinasinya.Menurut saya andai anak – anak diberi kebebasan juga menggunakan media dan alat gambar yang beragam dan menarik,anak – anak akan lebih semangat dan kreatif,imajinatif dalam menggambar.

  4. Nama : Juvy
    Nim : 858752777
    Judul Video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar (Seri Pengembangan Kognitif PAUD)
    Prodi : PGPAUD

    Di dalam video anak sulit berimajinasi saat menggambar ada seorang guru yang mengajarkan anak-anak untuk menggambar, sebelum meminta anak-anak menggambar, guru memberi contoh terlebih dahulu, lalu meminta anak-anak menggambar bebas, boleh berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Setelah anak-anak menggambar, guru mengevaluasi hasil gambar anak, ternyata ada banyak anak yang menggambar persis seperti contoh yang diberikan guru, sehingga hal ini menunjukkan bahwa anak-anak kurang kreatif karena kebanyakan anak mencontoh gambar guru. Karena permasalahan ini, guru tersebut lalu mengajak anak-anak berjalan-jalan keluar kelas untuk mengamati apa yang ada di lingkungan sekolah dan kemudian menggambarkannya.

    Menurut saya, cara yang telah dilakukan guru di dalam video bagus sekali. Dengan mengajak anak-anak berjalan-jalan ke luar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar, akan membuat anak-anak lebih kreatif dalam menggambar dan tidak terpatok hanya pada contoh gambar yang telah diberikan guru.

  5. Nama : Aina Firda Novita
    NIM : 857609071

    Pendapat saya tentang video di atas dalam hal penanganan ketika anak sulit berimajinasi saat ada tugas menggambar yang diberikan oleh guru sudah baik yaitu dengan membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasinya, memfasilitasi anak untuk menggali ide/imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah, meminta anak bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya, kemudian tanya jawab dengan anak tentang hasil karya anak.

    Hal lain yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya yaitu :
    1. memberikan tantangan pada anak dengan menugaskan menggambar dengan tema yang berbeda untuk menstimulasi imajinasinya
    2. mengeksplorasi tempat-tempat yang mungkin belum pernah dikunjungi dan mengajak anak untuk mengamati benda-benda di sekitar tempat tersebut
    3. bercerita menggunakan buku anak-anak bergambar yang menarik atau menonton film anak bersama-sama kemudian melakukan tanya jawab dengan siswa terkait visual yang ada pada media tersebut
    4. memberikan umpan balik yang positif atas hasil karya anak untuk memberikan dukungan terhadap karya yang telah anak buat
    5. mengeksplorasi berbagai macam media/ alat yang digunakan untuk menggambar seperti pensil warna, krayon, cat air, kertas, kain, pasir, kayu, dsb.

    Terima kasih.

  6. Nama : Endah Christianti
    Nim : 858846675
    Prodi: PAUD

    Menurut saya video pembelajaran sangat bagus pertama guru menggunakan cara memberikan contoh gambar dan hasilnya anak-anak banyak yang meniru gambar guru tersebut, sehingga imajinasi anak-anak belum muncul. Kemudian guru yang kedua cara yang digunakan sangat kreatif, yaitu sebelum anak-anak diminta menggambar bebas, mereka diajak jalan-jalan ke halaman untuk mengamati benda-benda yang ada disekelilingnya. Guru juga meminta anak-anak untuk menceritakan benda apa saja yang mereka lihat. Dan hasilnya anak-anak dapat lebih kreatif dalam menuangkan imajinasinya.

  7. Nama : ROCHMATUN NAZILAH
    NIM : 858740661
    Jurusan : S1 PGPAUD
    Pada video tersebut menyajikan cara agar anak dapat berimajinasi saat menggambar, salah satunya yaitu dengan cara mengajak anak keluar kelas, melihat lingkungan sekitarnya.

    Menurut saya apa yang dilakukan guru pada video tersebut sudah tepat, pada beberapa waktu guru memang perlu untuk memberikan contoh sebagai bentuk gambaran ataupun pematangan tentang cara-cara menggambar. Tapi selanjutnya cara tersebut sudah tidak boleh dilakukan lagi, karena kita menginginkan agar kreatifitas dan imajinasi anak dapat muncul dengan sendirinya, nah cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengajak melihat lingkungan sekitarnya, secara tidak langsung anak akan memiliki banyak gambaran sehingga dapat ia tuangkan nanti dalam praktek menggambarnya.

    Dalam kegiatan menggambar juga diperlukan kondisi belajar yang menyenangkan dan menarik, sehingga dengan hati yang senang anak-anak dapat antusias dalam menggambar dan berimajinasi. Karena beberapa kali saya temui yang membuat anak merasa tidak mampu karena ia sedang bosan, dan kegiatan menggambar nya kurang menarik. Sehingga inilah tugas guru untuk mengemas agar kegiatan dapat bermakna bagi anak.

  8. NAMA : NUR AZIZAH
    NIM : 856335741
    PRODI : S1 PG PAUD (AKPMM)

    Terkait video diatas, menurut saya tahap yang dilakukan guru tersebut sudah benar, yaitu dengan melakukan tahap pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi langsung di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya dan imajinasinya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika bereksplorasi di lingkungan sekitar. Nah, setelah itu anak-anak bisa menginterpretasi apa saja yang ia lihat di lingkungan sekitar tersebut melalui media gambar.

  9. Nama : Endah Fauziyah
    NIM : 857504321

    Dari video tersebut dapat kita lihat guru meminta anak untuk menggambar bebas, namun ternyata anak-anak cukup kesulitan untuk berimajinasi sehingga anak kesulitan juga untuk menggambar, akhirnya guru berinisiatif membawa anak keluar ruangan untuk melihat dan mengeksplor objek yang akan di gambar anak, dengan begitu anak cukup antusias dalam kegiatan tersebut dan anak bisa menceritakan tentang objek yang mereka lihat dan bisa menuangkannya dalam gambar meskipun sebagian anak meniru gambar gurunya karena sebelumnya guru memberikan contoh gambar, seharusnya jika memang anak diperintahkan untuk menggambar bebas guru tidak harus memberikan contoh karena pada usia Tk anak cenderung akan meniru. Secara keseluruhan guru sudah sangat baik dalam mengatasi anak yang kesulitan untuk berimajinasi.

  10. Assalamua,laikum warahmatullhi wabarakatuh

    Nama: Siska Triana Talim
    Nim: 859405348
    prodi : PG PAUD S1
    Pada video yang disajikan dalam mengatasi permasalahan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar menurut saya sudah bagus dan tepat. karena pada video tersebut guru memberikan kebebasan anak untuk berfikir sehingga melatih imajinasi anak bukan hanya itu guru juga memberikan gambaran-gambaran seperti melihat sekeliling sekolah setelah itu guru memberikan sesi tanya jawab akan timbul ide-ide baru dalam imajinasinya

Leave a Reply