silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Anak sulit bercerita, anak mengungkapkan imajinasinya ke gambar, anak meniru gambar tema teman menyebabkan anak tidak kreatif
    Untuk menganalisis itu
    1. Membebaskan anak sesuai imajinasinya, menurut pikirannya sendiri
    2. Guru memfasilitasi anak melihat gambar di luar sekolah dan menggambar kan tanaman atau apa saja yang ada di luar sekolah
    Dan mewawancarai anak apa saja yang baru saja di lihat

  2. Pipit Purnamasari 859033313
    Dalam video ini terlihat guru melakukan evaluasi gambar anak, terlihat anak menggambar dengan meniru gambar guru dan tidak membawa inspirasi sendiri.
    Kemudian guru melakukan perubahan cara pembelajaran untuk menginspirasi anak. Guru terlihat melakukan hal hal berikut
    1. Mengatakan dan menyatakan pada anak mereka tidak perlu meniru apa yang dilakukan guru
    2. Menyemangati anak untuk menggambar apa saja yang mereka mau
    3. Memfasilitasi anak dengan mengajak anak keluar untuk mengeksplorasi keadaan
    5. Menyemangati anak untuk berceita tentang apa yang mereka lihat
    6. Mengajak anak menuangkan inspirasi dari luar kedalam gambar
    7. Anak terinspirasi dan terlihat mereka menggambar apa yang mereka lihat

    Metode pembelajaran yang dilakukan guru berhasil menginspirasi anak untuk mengembangkan imajinasi mereka dan menuangkannya kedalam gambar

  3. Nama : Nurpaizah nasution
    Nim : 859894346
    PGPAUD

    Dalam video ini, menurut saya pembelajaran yang dilakukan sangat bagus. anak diminta untuk menggambar apa yang mereka mau, seperti gunung, pohon, binatang, sehingga anak mempunyai minat dan imajinasi mengenai apa yang mereka lihat.

  4. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim : 858746702
    Pgpaud
    Dalam vidio ini menurut saya pembelajaran yang dilakukan sudah sangat bagus dan mendukung kreativitas serta imajinasi siswa karena siswa diberikan kebebasan menggambar apa yang ia inginkan itusnagat melatih kreativitas anak dan ditambah guru memberikan pertanyaan pertanyaan kepada siswa yang bagun

  5. Nama: Niken anggraini
    Nim: 856790012

    Didalam video diatas menurt saya pembelajarannya sangatlah bagus dikarenakan kita memberikan dukungan anak dalam berimajinasi. Sebagai guru kita memang sebaiknya kita membebaskan anak dalam berimajinasi namun juga harus didukung dengan hal-hal yang ada atau yang dapat mereka pandang dengan mata secara langsung agar anak dapat mengembangkan imajinasinya dengan baik, kita sebagai guru juga dapat mendukung imajinasi anak dengan cara bercerita pengalaman nyata maupun dongeng.

  6. Menurut saya,yang di lakukan guru dalam video tersebut sudah tepat,ada beberapa anak yang memang kesulitan dalam berimajinasi.Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar juga mengajak langsung keluar,melihat langsung objek serta menceritakan apa yang di lihatnya guru sudah membantu mengembangkan bahasa dan imajinasi anak sehingga anak-anak menjadi lebih percaya diri dalam menuangkan ide dan kreasinya.

  7. Nama : Ni Kadek Ari Candra
    NIM :859033116

    Dalam video ini terlihat guru sudah melakukan tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan dan imajinasi anak, yaitu:
    – Memberi kebebasan pada anak untuk menggambar atau melukis dengan keinginannya sendiri tanpa paksaan, itu artinya guru tidak membatasi kemampuan anak berkreasi dengan mengharuskan menggambar sesuai dengan apa yang telah dicontohkan oleh guru tersebut.
    -Sebelum kegiatan dimulai guru mengajak anak untuk mengobservasi lingkungan sekolah, guna menambah imajinasi anak didik melakukan kegiatan menggambar.
    -mereview kembali apa yang sudah dilihat pada saat observasi lingkungan

    cara-cara tersebut sangat membantu anak didik lebih terbuka dan mengembangkan imajinasinya dan dapat menuangkan dalam bentuk gambar.

  8. Nama: Lina Nurmaliya
    NIM: 858844173
    Prodi: PGPAUD AKPMM
    Dari video pembelajaran dengan judul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar” tersebut sudah bagus. Dimana guru memberikan tugas kepada murid untuk menggambar bebas, akan tetapi pada awalnya banyak dari murid yang menggambar sama berupa gambar pemandangan, karena disini guru sudah terlebih dahulu memberikan contoh gambar pemandangan. seharusnya, apabila tugas yang diberikan untuk mengambar bebas, guru tidak perlu memberikan contoh kongkrit. kemudian, karna banyak anak yang menggambar sama, sehingga guru memberikan stimulasi kepada murid dengan cara mengajak murid untuk keluar kelas dan melihat situasi diluar, sehingga mereka dapat lebih luas melihat sesuatu yang beraneka ragam dan dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam berimajinasi dan dapat dituangkan dalam bentuk lukisan atau gambar.

  9. Dari vidio yang sudah saya lihat tentang “Anak Sulit berimajinasi Saat Menggambar” Menurut saya dalam pembelajaran tersebut sudah baik dalam menyampaikan materi untuk menstimulus anak supaya mampu menggambar sesuai imajinasunya anak sendiri-sendiri.Akan tetapi lebih baiknya sebelum anak di ajak menggambar sesuai imajinasinya terlebih dahulu,guru memberi arahan selain contoh gambar yang sudah dicontohkan sehingga anak tidak terpacu untuk menggambar seperti contoh dari guru.seperti halnya memberi arahan tentang gambar selain tanaman yang sudah dicontohkan,anak diajak berfikir tanya jawab tentang lingkungan sekitar sehingga imajinasinya akan muncul dari gambaran pemikiran mereka masing-masing.Seperti contoh tadi setelah diajak melihat benda-benda di sekitar mereka,diajak keluar kelas mereka melihat keadaan dan benda-benda yang dia lihat,sehingga setelah itu mereka mampu menggambar sesuai apa yang mereka lihat.Hanya itu yang dapat saya sampaikan,mohon maaf dan terimakassih…

  10. Nama : Nur Amanah
    Prodi : PGPAUD S1 (AKPMM)
    UPBJJ : 24/ BANDUNG
    Dari video tersebut, kita dapat melihat bahwa pendekatan dan pembelajaran yang dilakukan Bu Lina sudah bagus dalam mengatasi anak yang sulit dalam berimajinasi pada saat menggambar, karena sering kali anak-anak cenderung meniru gambar yang sudah digambar sebelumnya atau meniru dari temannya. Hal tersebut dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya. Untuk itu yang dilakukan dalam video pembelajaran tersebut, cara mengatasinya dengan
    • Membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya
    • Mengajak anak keluar ruangan atau ke halaman sekolah untuk bereksplorasi dan melihat apa yang ada di halaman sekolah tersebut, sehingga membuat anak berimajinasi lalu menggambarnya
    • Meminta anak bercerita kembali tentang apa yang dilihatnya dan menggambarnya sesuai dengan imajinasinya
    • Mengajak anak tanya jawab tentang apa yang dilihatnya

    Hal tersebut dapat membantu anak lebih mudah untuk berimajinasi dan menuangkannya ke dalam bentuk gambar, sehingga gambar yang dihasilkan tidak sama dengan temannya dan dengan mengajak anak tanya jawab dapat menambah daya ingat pada anak.

Leave a Reply