silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Cara penanganan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar adalah guru harus memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apapun sesuai minat anak,mengajak anak keluar kelas untuk melihat halaman-halaman sekolah,dan guru meminta kepada mereka belajar bercerita dan menggambar apa yang mereka lihat dilingkungan/halaman sekolah.
Nama : Siti Zulaikah
NIM : 855877284
Prodi : PG PAUD
UT Surabaya Pokjar Bojonegoro.
Setelah melihat video tentang “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” menurut saya video tersebut sangat bagus dan efektif untuk mengatasi anak yang kesulitan menuangkan imajinasinya ke dalam gambar, karena anak usia dini dalam tahap meniru jika kita memberi contoh gambar maka anak juga akan meniru apa yang dilihatnya, dan dengan mengajak anak belajar di luar ruangan dapat menambah pengetahuan mereka dapat bereksplorasi dilingkungan sekitarnya. Selain itu ada cara lain untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar yaitu guru meminta anak untuk menceritakan pengalamannya saat liburan sekolah, kegiatan apa yang dilakukan dan dimana mereka liburan kemudian setelah anak bercerita guru meminta anak untuk menggambar apa yang dilihatnya saat liburan karena imajinasi anak usia dini berdasarkan pengalaman yang pernah mereka lakukan sehingga dapat membantu anak dalam berimajinasi untuk kegiatan menggambarnya.
Nama : sarika julia ananda
nim : 856056145
PGPAUD
Judul Vidio Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar.
Dari vidio yang saya lihat diatas terdapat kelebihan dan kelemahan dimana kelebihanya yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya.
guru melakukan tanya jawab sebagai tahapan pengumpulan informasi.
Dan Kelemahanya yaitu guru hanya memberikan satu contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih imitatif atau meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan gurunya dipapan tulis, sebaiknya guru memberikan beberapa contoh gambar yang berbeda agar ank bisa memilih apa yang diinginkan untuk digambar.
Nama : Dita Anggraini
NIM : 858181009
Video diatas memaparkan seorang guru yang memberi kesempatan kepada siswa untuk menggambar bebas. hal tersebut sangat baik karena mampu mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anak. imajinasi anak sangat penting kaitannya terhadap perkembangan kognitif anak. dalam model memori kerja Baddeley di paparkan bahwa memori kerja visuospasial (yang berkaitan dengan visual/gambar dan imajinasi) mempengaruhi memori jangka panjang seorang anak. dimana memori jangka panjang merupakan gudang untuk menampung informasi.
Dalam video diatas, selesai anak menggambar, guru menelaah hasil belajar anak. terlihat hasil menggambar anak satu dengan yang lain kurang bervariasi atau sangat majemuk, rata-rata anak menggambar pemandangan. maka guru menyimpulkan bahwa anak kurang mendapatkan stimulus akan memori kerja visuospasialnya. sehingga kemudian, guru melakukan beberapa cara guna meningkatkan daya visual anak dengan cara :
1. mengajak anak ke luar kelas/ halaman sekolah lalu mengamati disana terdapat apa saja
2. anak diminta menceritakan apa yang dilihatnya diluar kelas lalu menggambarkannya
3. anak diajak tanya jawab mengenai apa yang dilihat diluar kelas
Nama : Inda Lisa Janiarti
Nim : 855877166
Prodi : S1 PG PAUD
Semester : 5
Pokjar : Bojonegoro
Menurut Pendapat saya, dari video diatas yang dilakukan bu guru sudah tepat, dengan mengajak anak untuk melihat langsung lingkungan sekitar sekolah sebelum kegiatan menggambar dilakukan di kelas, agar anak dapat berimajinasi dalam kegiatan menggambar. Akan tetapi setiap anak mempunyai daya imajinasi dan kreatifitas yang berbeda. Dan disinilah peran seorang guru untuk membimbing dan mengarahkan anak agar perkembangan kognitif anak berkembnag sesuai harapan.
Terima Kasih
Nama:Siti Musdhalifatul Alfiani
Nim:855877252
Prodi:PG PAUD
Video tentang anak sulit berimajinasi
Menurut saya vidio di atas tersebut ada kelemahan anak sulit berimajinasi saat di suruh menggambar bebas sifat anak usia dini menirukan gambar apa yang di lihat anak. Namun anak cendrung binggung apa yang akan di gambar saat menggambar bebas sesuai imajinasinya masing-masing hal ini anak tidak kreatif.
Kelebihan dari video tersebut saat belajar di luar melihat langsung apa yang dilihat saat menggambar pemandangan dan kendaraan Metode digunakan dalam memberikan contoh menggambar sudah jelas. hal ini rasa unik anak diajak langsung untuk meneliti keadaan di lingkungan sekitar sekolah lalu anak di berikan kesempatan untuk memegang langsung bahan yang sudah dilihat oleh anak tersebut.
Nama : Aulia Timur
Nim : 855876694
Dari video diatas, dengan mengajak anak untuk menggambar merupakan cara yang baik untuk melatih perkembangan motorik halus dan kreativitas anak, pada kegiatan yang pertama guru memberikan contoh gambar, jadi imajinasi anak belum terpancing. Kemudian guru melakukan kegiatan yang kedua dengan strategi yang diterapkan yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan halaman sekolah menurut saya sangat tepat karena anak mudah berimajinasi dan anak merasa bebas untuk menggambar sesuai dengan minat anak tersebut. Kemudian anak bercerita dan menggambar apa yang ia lihat dan ia temukan di luar kelas, sehingga daya imajinasinya dapat dituangkan dalam bentuk gambar.
Mama:St Musdalifah
Nim: 855877331
Dengan judul anak sulit berimajinasi saat menggambar.
Menurut pendapat saya berdasarkan video tersebut seharusnya memberikan stimulus berupa
1.mendukung minat anak dan memperdengarkan anak lagi lagu yang di sukainya
2.dengan cara memberikan apresiasi berupa bentuk pujian kepada anak
3.serta mengfasilitasi kebutuhan anak
Dalam kegiatan menggambar dapat mempunyai manfaat melatih kecerdasan motorik serta membangun konsentrasi pada anak usia dini.Dengan menggambar anak dapat mengekspresikan dirinya, meningkatkan kognitif nya,serta mengenal warna,saat mengajari anak menggambar pun interaksi dan keterlibatan orang tua juga terbangun.
Nama :Ani Sriani
Nim. : 857520451
PGPAUD
Judul video anak sulit berimajinasi saat menggambar
Menurut saya menyimak video di atas guru memancing imajinasi anak dengan cara mengamati luar sehingga anak dapat mengeluarkan imajinasi sesuai yang anak anak lihat dengan anak melihat diluar kelas anak melihat mengamati dan merekam dalam otak sehingga ketika anak akan menggambar dia sudah memiliki gambaran yang terekam sehingga anak dapat menggambar lebih baik lagi.
Nama: Diah Pusparini
Nim: 858415876
Program studi: S1 PGPAUD
Tanggapan saya tentang pembelajaran anak yang sulit berimajinasi diatas sudah tepat ketika guru memberikan pembelajaran, dengan meminta untuk menggambar bebas sesuai dengan kreatifitasnya, namun pemahaman anak yaitu sering dijumpai yaitu untuk anak hanya meniru gambar dengan contoh yang diberikan dan meniru gambar temannya, membuat guru mengatasi masalah dengan mengajak anak untuk menuangkan ide dan imaninasinya dengan mengajak anak melihat halaman sekolah. Anak dapat melihat benda benda disekitarnya. Beri anak dengan pertanyaan pemantik yaitu apa saja yang dilihat dihalaman sekolah. Kemudian anak dapat menceritakan kembali apa yang dilihat dan menggambarnya. Hal yang dilakukan sudah tepat yaitu mengajak anak berceita didepan kelas dan melakukan tanyan jawab tentang hasil karya gambar yang dibuatnya. Kegiatan ini dapat melatih anak untuk mengembangkan visula spasialnay dan mengembangakn kreatifitas serta imajinasinya. selain itu banyak hal yang dapat dilakukan guru seperti menceritakan buku cerita bergambar, sehingga anak-anak dapat menceritakan kembali isi cerita dengan menyimaknya, kemudian anak-anak dapat menggambar sesuai dengan isi cerita.