silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : Tutik Sri Harmini
    NIM : 858738744
    Setelah melihat tayangan video “ Anak sulit berimajinasi saat menggambar “ di atas,kelebihannya tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. akan tetapi menurut saya, ada cara lain juga untuk mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar yakni dengan cara menggunakan beberapa alat peraga atau mainan sebelum mulai kegiatan menggambar agar anak memiliki refrensi baru, Dan Kelemahanya yaitu guru hanya memberikan satu contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan gurunya dipapan tulis, sebaiknya guru memberikan beberapa contoh gambar yang berbeda agar anak bisa memilih apa yang diinginkan untuk digambar.

  2. Nama :septari
    Nim : 856831845
    Prodi:pgpaud s1
    Assalamu’alaikum izin berkomentar pak, berdasarkan video yang berjudul “anak sulit berimajinasi saat menggambar” Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang ada divideo sudah bagus dimana guru sudah melakukan strategi yang baik dalam mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar yaitu diantaranya dengan mengajak anak ke halaman sekolah kemudian anak mengamati apa saja yang ada dilingkungan sekolah setelah itu anak diminta menceritakan apa yang ia lihat kemudian anak menuangkan idenya dalam bentuk gambar, dengan melakukan stategi ini guru dapat mengembangkan imajinasi anak namun sayangnya dalam video ini kurang menunjukkan kegiatan pembukaan dan langsung ke inti kegiatan. selain itu gambar dari hasil kegiatan di luar kelas tidak diperlihatkan di video, untuk setting kelas sudah bagus, untuk aspek pengembangannya sudah sesuai yaitu melalui kegiatan belajar di luar kelas atau dihalaman sekolah anak dapat mengembangkan imajinasinya
    dengan kata lain guru sudah dapat mengasah kecerdasan anak atau kegiatan ini sudah sesuai dengan aspek pengembang yaitu aspek kognitif dari anak

  3. Dalam video diatas guru sudah benar cara mengajarnya dengan mengajak anak untuk melihat pemandangan dengan melakukan eksplorasi dilingkungan sekitar sehingga anak dapat menggambar dengan tema yang jelas. Namun video diatas tidak menampilkan hasil karya dari gambar anak.

  4. Menurut pendapat saya dari video tersebut apa yang dilakukan oleh guru untuk mengajak anak dalam menuangkan imajinasi dalam menggambar sudah baik.seperti pada saat kegiatan guru memberikan contoh terlebih dahulu pada anak, kemudian guru membagikan buku gambar dan meminta anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi anak,guru mengajak anak ke halaman untuk melihat pemandangan dan guru melakukan tanya jawab pada anak tentang apa anak lihat di halaman sekitar.

  5. Nama : Endah Dwi Jayanti
    NIM : 858712361
    Prodi : PGPAUD

    Dalam video tersebut, terlihat guru pada awalnya memberikan sebuah contoh gambar meskipun guru memberi perintah pada anak untuk menggambar bebas. Hal tersebut menyebabkan anak menjadi tertuju pada contoh gambar tersebut saja, yang sudah konkret tampak oleh mereka sehingga ketika menggambar, anak menjadi tersugesti untuk mencontoh gambar tersebut saja.
    Kemudian setelahnya guru baru mengajak anak melihat lingkungan sekitar serta menceritakan pengalaman yang ia lihat guna menggali ide mereka untuk menggambar bebas sesuai imajinasi.
    Penggunaan lingkungan sekitar dan kegiatan bercerita tersebut sangat bagus, karena anak mendapat gambaran konkret tentang apa yang ingin mereka gambar serta ide-ide untuk menuangkan gagasannya nantinya.
    Namun menurut saya akan lebih bagus jika kegiatan berkeliling melihat lingkungan tersebut dilakukan sebelum pembelajaran, agar anak tidak perlu bingung untuk menggambar bebas sesuai imajinasinya karena sebelumnya sudah memiliki gambaran.

  6. Nama : Umul lailanur. Nim: 858851835. Prodi: S1 PGPAUD.

    Menurut saya apa yang sudah di terapkan oleh guru itu sangat benar dan sesuai setelah anak melakukan observasi anak di suruh untuk menggambar apa yang ia lihat tadi.
    Dan Juga guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa yang anak sukai. nanti anak akan berimajinasi sendiri mungkin anak suka kartun nanti anak akan menggambar kartun.
    Mengejak ank untuk berkeliling di sekitar lingkungan sekolah atau kalau di lingkungan saya perdesaan bisa juga melihat hewan-hewan seperti kambing kerbau ayam nanti anak-anak di suruh menggambar binatang apa yang ia lihat tadi atau menggambar padi apa aja bebas yang penting anak suka

  7. NAMA ; IDALIA NORONHA DE REGO
    NIM : 859268918
    POKJAR : KEFAMENANU-TTU
    UPBJJ : KUPANG

    Pada video yang saya amati “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar, guru membebaskan anak menggambar sesuai dengan imajinasinya sehingga dapat melatih kreatifitas anak dalam berimajinasi.dan guru juga peka terhadap masalah yang ada di kelas saat anak-anak menggambar dengan topik yang sama. maka ibu guru tersebut langsung mengajak anak ke halaman sekolah.hal ini sangat bagus untuk melatih imajinasi anak lebih mendalam denganm demikian guru tersebut sudah bisa menmukan solusi dari maslah yang dihadapi di kelas, dan anak lebih leluasa dalam berimajinasi dan semuanya itiu dapat anak-anak ekspresikan melalui menggambar. Terima kasih

  8. Menurut saya, video pembelajaran diatas sudah bagus karena sudah mengandung prinsip evaluasi yaitu dalam perbaikan metode mengajar. pada awalnya anak sulit untuk menuangkan imajinasinya saat di beri tugas menggambar ,walaupun guru sudah menstimulus dengan menyiapkan alat-alat untuk menggambar ,akan tetapi anak masih belum bisa menuangkan imajinasi nya karena anak-anak cenderung meniru apa yg mereka lihat. oleh karena itu, guru harus lebih kreatif lagi agar lebih mengeksplorasi imajinasi anak-anak bisa diajak ke luar ruangan.

  9. Nama : NOVITASARI
    NIM : 857905737
    Program Studi : S1 PG PAUD
    UPBJJ : YOGYAKARTA

    Dari video tersebut terlihat pembelajaran yang sangat menyenangkan,di mana guru mengajak anak didik nya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas.dimana anak didik diberikan kebebasan untuk menggambar sesuai dengan ide kreatifitas nya.terlihat dalam video guru mengajak anak keluar kelas melihat pemandangan,pohon,tanaman dan juga piala yang di letakkan di lemari,anak terlihat sangat senang.di kegiatan menggambar terlihat dari hasil gambar anak yang pertama hampir semua menggambar sama yaitu pemandangan.tetapi pada hasil gambar anak yang kedua terlihat berbeda-beda (anak menuangkan kreatifitas imajinasi menggambar nya).

  10. Nama : Syamsuriani
    Assalamu alaikum….
    Pada video di atas “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar, guru membebaskan anak menggambar sesuai dengan imajinasinya sehingga dapat melatih kreatifitas anak dalam berimajinasi. Lain halnya saat ibu guru mengaja anak anak keluar ruangan, di luar ruangan terdapat banyak hal yg langsung di lihat anak dan terekam oleh otak anak. Jadi saat guru bertanya apa saja yg di lihat oleh anak di luar ruangan tadi banyak anak yang mengemukakan pendapat mereka. Dan ketika guru mengajak anak untuk menggambar, setiap anak menggambar dengan bebas sesuai imajinasi mereka.

Leave a Reply