silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : SULIS SETIANINGSIH
Nim : 857599533
judul Vidio : Anak sulit berimajunasi saat menggambar
Proses Pembelajaran yang dilakukan Guru
Guru mengajak anak untuk melihat pemandangan di linngkungan sekolah
kemudian guru mengajak anak bercerita tentang apa yang mereka lihat di halaman sekolah
dan menggambarkannya, guru melakukan tanya jawab apa yang anak anak lihat di halaman Sekolah
tempat di Dalam kelas dan halaman Sekolah
Menurut Saya proses pembelajaran dalam vidio Anak sulit berimajinasi saat menggambar sudah sesuai .
Dengan mengajak anak keluar halaman, anak akan lebih mudah untuk menggambar, anak akan menggambar benda yang dilihatnya secara langsung sesuai kemampuan anak
Nama: Retno.Iryanti
Nim : 857365478
Prodi : S1 Paud
Pada tayangan video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” Menurut saya dalam kegiatan menggambar didalam kelas ibu guru sudah baik dalam memberikan stimulus kepada anak seperti memberikan contoh gambar dipapan tulis, tapi ternyata ibu guru memberikan instruksi kepada anak-anak untuk menggambar bebas sesuai dengan kepandaiannya masing-masing. pada hasil akhir terlihat hampir semua anak menggambar sesuai dengan apa yg dicontohkan dan dilihat dipapan tulis. sehingga antara hasil gambar dan instruksi yang diberikan tidak sesuai dengan harapan. Ibu guru akhirnya memberikan kesempatan kepada anak agar dapat mengeksplorasi kemampuan dan kepandaiannya dengan mengajak anak murid keluar dari dalam kelas untuk belajar mengeksplorasi dan mengasah kreativitasnya dengan cara menstimulus anak dengan kegiatan melihat-lihat dan bertanya kepada anak tentang apa saja yang dilihat dan ada benda apa saja diluar lingkungan sekolah mereka. lalu setelah itu ibu guru menginstruksikan kepada anak untuk dapat menggambarkan apa saja sesuai yang dilihat diluar kelas sesuai dengan kepandaian masing-masing anak. ada satu hal yang terlewat sebaiknya setelah anak selesai menggambar guru bisa memberikan pertanyaan kepada satu-satu anak tentang apa saja yang sudah berhasil dibuat/digambar, lalu dibuatkan tulisan disebelah gambarnya anak tentang gambar apa yang sudah brhasil dibuat. lalu beri kesempatan kepada anak untuk menceritakan gambarnya didepan kelas dan didepan teman-temannya untuk melatih keberanian dan kemandirian anak.
nama : cahya nadia
nim : 859524201
kelebihan dari video tersebut : guru memberikan kesempatan murid untuk menggambar bebas sehingga anak-anak dapat berekspresi dengan bebas serta mengasah kreativitas anak , dengan melakukan pembelajaran keluar kelas untuk mendapatkan ide untuk anak-anak berimajinasi serta melakukan tanya jawab untuk menceritakan hasil karya anak murid
kelemahan : guru tidak melakukan salam pembukaan
Kebanyakan anak ketika diminta guru untuk menggambar memang akan meniru apa yang digambar guru atau apa yang guru minta, bahkan masih ada beberapa anak yang belum mengerti ketika diminta menggambar bebas.
Menurut saya metode yang digunakan guru dalam video untuk melatih imajinasi anak ketika menggambar sudah tepat, yaitu dengan cara mengajak anak keluar kelas dan anak menggambar sesuai dengan apa yang ia lihat, dengan metode seperti itu, tentu antara anak yang satu dengan yang lain akan mendapatkan hasil gambaran yang berbeda karena sesuai dengan apa yang dilihat masing-masing anak.
Judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar, nama pengembang : seri pengembang kognitif PAUD, Nama guru : Bu lina, Lokasi : PAUD, Tema Pembelajaran : Lingkungan Sekolah.
3 kelemahan dalam video itu adalah
– Guru saat memulai kegiatan tidak berdoa
– Siswa tidak dibimbing dengan baik
– Saat kegiatan pembelajaran berlangsung masih ada anak – anak yang bermain kegitan pembelajaran kurang efektif
3 Kelebihan dalam video pembelajaran itu adalah :
– Guru membiarkan siswa menggambar sesuai dengan imajinasinya sendiri
– Guru mengajak anak – anak melihat pemandangan di luar kelas
– Adanya sise Tanya jawab yang dilakukan oleh guru
Komentar saya dari video pembelajaran ini adalah kegiatan pembelajaran ini sudah bagus karena guru membiasakan anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya dan menggambar sesuai dengan apa yang dilihatnya, dari sini guru juga guru bisa menggali potensi anak sejauh mana anak bisa mengembangkan imajinasinya. Siswa yang kreatif dia akan menggambar sesuai dengan apa yang di lihatnya dan dia pasti banyak bertanya kepada ibu gurunya.
Nama: Evi Eka Trisnawati
Nim: 856612511
Prodi: PGPAUD
Menurut saya dalam video klip tersebut ada kelebihan dan kelemahannya. Kelemahannya yaitu anak-anak tidak diberi contoh gambar oleh guru yang ada disekitar sekolah kita. Jadi anak-anak pemikirannya hanya biasa-biasa saja. Dan kurang luas imajinasi dalam menggambar. Kelebihan dari video diatas Guru mengajak anak-anak untuk berkeliling di sekitar sekolah dan memberi tahu ada apa saja yang ada disekitar lingkungan sekolah.
Mungkin itu yang bisa saya simpulkan dari video tersebut. Terima kasih 🙏🏻
Nama Iis cahyati
Nim 856612719
Izin menjawab bapak ibu
Menurut pemahaman saya dan analisi yang dipaparkan dari , video pembelajaran tersebut sudah baik karena menurut saya sudah mengandung prinsip evaluasi yaitu dalam perbaikan metode mengajar. pada awalnya anak sulit untuk menuangkan imajinasinya saat di beri tugas menggambar ,walaupun guru sudah menstimulasi dengan jelas dan menyiapkan alat-alat untuk menggambar ,akan tetapi anak masih belum bisa menuangkan imajinasi nya apa yang harus dia gambar karena anak-anak cenderung meniru apa yg mereka lihat. oleh karena itu, guru harus lebih kreatif lagi agar lebih mengeksplorasi imajinasi anak-anak untuk mengeksplorasi anak dpat kita membawa pembelajaran anak di luar sekolah atau alam yang terbuka agar bisa mebuat anak berpikir luad.
3.
a. Proses Pembelajaran Yang Dilakukan Guru
Guru mengajak anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi anak. Guru menggambar sebuah pemandangan sawah di papan tulis dan anak juga menggambar apa yang digambar oleh guruny. Selanjutnya guru mengajak anak pergi keluar sekolah dan mengajak anak untuk mengamati sekitar lingkungan sekolahnya. Guru kemudian mengajak anak untuk Tanya jawab tentang apa saja yang anak-anak lihat saat pergi keluar kelas. Setelah Tanya jawab guru meminta anak-anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi atau apa saja yang ia temukan saat pergi ke luar kelas.
– Kelebihan Guru
dalam membangun imajinasi anak dalam menggambar guru sudah tepat dengan mengajak keluar dan emamati pemandangan diluar sehingga apa yang akan digambar oleh anak lebih beragam.
– Kelemahan Guru
sebaiknya sebelum guru memberikan contoh dipapan, guru terlebih dahulu mengajak anak untuk proses pemantik, jadi anak sudah diajak mengamati pembadangan luar baru mengajak anak menggambar, sehingga anak-anak langsung dapat menggambar apa yang telah mereka lihat. Memancing cara menggambar boleh, namun menggambar yang sudah anak-anak amati juga sehingga keadaan dan contoh sama.
b. guru menyetting kelasnya saat kegiatan didalam kelas yang dimana anak-anak duduk saling berhadapan untuk memudahkan anak dalam berimajinasi dikegiatan menggambar dan guru akan lebih leluasa menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan
c. aspek perkembangan yang dicapai oleh anak dalam kegiatan menggambar yaitu aspek pengembangan kognitif. Dimana guru mengajarkan anak untuk mampu menuangkan imajinasinya melalui bentuk gambar dengan kegiatan menggambar bebas.
4. judul : anak sulit dalam berimajinasi saat menggambar
Seri : pengembangan kognitif
vidio tersebut menayangkan tentang salah satu cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar. yaitu dengan mengajak anak-anak keluar untuk mengamati pemandangan dan benda-benda yang ada diluar sehingga dapat memantik ide anak untuk menggambar sesuatu yang dia ia lihat
Menurut saya tahap yang dilakukan ibu guru sudah benar dengan melakukan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa yang mereka inginkan atau bagaimana imajinasinya yang dituangkan dalam menggambar. Guru juga membantu anak membantu anak mengembangkan imajinasinya dengan mengajak anak untuk berkeliling di lingkungan sekolah supaya anak bisa lebih memiliki ide. Dan setelah itu guru menanyakan kepada anak anak apa yang mereka lihat di lingkungan sekolah tadi. Dan juga memberikan sebuah reward kepada gambar yang telah dibuat anak.Menurut saya tahap yang dilakukan ibu guru sudah benar dengan melakukan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa yang mereka inginkan atau bagaimana imajinasinya yang dituangkan dalam menggambar. Guru juga membantu anak membantu anak mengembangkan imajinasinya dengan mengajak anak untuk berkeliling di lingkungan sekolah supaya anak bisa lebih memiliki ide. Dan setelah itu guru menanyakan kepada anak anak apa yang mereka lihat di lingkungan sekolah tadi. Dan juga memberikan sebuah reward kepada gambar yang telah dibuat anak.
Namun disituguru hanya memberikan satu contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih imitatif atau meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan gurunya dipapan tulis. Sebaiknya guru memberikan beberapa contoh gambar pada anak yang berbeda agar anak dapat memilih apa yang mereka inginkan untuk digambar sesuai imajinasinya
nama : NUR HANIFAH
NIM : 857841358
menurut saya , setelah melihat video tersebut . stimulasi yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan pembelajaran kurikulum dan lingkungan di masa kini. dimana anak menjadi pusat, guru menggamati dan berikan dukungan agar akan dapat berkembang sesuai harapan yang akan di capai. vidio tersebut adalah askep perkembangan kognitif anak.