silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
menurut saya metode yang di terapkan pendidik sudah sesuai, sehingg anak memiliki gabaran atau imajinasi nya sendiri, terima kasih
Nama: ROSMAWATI
Nim : 857232958
Setelah melihat vidio anak yang kesulitan dalam menggambar, guru memberikan tugas kepada anak untuk menggambar bebas tetapi guru mencontohkan gambar pemandangan sehingga anak cenderung mencontoh apa yang d gambar oleh guru..
Seharusnya guru tidak mmbrikan contoh gambar tapi membawa anak untuk melihat dan mengamati lingkungan sekolah dulu, setelah itu anak menggambar.
nama ; widiyawati
nim ; 859375664
pokjar : enrekang
UPBJ : makassar
Menurut saya vidio itu sudah bagus, sudah memeberikan kesempatan anak untuk mengekspor imajinasinya dengan mengajak anak anak keluar kelas. Guru sudah memberi kesempatan anak anak untuk mendapatkan ide2 dari apa yang di lihatnya, guru sdh memberikan pertanyaan kepada anak anak tentang apa saja yg di lihat d halaman, kemudian mereka bisa menuangkan dalam gambar yang mereka buat. Kelebihannya bu guru sdh melakukan kegiatan dengan baik memberikan kesempatan kepada anak anak untuk belajar menggambar sesuai imajinasinya. Kelemahannya adalah anak anak di beri contoh gambar oleh bu guru, jadi ketika menggambar anak anak cenderung meniru gambar bu guru walaupun sdh d kasih tahu bisa menggambar sesuka hati
Nama: ukhuwwah nur zubaidah
Nim857843351
Prodi: PG PAUD
Dalam video tersebut, menurut pendapat saya tahap yang dilakukan guru tersebut sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak terangsang untuk berimajinasi dan berkreativitas. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui menggambar bebas tersebut. Karena jika guru sebelumnya sudah memberi contoh gambar pasti anak akan cenderung meniru gambar guru tersebut. Dan jika di suruh menggambar yang lain pasti mereka menjawab susah ataupun tidak bisa. Dan hal tersebut akan berakibat fatal karena mematikan kreativitas dan daya imajinasi anak.
Menurut saya, kegiatan menggambar bebas ini sangat menyenangkan untuk anak dalam menuangkan semua ide yang ada di dalam pikiran anak. pada vidio ini, guru sudah bagus memberikan penjelasan untuk melakukan kegiatan menggambar bebas dan guru juga sudah melakukan pendampingan dengan baik saat anak melakukan kegiatan. hanya saja, seharusnya sebelum melakukan kegiatan menggambar bebas, sebaiknya anak di ajak keluar kelas untuk mengamati objek secara langsung dan guru tidak perlu memberikan contoh gambar kepada anak. apabila guru memberikan contoh kepada anak, maka anak akan cenderung menirukan gambar yang dia lihat. hal yang seharusnya dilakukan yaitu setelah anak melihat objek secara langsung, guru mengajak anak untuk menggambar bebas objek yang dia lihat tanpa diberi contoh terlebih dahulu. setelah selesai menggambar bebas, meminta anak untuk menceritakan gambar yang telah dia buat. dengan begitu, maka anak akan selalu menggali ide-ide yang ada dalam pikirannya dan anak akan senantiasi mengembangkan kreativitasnya.
Nama : Sri wahyuningsih
Nim : 859172098
Prodi : PG PAUD
Dalam Vidio pembelajaran tersebut ibu guru hanya memberika contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih suka meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan ibu guru di papan tulis, sebaiknya ibu guru memberikan kebebasan kepada anak dengan mengajak anak keluar kelas kemudian meminta anak untuk menggambar sesuai ide-ide dan sesuai dengan minat anak.
Nama Mahasiswa: Wiwik Muhartiwi
Nim: 858285058
UPBJJ: Banjarmasin
Menurut saya strategi yang digunakan melalui tahapan yang dilakukan guru pada video tersebut sudah benar dengan melakukan tahapan mengumpulkan informasi mengenai pemandangan yaitu dengan mengajak anak keluar kelas mengamati di luar lingkungan sekitar sekolah sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan kemudian guru memberikan pertanyaan untuk pematangan materi tentang apa yang sudah dilihat anak lalu guru memerintahkan anak untuk menuangkannya ke dalam media gambar sesuai dengan yang dilihatnya
Terimakasih
Nama: Lusiana Nyina Juk
NiM : 858412301
menurut saya, kegiatan menggambar yang disajikan oleh guru cukup menarik karena ketika diminta untuk menggambar, anak-anak melakukannya dengan baik meskipun beberapa anak kesulitan menggambar,
guru sebaiknya mengajak anak mengamati terlebih dahulu apa yang dilihat oleh anak atau mencoba menggali pengalaman anak ketika datang kesekolah atau bahkan mengajak anak mengingat hal-hal yang disukainya supaya anak dapat memiliki bayangan tentang imajinasi.
kemampuan imajinasi anak cukup berkembang bagi anak yang memiliki kemampuan kognitif yang baik.
anak dapat menggambar apa yang didalam pikirannya meskipun bentuk gambar terkadang kurang jelas.
Nama : Dwi Mifta Syafitri
NIM : 856815969
Prodi : PGPAUD
menurut saya imajinasi memiliki peranan penting untuk anak usia dini, diantaranya adalah antusiasme belajar yang tinggi dan meningkatnya rasa percaya diri anak. Salah satu hal yang dapat mengembangkan daya imajinasi anak adalah menggambar. Menggambar merupakan salah satu kegiatan populer di taman kanak-kanak. kegiatan pembelajaran di taman kanak-kanak dengan cara mengamati lingkungan sesuai dengan kenyataan yang ada secara langsung yang meliputi manusia, macam-macam binatang, tumbuh-tumbuhan, dan benda-benda lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya imajinasi menggambar anak sebelum diterapkan metode karyawisata, mengetahui penerapan metode karyawisata dalam meningkatkan daya imajinasi menggambar anak, serta mengetahui tingkat daya imajinasi menggambar anak setelah anak-anak melihat lingkungan sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang memiliki 3 siklus dengan menggunakan observasi dan wawancara dalam teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan daya imajinasi menggambar anak. Terbukti dengan adanya peningkatan perkembangan daya imajinasi menggambar anak pada setiap siklus. Dengan metode karyawisata, anak-anak dapat mengamati berbagai macam hal secara nyata; suasana pembelajaran yang baru dan menyenangkan; bertambahnya kemampuan bersosialisasi anak; dan meningkatnya daya imajinasi menggambar anak. Hasil temuan di lapangan ini melahirkan rekomendasi untuk guru agar guru dapat memberikan kegiatan yang lebih variatif terhadap pembelajaran sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan untuk anak.
Nama : Yudita selviani telaumbanua
Nim : 835345469
UPBJJ : Medan
Prodi : S1 PGPAUD
Menurut saya pemaparan materi dalam video tersebut untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar dengan strategi yang diterapkan guru tersebut sudah sudah benar dan terarah karena guru tersebut memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan merupakan contoh kegiatan yang dapat membantu mengembangkan imajinasinya. Anak – anak juga lebih mendapat stimulus dari segala panca inderanya terutama dari mata , telinga , dan indera perabanya, Mungkin yang tadinya didalam kelas anak – anak merasa terbatas untuk memiliki ide karena hanya diberikan tema pemandangan , setelah diluar kelas anak lebih berfikir secara terbuka dengan mengeksplore langsung dan merasakan apa yang ada disekitarnya.