silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Hey there, I think your website might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog in Chrome, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some
    overlapping. I just wanted to give you a quick heads
    up! Other then that, great blog!

  2. Seorang guru harus pintar dalam memberikan inspirasi bagi anak didiknya dalam hal membuat gambar yang menarikdan mudah dibuat dan diikuti oleh anak didiknya

  3. NAMA : INNA KARLINA
    NIM : 858877845
    PRODI : PGPAUD S1
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Menurut saya untuk menggali imajinasi anak dalam menggambar salah satunya dengan mengajak anak bermain di luar, sehingga anak dapat berimajinasi dengan melihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar. Pada saat bermain di luar Bpk/Ibu guru sambil menjelaskan dan menceritakan tentang apa yang dilihat anak. Terimakasih dalam video diatas dijelaskan bagaimana meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar, itu sangat membantu kita dalam menyikapi hal yang sama/serupa yang terjadi di lembaga tempat kita mengajar.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  4. nama : Nur Lailawati
    NIM : 825265088
    dalam hal ini, yang dilakukan guru sudah sangat bagus. yang mana awalnya bu guru memberikan gambar yang telah jadi kepada para murid nya untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam merespon gambar yang dilihatnya, dan kemudian menuangkannya dalam bentuk sebuah karya gambar. dan saat anak ada yang masih meniru gambar bu guru, otomatis bu guru tahu, bahwa anak masih ada yang kesulitan menuangkan imajinasinya, dan hal tersebut harus dilakukan perubahan pola mengajar nya. dengan cara membawa anak dan memperlihakan tempat diluar sekolah atau lingkungan sekolah. kemudian menanyakan apa saja yang sudah dilihat dan menceritakannya kembali. hal itu akan memancging si anak lebih kreatif dan imajinatif dalam hal karya nya.

  5. Nama : Nur Lailawati
    NIM : 825265088
    Dalam hal ini, yang dilakukan guru sudah sangat bagus, yang mana awalnya Bu guru memberikan gambar yang telah jadi kepada para muridnya untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam merespon gambar yang dilihatnya, dan kemudian menuangkannya dalam bentuk sebuah karya gambar.dan saat anak masih ada yang meniru gambar Bu guru, otomatis Bu guru tahu bahwa anak masih ada yang kesulitan menuangkan imajinasinya, dan hal tersebut harus dilakukan perubahan pola mengajar nya. Dengan cara membawa anak dan memperlihatkan tempat diluar sekolah atau lingkungan sekolah.kemudian menanyakan apa saja yang sudah dilihat dan menceritakan kembali. Hal itu akan memancing si anak lebih kreatif dan imajinatif dalam hal karyanya

  6. Nama : Herlyn Setyowati
    Nim : 858724896
    Judul video : “mengatasi permasalahan Anak sulit berimajinasi saat menggambar”

    Setelah mengamati dan menganalisis video diatas menurut pendapat saya guru sudah memberikan metode yang baik dan sesuai dalam “mengatasi permasalahan Anak sulit berimajinasi saat menggambar” dengan mengajak anak untuk mengamati objek secara langsung di luar ruangan dan memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa yang mereka lihat secara langsung, sehingga dapat merangsang imajinasi anak untuk membuat gambar dengan bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat dan sesuai dengan keinginan mereka sendiri. hal tersebut sangat membantu anak dalam mendorong imajinasinya dalam menggambar.
    Kelebihan dari tayangan video di atas yaitu : Guru dapat merefleksi pembelajaran yang diberikan sebelumnya yaitu dengan mengajak anak-anak untuk melihat objek yang akan digambar secara langsung di luar ruangan sehingga dapat merangsang dan mendorong timbulnya imajinasi anak dalam menggambar sesuai dengan imajinasinya sesuai dengan apa yang mereka lihat.
    Kekurangan dari tayangan video di atas yaitu : Sebagai seorang guru sebaiknya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat dan bakat anak sehingga dapat merangsang imajinasi anak untuk timbul dalam menggambar. didalam video tersebut di awal guru sudah memberikan contoh gambar di papan tulis sehingga membuat anak cenderung melihat gambar yang ada di papan tulis dan akan membatasi imajinasi mereka.
    kesimpulan dari tayangan video di atas : untuk mengatasi permasalahan Anak sulit berimajinasi saat menggambar hal yang dilakuakn oleh guru sudah sangat tepat dengan mengajak anak untuk berjalan-jalan keluar melihat objek yang akan digambar secara langsung sehingga dapat merangsang imajinasi mereka dalam menggambar sesuai dengan yang mereka lihat akan tetapi sebaiknya ketika meminta anak – anak untuk menggambar bebas diusahakan guru tidak memberikan contoh, karena dengan memberikan contoh kepada anak sama saja seperti membatasi imajinasi mereka.

  7. ada banyak cara untuk memumbuhkan daya imajinasi anak yakni dengan cara mengajak anak untuk outing ketempat wisata edukasi agar menambah daya imajinasi anak

  8. This design is incredible! You obviously know how to keep a reader
    amused. Between your wit and your videos, I was almost moved
    to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

  9. Nama : Jawiah
    Nim : 858444282
    Setelah saya menonton dan mengamati vidio tentang ANAK SULIT BERIMAJINASI
    SAAT MENGGAMBAR .
    Yang saya lihat cara guru dalam mengajar sudah sangat baik ditambah lagi ide- ide yang guru berikan pada saat memberikan pelajaran dengan cara memberikan kebebasan pada anak dalam memilih gambar yang anak suka serta pengalaman nyata yang guru berikan pada anak untuk mengamati lingkungan disekitar sekolah serta memberikan umpan balik pada anak dengan memberikan pertanyaan itu sangat bagus , itu sudah menimbulkan minat dan bakat anak untuk bercerita dan mempermudah anak untuk menggambar apa yang sudah anak lihat karena sudah dilihat secara langsung karena anak usia dini itu suka dengan pengalaman langsung , cuma yang baik lagi menurut saya untuk
    guru dikelas harus mempunyai guru pendamping agar semua anak bisa di amati dan bisa dibimbing bila anak merasa kesulitan .

Leave a Reply