silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : USWATUN KHASANAH
NIM : 858735566
Dalam tayangan video dengan tema “anak sulit berimajinasi saat menggambar”. Secara umum kegiatan pembelajaran dengan pendekatan dan strategi yg digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah tepat, yaitu dg mengajak anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Sehingga menambah wawasan dan imajinasi anak dalam menggambar. Akan tetapi dari tayangan video tersebut memiliki kekurangan dimana guru memberikan contoh menggambar pemandangan dipapan tulis. Jadi ketika menggambar anak anak cenderung meniru gambar bu guru walaupun sudah dikasih tahu untuk menggambar bebas
Nama : USWATUN KHASANAH
NIM : 858735566
Dalam tayangan video dengan tema “anak sulit berimajinasi saat menggambar”. Secara umum kegiatan pembelajaran dengan pendekatan dan strategi yg digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah tepat, yaitu dg mengajak anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Sehingga menambah wawasan dan imajinasi anak dalam menggambar. Akan tetapi dari tayangan video tersebut memiliki kekurangan dimana guru memberikan contoh menggambar pemandangan dipapan tulis. Jadi ketika menggambar anak anak cenderung meniru gambar bu guru walaupun sudah dikasih tau untuk menggambar bebas.
Nama : Novita Ernawati
NIM : 857747013
Dalam tayangan video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar dikarenakan guru langsung memberikan contoh gambar kepada anak, sehingga semua anak menggambar sesuai dengan yang dicontohkan guru. Saya sangat setuju dengan tindakan yang kemudian dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalah tersebut, yaitu mengajak anak keluar kelas lalu melihat lingkungan di sekitarnya dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan yang diamatinya dan yang terakhir perlu ditambahkan adalah berilah kesempatan kepada anak untuk menceritakan kepada guru dan semua temannya tentang gambarnya. Hal ini bisa dilakukan secara bergantian kepada semua anak.
Nama : Novita Ernawati
NIM : 857747013
Dalam tayangan video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar dikarenakan guru langsung memberikan contoh gambar kepada anak, sehingga semua anak menggambar sesuai dengan yang dicontohkan guru. Saya sangat setuju dengan tindakan yang kemudian dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalah tersebut, yaitu mengajak anak keluar kelas lalu melihat lingkungan di sekitarnya dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan yang diamatinya dan yang terakhir perlu ditambahkan adalah berilah kesempatan kepada anak untuk menceritakan kepada guru dan semua temannya tentang gambarnya. Hal ini bisa dilakukan secara bergantian kepada semua anak.
Menurut penilaian saya dalam video tersebut
1. Anak-anak kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menggambar bebas.
2. Ketika akan memberi pembelajaran menggambar bebas guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar sehingga anak-anak terfokus pada gambar guru daripada membuat gambar sendiri.
3. Ketika guru melihat Anak mengikuti contoh Gambarnya baru guru berinisiatif mengajak anak keluar kelas untuk melihat suasana di luar kelas dan mengajak anak untuk menggambar apa yang dilihatnya di luar kelas.
4. Sebaiknya setelah anak selesai menggambar baru guru bertanya kepada Anak apa yang mereka gambar.
Dalam video pembelajaran dengan topik permasalah “anak sulit berimajinasi saat menggambar” di situ terlihat jelas bahwa sebelum kegiatan menggambar guru memberi contoh gambar pemandangan di gunung, saat guru memberi kegiatan menggambar bebas, anak-anak menggambar pemandangan gunung semua. setelah guru merefleksi kegiatan yang sebelumnya akhirnya guru merubah merubah metode pembelajarannya, guru mengajak anak untuk bermain diluar mengamati lingkungan sekitar sekolah agar anak bisa terjun dan melihat benda-benda secara langsung agar anak mampu mengembangkan daya imajinasi dalam berkarya, setelah anak -anak di ajak bermain diluar guru mengajak anak agar mampu bercerita dan menggali pengetahuan anak tentang apa saja yang dilihatnya tadi.
metode yang dilakukan guru tersebut sudah benar, dalam menggali imajinasi anak hendaknya guru mengenalkan anak pada lingkungan yang nyata.
Seri Pembelajaran : Pengembangan Kognitif PAUD
Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar
Nama Guru Ibu LENA
anak cenderung lebih suka meniru apa yang dia lihat. ketika jarak pandang mereka terbatas, khususnya pandangan mereka terpusat kepada guru, maka mereka akan melakukan apa yang guru lakukan. hal ini tidak jauh berbeda dengan Lembaga saya, tidak hanya dalam hal menggambar, namun dapat terjadi ketika membentuk plastisin, menyusun balok hingga bermain projek. anak akan meniru dari segi betuk, ukuran dan warna. video yang saya lihat sangatlah menarik dan inspiratif sekali. dengan mengajak anak keluar kelas dan melihat lingkungan sekitar, anak memiliki jarak pandang yang luas, anak dengan leluasa dapat menentukan imajinasi mereka. serta mereka lebih merasa bahagia
Nama : Herlyn Setyowati
Nim : 858724896
1. Reaksi anak terhadap apa yang disampaikan ibu guru dalam pembelajaran pada tayangan video tersebut : terlihat bahwa anak sedang menyimak dan mengikuti arahan yang diberikan oleh ibu guru. Setelah anak-anak diajak untuk keluar kelas mengamati lingkungan sekitarnya anak-anak terlihat sangat antusias.
2. Kelebihan dari tayangan video di atas yaitu : Guru dapat merefleksi pembelajaran yang diberikan sebelumnya yaitu saat guru tersebut mengetahui bebrapa dari muridnya melakukan kegiatan menggambar sesuatu yang sama dengan gurunya guru tersebut langsung mengambil tindakan dengan mengajak anak-anak untuk melihat objek di luar lingkungan sekitarnya kemudian menyuruh anak-anak untuk menceritakan kembali apa yang sudah dilihatnya sehingga dapat merangsang dan mendorong timbulnya imajinasi anak dalam menggambar sesuai dengan imajinasinya sesuai dengan apa yang mereka lihat. kemudian adanya interaksi dengan tanya jawab antara guru dan anak mengenai hasil karyanya menurut saya hal ini dapat mengatasi permasalahan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
3. Kekurangan dari tayangan video di atas yaitu : didalam video tersebut di awal guru sudah memberikan contoh gambar di papan tulis sehingga membuat anak cenderung meniru gambar yang ada di papan tulis dan akan membatasi imajinasi dan keinginan mereka dalam menggambar. Sebagai seorang guru sebaiknya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat dan bakat anak sehingga dapat merangsang imajinasi anak untuk timbul dalam menggambar.
4. Hal-hal unik yang saya temui dalam tayangan video di atas yaitu : di saat guru memberikan kesempatan kepada anak untuk mempresentasikan hasil karyanya yang telah dibuat. Mereka menceritakan kembali hasil karya yang ia buat berupa gambar yang telah mereka gambar sesuai dengan imajinasi mereka sendiri saat berkeliling di lingkungan sekitar kelasnya.
5. Hal yang akan saya lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya yaitu : untuk mengatasi permasalahan Anak sulit berimajinasi saat menggambar hal yang dilakuakn oleh guru sudah sangat tepat dengan mengajak anak untuk berjalan-jalan keluar melihat objek yang akan digambar secara langsung sehingga dapat merangsang imajinasi mereka dalam menggambar sesuai dengan yang mereka lihat. Jadi sebagai seorang guru harus lebih konkrit dalam memberikan instruksi atau arahan kepada muridnya untuk melakukan kegiatan. sebaiknya ketika meminta anak – anak untuk menggambar bebas diusahakan guru tidak memberikan contoh, karena dengan memberikan contoh kepada anak sama saja seperti membatasi imajinasi mereka.
Nama : Euis Pebriani
Nim. : 856829817
1. Pada saat guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias.
2. Kelemahan dalam tanyangan vidio tersebut adalah guru memberikan contoh menggambar dipapan tulis sehingga dapat mengakibatkan anak akan terfokus dengan apa yang sudah guru gambar dipapan tulis. Dengan hal ini akan membatasi imajinasi anak. Sebaiknya guru memberi contoh yang objek yang nyata dengan cara mengajak anak untuk mengamati objek objek yang nyata di sekitar lingkungan sekolah.
3. Kelebihan dari tayangan tersebut guru mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek objek dilingkungan disekitar sekolah sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuan imajinasinya saat akan menggambar dan guru menyuruh anak untuk menceritakan kembali apa apa saya yang mereka lihat di linkungan sekarang sekolah.
4. Hal hal unik yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya.
5. Hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak,
Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.
Nama : Henita
NIM : 858302939
Email : nitaadief@gmail.com
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/01/anak-sulit-berimajinasi-saat-menggambar/
1. Reaksi anak terhadap kegiatan anak berantusias mengikuti kegiatan tersebut, guru memberikan kebebasan secara langsung untuk melihat keadaan sekitar yang kemudian akan dituangkan dalam buku gambar.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru hanya memberikan satu contoh objek gambar untuk anak beimajinasi tentang pemandangan sehingga semua anak-anak meniru gambaran yang guru contohkan karena umumnya anak usia Dini bersifat meniru sebaiknya guru dapat memberikan contoh yang berbeda sehingga anak bisa memilih apa yang diinginkan untuk digambar.
3. Kelebihan secara keseluruhan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya, guru melakukan tanya jawab saat menggambar untuk menggali informasi gambar apa yang sedang di gambar oleh anak.
4. Hal-hal yang unik yang ditemukan saat guru melaksanakan pembelajaran berlangsung yaitu guru mengajak anak keluar kelas untuk anak dapat melihat secara langsung objek yang akan digambar agar anak dapat terasah imajinasinya dan anak dapat mengungkapkan pendapat sesuai apa yang mereka lihat.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu belajar tidak harus hanya didalam kelas saja atau didalam ruangan, tetapi lingkungan sekolah dapat dijadikan objek pembelajaran agar anak dapat berkembang sesuai tahapan usia dengan metode yang menyenangkan