silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama :Okta Ferawati
    NIM : 858747585
    Kelemahan : Dalam video tersebut guru tidak mengadakan pembukaan awal kegiatan, selanjutnya guru tidak memberikan penguatan pada anak yang tidak bisa menggambar dan juga guru kurang jelas dalam memberikan keterangan pada anak dalam memberikan tugas.

    Kelebihan : Dalam video tersebut guru mengajak anak keluar kelas untuk memberikan imajinasi dalam menggambar. Metode yang digunakan dalam memberikan contoh menggambar sudah jelas.

  2. Nama : Rustamah
    Nim : 858406674
    Prodi. :S1 PGPAUD

    Pada vedio tersebut metode dan strategi yang diberikan guru sudah sesuai dengan prinsip pembelaharan anak usia dini. Agar dapat menggali kreatifitasnya dalam berimajinasi Guru memberikan stimulasi pada anak yaitu dengan mengajak anak keluar kelas. Dan mrmanfaatkan media diluar kelas.Adapun kelemahan vedio tersebut guru tidak memberikan umpan balik dan reward pada hasil karya anak. Dalam mengembangkan kreatifitasnya guru harus mengetahui karakteristik anak yang berbeda-beda.

  3. Nama : Dewi Sartika
    Nim : 857076055

    1. Judul : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    Pengembangan : Mengajak anak mengembangkan imajinasinya melalui gambar dan dapat bercerita tentang hasil gambarnya dengan cara mengajak anak keluar kelas dan melihat apa saja yang ada dilingkungan sekitar. lalu anak menuangkannya dalam bentuk gambar dan menceritakannya apa saja yang sudah dilihatnya di lingkungan luar.
    Sinopsis : Dalam program Video berjudul ” Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” yaitu menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru diantaranya: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai minat anak, mengajak anak keluar kelas, meminta anak untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya dilapangan.
    2. Kelebihan yang sudah dilakukan guru yaitu : guru menerangkan kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini, guru mereview hasil karya anak, guru mengajak anak untuk menggambar bebas diluar kelas.
    Kelemahan yang sudah dilakukan guru yaitu : guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti berdoa dan bernyanyi agar anak merasa senang, sehingga semangat dalam melaksanakan tugas. saat kegiatan menggambar bebas guru mencontohkan gambar dipapan tulis sehingga anak meniru gambar. Guru tidak memberikan reward pada anak yang sudah mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru.
    3. Strategi yang harus dilakukan sebagai seorang guru yaitu : Mengajak anak menggambar di luar lingkungan sekolah seperti mengajak anak mengunjungi Taman yang ada dilingkungan dekat wilayah sekolah, dan merangsang anak agar mau berekspresi dan menuangkannya dalam bentuk gambar, memberikan semangat kepada mereka saat menggambar bebas, memberikan peralatan menggambar yang menarik pada anak yang sesuai perkembangan usia anak. tidak terlalu memaksa anak untuk menggambar dan mewarnai yang tidak mereka mampu melakukannya. memberikan reward kepada anak.

  4. Nama : Evi Mulyati
    Nim : 857366534

    setelah saya melihat video diatas , banyak sekali ilmu yang saya dapatkan terutama tentang kemampuan meningkatkan imajinasi anak, karena ketika kemampuan imajinasi anak tidak berkembang dengan baik, akan membuat anak menjadi tidak kreatif dan tidak dapat menggali imajinasinya sendiri. maka dari itu sebagai guru kita harus mampu dalam meningkatkan kemampuan imajinasi anak dengan gambar, salah satu caranya yaitu dengan mengajak anak melihat pemandanagan diluar dan mengamati lingkungan yang ada disekitar. dan mintalah anak untuk menggambar ulang tentang objek gambar yang telah mereka lihat ketika diluar tadi. dan ajaklah anak untuk bercerita tentang hal-hal apa saja yang mereka lihat.

  5. Nama : Latifah
    NIM : 858294974
    UPBJJ : Banjarmasin
    PAUD3 Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    strategi yang dilakukan guru untuk membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sangat bagus contohnya : ibu guru mengajak anak keluar kelas suoaya anak memiliki inspirasi sendiri dengan membebaskan anak untuk menggambar apa saja yang sesuai imajinasi dan minatnya. memfasilitasi anak menggali ide ide imajinasinya dengan melihat benda konkrit untuk digambar.

  6. Tanggapan terhadap video tersebut adalah bahwa pendekatan yang diberikan oleh guru dalam membantu anak-anak menggali imajinasi saat menggambar sangatlah efektif. Memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi mereka dapat membantu mereka untuk lebih kreatif dan mengembangkan keterampilan seni mereka. Selain itu, mengajak anak-anak ke halaman sekolah untuk mengamati dan menggambarkan pemandangan juga merupakan cara yang baik untuk merangsang imajinasi mereka. Metode yang diajarkan dalam video ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru PAUD dalam membantu anak-anak mengembangkan imajinasi dan keterampilan seni mereka.

  7. Nama : Isfikaraina Zahrawani
    NIM : 857313763
    Tanggapan terhadap video tersebut adalah bahwa pendekatan yang diberikan oleh guru dalam membantu anak-anak menggali imajinasi saat menggambar sangatlah efektif. Memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi mereka dapat membantu mereka untuk lebih kreatif dan mengembangkan keterampilan seni mereka. Selain itu, mengajak anak-anak ke halaman sekolah untuk mengamati dan menggambarkan pemandangan juga merupakan cara yang baik untuk merangsang imajinasi mereka. Metode yang diajarkan dalam video ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru PAUD dalam membantu anak-anak mengembangkan imajinasi dan keterampilan seni mereka.

  8. Nama : May Khaerudini
    NIM : 857756076

    Dalam video yang berjudul
    Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar.
    Menurut saya guru tersebut telah memberikan arahan yang benar untuk anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
    Yaitu guru mengajak anak didik ke luar kelas dengan melihat sekitar halaman sekolah. Agar anak dapat berimajinasi sesuai dengan apa yang dilihatnya. Sehingga anak didik dapat menggambar bebas sesuai dengan keinginannya.
    Anak didik juga diberi kesempatan untuk menceritakan apa yang sudah di halaman sekolah dan anak juga dapat menyebutkannya yaitu ia melihat pak satpam di halaman sekolah. Guru dalam penyampaiannya pun bagus untuk membangkitkan imajinasi anak yang mulanya anak didik menggambar hanya dengan melihat contoh. Namun sekarang dapat berimajinasi menggambar bebas sesuai keinginannya. Karena guru mempunyai strategi yang tepat yang sudah disebutkan di atas sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai.

  9. NAMA : HAUDIA
    NIM : 858294064

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Mohon Izin
    Judul: ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
    Sinopsis
    Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
    Pada video yang ditampilkan,seorang pendidik mampu meyakinkan anak-anak bahwa mereka mampu melakukan kegiatan menggambar bebas sesuai ide dan kreativitasnya juga anak diberi kesempatan untuk melihat sekeliling sekolah agar bisa menimbulkan ide nya dalam menggambar bebas.pendidik juga mampu memberikan semangat dan dorongan agar anak yakin dengan kemampuannya sendiri sehingga kegiatan yang dilakukan menyenangkan bagi anak.

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Leave a Reply