silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. NAMA : TRIYUNI PRATIWI
    NIM : 856954167
    1.Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias.

    2. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah guru memberikan contoh menggambar dipapan tulis sehingga dapat mengakibatkan anak akan terfokus dengan apa yang sudah guru gambar dipapan tulis. Dengan hal ini akan membatasi imajinasi anak. Sebaiknya guru memberi contoh yang objek yang nyata dengan cara mengajak anak untuk mengamati objek objek yang nyata di sekitar lingkungan sekolah.

    3. Kelebihan dari tayangan video tersebut, guru mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek objek dilingkungan disekitar sekolah. sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuan imajinasinya saat akan menggambar dan guru menyuruh anak untuk menceritakan kembali apa saja yang mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.

    4. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya.

    5. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak.
    Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

  2. Nama susi susilawati
    Nim 857507792
    Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda/objek secara langsung tentang apa yang anak anak lihat.dan guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang di lihatnya.terimakasih

  3. Dalam video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”tersebut di ceritakan bahwa anak anak diminta menggambar bebas sesuai imaginasi nya masing masing, sehingga guru dapat mengetahui kemampuan masing masing anak dalam mengungkapkan perasaan dan imaginasi nya lewat gambar. Metode yang cocok digunakan dalam tema ini adalah metode pemberian tugas merupakan salah satu metode saat guru memberikan pekerjaan kepada anak untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu. Hal ini bisa lihat dari guru yang memberikan tugas kepada anak-anak untuk menggambar bebas.

  4. NAMA : RIZKI MAHMUDAH
    NIM : 859543192
    PROGRAM STUDI : PRODI PGPAUD
    KOTA : LAMPUNG TIMUR
    Menurut pendapat saya strategi pembelajaran yang dibuat oleh guru sangat bagus dan tepat dengan melihat kendala anak sulit berimajinasi saat menggambar atau mewarnai, maka guru memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasi anak, oleh karena itu sebagai pendukung guru membawa anak untuk melihat linkungan di sekitar halaman sekolah dengan begitu dapat membangkitkan imajinasi anak sehingga anak dapat menggambar bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat di lingkungan sekolah maupun dilingkungan bermain, musholla dan lain lain.

  5. Menurut penilaian saya dalam video diatas memiliki kekurangan, yakni :
    1. Anak-anak kurang antusias saat mengikuti pembelajaran menggambar bebas.
    2. Ketika akan memberi pembelajaran menggambar bebas guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar sehingga anak-anak terfokus pada gambar guru daripada membuat gambar sendiri.
    3. Ketika guru melihat Anak mengikuti contoh Gambarnya baru guru berinisiatif mengajak anak keluar kelas untuk melihat suasana di luar kelas dan mengajak anak untuk menggambar apa yang dilihatnya di luar kelas.
    4. Sebaiknya setelah anak selesai menggambar baru guru bertanya kepada Anak apa yang mereka gambar.

  6. Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak.
    Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

  7. Nama : Kiki Ristina
    NIM : 857069913

    Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak.
    Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

  8. Nama : Kiki Ristina
    NIM : 857069913

    Pada materi kegiatan seorang guru sedang menyampaikan pembelajaran reaksi anak ada yang sudah terfokus dan masih ada juga yang belum terfokus. ketika guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar sekolah anak sangat bersemangat dan antusias. Hal hal kreatif seorang anak yang saya dapati dari tayangan video tersebut anak dapat menceritakan tentang objek apa saja yang anak lihat atau amat di sekitar lingkungan sekolah mereka. Anak dapat menunjukan hasil karyanya. Ada beberapa hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya adalah dengan membebaskan anak untuk menggambar. sebaiknya pendidik tidak memberikan contoh menggambar dipapan tulis karena anak akan terfokus dengan apa yang mereka lihat dan apa yang di gambar oleh gurunya itu akan membatasi imajinasi anak.
    Untuk melatih imajinasinya guru dapat menstimulasi anak dengan cara mengamati objek objek yang nyata seperti mengamati lingkungan di sekitar sekolah sehingga mereka akan mengeksplorasi kemampuan berimajinasi mereka.

Leave a Reply