silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : Rofin Fadilah
    Nim : 858925011
    Prodi : PG paud
    Judul :Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Dalam vidio diatas menerangkan bahwa anak yang sulit berimajinasi saat menggambar banyak anak yang menggambar dengan gambar yang sudah dilakukan sebelum sebelumnya atau anak menggambar dengan melihat punya temennya dan hasilnya semua sama. Jadi guru dapat mencari cara agar anak dapat berimajinasi sendiri dan mencari ide sendiri untuk menggambar dan guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

  2. NAMA: YUNAENI
    NIM : 858927814
    Prodi : PGPAUD
    “Judul :Anak sulit berimajinasi saat menggambar’
    Dalam vidio tersebut diatas menerangkan bahwa anak yang sulit berimajinasi saat menggambar banyak anak yang menggambar dengan gambar yang sudah dilakukan sebelum sebelumnya atau anak menggambar dengan melihat punya temennya dan hasilnya semua sama. Jadi guru dapat mencari cara agar anak dapat berimajinasi sendiri dan mencari ide sendiri untuk menggambar dan guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan berdasarkan yang di lihat anak-anak dan sesuai imajinasi masing-masing anak.

  3. Nama : Widya Mutoharoh
    NIM : 859412232

    Kelemahan dari video tersebut adalah guru tidak menjelaskan kepada anak mengenai apa saja yang mau di gambar, guru hanya memberi satu contoh dengan gambar yang di tempel di papan tulis sehingga anak kurang berimajinasi dalam menggambarnya dan hanya meniru gambar temannya saja
    Kelebihan dari video tersebut adalah strategi yang digunakan guru utuk mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar sudah tepat. dimana guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, guru mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di luar kelas.
    Saran yang dapat guru lakukan adalah guru dapat memberikan pendekatan saintifik dimana anak dapat melihat langsung objek yang dia imgin gambar, atau tema pada hari itu. Guru dapat melakukan kegiatan bercakap cakap dengan anak, atau guru dapat menceritakan sebuah cerita agar anak dapat terbuka imajinasinya.
    Secara keseluruhan apa yang dilakukan guru sudah baik dan sudah ada upaya untuk meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar. Guru sudah memberikan strategi dengan mengajak anak keluar kelas dan melihat-lihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar mereka sehingga anak-anak dapat lebih terbuka imajinasinya. Guru dapat menambah strateginya dengan memberikan sebuah cerita atau kegiatan bercakap-cakap untuk memancing ide dan imajinasi anak. Guru juga dapat menyediakan kegiatan saintifik dalam setiap pembelajaran sehingga apa yang disampaikan pada hari itu dapat anak terima dengan jelas dan menambah wawasan anak sehingga anak lebih mudah untuk berimajinasi.

  4. Nama: putri Amanda Ervilia
    Nim : 858921648
    ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Pada video di atas anak akan susah atau sulit berimajinasi saat menggambar karena pertama anak tersebut susah untuk mengungkapkan atau meluapkan gambarannya karena dia takut gambarnya akan jelek dan tidak sesuai dengan keinginannya,kedua anak malu tidak mau menunjukkan bakatnya kepada teman temannya maka perlu bagi guru untuk mendampingi anak anak dan menyemangati anak untuk dapat melakukannya.atau juga dapat mengajak anak belajar keluar agar bisa secara langsung melihat dan tau akan menggambar apa.

  5. Nama : ITA PURNAMA SARI
    NIM : 858928436
    JUDUL : “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”

    Dalam video diatas seorang guru meminta anak didiknya untuk menggambar sesuai dengan imajinasi namun dengan memberikan contoh gambar ibu guru. Namun anak-anak malah meniru gambar yang di gambar oleh ibu guru. Selanjutnya ibu guru mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan dengan tujuan supaya anak dapat berimajinasi dengan sesuatu yang mereka lihat dan di aplikasikan dalam bentuk gambar. Seorang guru sebaiknya mengajak anak untuk menceritakan kembali pengalamannya dalam melihat dunia luar baik pemandangan atau apapun yang menarik anak untuk berimajinasi dan menentukan kira2 apa yang membuatnya tertarik dan dapat menjadi objek gambarnya. Setiap anak itu unik dengan beragam kemampuan dan keterampilan nya. Semangaatt bu guru…

  6. NAMA : IVA BUD PRASETIYAWATI
    NIM. : 858965434
    PRODI. : PG Paud

    Video tersebut memiliki kelemahan yang kurang informatif kepada anak-anak. Contoh yang diberikan oleh guru yg ditempel dipapan membuat anak kurang berimajinasi. Karena minimnya info dan penjelasan. Antusiasme anak yang sangat besar tidak diimbangi dengan daya kreatifitas anak yang masih terbatas. Untuk mengajarkan anak lebih pintar dan kreatif dalam berimajinasi ttng gambar yang akan dibuat oleh anak…kita bisa bercerita atau menunjukkan contoh gambarnya, sehingga anak terstimulus dan lebih kreatif lagi dlm menggambar.

  7. Nama: KHAFIDAH EMITA KASE
    NIM: 858925795
    Prodi: PGPAUD
    Judul: anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Kelemahan : Dalam video tersebut guru tidak mengadakan pembukaan awal kegiatan, selanjutnya guru tidak memberikan penguatan pada anak yang tidak bisa menggambar dan juga guru kurang jelas dalam memberikan keterangan pada anak dalam memberikan tugas.

    Kelebihan : Dalam video tersebut guru mengajak anak keluar kelas untuk memberikan imajinasi dalam menggambar. Metode yang digunakan dalam memberikan contoh menggambar sudah jelas.

  8. Nama : wahyu purwanti dewi utami
    Nim : 858450358
    Dalam vidio tersebut bu guru mengajak anak menggambar sesuai kemampuan anak namun anak tetap mengikiti apa yang di gambar bu guru dan bu guru mensiasati dengan melihat pemandangan di luar agar anak lebih berimajinasi dan kreatif dalam menggambar dan anak juga akan lebih senang jika melihat contoh secara langsung. Secara tidak langsung bu guru mengajak anak menjadi lebih kreatif lagi dalam menggambar bebas.

  9. Nama : Asti Septiasih
    NIM : 859505304
    Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Dalam video tersebut Bu guru sudah baik melakukan contoh menggambar yg diajarkan,namun ada baiknya jika Bu guru menerangkan berbagai macam bentuk dari mulai segitiga, segiempat dan lingkaran bisa dibuat menjadi bermacam-macam benda, binatang, orang dan tanaman.
    Dan kalau bisa anak-anak duduknya diberi jarak agar tidak mencontoh temannya yang lainnya.

  10. Nama : lulu juwita
    Nim : 857502801

    ada beberapa anak yang sulit unutk menggambar sesuai imajinasi nya terkaang anak dapat menggambar sesuai perintah , tetaapi banyak anak yang mewarnai sesuai keinginan nya, dalam mengatasi kesulitan tersebut guru dalam video di atas mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat lihat di sekitar sekolah ada apa aja , atau hal yang dapat guru lakukn yaitu berkomunikasi kepada anak benda apa atau hewan peliharaan, atau makanan apa yang anak sukai sehingga ide untuk menggambar itu muncul dan anak dapat menggambar sesuai keinginannya,

Leave a Reply