Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

  • Tebak Pantomim

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan…

  • Pengulangan “Repetition”

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa…

  • Menenamkan kejujuran anak melalui cerita moral

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui…

  • Anak Belum Mandiri

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru…

  • Pemberian Hadiah “Parise”

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam video ini menggambarkan upaya guru dalam menanamkan disiplin pada anak. Hal ini penting, karena pada masa usia dini anak masih belum memahami arti disiplin dan masih bersifat egosentris. Dalam tayangan, tampak beberapa anak yang menyerobot antrian atau berebut saat hendak bermain di area…

  • Stop Bullying Pada Anak

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia…

2,280 Comments

  1. NAMA : WAHYU BINTA SULISTYORINI
    NIM : 858305199

    Dalam video ini Ibu guru mengajak anak menggambar bebas apapun yang mereka inginkan. terlebih dahulu ibu guru memberikan contoh gambar, namun tak lupa ibu guru mengizinkan anak untuk menggambar apa saja yang mereka inginkan. Namun anak – anak tetap menggambar sesuai contoh ibu guru. Ibu guru membantu anak melakukan refleksi dengan mengingatkan kembali bahwa ibu guru mengizinkan anak untuk menggambar bebas. Untuk itu ibu guru mengajak anak – anak keluar kelas, agar dapat melihat-lihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar mereka sehingga menambah imajinasi anak – anak. Tak lupa ibu guur juga melakukan tanya jawab dari apa yang mereka lihat, sehingga anak – anak dapat menceritakan dan berkesan di ingatan mereka. Setelah itu ibu guru pun mencoba mengajak anak menggambar kembali, dan anak – anak lebih mudah menuangkan apa yang mereka lihat dalam gambar.

  2. Nama : Zimamatud Diyanah
    NIM : 857755723

    Dalam Video yang berjudul ” Sulit berimajinasi saat menggambar” terlihat guru memberi anak contoh gambar untuk anak- anak dipapan tulis,guru mengintruksikan anak untuk menggambar sesuai imajinasi anak- anak .akan tetapi anak- anak kesulitan atau bingung mau menggambar apa,kebanyakan anak- anak meniru gambar temannya.kemudian untuk membangkitkan imajinasi anak,guru mengajak anak ke luar kelas /halaman untuk melihat- lihat lingkungan sekitar kemudian guru mengarahkan dengan bertanya kepada anak kira-kira apa yang akan digambar anak tersebut.
    Terimakasih

  3. Nama : ERNA
    NIM : 858306334

    Pada Video di atas yang berjudul tentang ” Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar ” Dalam Video tersebut terlihat ada anak yang masih sulit berimajinasi, dan masih suka meniru gambar milik teman sebayanya sehingga membuat anak tidak mandiri, dan tidak kreatif.
    Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik harus bisa memiliki ide dan beberapa cara untuk mengatasi tentang permasalahan tersebut dengan cara seperti, Mengajak anak belajar di luar kelas agar anak tidak bosan, Membiarkan anak menggambar sesuatu sesuai dengan minat/imajinasi anak.

  4. Nama : ERNA
    NIM : 858306334

    Pada Video di atas yang berjudul tentang ” Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar ” Dalam Video tersebut terlihat ada anak yang masih sulit berimajinasi, dan masih suka meniru gambar milik teman sebayanya sehingga membuat anak tidak mandiri, dan tidak kreatif.
    Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik harus bisa memiliki ide dan beberapa cara untuk mengatasi tentang permasalahan tersebut dengan cara seperti, Mengajak anak belajar diluar kelas agar anak tidak bosan, Membiarkan anak menggambar sesuatu sesuai dengan minat/imajinasi anak.

  5. Dalam video tersebut seorang guru berupaya mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat Menggambar. Menurut saya seorang guru memang sebaiknya harus bisa memanfaatkan lingkungan sekitar. Hal tersebut membuat anak bebas berimajinasi dan terinspirasi dari apa yang ia lihat. Dengan begitu anak tidak kesulitan memikirkan apa yang harus ia ceritakan dan ia gambar.

  6. Nama : Aminah
    NIM : 857237538

    Vidio tersebut menjelaskan bagaimana caranya guru memfasilitasi ide anak dengan cara mengajak anak belajar di luar kelas untuk memudahkan anak berimajinasi ketika menggambar bebas.

  7. Nama: hartati arianie
    Nim: 848300064
    Video tersebut menjelaskan alangkah baiknya membantu imajinasi anak dalam mengembangkan agar anak berimajinasi dalam bentuk hasil pikirannya dalam bentuk menggambar dengan cara memberikan contoh dlu terlebih dahulu kepada anak kemudian anak meniru hasil dari gambaran buku tersebut

  8. Nama:hartati arianie
    Nim: 858300064 dari video tersebut menjelaskan tentangbahwa guru mencontohkan terlebih dahulu kepada anak dalam mencotohkan gambaran yang ingin digambar oleh anak agar mereka bisa meniru dengan imajinasinya sendiri

  9. Nama : Wayan Manis
    Nim : 859031033
    Jurusan: S1 PGPAUD

    Dalam vidio diatas yang berjudul Anak sulit berimajinasi saat menggambar, dapat diketahui bahwa penyebab dari sulitnya anak berimajinasi adalah keraguan pada diri sendiri yang menyebabkan anak mengikuti apa yang dilakukan temannya sehingga guru pada saat itu berinisiatif memberi tau bahwa anak anak bisa menggambar apapun dengan imajinasinya sendiri dengan begitu anak anak lebih bebas atau leluasa dalam berimajinasi tentu saja peran guru disana sebagai contoh bagi murid dengan memberi contoh untuk ditiru dan mengajak para murid keliling halaman untuk bisa mendapatkan ide serta mengembangkan imajinasinya sendiri dengan pandangan yang lebih luas

  10. Nama: Wayan manis
    Nim: 859031033
    Jurusan: S1 PGPAUD
    Seri: pengembangan kognitif PAUD (anak sulit berimajinasi saat menggambar)

    Dari vidio diatas yang berjudul : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar dapat dilihat bahwa penyebab anak sulit berimajinasi adalah kurangnya rasa percaya diri sehingga membuat anak bingung dan menyebabkan anak mengikuti teman temannya dan disana dapat kita lihat peran guru adalah memberikan contoh sebagai acuan anak anak serta untuk mengembangkan imajinasi pada anak, guru juga mengajak para murid untuk berkeliling melihat taman sehingga anak anak bebas dalam memilih apapun yang mereka inginkan sehingga bisa meningkatkan percaya diri serta imajinasi anak

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://globelegislators.org/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://www.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/