Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,280 Comments

  1. Nama : Sahriyah
    NIM : 858450935
    Judul Vidio : “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”

    Menurut saya vidio ini sangat menginspirasi, cara Ibu Lina memberikan bimbingan kepada anak-anak dalam mengungkapkan imajinasi nya dalam menggambar sangat baik. Pertama memberikan contoh, anak-anak banyak yang meniru apa yang digambar oleh guru. Ibu guru memberikan masukan kepada anak-anak boleh menggambar sesuai dengan imajinasinya.
    kedua Dengan mengajak anak keluar kelas sehingga anak mendapat imajinasi dari apa yang mereka lihat disekitar sekolah untuk dituangkan dalam gambar.

  2. Nama : Fransiska Teme
    Nim : 859283856
    Upbjj :Kupang

    Dalam tayangan video di atas “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Penyebabnya dikarenakan guru langsung memberikan contoh gambar kepada anak, sehingga semua anak menggambar sesuai dengan yang dicontohkan guru. Tetapi, Melihat hal itu Saya sangat setuju dengan tindakan yang kemudian dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalah tersebut, yaitu mengajak anak keluar kelas lalu melihat lingkungan di sekitarnya dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan yang diamatinya. Serta Perlu ibuguru memberi kesempatan kepada anak untuk menceritakan kepada guru dan semua teman tentang gambaran yang telah dibuatnya secara bergantian.
    Sekian dan Terimakasih

  3. Nama : Erly Yuspida
    NIM : 855890119
    Judul Vidio : “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    menurut saya video ini sangat menginspirasi guru-guru khususnya guru paud untuk meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar dengan baik. dengan penjelasan guru yang sangat baik ditambah dengan memberikan contoh langsung kepada anak-anak, lalu mengajak anak keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar untuk digambar dan diceritakan kepada guru akan menambah peningkatan imajinasi anak.

  4. Nama : Intan Pradasari
    NIM : 858951332
    UPBJJ : Jember Pokjar Dinas Kabupaten Probolinggo
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    Dalam tayangan diatas menunjukkan situasi kelas dimana guru mengajak anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi mereka masing- masing. namun, masih ada anak yang kesulitan untuk mengungkapkan ide atau imajinasinya dalam bentuk gambar, sehingga beberapa diantara mencontoh/meniru gambar temannya. Guru mengajak anak untuk memperhatikan halaman sekitar diluar kelas untuk memancing ide/imajinasi anak untuk menggambar dengan memperhatikan objek apa saja yang ada dilingkungan luar kelas. anak diajak untuk menyebutkan apa saja yang telah mereka lihat, kemudian anak diminta untuk menggambar apa saja yang mereka sukai dan lihat di luar ruangan.
    Dari tayangan tersebut, guru mencoba untuk menggali atau menstimulasi ide/imajinasi anak agar mereka tidak ragu untuk menuangkannya dalam bentuk gambar. Anak- anak merupakan pribadi yang bebas, unik dan apa adanya. mereka tidak sungkan untuk meluapkan hal apa saja yang mereka rasakan salah satunya dalam bentuk gambar dan warna. Stimulasi yang diberikan guru sangatlah bagus dan efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri anak dalam menuangkan ide- ide dan imajinasi mereka dalam bentuk gambar. hal ini terlihat, setelah melihat keluar ruangan, anak- anak dengan sigap langsung menggambar hal apa saja yang terlintas dikepala mereka tentang benda/barang apa saja yang ada dilingkungan sekitar mereka. selain itu, mungkin guru juga bisa mengajak anak untuk berdiskusi hal apa saja yang anak sukai dan mereka bisa gambar, sehingga bisa juga menstimulus anak untuk berimajinasi bebas dalam gambarnya.

  5. Nama : Intan Pradasari
    NIM : 858951332
    UPBJJ : Jember Pokjar Dinas Kabupaten Probolinggo
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    Dalam tayangan diatas menunjukkan situasi kelas dimana guru mengajak anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasi mereka masing- masing. namun, masih ada anak yang kesulitan untuk mengungkapkan ide atau imajinasinya dalam bentuk gambar, sehingga beberapa diantara mencontoh/meniru gambar temannya. Guru mengajak anak untuk memperhatikan halaman sekitar diluar kelas untuk memancing ide/imajinasi anak untuk menggambar dengan memperhatikan objek apa saja yang ada dilingkungan luar kelas. anak diajak untuk menyebutkan apa saja yang telah mereka lihat, kemudian anak diminta untuk menggambar apa saja yang mereka sukai dan lihat di luar ruangan.
    Dari tayangan tersebut, guru mencoba untuk menggali atau menstimulasi ide/imajinasi anak agar mereka tidak ragu untuk menuangkannya dalam bentuk gambar. Anak- anak merupakan pribadi yang bebas, unik dan apa adanya. mereka tidak sungkan untuk meluapkan hal apa saja yang mereka rasakan salah satunya dalam bentuk gambar dan warna. Stimulasi yang diberikan guru sangatlah bagus dan efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri anak dalam menuangkan ide- ide dan imajinasi mereka dalam bentuk gambar. hal ini terlihat, setelah melihat keluar ruangan, anak- anak dengan sigap langsung menggambar hal apa saja yang terlintas dikepala mereka tentang benda/barang apa saja yang ada dilingkungan sekitar mereka. selain itu, mungkin guru juga bisa mengajak anak untuk berdiskusi hal apa saja yang anak sukai dan mereka bisa gambar, sehingga bisa juga menstimulus anak untuk berimajinasi bebas dalam gambarnya.

  6. Nama : Rusdianti
    Nim : 857506389
    Dalam video di atas yang berjudul ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar” di mana seorang guru memberikan tugas kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya kemudian guru tersebut memberikan contoh menggambar pemandangan sehingga anak” pun ikut menggambar, di sini seharusnya guru dapat memahami bahwa seorang anak akan meniru dan mencontoh apa yang dia lihat pertama kali, seharusnya guru tersebut sebelum memberikan tugas menggambar alangkah lebih baiknya apabila guru tersebut mengajak anak-anak berkeliling di sekitar lingkungan sebelum pembelajaran di mulai atau mungkin gurunya dapat bercerita terlebih dahulu misalnya dengan bercerita tentang rekreasi, ketika anak rekreasi bersama keluarganya apa saja yang mereka lihat selama perjalanan dengan melakukan hal tersebut ( bercerita dan tanya jawab ) dapat merangsang imajinasi anak dalam menggambar.

  7. alasan mengapa anak-anak terkadang sulit berimajinasi saat menggambar :
    1. kurangnya pengalaman dan pengetahuan
    a. anak-anak yang masih kecil memiliki pengalaman dan pengetahuan yang terbatas, sehingga mereka kesulitan untuk mengembangkan ide-ide yang lebih imajinatif dalam menggambar.

    2. Rasa percaya diri yang rendah
    b. anak-anak mungkin merasa tidak yakin dengan kemampuan menggambar mereka, sehingga mereka cenderung menggambar hal-hal yang sederhana dan aman.

    3. kurangnya stimulasi dan dorongan
    c. jika anak-anak tidak mendapat cukup stimulasi atau dorongan dari orang tua atau guru untuk bereksplorasi dan berimajinasi, mereka akan kesulitan mengembangkan kemampuan imajinatif mereka.

    4. Fokus pada hasil akhir
    d. anak-anak sering kali terlalu fikus pada hasil akhir gambar mereka, sehingga mereka kurang memperhatikan proses kreatif dan imajinatif.

    5. Takut membuat kesalahan
    e. anak-anak mungkin takut membuat kesalahan atau gambar yang tidak sempurna, sehingga mereka cenderungmemilih opsi yang aman dan sederhana.

    untuk membantu anak-anak mengembangkan imajinasi saat menggambar, orang tua atau guru dapat memberikan dukungan, dorongan dan lingkungan yang mendukung eksplorasi dan kreativitas. memberikan contoh gambar imajinatif, mengajak anak berdiskusi tentang ide-idedan memberikan kesempatan untuk bereksperimen dapat membantu anak-anak menjadi lebih berani dan imajinatif dalam menggambar.

  8. Nama : Marselly Giantyas P
    NIM : 856103941
    Judul video : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
    Dalam video tersebut dapat dipahami bahwa sifat dasar anak adalah meniru apa yang dikerjakan orang dewasa disekitarnya, sehingga perlu dikembangkan kemampuan anak untuk mandiri dan melepaskan ketergantungan dari orang sekitarnya. Dengan berjalan keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar, dapat menambah pengetahuan anak tentang benda benda yang dapat digambar. Dan dalam kegiatan ini salah satu manfaatnya adalah dapat berkembangnya kemampuan dasar anak, berupa anak dapat mengungkapkan kesukaannya dengan menggambar benda yang ia sukai, serta dapat percaya diri menceritakan imajinasinya dalam menggambar

  9. Nama : Marselly Giantyas P
    NIM : 856104941

    Dari video tersebut dapat diambil pelajaran bahwa anak akan meniru apa yang dikerjakan orang dewasa disekitarnya. Sehingga dengan mengajak anak berjalan dilingkungan sekolah dapat mengembangkan kemampuan dasar kognitifnya untuk mengenali benda benda disekitar, serta kemampuan sosialnya ia dapat percaya diri menunjukkan kesukaannya dengan benda sekitarnya. Serta dalam perkembangan bahasa divideo anak dapat menceritakan secara sederhana benda yang dilihatnya ketika berjalan jalan dilingkungan sekolah.

  10. Nama :Maya Badriyah
    NIM:857509574
    Judul video: anak sulit berimajinasi saat menggambar.

    ➡️ Dalam video tersebut, tugas guru sebagai fasilitator bagi anak untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki anak, dalam video ini mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar. Dan ketika ada anak yang kesulitan untuk menuangkan imajinasinya melalui bentuk gambar, guru menggunakan cara atau metode yang dibutuhkan oleh anak untuk menggali potensinya, dan di dalam video tersebut guru mengajak anak keluar kelas menuju halaman untuk mencari inspirasi bagi anak sehingga anak bisa berimajinasi dan menuangkannya melalui gambar, ketika anak dibawa keluar anak bisa menemukan banyak hal mulai dari tanaman, awan ,matahari, orang, pohon-pohonan, batu ,tanah ,ranting dan lain sebagainya. Di kelas pun saya sering menemukan anak yang kesulitan untuk berimajinasi ,di saat yang lain menggambar, kertasnya masih kosong dan dia terlihat bingung,dan Biasa ny salah satu cara yang saya berikan kepada anak tersebut adalah Dengan memberikannya aneka gambar melalui poster untuk membantu anak berimajinasi, setelah melihat video tersebut saya memiliki wawasan baru mengenai cara menstimulasi anak untuk mengembangkan imajinasinya.terimakasih.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/https://accgroup.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/