silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Ratih Ovalinda
NIM : 857374438
Dalam video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” di atas sangat memberi solusi bagi guru yang menjumpai Anak yang sulit untuk menuangkan imajinasinya terhadap gambar. dalam video guru menggali ide Anak atau mengajak Anak keluar untuk mengamati sesuatu yang ada di sekitarnya Lalu guru bertanya kepada Anak tentang apa saja yang sudah dilihatnya setelah mengamati lingkungan sekitar guru memberi kesempatan kembali kepada anak untuk menuangkan apa yang dilihatnya dalam bentuk gambaran.
saya sangat terbantu dengan video di atas yang memberikan solusi saya untuk menghadapi Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
terima kasih
Nama : Ratih Ovalinda
NIM : 857374438
Dalam video “Anak sulit berimajinasi saat menggambar” di atas sangat memberi solusi bagi guru yang menjumpai Anak yang sulit untuk menuangkan imajinasinya terhadap gambar. dalam video guru menggali ide Anak atau mengajak Anak keluar untuk mengamati sesuatu yang ada di sekitarnya Lalu guru bertanya kepada Anak tentang apa saja yang sudah dilihatnya setelah mengamati lingkungan sekitar guru memberi kesempatan kembali kepada anak untuk menuangkan apa yang dilihatnya dalam bentuk gambaran.
saya sangat terbantu dengan video di atas yang memberikan solusi saya untuk menghadapi Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
terima kasih
Nama : Rosmita
Nim : 855888871
Melalui video ini, terlihat bahwa guru telah menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Guru mengajar anak-anak untuk menggambar dengan cara yang merangsang imajinasi mereka, sehingga anak-anak dapat mengekspresikan kreativitas mereka dengan lebih baik. Pendekatan ini membantu anak-anak untuk lebih memahami dan merefleksikan imajinasi mereka dengan cara yang menyenangkan dan mendidik. Ini adalah contoh bagus dari bagaimana guru dapat menginspirasi kreativitas dan pengembangan anak-anak melalui pembelajaran yang berorientasi pada imajinasi.
Terimakasih atas video nya.
NAMA : SITI LESTARI
NIM : 857367471
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar.
Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain:
Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak,
Mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Menurut saya strategi tersebut sudah membantu, selain mengajak anak dan memberikan kebebasan dalam menuangkan imajinasi nya berupa gambar, guru dan lingkungan teman-teman sepatutnya memberikan apresiasi terhadapa hasil karya anak. Hal tersebut bisa memicu semangat anak untuk menuangkan ide-ide lainnya saat menggambar.
Nama: Santi Devi Herliana
NIM: 859170252
Dalam Video Anak Sulit berimajinasi dalam gambar tersemut di awal guru menggambar pemandangan terlihat anak-anak menggambar pemandangan yang sama atau mengikuti gambar yang dibrikan oleh ibu guru. pada saat anak-anak di ajak keluar kelas terlihat anak-anak benar-benar mengamati sekitar sekolah.
adapun kelebihan dari video tersebut keteraturan dan penataan kelas dengan berkelompok, Terlihat semua anak-anak mengerjakan apa yang menjadi tugas, pada saat anak-anak di ajak untuk mengamati apa saja yang ada disekitar sekolah terlihat anak-anak sudah bisa menggambar sesuai dengan apa yang telah di lihar, dan terlihat seorang anak yang berani menceritakan kembali atau menginterprestasikan atas apa saja yang telah diamati dluar kelas.
dari video telah terlihat bahwa untuk membangun imajinasi anak dengan memberikan kebebasan pada anak atas apa yang dilihat sehingga iya mampu meninterprestasikannya melalui gambar sesuai dengan imajinasinya.
Nama : sriwati
Nim : 855890348
Imajinasi sangat penting dalam kehidupan anak-anak. Melalui imajinasi, si anak bisa belajar banyak keterampilan baru. Dengan imajinasi pula, kehidupan anak-anak bisa sangat kreatif dan berwarna.Sebagi seorang guru kita dapat membantu peserta didik berimajinasi dengan membebasakan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.Sebagian besar anak dapat melihat ke halaman sekolah untuk berimajinasi menggambar apa yang mereka lihat di halaman sekolah.
Nama : BONIFASIA BUAQ TANTING
NIM : 858409571
Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Saat menggambar memang imajinasi sangat di butuhkan namun bagi anak usia dini mereka terkadang masih takut menuangkan imajinasi mereka secara gamblang karena takut di salahkan karena tidak sama dengan contoh yang diberikan oleh guru dan mereka menjadikan contoh yang di berikan sebagai patokan hal ini tentu saja bukan hasil yang kita sebagai guru inginkan karena goals kita adalah anak mampu menuangkan kreatifitasnya tanpa hambatan oleh sebab itu cara yang dilakukan di vidio sangat manjur dan itu terbukti karena terlihat setelah itu anak mampu menggambar gambar lain sesuai dengan apa yang mereka amati di lingkungan sekitarnya.
Terima kasih kepada pihak yang membuat vidio karena dengan vidio ini saya jadi memiliki referensi lain untuk menumbuhkan semangat anak-anak saat kegiatan menggambar.
NAMA : SANTI HASANAH
NIM : 857507531
Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Dalam tayangan video diatas seorang guru memberi pekerjaan menggambar kepada murid-muridnya dan memberikan contoh terlebih dahulu dengan bu guru menggambar sebuah pemandangan dipapan tulis dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja.namun setelah pekerjaan nya selesai bu guru melihat semua muridnya meniru menggambar pemandangan.
upaya yang dilakukan bu guru yaitu membawa anak anak keluar kelas dan mengajak anak mencermati lingkungan sekitar apa saja yan mereka lihat dan mereka temukan.dengan begitu anak-anak terlihat sangat antusias menuangkan imajinasinya melalui menggambar dari apa yang mereka lihat dan mereka temukan.
dari video tersebut sangat membantu bagi kita seorang guru untuk bisa menstimulasi imajinasi anak.
Nama : Kartika Chandra
Nim : 857328606
Permasalah dalam video memang hal yang sering dijumpai pada anak anak usia dini, teknik yang dilakukan oleh guru dalam video sudah tepat dan saya pun telah melakukannya di lembaga tempat saya mengajar..
Selain teknik diatas saya juga menggunakan stimulasi kesukaan untuk membuat anak menemukan ide. Jadi dimulai dengan berceritan tentang hal hal yang anak sukai lalu mengambil satu untuk dijadikan ide gambarnya..
Terima kasih..
Nama : MAULIZATIL FAJRIAH
NIM : 855889074
Dalam Video Anak Sulit berimajinasi dalam gambar tersemut di awal guru menggambar pemandangan terlihat anak-anak menggambar pemandangan yang sama atau mengikuti gambar yang dibrikan oleh ibu guru. pada saat anak-anak di ajak keluar kelas terlihat anak-anak benar-benar mengamati sekitar sekolah.
adapun kelebihan dari video tersebut keteraturan dan penataan kelas dengan berkelompok, Terlihat semua anak-anak mengerjakan apa yang menjadi tugas, pada saat anak-anak di ajak untuk mengamati apa saja yang ada disekitar sekolah terlihat anak-anak sudah bisa menggambar sesuai dengan apa yang telah di lihar, dan terlihat seorang anak yang berani menceritakan kembali atau menginterprestasikan atas apa saja yang telah diamati dluar kelas.
dari video telah terlihat bahwa untuk membangun imajinasi anak dengan memberikan kebebasan pada anak atas apa yang dilihat sehingga iya mampu menafsirkannya melalui gambar sesuai dengan imajinasinya.