silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama: Lubna Syasi Tazakka
    NIM: 859505716

    Menurut saya aspek yang mempengaruhi dalam vidio anak sulit berimajinasi dalam menggambar krna guru sudah terlebih dahullu mencontohkan dipapan tulis atau diselembar buku gambar, sehingga anak hanya akan meniru apa yang guru jelaskan. saya setuju dengan mengajak anak berkeliling halaman sekolah melihat benda tumbuhan dan sekitarnya, kemudian meminta anak menuangkan ide imajinasinya dengan gambar sesuai dgn kemampuan anak.

  2. Nama : Tena Setia Dewi
    NIM : 867375382
    Nama guru di Vidio: Ibu Lina
    Kelompok : TK A (4-5 tahun)
    Ringkasan Video :
    Menggambarkan proses pembelajaran pada kelas TK, dengan guru berusaha untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar.
    Adapun startegi yang guru lakukan yang merupakan kelebihan guru :
    Memberikan anak kebebasan untuk menggambar sesuai dengan kesukaan/minat anak
    Mengajak anak belajar diluar kelas dan mengamati lingkungan sekolahnya
    Meminta anak untuk menceritakan dan menggambar tentang apa yang dilihat agar anak mampu mengembangakan imajinasinya
    Kekurangan :
    Guru tidak menyediakan media menarik saat belajar di dalam kelas.
    Guru membatasi umajinasi anak melalui hasil menggambarnya karena sama dengan hasil gambar temannya

  3. Nama : Nisa Nuraeni
    Prodi : pgpaud
    Upbjj : Bandung
    Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Bismillah, izin menanggapi video tersebut Masya Allah sebuah video yang sangat bermanfaat dan menginspirasi bagi pendidik PAUD dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Dalam video tersebut pendidik menggunakan strategi yang baik untuk mengembangkan imajinasi anak yaitu dengan cara mengajak anak untuk melihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar sekolah dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan ide/imajinasi nya lewat gambar ataupun cerita.

  4. Nama : Reka Puji Astuti
    NIM : 857601045

    ijin menanggapi, menurut saya anak kesulitan berimasijani dalam menggambar karena guru sudah terlebih dahulu memberikan contoh gambar, sehingga kebanyakan anak meniru gambar yang sudah dicontohkan, tapi alhamdulilah guru mempunyai strategi lain untuk mengembangkan imajinasi anak yaitu denganmengajak anak untuk melihat lingkungan sekitar sekolah, dan mereviuw dengan mengajak anak untuk menceritakan kembali apa yang dilihat anak dan mengajak anak untuk menggambar kembali apa yang dilihatnya.

  5. Nama : Marlina Widyasari
    Nim : 858869823
    *Anak sulit berimajinasi saat menggambar. *
    Secara keseluruhan kegiatan belajar pada video ini sudah bagus.
    Analisis masalah yang ada:
    -anak belum mampu berimajinasi saat menggambar
    -anak belum mampu berkreatifitas
    -anak belum mampu menuangkan ide nya dalam bentuk gambar
    Solusi:
    Mengajak anak jalan-jalan ke halaman sekolah untuk melihat benda yang ada disekitar.
    Rumusan masalah:
    Apakah mengajak anak jala-jalan ke halaman sekolah untuk melihat benda yang ada disekitar mampu meningkatkan imajinasi anak saat menggambar?
    Judul:
    Meningkatkan imajinasi anak saat menggambar melalui kegiatan jalan-jalan di halaman sekolah pada anak usia dini di Kelompok Bermain Teratai Karangsono tahun 2023/2024.

  6. Nama : Musdalipa
    Nim. : 859390097
    “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Menurut saya dalam video tersebut anak kesulitan berimajinasi saat menggambar karena pendidik terlebih dahulu memberikan contoh sehingga anak langsung menjiblak apa yang dicontohkan ibu guru,seharusnya guru memberikan gambaran kebebasan kepada anak untuk menuangkan idenya tanpa memberikan contoh di papan tulis,
    Namun strategi yang dimiliki guru dalam video tersebut sudah membangun imajinasi terhadap anak didik

  7. Nama : Novi Herawati
    NIM : 877319239
    UPBJJ/PRODI : Malang/ PG PAUD
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Mohon ijin menanggapi video pembelajaran diatas.
    Menurut saya proses kegiatan belajar mengajar sudah bagus, guru berusaha menggali kreatifitas anak dengan mengajak anak melihat suasana diluar kelas sehingga anak memiliki gambaran tentang apa saja yang ada di luar kelas. Setelah itu anak bisa menuangkan ide dan imajinasi mereka melalui gambar. Tetapi anak lebih banyak menggambar pemandangan, karena pada awal kegiatan guru sudah memberi contoh terlebih dahulu sehingga anak menjadi terpaku pada contoh guru saja.
    Menurut saya hal yang dilakukan agar anak dapat berimajinasi saat menggambar adalah
    1. Mengajak anak bermain sambil menggambar benda sederhana di sekitar anak.
    2. Memberi anak kebebasan dalam menggambar (tanpa memberi contoh).
    3. Menyediakan tempat yang nyaman, alat dan bahan untuk menggambar.
    4. Biarkan anak bereksperimen
    5. Minta anak menggambar sesuai perasaanya.
    6. Ajukanpertanyaan kepada anak tentang gambarnya.
    6. Beri pujian terhadap karya anak.
    Dari hal diatas akan dapat memotivasi anak agar lebih percaya diri, senang dan lebih bereksplorasi lagi dalam menggambar.
    Demikian tanggapan dari saya, terima kasih.

  8. Nama : Novi Herawati
    NIM : 877319239
    UPBJJ/PRODI : Malang/ PG PAUD
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Mohon ijin menanggapi video pembelajaran diatas.
    Menurut saya proses kegiatan belajar mengajar sudah bagus, guru berusaha menggali kreatifitas anak dengan mengajak anak melihat suasana diluar kelas sehingga anak memiliki gambaran tentang apa saja yang ada di luar kelas. Setelah itu anak bisa menuangkan ide dan imajinasi mereka melalui gambar. Tetapi anak lebih banyak menggambar pemandangan, karena pada awal kegiatan guru sudah memberi contoh terlebih dahulu sehingga anak menjadi terpaku pada contoh guru saja.
    Menurut saya hal yang dilakukan agar anak dapat berimajinasi saat menggambar adalah
    1. Mengajak anak bermain sambil menggambar benda sederhana di sekitar anak.
    2. Memberi anak kebebasan dalam menggambar (tanpa memberi contoh).
    3. Menyediakan tempat yang nyaman, alat dan bahan untuk menggambar.
    4. Biarkan anak bereksperimen
    5. Minta anak menggambar sesuai perasaanya.
    6. Ajukanpertanyaan kepada anak tentang gambarnya.
    7. Beri pujian terhadap karya anak.
    Dari hal diatas akan dapat memotivasi anak agar lebih percaya diri, senang dan lebih bereksplorasi lagi dalam menggambar.
    Demikian tanggapan dari saya, terima kasih.

  9. Nama : Afrianti Syahputri
    Nim : 856088634
    ” anak sulit berimajinasi saat menggambar ”
    Ada beberapa penyebab Mengapa anak sulit berimajinasi ketika menggambar, salah satunya adalah guru terlebih dahulu menggambarkan contoh di papan tulis sehingga hampir semua anak mengikuti gambar yang sudah digambar oleh ibu guru di papan tulis sehingga timbul lah rasa malas ataupun tidak mau berimajinasi sendiri pada diri anak .
    Solusi yang akan diberikan guru adalah
    – guru mengajak semua muridnya kehalaman sekolah
    – lalu ajak anak bercerita tentang yang anak liat di halaman sekolah
    – guru melakukan tanya jawab pada anak mengenai hasil karya yang dibuat anak

  10. Nama : Iis Susilawati
    Nim : 857504622
    UPBJJ/UT : 24/BANDUNG
    Bismillah
    Menurut saya dilihat dari vidio yang saya tonton , Setelah dilihat disana ibu guru menyuruh anak2 menggambar katanya boleh meniru seperti yang ibu gambar boleh juga bebas. Maka dari itu anak susah ber imajinasi karena yang pertama tadi ibu guru memberikan pilihan antara meniru dan bebas berimajinasi karena anak kebanyakan meniru orang dewasa. Hal positif yang perlu di ambil, Meskipun guru memberikan contoh gambar, selain dari memberikan inspirasi, melihat luar ruangan/halaman sekolah penting bagi mereka untuk merangsang imajinasi anak2 dengan mendukung percobaan dan ekspresi kreatif. Melalui dukungan yang tepat , anak2 dapat belajar untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan keterampilan menggambar mereka secara bertahap.

    Terima kasih
    Maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan 🙏

Leave a Reply