silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Evi Meilia
NIM : 857477263
Pokjar : Indramayu
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Kognitif
Tutor : Nur Dini Fauziah, M. Pd.
Tanggapan saya tentang vidio tersebut.
Menurut pendapat saya metode yanh di gunakan ibu guru sudah baik.
Namun alangkah baiknya jika anak di simulasi terlebih dahulu, yaitu cara menggali imajinasi terlebih dahulu mengajak anak keluar kelas untuk melihat sekitar lingkungan sekolah.
Karena dengan begitu anak anak dapat mengamati dan melihat apa saja yang mereka lihat dan akan menuangkan lewat gambar.
Setelah anak mengelilingi sekolah barulah ibu guru mengarahkan untuk menggambar bebas sesuai inspirasi anak-anak. Sehingga anak tidak terpacu pada contoh gambar guru, kalo dari awal anak sudah di suguhkan contoh gambar anak akan mengambar sama seperti guru atau teman temannya sehingga imajinasi anak kurang tergali.
Sekian dan terimakasih.
Nama: Umdatul Millah
Nim: 858465057
Dalam mengatasi tantangan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar selain yang telah dilakukan dalam video diatas, strategi yang efektif adalah dengan menerapkan pendekatan yang berfokus pada pemahaman individu dan pengembangan keterampilan secara holistik. Dengan pendekatan ini, materi pembelajaran dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu anak-anak mengatasi kesulitan berimajinasi saat menggambar
Nama : Idah
Nim : 857483156
Mata kuliah: Metode Pengembangan Kognitif
Dosen pengampu: Nur Dini Fauziah, S.Pd., M.Pd.
Menurut pendapat saya, tentang video diatas saya sangat setuju sekali dengan apa yang dilakukan oleh ibu guru yang ada didalam video tersebut. Karena, dengan mengajak anak untuk melihat dan mengamati semua yang ada disekitar lingkungan sekolah dapat membantu anak dalam mengingat yang telah dilihatnya untuk dituangkan ke dalam gambar. Sehingga anak yang sulit dalam berimajinasi disaat menggambar dapat terbantu. Di kelas, saya juga pernah menemukan anak yang sulit dalam berimajinasi pada saat menggambar. Lalu, saya mencoba memberikan contoh contoh gambar yang sederhana dan berdiskusi bersama anak tersebut atau memberikan rangsangan visual seperti melalui buku buku bergambar yang menarik. Itu juga bisa membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
Nama : Ayuningtiyas Dewi Muslich
NIM : 857481858
Pokjar & Kelas : Sinergi & AKPMM
Mata Kuliah : METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF (4101)
Tutor : Ibu Nur Dini Fauziah, M.Pd
Judul ” Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar”
Program ini menyoroti upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam mengatasi kesulitan seorang anak dalam berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan oleh guru tersebut mencakup memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu yang sesuai dengan minatnya, serta mengajak anak keluar kelas untuk menggali inspirasi dari lingkungan sekitar. Setelah menghabiskan waktu di luar kelas, guru meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Dengan demikian, anak tidak hanya diberikan kesempatan untuk menggambar sesuai minatnya, tetapi juga diajak untuk mengalami langsung lingkungan di sekitarnya sebagai sumber inspirasi. Melalui pendekatan ini, diharapkan anak dapat meningkatkan kemampuan imajinasinya dan merasakan keterlibatan aktif dalam proses belajar menggambar.
NAMA : DEA SAGITA POKJAR : BANDUNG
NIM : 857480888 KELAS : INDRAMAYU
MATA KULIAH : METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF NAMA TUTOR : NUR DHINI FAUZIAH , M.Pd
Analisi GPO (ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR )
Dalam video pembelajaran tersebut guru sudah baik dalam memeberikan bimbingan atau arahan kepada anak untuk bisa membantu anak yang sulit berimajinasi atau sulit untuk menuangkan idenya saat di berikan tugas menggambar , hal yang di lakukan guru yaitu :
A. menggambar bebas dengan menggambar bebas anak menjadi kreatif untuk menuangkan ide yang ada di dalam imajinasi atau hal ia ingat untuk di tuangkan ke dalam bentuk gambar hal ini baik di lakukan guru karena tidak semua anak bisa menggambar jika gambar tersebut di tentukan oleh guru
B. guru memfasilitasi anak mengajak anak untuk bermain atau berkeliling ke halaman sekolah sehingga apabila anak melihat objek objek nyata ingatan anak akan lebih nyata dan memudahkan anak untuk menggambar dan menuangkan apa yang mereka lihat ke dalam gambar dengan warna yang sesuai objek nyata,dengan hal tersebut maka perkembangan kognitif anak lebih berkembang dengan baik.
NAMA : DEA SAGITA
POKJAR : BANDUNG
NIM : 857480888
KELAS : INDRAMAYU
MATA KULIAH : METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
NAMA TUTOR : NUR DHINI FAUZIAH , M.Pd
Analisi GPO (ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR )
Dalam video pembelajaran tersebut guru sudah baik dalam memeberikan bimbingan atau arahan kepada anak untuk bisa membantu anak yang sulit berimajinasi atau sulit untuk menuangkan idenya saat di berikan tugas menggambar , hal yang di lakukan guru yaitu :
A. menggambar bebas dengan menggambar bebas anak menjadi kreatif untuk menuangkan ide yang ada di dalam imajinasi atau hal ia ingat untuk di tuangkan ke dalam bentuk gambar hal ini baik di lakukan guru karena tidak semua anak bisa menggambar jika gambar tersebut di tentukan oleh guru
B. guru memfasilitasi anak mengajak anak untuk bermain atau berkeliling ke halaman sekolah sehingga apabila anak melihat objek objek nyata ingatan anak akan lebih nyata dan memudahkan anak untuk menggambar dan menuangkan apa yang mereka lihat ke dalam gambar dengan warna yang sesuai objek nyata,dengan hal tersebut maka perkembangan kognitif anak lebih berkembang dengan baik.
Nama : Resi Yunita
NIM. : 857003189
UPBJJ : Bandar Lampung
Matakuliah : PAUD 4501
Judul ” Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar”
Menurut saya cara yang dilakukan guru untuk membuat anak berimajinasi sudah tepat. Pada saat di awal kegiatan hampir semua anak menggambar pemandangan seperti contoh gambar yang dibuat ibu guru, tetapi guru memicu kembali imajinasi anak dalam menggambar, guru mengajak anak-anak ke halaman
sekolah dan melihat serta mengajak bercerita melalui gambar tentang apa saja yang mereka lihat.
– Dalam video tadi memang sudah tepat kalau saat si anak tidak memiliki daya imajinasi sendiri hanya meniru rekan atau guru,perlu sekali kita mendukung dan mengasah perkembangan imajinasinya termasuk saat berada di rumah atau di luar sekolah,apalagi imajinasi ini sangat berguna untuk berkembang si anak,seperti berpikir kritis,membentuk kepercayaan diri,mengasah dalam berpikir kreatif hingga memicu bakat terpendamnya.
– Tadi sudah tepat guru membawa anak-anak keluar kelas karena untuk membebaskan kreativitas dan imajinasi si anak berarti pilihannya sudah tepat untuk mengembangkan ide-idenya,hanya saja perlu melakukan pendampingan agar imajinasi si anak berada pada jalur yang tepat dan apa yang di lihat di luar sana.
Nama : Agnis Marifatul Hopiah
NIM : 857456632
Pokjar : Awipari
MK : Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan AUD
Dosen : Nina Nurnaeni, S.Pd., M.Pd
Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Menurut pendapat saya apa yang sudah dilakukan guru dalam video tersebut sudah benar. Anak diberi kebebasan dan difasilitasi untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya. Pada saat anak merasa kesulitan untuk menggambar sesuai imajinasinya, ibu guru membawa anak-anak keluar kelas untuk melihat ada apa saja disekitar halaman sekolah untuk mencari inspirasi. Anak-anak menceritakan terlebih dahulu apa yang mereka lihat kemudian anak-anak menggambarnya sesuai dengan imajinasi masing-masing anak.
Nama : ainun nikmah
Nim : 857685745
Pokjar : batang
Menurut saya pembelajaran nya bagus sekali karena anak mampu berimajinasi ,berexsresi sesuai kemampuan dan imajinasi anak masing”, anak mampu berkhayal, menggambar apa yang mereka lihat .dan anak selalu di beri feedback yg positif ,” seperti kamu hebat, wah bagus sekali, dll agar anak lebih bersemangat dan lebih bahagia.