silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak yang berusaha mengatasi masalah anak yang tidak bisa atau belum bisa menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya. Cara-cara yang dilakukan guru adalah dengan beberapa langkah, yaitu mengkondisikan posisi duduk anak agar semua anak dapat melihat dan menyimak guru dengan jelas dan posisinya nyaman, sebelum bercerita, guru meminta anak untuk menyimak cerita dengan sungguh-sungguh dan menawarkan kepada anak akan adanya penghargaan bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan guru tentang isi cerita yang akan disampaikan, guru memilih cerita yang menarik, guru bercerita dengan intonasi, mimik dan gerak tubuh yang lebih ekspresif, guru menggunakan alat peraga ketika bercerita, di akhir cerita, guru melontarkan pertanyaan kepada anak tentang isi cerita, selanjutnya guru memberi kesempatan secara individual kepada anak untuk menceritakan kembali apa yang telah diceritakan oleh guru.

Ir. Melly Latifah, M.Si

Tujuan tayangan video ini adalah mengembangkan kemampuan bahasa reseptif (keterampilan menyimak) dan ekspresif (menceritakan kembali cerita yang didengar).

Tayangan video pembelajaran ini memiliki kekuatan dan kelemahan, sebagai berikut.

1. Membuka pembelajaran

kekuatan: Guru mengemukakan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mengajak anak mendengarkan cerita dan mengemukakan judul cerita. Ini merupakan upaya untuk menarik minat anak mengikuti kegiatan.

Kelemahan: Guru kurang mengaitkan cerita dengan dunia pengalaman anak dan terkesan terburu-buru untuk segera bercerita, tampak bahwa anak belum “tune in” dan terkesan tidak tertarik dengan kegiatan yang akan dilakukan guru.

2. Mengisi pembelajaran

Kekuatan:

  1. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan whole language, yakni pendekatan keseluruhan bahasa, bahwa dengan bercerita, guru mengembangkan kemampuan menyimak sekaligus mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa melalui kegiatan bercerita atau mengemukakan pendapat dalam sebuah pengalaman bahasa yang utuh.
  2. Penataan kelas dengan posisi anak duduk melingkar dan memnungkinkan anak dapat melihat semua gerakan dan cerita guru dengan baik.
  3. Pemilihan materi cerita dan media pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Kelemahan:

  1. Dalam bercerita, terkesan guru terlalu cepat dan ingin segera menyelesaikan cerita sehingga dalam mengucapkan kalimat-kalimatnya tampak terburu-buru dan intonasi kurang ekspresif.
  2. Guru terlalu sibuk dengan ceritanya sendiri, tekstual dan membaca buku sendiri sehingga kurang memperhatikan dan kurang ada “kontak” dengan anak.
  3. Pengelolaan kelas masih kurang, belum tampak ada upaya untuk memusatkan perhatian anak ketika mereka tidak memperhatikan cerita guru, bahkan ketika anak sibuk dengan temannya atau tampak bosan dan mengantuk.

3. Menutup Pembelajaran

Kelemahan:

  1. Belum tampak adanya penguatan tentang isi cerita dan pesan moral yang disampaikan, yang menjadi “daya tarik sebuah cerita sekaligus untuk pendidikan karakter.
  2.  Belum tampak ada upaya memotivasi anak agar mau bercerita dengan baik.

Dra. Barokah Widuroyekti, S.Pd., M.Pd.

a. Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut.namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013

Rahmawati

Similar Posts

1,651 Comments

  1. Nama : Suharti
    Nim : 855981652

    Dari video diatas terlihat anak kurang tertarik untuk mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru dan ada beberapa anak yang asik cerita sendiri, guru sudah menggunakan alat peraga yitu buku cerita tetapi guru tidak memperlihatkan buku cerita kepada anak anak sehingga ada anak yang penasaran berdiri ingin melihat buku yang dipegang guru. Sebaiknya guru menyusun posisi duduk anak agar anak dapat melihat apa yang disampaikan guru. Dan memberikan penghargaan kepada anak agar anak lebih tertarik dan fokus untuk mendengarkannya. Selain buku sebaiknya guru menggunakan alat peraga lain yang lebih menarik lagi sehingga anak bisa menceritakan kembali apa yang disampaikan guru.

  2. Nama : FAUZIYAH
    NIM : 858737079
    Prodi : PGPAUD BI
    Setelah saya melihat tayangan video tentang ‘’ Anak sulit menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarkan ‘’ menurut pendapat saya, dapat disimpulkan bahwasanya ada beberapa kelebihan dan kelemahan guru dalam menyampaikan ceritanya :
    – Kelebihan
    1. guru sudah menggunakan buku cerita sebagai alat peraganya
    2. guru sudah bersuara dengan suara yang keras
    3. guru sudah memberikan kesempatan untuk menceritakan kembali isi dari cerita
    4. guru tidak memberikan pesan-pesan moral yang terdapat pada isi cerita

    -Kelemahan
    1. Guru kurang menguasai kondisi kelas sehingga beberapa anak yang kurang fokus / ngobrol sendiri ketika guru bercerita
    2. Cerita yang bawakan kurang menarik untuk anak, dimana tadi ada 1 anak yang bilang ceritanya tidak seru
    3. Posisi duduk anak yang kurang rapi, dimana seharusnya anak-anak duduk secara melingkar mungkin itu akan membantu anak lebih fokus dan terlihat apa yang diceritakan oleh guru
    4. Peraga yang digunakan kurang menarik sehingga terlihat monoton membuat anak bosan
    5. Guru kurang menguasai isi didalam cerita
    6. Guru tidak membacakan siapa penulis isi cerita dan nama tokoh didalam cerita
    Setelah melihat bebarapa kelemahan yang dimiliki oleh guru tersebut menurut saya ada beberapa solusi yang dapat memotivasi anak dalam mengembangkan bahasanya :
    1. Sebelum bercerita guru harus sudah memastikan kondisi kelas dengan mengajak anak tepuk semangat
    2. Sebaiknya guru bisa memilih buku cerita yang menarik dan disukai oleh anak
    3. Guru harus bisa mengatur posisi duduk anak agar lebih rapi dan proposional
    4. Sampaikan siapa nama penulis dan nama tokoh didalam cerita
    5. Sebelum bercerita, minta anak untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan beri apresiasi/penghargaan apabila yang ingin maju ke depan
    6. Gunakan alat peraga atau media yang dapat menarik anak untuk fokus dalam mendengarkan cerita
    7. Libatkan anak dalam tanya jawab saat bercerita
    8. Sebelum bercerita, guru sudah menguasai isi cerita agar tidak fokus melihat buku saat cerita
    9. Saat bercerita, ekspresi, intonasi dan gerak tubuh guru juga dapat menunjang keberhasilan dan ketertarikan anak saat mendengarkan cerita
    10. Sampaikan pesan moral cerita kepada anak
    11. Beri kesempatan secara individual kepada untuk menceritakan kembali apa yang disampaikan guru

  3. Nama : Kholip Muyasaroh
    Nim : 858165312

    Pada vidio diatas menurut saya ceritanya sudah bagusakan tetapi untuk bercerita kepada anak sebaiknya memilih judul cerita yang menarik,bercerita dengan intonasi yang sesuai dengan nama tokoh,berikan nama tokoh yang mudah dipahami,mudah diingat oleh anak ,menggunakan alat peraga yang menarik agar anak antusias mengikuti ,mendengar dan mengingat isi cerita,Penataan tempat duduk anak kurang sehingga Guru hanya berfokus pada anak didepannya, Terimakasi

  4. Nama : Windiani Razlina
    NIM : 856820953
    Jurusan : PGPAUD
    Tanggapan saya setelah menonton video diatas mengenai “Anak Sulit Menceritakan Kembali Isi Cerita Yang Telah Didengarnya” adalah :
    Mengapa anak tidak dapat menjawab pertanyaan guru mengenai isi cerita yang disampaikan atau menceritakan kembali isi cerita? karena terlihat dari video diatas anak tidak fokus, mengantuk, sibuk sendiri sehingga tidak menyimak cerita dengan baik. kenapa hal tersebut dapat terjadi? ketika saya menonton video diatas terlihat guru menceritakan isi cerita kurang menarik, monoton, tidak ada interaksi kepada anak, dan intonasi suara serta mimik wajah pun datar. itulah penyebab mengapa anak tidak mau mendengarkan cerita karena menurut anak itu tidak menarik. Hal yang harus dilakukan guru ketika ingin bercerita kepada anak agar anak tertarik dan mau mendengarkan yaitu atur posisi duduk anak senyaman mungkin agar anak dapat melihat gurunya bercerita dengan jelas, gunakan alat peraga seperti boneka tangan atau papan cerita, ketika bercerita gunakanlah intonasi suara yang jelas tegas, dan ekspresi wajah yang sesuai dengan perasaan yang disampaikan cerita. terimakasih

  5. Nama: Anjar Milasari
    NIM : 586606589

    Setelah melihat tayangan video mengenai “Anak sulit menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarkan” menurut pendapat saya ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada guru dalam menyampaikan ceritanya:
    A. KELEBIHANYA:
    1. Guru telah menggunakan alat peraga yaitu buku cerita
    2. Guru telah bersuara yang keras
    3. Guru telah memberikan kesempatan untuk menceritakan kembali isi dari cerita

    B. KEKURANGANNYA:
    1. Kurangnya alat peraga
    2. Judul cerita tidak menarik membuat anak tidak atusias
    3. Guru kurang menguasai kondisi kelas sehingga beberapa anak yang kurang fokus / ngobrol sendiri ketika
    guru bercerita
    4. Guru menjelaskan siapa penulis isi cerita dan nama tokoh didalam cerita
    5. Cerita yang disampaikan kurang menarik untuk anak, sehingga tadi ada 1 anak yang bilang bahwa
    ceritanya tidak seru
    6. Kemudian posisi duduk anak yang tidak rapi, dimana seharusnya anak-anak duduk secara melingkar yang
    dapat membantu anak lebih fokus dan terlihat apa yang diceritakan oleh guru

    Setelah melihat bebarapa kekurangan yang dimiliki oleh guru tersebut menurut saya ada beberapa solusi yang dapat memotivasi anak dalam mengembangkan bahasanya :
    1. Sebelum bercerita guru harus sudah memastikan kondisi kelas dengan mengajak anak tepuk semangat
    2. Sebaiknya guru bisa memilih buku cerita yang menarik dan disukai oleh anak
    3. Guru harus bisa mengatur posisi duduk anak agar lebih rapi dan proposional
    4. tidak lupa mampaikan dan menanyakan kembali siapa nama penulis dan nama tokoh didalam cerita
    5. Sebelum bercerita, guru mengsugesti anak untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan beri
    apresiasi/penghargaan apabila yang ingin maju ke depan.
    6. Gunakan alat peraga atau media yang dapat menarik anak untuk fokus dalam mendengarkan cerita
    7. Libatkan anak dalam tanya jawab saat bercerita
    8. Sebelum bercerita, guru sudah menguasai isi cerita agar tidak fokus melihat buku saat cerita
    9. Saat bercerita, ekspresi, intonasi dan gerak tubuh guru juga dapat menunjang keberhasilan dan ketertarikan
    anak saat mendengarkan cerita
    10. Di akhir cerita guru menyampaikan pesan moral kepada anak
    11. Beri kesempatan secara individual kepada anak untuk menceritakan kembali apa yang disampaikan guru

  6. Tayangan video pembelajaran yang telah saya lihat memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai berikut.

    A. SAAT MEMBUKA PEMBELAJARAN
    KELEBIHANNYA:
    1. Guru menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan dengan mengemukakan kegiatan yang akan
    dilaksanakan untuk mengajak anak mendengarkan cerita dan mengemukakan judul cerita.
    2. Guru melakukan pendekatan dengan keseluruhan bahasa dan dengan bercerita.
    3. Guru mengembangkan kemampuan menyimak sekaligus mengembangkan kemampuan menggunakan
    bahasa melalui kegiatan bercerita yang utuh.
    4. Guru dalam penataan kelas dengan posisi anak duduk melingkar dan memnungkinkan anak dapat
    melihat semua gerakan dan cerita guru dengan baik.
    5. Guru sudah sesuai dalam media pembelajaran yaitu dengan buku cerita

    KEKURANGANYA:
    1. Guru terburu-buru untuk segera bercerita kemudian kurang mengaitkan cerita dengan pengalaman anak,
    maka terkesan bahwa anak belum “tune in” dan anak jadi tidak tertarik dengan kegiatan yang akan
    dilakukan guru.
    2. Dalam bercerita, terkesan guru terlalu cepat dan ingin segera menyelesaikan cerita sehingga dalam
    mengucapkan kalimat-kalimatnya tampak terburu-buru dan intonasi kurang ekspresif.
    3. Guru terlalu sibuk dengan ceritanya sendiri, tekstual dan membaca buku sendiri sehingga kurang
    memperhatikan dan kurang ada “kontak” dengan anak.
    4. Pengelolaan kelas masih kurang, belum tampak ada upaya untuk memusatkan perhatian anak ketika
    mereka tidak memperhatikan cerita guru, bahkan ketika anak sibuk dengan temannya atau tampak bosan
    dan mengantuk.
    5. Saat menutup pembelajaran tidak terlihat adanya penguatan tentang isi cerita dan pesan moral yang
    disampaikan, yang menjadi daya tarik sebuah cerita sekaligus untuk pendidikan karakter.
    6. Serta belum tampak adanya upaya memotivasi anak agar mau bercerita dengan baik.

  7. Nama : Anjar Milasari
    NIM : 586606589
    Jurusan : PGPAUD

    Tayangan video pembelajaran yang telah saya lihat memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai berikut.

    A. SAAT MEMBUKA PEMBELAJARAN
    KELEBIHANNYA:
    1. Guru menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan dengan mengemukakan kegiatan yang akan
    dilaksanakan untuk mengajak anak mendengarkan cerita dan mengemukakan judul cerita.
    2. Guru melakukan pendekatan dengan keseluruhan bahasa dan dengan bercerita.
    3. Guru mengembangkan kemampuan menyimak sekaligus mengembangkan kemampuan menggunakan
    bahasa melalui kegiatan bercerita yang utuh.
    4. Guru dalam penataan kelas dengan posisi anak duduk melingkar dan memnungkinkan anak dapat
    melihat semua gerakan dan cerita guru dengan baik.
    5. Guru sudah sesuai dalam media pembelajaran yaitu dengan buku cerita

    KEKURANGANYA:
    1. Guru terburu-buru untuk segera bercerita kemudian kurang mengaitkan cerita dengan pengalaman anak,
    maka terkesan bahwa anak belum “tune in” dan anak jadi tidak tertarik dengan kegiatan yang akan
    dilakukan guru.
    2. Dalam bercerita, terkesan guru terlalu cepat dan ingin segera menyelesaikan cerita sehingga dalam
    mengucapkan kalimat-kalimatnya tampak terburu-buru dan intonasi kurang ekspresif.
    3. Guru terlalu sibuk dengan ceritanya sendiri, tekstual dan membaca buku sendiri sehingga kurang
    memperhatikan dan kurang ada “kontak” dengan anak.
    4. Pengelolaan kelas masih kurang, belum tampak ada upaya untuk memusatkan perhatian anak ketika
    mereka tidak memperhatikan cerita guru, bahkan ketika anak sibuk dengan temannya atau tampak bosan
    dan mengantuk.
    5. Saat menutup pembelajaran tidak terlihat adanya penguatan tentang isi cerita dan pesan moral yang
    disampaikan, yang menjadi daya tarik sebuah cerita sekaligus untuk pendidikan karakter.
    6. Serta belum tampak adanya upaya memotivasi anak agar mau bercerita dengan baik.

  8. Nama: Chindy
    NIM : 856064452
    Jurusan PGPAUD-BI

    Berdasarkan video “Anak sulit menceritakan kembali cerita yang didengar”, dapat kita lihat terdapat seorang guru yang mendapati anak didiknya yang tidak dapat menceritakan kembali isi cerita yang ia dengarkan. kemudian guru menemukan solusi dengan cara mengatur tata duduk anak yang baik agar semua anak dapat memperhatikan guru dengan baik, kemudian cara guru saat bercerita,serta cerita yang akan dibawakan diganti dengan yang lebih menarik agar anak. Serta menggunakan media yang menarik seperti boneka, wayang dll agar anak lebih tertarik dalam mendengarkan cerita.

    Pertanyaan untuk refleksi atas video yang ditonton:
    1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – pada awal video, reaksi anak saat guru bercerita adalah terdapat beberapa anak yang tidak fokus mendengarkan guru bercerita, terdapat anak yang sibuk bermain tanpa memperhatikan guru, ada juga murid yang tampak bosan

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelemahan guru dalam video tersebut:
    a. posisi duduk anak yang kurang tepat sehingga terdapat anak yang tidak dapat memperhatikan guru saat bercerita
    b. Cara bercerita yang terlalu monoton sehingga kurang menarik bagi anak
    c. Kurang menariknya ceriita serta tidak adanya media lain selain buku cerita yang digunakan guru

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam video:
    a. Guru mengajak anak untuk duduk berkumpul bersama saat kegiatan bercerita
    b. Guru menggunakan suara yang cukup jelas didengar oleh anak – anak
    c. Guru memberikan tanya jawab setelah selesai bercerita

    4. Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – Hal menarik yang saya temukan adalah anak dalam video dapat mengungkapkan pendapatnya bahwa ia merasa cerita yang dibawakan guru tidak seru.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    a. mengubah posisi duduk anak menjadi melingkar agar anak dapat fokus pada guru
    b. guru dapat berdiskusi dulu dengan anak anak tentang cerita yang akan dibacakan
    c. Penggunaan media yang menarik seperti boneka tangan, boneka wayang dll akan menarik bagi anak saat bercerita
    d. penggunakan suara- suara yang berbeda di setiap karakter cerita akan menarik untuk anak
    e. memberikan reward pada anak yang dapat menjawab pertanyaan guru setelah selesai bercerita

  9. Nama: Chindy
    NIM : 856064452
    Jurusan PGPAUD-BI

    Berdasarkan video “Anak sulit menceritakan kembali cerita yang didengar”, dapat kita lihat terdapat seorang guru yang mendapati anak didiknya yang tidak dapat menceritakan kembali isi cerita yang ia dengarkan. kemudian guru menemukan solusi dengan cara mengatur tata duduk anak yang baik agar semua anak dapat memperhatikan guru dengan baik, kemudian cara guru saat bercerita,serta cerita yang akan dibawakan diganti dengan yang lebih menarik agar anak. Serta menggunakan media yang menarik seperti boneka, wayang dll agar anak lebih tertarik dalam mendengarkan cerita.

    Pertanyaan untuk refleksi atas video yang ditonton:
    1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – pada awal video, reaksi anak saat guru bercerita adalah terdapat beberapa anak yang tidak fokus mendengarkan guru bercerita, terdapat anak yang sibuk bermain tanpa memperhatikan guru, ada juga murid yang tampak bosan

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? kelemahan guru dalam video tersebut:
    a. posisi duduk anak yang kurang tepat sehingga terdapat anak yang tidak dapat memperhatikan guru saat bercerita
    b. Cara bercerita yang terlalu monoton sehingga kurang menarik bagi anak
    c. Kurang menariknya ceriita serta tidak adanya media lain selain buku cerita yang digunakan guru

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Kelebihan guru dalam video:
    a. Guru mengajak anak untuk duduk berkumpul bersama saat kegiatan bercerita
    b. Guru menggunakan suara yang cukup jelas didengar oleh anak – anak
    c. Guru memberikan tanya jawab setelah selesai bercerita

    4. Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – Hal menarik yang saya temukan adalah anak dalam video dapat mengungkapkan pendapatnya bahwa ia merasa cerita yang dibawakan guru tidak seru.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    a. mengubah posisi duduk anak menjadi melingkar agar anak dapat fokus pada guru
    b. guru dapat berdiskusi dulu dengan anak anak tentang cerita yang akan dibacakan
    c. Penggunaan media yang menarik seperti boneka tangan, boneka wayang dll akan menarik bagi anak saat bercerita
    d. penggunakan suara- suara yang berbeda di setiap karakter cerita akan menarik untuk anak
    e. memberikan reward pada anak yang dapat menjawab pertanyaan guru setelah selesai bercerita

  10. Nama: Chindy
    NIM : 856064452
    Jurusan PGPAUD-BI

    Berdasarkan video “Anak sulit menceritakan kembali cerita yang didengar”, dapat kita lihat terdapat seorang guru yang mendapati anak didiknya yang tidak dapat menceritakan kembali isi cerita yang ia dengarkan. kemudian guru menemukan solusi dengan cara mengatur tata duduk anak yang baik agar semua anak dapat memperhatikan guru dengan baik, kemudian cara guru saat bercerita,serta cerita yang akan dibawakan diganti dengan yang lebih menarik agar anak. Serta menggunakan media yang menarik seperti boneka, wayang dll agar anak lebih tertarik dalam mendengarkan cerita.
    Pertanyaan untuk refleksi atas video yang ditonton:
    1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – pada awal video, reaksi anak saat guru bercerita adalah terdapat beberapa anak yang tidak fokus mendengarkan guru bercerita, terdapat anak yang sibuk bermain tanpa memperhatikan guru, ada juga murid yang tampak bosan
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelemahan guru dalam video tersebut:
    a. posisi duduk anak yang kurang tepat sehingga terdapat anak yang tidak dapat memperhatikan guru saat bercerita
    b. Cara bercerita yang terlalu monoton sehingga kurang menarik bagi anak
    c. Kurang menariknya ceriita serta tidak adanya media lain selain buku cerita yang digunakan guru
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam video:
    a. Guru mengajak anak untuk duduk berkumpul bersama saat kegiatan bercerita
    b. Guru menggunakan suara yang cukup jelas didengar oleh anak – anak
    c. Guru memberikan tanya jawab setelah selesai bercerita
    4. Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -Hal menarik yang saya temukan adalah anak dalam video dapat mengungkapkan pendapatnya bahwa ia merasa cerita yang dibawakan guru tidak seru.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    a. mengubah posisi duduk anak menjadi melingkar agar anak dapat fokus pada guru
    b. guru dapat berdiskusi dulu dengan anak anak tentang cerita yang akan dibacakan
    c. Penggunaan media yang menarik seperti boneka tangan, boneka wayang dll akan menarik bagi anak saat bercerita
    d. penggunakan suara- suara yang berbeda di setiap karakter cerita akan menarik untuk anak
    e. memberikan reward pada anak yang dapat menjawab pertanyaan guru setelah selesai bercerita

Leave a Reply