silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
NAMA : SITI MU’AROFAH
NIM : 858736536
PRODI : PGPAUD BI
POKJAR: LAMONGAN
Vidio tersebut memperlihatkan masalah anak yang sulit mengemukakan pendapatnya. Guru tersebut memberikan beberapa stimulus kepada anak secara terus menerus dengan:
1. Guru Memberikan beberapa pertanyaan tentang yang disukai anak
2. Guru memberikan gambar pada anak kemudian meminta pendapat anak tentang gambar tersebut
3.Guru meminta anak menggambar bebas kemudian meminta anak untuk menceritakan didepan teman
4. Guru meminta anak untuk menceritakan mainan kesukaan yang dibawah dari rumah.
– Selain itu guru juga bisa menggunakan metode karya wisata untuk merangsang anak dalam mengungkapkan pendapatnya. Melalui kegiatan karyawisata anak dapat melihat objek langsung kemudian guru bisa melontarkan beberapa pertanyaan pada anak apa yang mereka lihat tersebut.
Guru sudah melakukan cara dengan benar untuk mengatasi anak dalam kesulitan mengungkapkan pendapatnya.
Dalam video guru memberikan beberapa contoh cara menangani anak yang kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, antara lain :
1. Memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak
2. Memberikan sebuah gambar dan meminta anak menceritakan gambar
3. Meminta anak menggambar bebas dan bercerita tentang gambar yang dibuatnya
4. Meminta anak membawa mainan yang disukai dan menceritakannya.
Nama : Imas Khodijah
Nim : 859744851
Pokjar : Kendari
Guru sudah melakukan cara dengan benar untuk mengatasi anak dalam kesulitan mengungkapkan pendapatnya.
Dalam video guru memberikan beberapa contoh cara menangani anak yang kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, antara lain :
1. Memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak
2. Memberikan sebuah gambar dan meminta anak menceritakan gambar
3. Meminta anak menggambar bebas dan bercerita tentang gambar yang dibuatnya
4. Meminta anak membawa mainan yang disukai dan menceritakannya.
nama : Maulida Ahda Sabila
NIM : 858667155
Prodi : PGPAUD UT Surabaya pokjar Ponorogo
Setelah melihat video tersebut,tidak semua anak mampu mengemukakan pendapatnya dengan baik. Saat diminta berkomentar tentang sesuatu anak tidak bisa lancar mengemukakan pendapatnya.seperti contoh video tsb Ketika guru mengajak anak berkomunikasi,anak jawabnya tidak tahu. Faktor anak sulit mengemukakan pendapat diantaranya anak cenderung pendiam dan mengalami kesulitan berbicara. Cara mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat dikarenakan kurang stimulus bicara aktif. Tips untuk mengatasi masalah tersebut adalah
1.lontarkan beberapa pertanyaan tentang hal2 yang disukai oleh anak (sedang apa,suka makan apa,suka warna apa, suka nonton film apa)
2. Perlihatkan gambar kepada anak kemudian mintalah pendapat anak tentang gambar tersebut.
3. Mintalah anak untuk menggambar bebas dan minta anak untuk menceritakan gambar yang telah dibuatnya tersebut kepada teman2nya didepan kelas
4. Mintalah anak untuk menceritakan didepan teman2nya mainan kesayanganyang dibawanya dari rumah.
saya sangat setuju dengan cara merangsang perkembangan bahasa anak dalam mengemukakan pendapatnya,
dengan guru melontarkan beberpa pertanyaan,memperlihatkan media bergambar, memintanya megabar dengan bebas lalu memintanya menceritakan kepada teman-temnaya seputar permainan yang di senanginya .sehingga anak menjadi lebih berani dan tidak takut lagi dalam mengemukakan apa yang di sukai dan apa yg tidak disukainya.
Nama : Sukarti
Nim : 858659688
Prodi : PGPAUD
Dari tayangan vidio yang saya lihat, terlihat bahwa anak yang sulit mengungkapkan dan memberikan pendapatnya, dan pada saat guru bercerita anak kurang begitu memperhatikan.
solusi yang harus dilakukan guru dalam mengatasi masalah tersebut yaitu :
1. guru harus banyak mengajak anak dalam berdiskusi,
2. guru memberi buku bergambar yang bisa menarik minat anak dalam membuka buku tersebut
3. dan yang terpenting guru harus melakukan pendekatan kepada anak
Assalamualaikun
Nayla Syarifah
Nim 858747102
Tayangan video di atas memberi masukan untuk saya sebagai praktisi yang mengajar di TK
dalam video tersebut di tampilkan tentang anak yang sulit menyampaikan pendapatnya saat ditanya oleh guru.
salah satu penyebab anak sulit menyampaikan pendapat ialah kurangnya stimulasi bicara aktif
berikut beberapa tips yang dapat dilakukan :
1. beri anak pertanyaan tentang hal-hal yang disukai
2. tunjukkan sebuah gambar lalu tanyakan pada anak tentang gambar yang dilihatnya
3. minta anak membuat gambar bebas lalu minta ia menceritakan isi gambar tersebut
4. minta anak bercerita tentang mainnya kesukaannya yang dibawa dari rumah.
Dari tayangan vidio tersebut memperlihatkan masalah anak yang sulit mengemukakan pendapatnya. Guru dapat mengatasinya dengan memberikan beberapa stimulus kepada anak secara terus menerus dengan:
1. Guru Memberikan beberapa pertanyaan tentang yang disukai anak
2. Guru memberikan gambar pada anak kemudian meminta pendapat anak tentang gambar tersebut
3.Guru meminta anak menggambar bebas kemudian meminta anak untuk menceritakan didepan teman
4. Guru meminta anak untuk menceritakan mainan kesukaan yang dibawah dari rumah.
– Selain itu guru juga bisa menggunakan metode karya wisata untuk merangsang anak dalam mengungkapkan pendapatnya. Melalui kegiatan karyawisata anak dapat melihat objek langsung kemudian guru bisa melontarkan beberapa pertanyaan pada anak apa yang mereka lihat tersebut.
Nama : Nursiana
Nim : 859625064
Program studi : PGPAUD
Tanggapan saya mengenai vidio diatas , Strategi yang dilakukan guru tersebut sudah baik dalam menstimulasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat.
Jika saya guru tersebut strategi perbaikan yang akan saya lakukan adalah dengan mengajak anak untuk berkomunikasi aktif dengan pertanyaan yang sederhana, melibatkan anak tersebut dalam setiap kegiatan pembelajaran, memotivasi anak jika kegiatan yang dilakukan anak belum optimal dan memuji anak jika kegiatan yang dilakukan anak sudah sesuai harapan. Dengan begitu secara tidak langsung akan memunculkan kepercayaan diri bagi anak dalam mengungkapkan pendapatnya.
Nina Wido Setyawati
858732782
PAUD-BI
Bedasarkan video di atas dapat dilihat, terkadang beberapa anak enggan atau sulit untuk mengungkapkan pendapatnya karena ada faktor-faktor tertentu yang membuat anak seperti itu.
Tetapi guru sudah berusaha untuk dapat memberikan kesempatan pada anak untuk dapat memberikan kesempatan dan mencoba berbagai cara agar anak mau mengungkapkan pendapatnya dengan langkah yang baik yaitu
– bertanya pada anak dengan pertanyaan esensial yang jawabannya tidak hanya (ya/tidak, sudah/belum) tetapi anak dapat menjawab dengan jawaban yang panjang dan jelas sehingga hal tersebut dapat memotivasi anak mau mengekspresikan apa yang dipikirkannya.
– guru menggunakan gambar untuk menarik perhatian anak dan meminta pendapat pada anak tentang gambar yang didemonstrasikan. hal tersebut dapat meningkatkan rasa berani anak untuk berani bertanya ataupun sekedar bercerita ulang tentang gambar tersebut.
– guru juga meminta anak untuk bercerita di depan kelas tentang mainan kesukaan yang sudah dibawa oleh anak, dengan begitu ketika kita meminta anak bercerita tentang hal-hal yang disukai mereka akan semakin bersemangat untuk berlatih mengekspresikan atau mengungkapkan pendapatnya.