silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
Nama : Yosyama Yuni Helida
Nim : 856258094
Setelah saya melihat video “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat” video diatas menjelaskan bagaimana seorang guru bertanya kepada anak tentang pendapatnya. Divideo tersebut saya lihat anak tidak bisa mengeluarkan pendapatnya dikarenakan kurang keberanian dan trauma karena takut dimarahi ketika berbicara.
Kekurangan video diatas dan cara mengatasinya.
1. Guru tidak memberikan stimulasi yang menarik ketika bertanya kepada anak seharusnya guru melontarkan pertanyaan yang menarik
2. Guru tidak memperlihatkan gambar yang menarik dikarenakan media yang digunakan terlalu kecil. Sebaiknya media yang digunakan harus menarik dan disukai anak
3. Guru tidak memberikan anak untuk bercerita setelah menggambar bebas. Sebagusnya setelah anaknmenggambar bebas anak disuruh maju kedepan untuk bercerita
4. Tidak memberikan pujian kepada anak setelah bertanya. Sebaiknya ketika kita bertanya kepada anak dan anak menjawab dengan baik harus diberikan pujian agar anak memiliki keberanian ketika bertanya kembali
Kelebihan video diatas
Guru begitu semangat bertanya kepada anak
Guru bercerita dengan baik didepan dan memiliki interaksi baik kepada anak.
Nama: Latifah
NIM: 859167032
prodi: S1 PGPAUD
Setelah saya melihat tayangan Video dari anak sulit mengungkapkan pendapat adalah sebagai seorang guru kita harus menstimulasi anak-anak dengan pertanyaan yang tidak sulit seperti pertanyaan permainan yang disuka, hobi, dan makanan yang disukainya dan guru juga bisa mengajak anak berbicara berdua dengan itu anak lebih nyaman untuk mengelurkan pendapat karena biasanya anak-anak malu untuk mengelurkan pendapatnya didepan teman-temannya. guru juga bisa menstimulasi anak dengan buku cerita, yaitu dengan bertanya tentang isi cerita, tokoh-tokoh dalam cerita tersebut dengan itu anak tanpa sadar akan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Nama : Nining Suryaningsih
NIM : 859166625
Prodi : S1 PGPAUD
Setelah saya melihat tayangan Video dari anak sulit mengungkapkan pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa anak agar tidak malas dalam berbicara guru harus menstimulus dengan pertanyaan-pertanyaan yang menarik agar dapat menarik perhatian anak untuk menjawab pertanyaan guru tersebut selain dari pada itu anak juga bisa di berikan tugas seperti menggambar bebas, setelah selesai menggambar kemudian anak di suruh untuk menceritakan kembali apa yang dia gambar di depan teman2nya. Hal ini sangat membantu anak untuk berani menyampaikan pendapatnya kemudian guru juga bisa menstimulusnya dengan memberikan buku seri bergambar dan menarik agar menarik perhatian anak tersebut kemudian dia mau bertanya ataupun menyampaikan pendapatnya dan anak bisa berkreasi dalam melakukan sesuatu sesuai dengan imajinasi pada anak tersebut, selain itu seorang guru memberikan pujian ketika anak mampu mengutarakan pendapatnya atau pun menyelesaikan tugas dengan baik kemudian lalu guru memberikan pujian anak akan merasa senang dan di perhatikan sehingga akan muncul rasa senang karena di berikan perhatian oleh gurunya, kemudian anak sering diajak berkomunikasi agar tumbuh rasa percaya diri dan keberanian pada anak didik kita.
nama : Adil Hudzaifah Hamdani
NIM 858164059
dari video tersebut tentang mengatasi “anak sulit mengungkapkan pendapat”. anak sulit mengungkapkan pendapatnya karena kurangnya stimulus bicara aktif. kita sebagai pendidik di sekolah berusaha agar anak-anak dapat mengemukakan pendapatanya dengan cara yang dilakukan oleh guru seperti pemaparan video tersebut.
saya menambahkan pendapat solusi tersebut
– ketika anak diminta untuk mengemukakan pendapatnya di depan kelas, maka anak-anak yang lain mendengarkan dan bergantian
– kemudian memberi anak-anak reward (penghargaan) dari guru apabila anak mau maju di depan kelas
Nama: Heni Khumaidah
NIM: 858162363
Prodi: PGPAUD-Pokjar Mojokerto PKBJJ Surabaya
Judul: Anak Kesulitan Mengungkapkan Pendapat
Setelah menyimak video tersebut, dapat disimpulkan bahwa, anak2 yg kurang diajak berkomunikasi efektif akan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapatnya.
Menurut video tersebut, cara untuk memberikan stimulasi kepada anak agar terbiasa untuk mengungkapkan pendapat diantaranya adalah:
1. Mengajak anak berkomunikasi efektif, dengan menanyakan hal2 sekecil apapun yg menarik perhatian anak
2. Menunjukkan gambar yg ada di dalam buku kemudian mengajak anak untuk mengungkapkan pendapatnya tentang gambar yg dilihat
3. Mengajak anak untuk menggambar bebas dan menceritakan kembali gambar yg sudah dibuat
Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa memberikan kebebasan bagi anak untuk berpendapat adalah cara yg tepat untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengungkapkan pendapat.
Nama : Fajar Indah Besari
NIM : 857762514
Prodi : S1 PGPAUD
Setelah saya melihat video “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat”, faktor utama yang membuat anak seperti itu adalah kurangnya stimulasi bicara aktif pada anak. Dan dapat disimpulkan bahwa dalam menangani atau menyikapi anak yang sulit mengungkapkan pendapat ada beberapa cara. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan seorang guru yaitu melontarkan pertanyaan tentang hal yang disukai anak, mengajak anak bermain kesukaannya, perlihatkan gambar dan bercerita, membebaskan anak untuk menggambar kesukaannya dan menceritakannya di depan teman-temmannya. Peran orangtua juga sangat penting dalam stimulasi seorang anak, jika stimulasi yang diberikan kurang maka seperti itu akibatnya anak menjadi sulit mengungkapkan pendapatnya.
Nama : Hanifah Rahmawati
NIM : 857974337
Setelah menyimak video tentang anak sulit mengungkapkan pendapat,saya sangat setuju dengan video tersebut cara mengatasi anak sulit mengungkapkan pendapat.video tersebut menambah pengetahuan bagi saya dan bisa di terapkan di lembaga untuk mengatasi masalah tersebut.
Sedikit menambahkan,menurut saya untuk mengatasi hal tersebut sering-seringlah memberikan stimulus tanya jawab atau berkomunikasi dengan anak,agar anak menambah banyak kosa kata dan percaya diri.
Nama: mariyatul kibtiyah
NIM:857760574
Prodi:S1 PGPAUD
Setelah saya melihat tayangan Vidio di atas kita sebagai tahu tidak semua anak mampu mengemukakan pendapatnya dengan baik.saat diminta berpendapat tentang sesuatu,ada anak yang bisa dengan lancar mengemukakan pendapatnya,tapi ada juga yang terbata-bata Bahkan bisa jadi ia hanya ajarkan satu dua kata kemudian diam seribu bahasa.padahal kemampuan mengeluarkan pendapat pada anak perlu ditumbuhkan karena mempengaruhi kemampuan nya bersosialisasi.disini kita sebagai guru pasti menginginkan anak didik kita berani mengungkapkan pendapat nya.
Kita dapat menstimulasi dengan mengajak anak melakukan kegiatan yang siswa sukai,jika hendak melakukan kegiatan bersama anak biasakan untuk menyampaikan tujuan dari setiap kegiatan tersebut misalnya saat merencanakan kegiatan di luar kelas seperti mengenalkan anak berbagai macam hewan yang ada di sekitarnya jelaskan bahwa bintang yang ada di sekitar kita ada banyak sekali macam-macamnya seperti ayam,sapi,kambing,dll.setelah itu kita ajak anak untuk tanya jawab misalnya anak-anak sapi punya kaki berapa ya…? Jika ada anak yang menjawab benar memberikan apresiasi dengan memberi pujian.maka anak akan merasa senang dan di perhatikan.kemudian anak di ajak berkomunikasi agar anak berani mengungkapkan pendapat nya.
H
Permasalahan bahasa anak seringkali kita jumpai pada anak usia dini, khususnya dalam menyampaikan pendapat. Anak biasanya sulit menyampaikan pendapatnya tentang keinginannya atau pun tentang suatu hal yang lain. Salah satu faktor penyebabnya adDi dalam video tersebut