silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,299 Comments

  1. Nama : Hanik Dwiningtiyas
    Nim : 858169373
    Pokjar: Tulangan
    Judul: Anak sulit mengungkapkan pendapat
    Nama pengembang: Ir. Melly Latifah,M.Si
    Pada video tersebut menampilkan anak mengalami kesulitan untuk mengungkapkan pendapat karena kurang percaya diri dan stimulasi, untuk itu guru harus melakukan upaya:
    1.Guru harus sering berkomunikasi dengan pertanyaan yang anak sudah fahami
    2. Menunjukkan gambar yang menarik bisa berupa cerita/dongeng dengan media proyektor kemudian minta pendapat anak tentang gambar/video tsb
    3. Meminta anak untuk menggambar bebas sesuai imajinasi anak dan menceritakan tentang gambar tsb
    4. Meminta anak untuk menceritakan hal hal yang di sukai dihadapan guru dan teman temannya
    5. Membangun rasa percaya diri anak sebelum mengutarakan pendapat dan memberikan pujian ketika anak berani mengutarakan pendapatnya
    6. Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan

  2. Nama : Wahyuningsih
    NIM :857668677
    PROGDI : S1 PGPAUD ( AKPMM )
    Semester : 8
    UPBJJ : Semarang

    Setelah melihat dan mempelajari video tentang Bagaimana mengatasi anak yang kesulitan dalam mengemukakan pendapat tersebut di atas, saya setuju dengan cara menyelesaikan permasalahan tersebut. Dimana, guru sangat berperan penting dalam mencari solusi yang tepat yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Sebab, apabila permasalahan ini tidak segera diselesaikan, maka akan dapat menghambat perkembangan berbahasa anak.
    Stimulasi yang diberikan ibu guru dalam video tersebut juga menarik. Anak menjadi antusias dan mau mengungkapkan pendapatnya.

  3. Selamat malam, saya Emanuella menanggapi video diatas.
    Dalam video tersebut stimulasi yg diberikan oleh guru sudah tepat, saya setuju dengan tindakan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya.
    Stimulasi yg tepat membuat anak nyaman & percaya dgn lingkungan sekitar dan lebih percaya diri untuk mengungkapan pendeapatnya. Diawal anak akan merasa malu namun lama-kelamaan anak akan lebih berani & mampu mengungkapan pendapatnya.
    terima kasih…

  4. nama : yuliana setiawati
    nim : 858737061
    judul : anak sulit mengemukakan pendapat

    setelah melihat vidio tersebut tentang mengatasi anak yang sulit untuk mengemukakan penddapat. saya setuju dengan metode yang telah diterapkan pada vidio tersebut yaitu dengan mengajak anak untuk diskusii atau bercakap-cakap dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik, baik itu saat berada di dalam kelas atau saat berada di luar kelas. selain mengajak anak anak untuk bercakap-cakap, sebagai guru hendaknya kita juga membaun rasa percaya diri dan rasa nyaman pada anak didik kita agar mereka berani untuk mengemukakan pendapat mereka, mau bercerita pengalaman mereka. karena dengan rasa nyaman mereka akan berani untuk bercerita atau mengemukakan pendapat mereka tanpa kita terlebih dahulumemberi pertanyaan, akan tetapi saat mereka sudah nyaman dengan guru tersebut saat berada di sekolahan anak tersebut akan bercerita tersendirinya tentang pengalaman dan tentnag kegiatan teman pada saat itu. dan kalau anak belum nyaman dan belum memiliki rasa percaya diri , saat kita meminta anak untuk bercerita gambar di depan kelas anak -anak akan menolak dan hanya diam. jadi jika ingin anak didikkita berani untuk mengungkapkan kita sebagai pendidik harus berkolaborasi dengan wali murid untuk memberikan simulasi dengan sering-seringnya berkomunikasi dengan anak tersebut dan membacakan cerita agar kosa kata anak tersebut bertambah.terima kasih

  5. Nama : IKASARI R
    NIM : 858739531
    Judul : Anak sulit mengemukakan pendapat
    Pengembang : Ir.Melly Latifah,Msi

    Berdasarkan vidio diatas anak sulit mengemukakan pendapat dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya stimulasi bahasa aktif baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial anak ( tetangga maupun sekolah ).Ketika masalah tersebut tidak segera disikapi pasti akan menyebabkan masalah sosial emosional bagi anak seperti tidak adanya rasa percaya diri,tumbuh menjadi pribadi yang introvert,sulitnya beradaptasi dengan lingkungan sosial.
    Dari vidio diatas guru sudah tepat dalam memberikan stimulasi bagi anak,tapi hanya saja guru kurang begitu interaktif dan terlihat kaku dalam memberikan stimulasinya. Sesui vidio diatas,Cara menstimulasi yang diberikan adalah :
    1.Melontarkan pertanyaan yang menarik minat anak.
    2.Meminta anak menggambar bebas dan menceritakannya didepan kelas.
    3. Memperlihatkan gambar kepada anak,dan meminta anak menaggapi gambar tersebut.
    4. Meminta anak membawa mainan atau buku dan menceritakan apa yang dibawanya.
    Terima kasih

  6. Nama: Enny ayu lestari
    NIM: 857752172

    – Judul: Seri Pengembangan Bahasa PAUD: “Anak sulit mengemukakan pendapat”
    – Nama video pengembang: GPO Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan / Ir. Melly Latifah , M.Si
    – Lokasi: halaman sekolah dan ruang kelas
    – Kelompok: A
    – Tanggapan : dalam video yang berjudul “Anak sulit mengemukakan pendapat”, memperlihatkan proses interaksi guru dan murid selama bermain dan KBM disekolah. Terlihat beberapa anak Ketika ditanya oleh guru bersikap pasif, tidak focus dan tidak dapat menjawab pertanyaan guru. Dalam video tersebut, metode yang digunakan guru untuk mengatasi masalah sudah baik, yaitu dengan memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut, meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas, meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya.
    Menurut saya, Anak sulit mengemukaan pendapat berkaitan dengan kemampuan Bahasa reseptif anak yang kurang berkembang. kemampuan ini menjadi dasar untuk mengungkapkan emosi, pesan, dan bersosialisasi dengan orang lain. Berikut saya sampaikan beberapa cara agar anak mau mengemukakan pendapat yaitu, guru menjadi pembicara yang menarik, kondisi yang tenang dan tatap mata anak ketika bertanya. Hal ini, agar anak focus mendengarkan dan menyimak apa yang kita tanyakan. Sebelum pembelajaran inti, lakukan sesi tanya jawab tentang kehidupan sehari-hari anak/ pengalaman anak/ pendapat anak, Bacakan cerita agar pembendaharaan kata anak semakin banyak, latih anak agar berani bercerita didepan kelas dan beri reward berupa kata pujian dan tepuk tangan dr guru dan teman sebaya. Diharapkan dengan beberapa metode ini akan mengatasi masalah anak yang sulit mengemukakan pendapat.

  7. Nama : Yuyun Rohimah
    Nim : 858735756
    pgpaud BI pokjar Lamongan

    Setelah Mengamati Video ” Anak Kesulitan Mengungkapkan Pendapat ” di atas dapat saya simpulkan Bahwa penyebab dari anak kesulitan untuk mengungkapkan pendapatnya adalah rasa tidak percaya diri dan rasa takut salah. Dalam video tersebut terlihat anak-anak sepertinya tidak berani dan merasa takut untuk mengungkapkan pendapatnya.
    Dan Hal yang di Lakukan Guru dalam mengatasi hal tersebut menurut saya sangat bagus sekali Namun selain hal di atas perlu juga untuk melakukan stimulasi di lingkungan rumahnya. peran orang tua dalam hal ini sangat penting dan mendukung karena Anak akan lebih berani dan percaya diri jika kedua orang tuanya selalu mengajaknya untuk berkomunikasi, ataupun sekedar tanya jawab sederhana.
    anak yang kemampuan bersosialisasinya baik cenderung lebih percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya, untuk itu peran orang-orang di lingkungan keluarga (rumah) juga sangat mempengaruhi perkembangan anak dalam berbahasa khususnya dalam mengemukakan pendapatnya.
    Demikian Pendapat dari saya……Terima kasih

  8. Nama : Husnun Lathifah
    NIM : 856336972
    Prodi : PGPAUD
    Berdasarkan video tentang ” anak sulit mengungkapkan pendapat”, didalam video nampak anak sulit mengungkapkan pendapatnya ketika ibu guru bertanya ia mengatakan tidak tahu dan setiap ibu guru bertanya juga selalu ia mengatakan tidak tahu. Sehingga ibu guru pun harus memikirkan cara bagaimana mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat, sehingga diberikan cara agar anak dapat mengungkapkan pendapatnya. Cara mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapat:
    1. Melemparkan pertanyan yang disukai anak, dengan mengajak anak bercerita tentang hal yang disukai anak.
    2. Perlihatkan gambar kepada anak kemudian meminta anak berpendapat tentang gambar tersebut.
    3. Meminta anak untuk menggambar bebas kemudian meminta anak untuk menceritakan kepada teman-temannya didalam kelas.
    4. Meminta anak untuk menceritakan di depan teman-temannya mainan kesayangan yang dibawanya dari rumah.
    Dari hal diatas, kita dapat mengetahui cara-cara agar kita sebagai guru dapat mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya.

  9. Nama : Nur rohmah (858744841)
    vidio ini dapat menginspirasi saya ketika nanti di kelas ada anak yang susah untuk mengungkapkan tendapatnya. cara-cara lain untuk mengatasi anak yang sulit mengeluatkan pendapatnya adalah
    1. Berikan kebebasan pada anak untuk beropini dan berkreasi dalam melakukan sesuatu
    2. Tidak membatasi anak namun cukup arahkan agar tetap pada jalur yang benar
    3. Selalu berikan dukungan dan motivasi pada anak
    4. Berikan apresiasi atau pujian ketika anak mencapai suatu pencapaian
    5.Sering ajak anak untuk berdiskusi tentang berbagai hal sejak ia masih kecil

  10. Nama : Lilik Purwati
    NIM : 858917891

    Assalamualaikum Wr Wb
    setelah saya mengamati video diatas yang berjudul “Anak kesulitan mengemukakan pendapat”
    Kesulitan mengemukakan pendapat sering dialami oleh Anak Usia dini , Mereka terkadang bingung untuk mengeluarkan apa yang menjadi unek uneknya , Masih berfikir , kurang stimulasi, type anak yang pendiam ,
    Saya sangat setuju dengan video di atas
    Bahwa Tips agar anak bisa mengemukakan pendapat
    Kita harus sering mengajak anak ngobrol , anak menjadi nyaman dan banyak mengutarakan pertanyaan dan jawaban kepada kita , sering menanyakan sesuatu hal apa yang mereka sukai , atau yang pernah dilakukan,

Leave a Reply