silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,299 Comments

  1. Nama : Khulashotun Naqiyah
    NIM : 858740346

    Setelah melihat vidio diatas yang berjudul “anak sulit mengungkapkan pendapat”
    Saya setuju dengan yang dilakukan guru dalam vidio tersebut, yaitu mengajak anak selalu berkomunikasi mengemukakan pendapat baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Karena anak yang sulit untuk mengungkapkan pendapat biasanya anak yang kurang percaya diri dan merasa takut untuk mengungkapkan perasaannya. Kita sebagai guru sebaiknya selalu mengajak komunikasi anak ketika bermain, belajar atau sekedar menanyakan perasaan, kegiatan, dan lain-lain. Anak yang cenderung pendiam, kalo tidak diajak bicara lebih dulu anak itu tidak mau bercerita. Sering-sering kita ajak mereka diskusi, bermain berkelompok, bercerita dan lain sebagainya untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak.
    Sebagai guru kita juga harus bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anak ketika disekolah, harus jadi pendengar yang baik bagi mereka, dan tidak lupa juga kita kasih pujian karena mau mengungkapkan pendapat atau perasaannya.

  2. Pada video diatas, guru sudah menerapkan metode tanya jawab kepada muridnya. Guru sudah menghampiri satu persatu anak untuk menanyakan beberapa pertanyaan. Anak sudah diberikan stimulus oleh guru agar dapat menjawab pertanyaan dengan sederhana. Dengan menarik minat anak dalam menggunakan mainan yang disukai, menggambar dan mewarnai serta permainan yang disukai. Anak-anak akan dapat menjawab pertanyaan dari guru apabila telah merasa nyaman dan sesuai dengan kondisi anak. Kedekatan guru dan anak merupakan stimulus yang baik untuk anak agar dapat lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya.

  3. nama: suciana novitasai
    NIM: 858739904
    Setelah saya melihat tayangan vidio tentang “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat” saya setuju dengan apa yang dilakukan guru dalam vidio tersebut untuk mengatasi kesulitan anak guru harus pandai menstimulus anak sesuai karakter mereka dengan melakukan beberapa kegiatan yang dapat merangsangkan kemampuan anak didiknya contohnya dalam vidio tersebut guru menstimulus kemampuan anak untuk berpendapat dengan mendekatinya, mengajak mereka ngobrol, memberikan pertanyaan yang sifatnya memancing, memperlihatkan gambar-gambar bahkan vidio sehingga secara tidak langsung atau sepontinitas anak mau mengeluarkan pendapat atau pikirannya. Lambat laun anak akan terbiasa karena anak akan terus bertanya dan berfikir kritis untuk selalu ingin tahu dan penasaran apalalagi hal yang baru itu akan menjadi sangat menarik untuk mereka tanggapi. Jadi saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan guru pada vidio tersebut dan sangat membantu dan menambah wawasan saya.

  4. Nama : Kartini
    Nim. : 857712297
    Assalamualaikum
    Setelah saya menonton video tersebut yang berjudul ” Anak kesulitan mengucapkan pendapat”
    Saya sangat setuju dengan video tersebut bahwa
    Kesulitan mengemukakan pendapat biasa terjadi pada anak usia dini. Mereka bingung harus mengungkapkan pendapat dengan cara apa dan bagaimana. sebagai pendidik kita harus pandai mencari cara agar anak bisa mengungkapkan pendapatnya dengan baik dan tepat. seperti yang telah di jelaskan yakni dengan memancing pertanyaan yang menarik agar anak mau menjawab, dengan melihatkan gambar, video atau peraga lainnya sehingga anak tertarik untuk bertanya dan menjawab.selain itu bisa Dengan menyuruh anak menggambar bebas dan menceritakan kembali gambar yang di buat di depan kelas.

  5. Nama : Khulashotun Naqiyah
    NIM : 858740346

    Setelah melihat vidio diatas yang berjudul “anak sulit mengungkapkan pendapat”
    Saya setuju dengan yang dilakukan guru dalam vidio tersebut, yaitu mengajak anak selalu berkomunikasi mengemukakan pendapat baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Karena anak yang sulit untuk mengungkapkan pendapat biasanya anak yang kurang percaya diri dan merasa takut untuk mengungkapkan perasaannya. Kita sebagai guru sebaiknya selalu mengajak komunikasi anak ketika bermain, belajar atau sekedar menanyakan perasaan, kegiatan, dan lain-lain. Anak yang cenderung pendiam, kalo tidak diajak bicara lebih dulu anak itu tidak mau bercerita. Sering-sering kita ajak mereka diskusi, bermain berkelompok, bercerita dan lain sebagainya untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak.
    Sebagai guru kita juga harus bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anak ketika disekolah, harus jadi pendengar yang baik bagi mereka, dan tidak lupa juga kita kasih pujian karena mau mengungkapkan pendapat atau perasaannya.

  6. Mengatasi masalah kesulitan berbahasa pada anak usia dini (anak sulit mengungkapkan pendapat)
    Ketika saya melihat video tersebut, ternyata ada masalah yaitu kurangnya keberanian anak-anak untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru.
    Berdasarkan asumsi tersebut maka perlu dilakukan peningkatan kemampuan berbahasa anak dalam kegiatan menjawab pertanyaan informatif melalui metode dan media yang ramah anak dan menarik. Metode yang digunakan adalah metode tanya jawab dengan model pembelajaran tongkat bicara untuk memudahkan anak memahami dan memahami apa yang guru bicarakan dan apa yang diberikannya.

  7. NAMA : DWI PUSPOWIDURI
    NIM. : 858733863
    JUDUL : Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat

    Berdasarkan vidio di atas maka saya akan menyampaikan pendapat saya bahwa saya juga sependapat dengan cara yang digunakan untuk membantu anak yang memiliki masalah sulit mengungkapkan pendapat, ada sebagian anak yang memang memiliki kekurangan seperti
    Menjadi anak yang pemalu, kurang percaya diri, introvert dan susah untuk mengungkapkan pendapat. Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi dikarenakan kurangnya komunikasi dan interaksi dengan anggota keluarga di rumah, terlalu banyak bermain gadget, jarang adanya stimulus dan terbiasa menyendiri, sulit berbicara dan terlalu pendiam dan pemalu di sekolah. Kita sebagai guru dapat memberikan stimulus dan melatihnya secara konsisten dan terus menerus dan perlahan untuk mencoba mengemukakan pendapat seperti contohnya dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang sesuatu yang disukai anak, memperlihatkan suatu gambar dan memintanya untuk mengeluarkan pendapatnya tentang gambar tersebut.
    Bisa juga dengan kegiatan menggambar bebas, kemudian memintanya untuk menceritakan apa yang sudah digambar tadi. Atau meminta anak tersebut membawa mainan atau benda kesayangannya dan memintanya untuk menceritakan tentang mainan, buku atau benda Kesayangannya di depan teman-temannya. Dengan demikian akan memotivasi anak untuk berani mengungkapkan pendapatnya dan berani bercerita mengenai segala pengalamannya dan mampu meningkatkan rasa percaya dirinya.

  8. Nama:njileken angelia br Tarigan
    NIM 859870734
    dapat membuat anak menjadi termotivasi mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru saat proses pembelajaran.
    Saya sangat setuju dengan video diatas
    Kesulitan mengemukakan pendapat biasa terjadi pada anak usia dini..Mereka bngung harus mengungkapkan pendapat dengan cara apa dan bagaimana..sebagai pendidik kita harus pandai mencari cara agar anak bisa mengungkapkan pendapatny dengan baik dan tepat..seperti dengan memancing pertanyaan yang menarik agar anak mau menjawab, dengan melihatkan gambar, video atau peraga lainnya sehingga anak tertarik untuk bertanya dan menjawab
    Setelah melihat tayang video dari “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat” karena faktor kurannya stimulasi bahasa aktif. Stimulus yang digunakan ibu guru sudah sangat bagus. Untuk menambah perbendaharaan kosa kata anak dalam mengungkapkan pendapatnya ketika dalam kegiatan pembelajaran, menurut saya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah stimulus dengan misalnya anak melihat tayangan video dari sebuah cerita, anak mendengarkan cerita dari buku bacaan, ketika jam istirahat mengajak anak untuk bercerita tentang apa yang anak lihat pada apa yang terjadi pada temannya, dan ketika mengamati lingkungan sekolah atau rumah dalam kegiatan jalan santai bu guru dapat menceritakan hal-hal apa saja yang ditemukan dilingkungan tersebut. Setelah itu memberikan pertanyaan sederhana kepada anak tentang apa yang mereka amati dan rasakan.

  9. Nama : Ria Ayu Dwi Wahyuningsih
    Nim : 858162388
    Prodi : PGPAUD BI

    Dalam video seri pengembangan bahasa yang berjudul anak sulit mengungkapkan pendapat cara yang dilakukan guru yaitu dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan pertanyaan yang disukai?

    Kemudian guru melihatkan gambar kepada anak dan menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut.

    Meminta anak untuk menggambar bebas, dan anak menceritakan apa yang telah digambarnya. Dan cara lain yang dilakukan guru yaitu meminta anak membawa mainan kesayangannya dan menceritakan didepan teman-temannya.

    Pendapat saya tentang video tersebut sudah baik, tetapi seharusnya guru memberikan reward pada anak yang bisa menceritakan pendapatnya didepan kelas supaya anak-anak lebih semangat dalam mengungkapkan pendapatnya. Dan anak-anak harus lebih sering diajak berkomunikasi lebih perlahan-lahan untuk menumbuhkan rasa senang kepada anak.

  10. Nama : Indra rohmawati
    Nim. : 858746361

    Dalam vidio ini yang barusan saya lihat saya setuju yang dilakukan guru dalam vidio ini, guru mengajak anak-anak yang selalu berkomunikasi mengemukakan pendapat baik di dalam kelas maupun diluar kelas.

Leave a Reply