silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,299 Comments

  1. Nama : Prima rosa indah
    NIM : 858856866
    Pokjar : batu
    Ijin menanggapi,,,
    Menurut saya cara yang dilakukan guru dalam video tersebut untuk mengatasi kesulitan anak dalam mengemukakan pendapat sudah cukup baik, dimana guru memberikan pertanyaan kepada anak tentang apa yang disukai anak, anak diminta menanggapi gambar yang diperlihatkan oleh guru serta anak diminta menceritakan tentang mainan kesukaan anak yang dibawah dari rumah. Cara yang digunakan guru pada video tersebut menurut saya sudah baik karena strategi untuk merangsang anak mengemukakan pendapat adalah mengajukan pertanyaan terbuka kepada anak mengenai topik yang disenangi oleh anak sehingga anak dapat terstimulus untuk menjawab.

  2. Nama : Normalina
    Nim : 858308069
    Prodi : S1 PGPAUD
    Pokjar : Banjar

    Izin menanggapi
    Menurut Saya cara yang dilakukan guru dalam video tersebut yaitu mengatasi anak yang kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya sudah sangat baik sekali, guru dapat memberikan stimulus agar anak bisa mengemukakan pendapatnya,yaitu :
    1. Melontarkan pertanyaan yang disukai anak
    2. Perlihatkan gambar pada anak, kemudian mintalah pendapat anak tentang gambar tersebut
    3. Mintalah anak menggambar bebas,setelah itu minta anak untuk menceritakan gambar yang dibuatnya tersebut kepada teman- temannya didepan kelas
    4. Mintalah anak untuk menceritakan mainan kesayangan yang dibawanya dari rumah.
    Dengan cara tersebut guru dapat menstimulus anak agar dapat dan mudah dalam memberikan pendapatnya.
    Terimakasih..

  3. Nama: Renita Argin Puspita Fiduri
    Nim: 858844808
    Pokjar: Bandung Tulungagung

    Video di atas menjelaskan cara menangani anak yang sulit mengungkapkan pendapat yaitu dengan cara:
    1. Guru memberikan pertanyaan kepada anak .
    2. Anak juga di tanya permainan apa yang disukai di rumah
    3. Guru juga memperlihatkan gambar kepada anak dan dimintai pendapat tentang gambar tersebut
    Jadi video di atas sudah bisa membantu dan sangat baik karena
    Mengandung strategi yang baik untuk penanganan. Dan juga bisa menstimulasi anak untuk menjawab.

  4. Menurut saya, masalah ketika anak sulit mengungkapkan pendapatnya mungkin disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri atau adanya trauma masa lalu. Namun, kemampuan untuk mengungkapkan pendapat tersebut dapat ditingkatkan melalui latihan sehingga anak menjadi lebih berani mengemukakan pendapatnya atau mengungkapkan perasaannya. Selain menggunakan keempat tips yang disampaikan dalam video tersebut, kita juga dapat mengambil langkah-langkah berikut agar anak lebih berani dan tidak mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapat:
    * Memberikan kebebasan kepada anak untuk mengemukakan pendapat dan melibatkan diri dalam kreativitas saat melakukan sesuatu.
    *Tidak membatasi imajinasi anak, tetapi tetap memberikan panduan dan arahan agar imajinasinya tetap positif.
    *Selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada anak, serta memberikan apresiasi atau pujian atas usahanya.
    *Mengajak anak untuk sering berdiskusi tentang berbagai topik sejak dini.
    Saya percaya bahwa dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, anak akan menjadi lebih berani dan terampil dalam mengungkapkan pendapatnya secara efektif.

  5. Nama : Ardeliaerizka
    Nim : 856611487
    Prodi : PGPAUD
    Izin untuk menanggapi video diatas
    Dari video pembelajaran diatas ” Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat” karena kurangnya stimulasi bicara aktif, tutor hanya memberikan kalimat tanya tanpa memberikan penjabaran dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Kita sebagai seorang tutor dan guru harus bisa melakukan tata bicara yang menyenangkan bagi anak buat kalimat yang menarik perhatian anak gunakan bahasa anak-anak supaya anak juga tidak ragu untuk mengungkapkan perasaan dan pendapatnya kita harus bisa menempatkan diri sebagai teman mereka.

  6. NAMA : NUR FADILAH ISTIQOMAH
    NIM : 857603181
    PRODI : PGPAUD

    Setelah melihat tayangan video diatas
    Menurut pendapat saya
    Guru dalam tayangan video diatas sudah cukup melakukan berbagai metode agar dapat “mengatasi anak yang sulit mengemukakan pendapat”. Dimana guru telah memberikan contoh langsung melalui kegiatannya .
    sangat penting bagi guru dan orang tua untuk mendukung dan memberikan pengarahan secara terus-menerus pada anak untuk membantu mengatasi kecenderungan sulit dalam mengemukakan pendapat. Terutama dalam memberikan dukungan kepada anak untuk membangun rasa percaya diri anak. Ciptakan suasana yang nyaman dan terbuka di rumah atau di sekolah, di mana anak merasa aman untuk berbicara dan berikan kesempatan bagi anak untuk berbicara tanpa ada tekanan atau kritik. Adapun cara lain menggunakan metode visual seperti gunakan gambar, kartu kata, atau media visual lainnya untuk membantu anak memahami dan mengungkapkan pendapat mereka. Misalnya, minta mereka menunjuk gambar yang sesuai dengan pertanyaan yang Anda ajukan. Mungkin dengan cara seperti itu akan bisa membantu anak dapat mengemukakan pendapatnya.
    Jadi intinya, setiap anak berkembang pada tingkat yang berbeda, jadi bersabarlah dan berikan dukungan yang konsisten. Jangan lupa memberikan pujian dan penghargaan ketika anak berhasil mengungkapkan pendapat mereka dengan baik.

  7. Nama : Linda Martika Wati
    NIM : 858167971
    Prodi : PGPAUD -BI

    Setelah melihat vidio di atas yang berjudul ” Anak sulit mengungkapkan pendapat ” menurut pendapat saya tentang vidio tersebut kita sebagai guru harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut
    1. Memberi stimulasi
    Stimulasi adalah kegiatan dimana kita mengajak anak berbicara secara pribadi dengan demikian anak tidak akan merasa malu atau takut ketika anak melakukan kesalahan saat berbicara .
    2. Memberi sesuatu mainan atau benda yang ia sukai dan kita menyuruhnya untuk mendeskripsikan / mengukapkan tentang benda tersebut
    3.memberikan kasih sayang sehingga dengan cara ini anak akan merasa nyaman dan rasa minder akan lambat laut akan hilang
    4. Memberikan reward / pujian kepada mereka agar mereka senang dari apa yang telah dia lakukan dengan cara ini bisa di harapkan anak akan senang pergi kesekolah dan siap belajar bersama dengan teman tanpa ada rasa takut

  8. Bismillahirrahmanirrahim
    Nama : Amalia Fachrina
    Nim :858164399
    Prodi. :PG Paud
    Semester: 2
    Kelas : A
    Pokjar. : Mojokerto
    Assalamualaikum ijin menanggapi video permasalahan anak sulit mengungkapkan pendapat (Kemampuan berbahasa).Oleh “Ir.Melly Latifah MSi”
    Anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya biasanya itu anaknya sering menyendiri, dan pemalu. Dalam video tersebut apa yang dilakukan oleh guru sudah baik, yaitu dengan cara mendekati anak dan menanyakan sesuatu hal yang dibutuhkan oleh anak. Adapun tips untuk mengatasi agar anak mau mengungkapkan pendapatnya antara lain:
    dengan melontarkan pertanyaan yang disukai anak,perlihatkan gambar kepada anak kemudian mintalah pendapat anak tentang gambar tersebut, ajaklah anak untuk menggambar bebas dan menceritakannya,dan ajak anak menceritakan mainan yang dibawa dari rumah. Alangkah baiknya kita sebagai pendidik menggunakan tips-tips tersebut agar anak mau mengungkapkan pendapatnya melalui hal-hal yang disukainya. Penting juga buat pendidik, kita harus mampu membuat anak tersebut nyaman,aman dan bahagia dulu.Baru kita mampu mengajak anak berpendapat.

  9. Maasyaa Alloh setelah melihat vidio cara mengatasi anak yang kesulitan dalam mengemukakan pendapat stimulus yang diberikan sangat bagus sekali, saya sebagai pendidik mendapatkan tambahan ilmu untuk diterapkan di sekolah, ada 4 poin yang saya tangkap dalam mengatasi anak ketika kesulitan mengemukakan pendapat nya yakni :
    1. Melontarkan pertanyaan terkait beberapa hal yang disukai anak. Contohnya tentang apa saja yang kita bawa saat kita pergi rekreasi?
    2. Guru memperlihatkan gambar2 kepada anak kemudian minta pendapatnya tentang gambar tersebut. Contohnya pada sebuah kartu terdapat gambar anak yang memukul temannya, nah dari gambar tersebut ibu guru meminta pendapat anak2 dengan berkata ” Apakah tindakan yang terdapat dalam gambar tersebut termasuk perbuatan terpuji?
    3. Guru meminta anak untuk menggambar bebas sesuai dengan ide dan gagasannya kemudian mintalah untuk menceritakan isi gambar di depan kelas. Contoh Susi menggambar sebuah taman bermain, nah disini ibu guru meminta susi untuk menceritakan apa yang telah digambar, baik itu apa saja yang bisa dijumpai di tempat main, dengan siapa pergi ke tempat bermain, apa saja yang dilakukan di tempat bermain dan sebagainya.
    4. Guru meminta anak untuk membawa mainan kesukaannya kemudian ceritakan kepada teman temannya apa saja yang dilakukan terhadap mainannya, bagaimana cara bermainnya, dalam sehari berapa kali bwrmain dengan mainannya.
    Dengan sering guru melakukan stimulus tersebut di atas dan sering mengajak anak berkomunikasi dapat menambah perbendaharaan kata si anak. Kemudian ketika anak salah dalam mengucapkan sebuah kata maka sebaiknya diperbaiki secara perlahan tahap demi tahap dan usahakan kontak mata langsung sambil mengajarkan pengucapan kata yang benar.

  10. Bismillah
    Dari hasil vidio yang sudah di lihat, saya setuju dengan cara penangan guru yang menghadapi anak yang cenderung tidak memiliki keinginan atau kurang nya kemampuan untuk mengemukakan pendapatnya, salah satu cara yang diajarkan dari vidio diatas ialah 1. Guru bisa memberikan pertanyaan yang akan disukai oleh anak, baik itu berupa barang atau mainan yang dibawa ke sekolah, makanan kesukaan, warna favorit, menanyakan makanan kesukaannya, kenapa anak tersebut sangat suka makan tersebut dan bisa menanyakan juga aktivitas keseharian yang sangat ia senangi baik itu di rumah maupun di sekolah
    2. Perlihatkan gambar kepada anak dan mintalah pendapat kepada anak mengenai gambar tersebut. dari cerita yang sudah di ceritakan ole anak kita juga bisa memperlihatkan gambar yang ia sukai misaknya anak suka makan pisang maka kita bisa memperlihatkkan gambar buah-buahan salah satunya pisang dan kita juga bisa bertanya tentang pendapat anak mengenai rasa buah pisang, warna ny adan maaf dari buah pisang itu sendiri.
    3. Mintalah anak untuk menggambar bebas kemudian mintalah anak untuk menceritakan kembali tentang gambar yang ia buat kepada teman-temannya di depan kelas.
    4. Mintalah anak untuk menceritakan gambar kesayangannya di depan kelas yang telah ia gambar sebelumnya minta lah anak untuk menjekaskannya di depan kelas kemudia setelah anak berhasil menceritakannya guru jangan lupa untuk memberikan reward kepada anbak baik itu dengan pujian, tos tangan ataupun berupa benda
    mungkin itu saja yang bisa di tuliska intinya sebagai guru jangan lupa berikan motivasi pada anak dan jangan bosen untuk selalu bertanya pada anak untuk melatih kemampuan menyampaikan pendapat anak supaya anak tersebut tidak merasa takut dan malu

Leave a Reply