silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
NAMA: SISKA ROSIANA
NIM : 858188904
JUDUL: Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip
Pembelajaran yang di atas sangat bagus bisa mengedukasi guru supaya guru senantiasa mengajarkan ABSTRAK Pengenalan huruf pada anak sejak usia dini sangat penting dilakukan agar anak dapat mengenal huruf-huruf untuk persiapan membaca dan menulis. Anak yang dapat mengenal huruf dengan baik cenderung memiliki kemampuan membaca dengan lebih baik. Berdasarkan vidio tersebut dapat ditegaskan bahwa, manfaat dan kelebihan permainan papan huruf adalah dapat membantu anak untuk belajar mengenal huruf dengan mudah sehingga memperlancar kemampuan membaca anak. permainan papan huruf juga dapat menumbuhkan motivasi belajar anak secara aktif dan penuh percaya diri. Tayangan di atas sangat mengedukasi para guru agar bisa lebih bersemangat lagi dalam mengajarkan anak mengenal huruf.
Nama : Susilawati
Nim : 858316177
Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip.
Menurut saya video ini cukup membantu anak yg masih belum bisa membedakan huruf yang sama, seperti bermain papan kata memang membantu anak mebedakan huruf b, d , p. jadi video ini sangat membantu.
Nama: Winda Teni Puspa Rani
NIM : 859800222
Dari vidio di atas kita dapat mengedukasi cara pengenalan huruf yang baik kepada anak,dalam mengenalkan huruf kita harus mempunyai trik tersendiri supaya anak – anak mengerti dan kenal dengan huruf -huruf. Cara mengajarkan huruf kepada anak usia dini boleh dengan permainan seperti kartu huruf.
Sekian Dari Saya
Terima kasih
Nama : Junovin Indah.A.S
Nim : 859394016
Dari video di atas sangat bagus dan memotivasi kita sebagai pendidik yang baru,mengedukasi cara pengenalan huruf yang baik kepada anak,dalam mengenalkan huruf kita harus mempunyai trik tersendiri karena setiap anak itu berbeda,mengajarkan huruf kepada anak usia dini boleh dengan permainan seperti kartu huruf agar anak tertarik dan cepat memahami.
sekian dan terimakasih.
Nama : MARIA RAHMADHIANI
NIM : 836214479
JUDUL : ANAK TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HURUF YANG MIRIP
Dari video pembelajaran GPO sangat memotivasi untuk saya sebagai guru untuk lebih lebih kreatif lagi dalam memberikan pembelajar terutama pada huruf yang mirip ” b , d , dan p ” , guru diajarkan untuk bisa membuat seperti kartu huruf yang bergambar agar anak juga lebih bisa fokus untuk bisa membedakan huruf tersebut, dan anak diikut sertakan dalam pembelajaran seperti pada video GPO untuk berperan serta anak di minta untuk menulis dan maju satu persatu ke depan menulis di papan tulis, guru juga harus jelas dalam pengucapan karena apa yang ada di video GPO anak juga masih mendengarkan huruf dalam artikulasi yang sama dan masih terdengar mirip.
sekian dari saya dan terimakasih
Nama : Sri Miyati
NIM : 857991784
Menurut saya video tentang membedakan huruf yang mirip seperti p b dan d dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1. Sebelum Mengenal huruf b d p, pahamkan konsep huruf terlebih, sulit dibedakan karena huruf yang hampir sama
2. Ajak anak untuk membaca, kata yang mirip Bersama seperti papa bobo beli buku papa bobi
3. jelaskan awal huruf yang hampir sama, ulangi membacanya berulang sampai anak-anak paham
4. Ajak anak untuk menulis diangkasa dengan jari
5. Ajak menuliskan dipapan tulis anak-anak membacanya
6. Berikan penguatan kepada anak yang sudah bisa dan motivasi yang belum bisa .
Masukan saya untuk penguatan huruf p b d anak bisa juga bermain menggunakan biji-bijian, kerang, batu warna , pom-pom dll untuk menuliskan huruf tersebut di lantai.
Nama :Titis mawaddah Putri Bakhtiar
Nim :858156162
Pendapat saya terkait dengan anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip adalah sebagai berikut:
1. Penting untuk mengadopsi pendekatan pembelajaran yang melibatkan interaksi aktif anak dengan materi pembelajaran. Guru harus menciptakan lingkungan yang memungkinkan anak untuk bereksplorasi, berdiskusi, dan berpartisipasi aktif dalam membedakan huruf-huruf yang mirip. Dalam hal ini, guru harus memberikan kesempatan kepada anak untuk berpendapat, mengamati, dan mempresentasikan pemahaman mereka tentang huruf-huruf tersebut.
2. Penggunaan strategi yang tepat juga penting. Guru dapat menggunakan pendekatan multisensori, seperti mengajak anak untuk bergerak dan menggunakan gerakan tubuh mereka sendiri untuk memahami perbedaan antara huruf-huruf yang mirip. Misalnya, anak dapat diminta untuk membentuk setengah lingkaran dengan tangan mereka untuk memahami bentuk huruf ‘b’ dan ‘d’.
3. Penting untuk mempertimbangkan tingkat perkembangan anak usia 5-6 tahun. Guru harus memastikan bahwa materi pembelajaran disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan anak dalam membedakan huruf-huruf yang mirip.
4. Penting juga untuk mengikuti kurikulum yang berlaku dan memperhatikan kompetensi yang harus dicapai oleh anak pada usia tersebut. Dalam hal ini, fokus pada pengembangan bahasa dan keaksaraan sangat penting, dengan mengenal huruf-huruf yang dikenal sebagai salah satu kompetensi yang harus dicapai.
Dengan pendekatan pembelajaran yang tepat, kesabaran, dan perhatian terhadap perkembangan anak, diharapkan anak dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang huruf-huruf yang mirip dan dapat membedakannya dengan lebih baik.
Dan dari pembelajaran vidio tersebut kita dapat menirukan dan mencontoh kan pembelajaran untuk di dunia pendidikan anak usia dini agar anak lebih kreatif dan inovatif
Nama : Aisyani Adin Batni
NIM : 857858842
Berdasarkan vidio pembelajaran kemampuan dasar anak usia dini yang berjudul ” Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf “, Maka hal yang harus dilakukan guru anak memberikan kegiatan kepada anak untuk mengidentifikasi perbedaan beberapa huruf yang mirip misalnya : huruf p b d. Langkah – langkah yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan memberikan penjelasan tentang perbedaan ketiga huruf dengan disertai gambar, mengajak anak menulis di langit atau diatas pasir, selain itu membentuk ketiga huruf dengan loosepart juga bisa memberikan anak pemahaman baik. selain itu membaca/ menirukan berulang – ulang 2 kata dengan awalan huruf yang mirip misalnya: dede bobo . Meminta anak untuk maju mencontoh huruf – huruf yang mirip ( p, b, d ) dapat membantu anak belajar membedakan huruf – huruf tersebut.
Nama : Elisa Kristin Sianturi
Nim : 858945647
JUDUL : ANAK TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HURUF YANG MIRIP
Pendapat saya mengenai anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip. Guru dalam video tersebut telah menggunakan strategi yang tepat juga penting. Guru dapat menggunakan pendekatan multisensori, seperti mengajak anak untuk bergerak dan menggunakan gerakan tubuh mereka sendiri untuk memahami perbedaan antara huruf-huruf yang mirip. Misalnya, anak dapat diminta untuk membentuk setengah lingkaran dengan tangan mereka untuk memahami bentuk huruf ‘b’ dan ‘d’. Pengenalan huruf pada anak sejak usia dini sangat penting dilakukan agar anak dapat mengenal huruf-huruf untuk persiapan membaca dan menulis. Anak yang dapat mengenal huruf dengan baik cenderung memiliki kemampuan membaca dengan lebih baik.
Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.
Nama : imro’ati sholikah
Nim : 857990775
Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Dari video diatas dapat diambil pelajaran :
Fenomena anak menulis terbalik karena mempunyai persepsi yang keliru seperti huruf b, d, p.
Anak perlu diperkenalkan simbol dengan tepat.
Masukannya dari video diatas kegiatannya bisa dikembangkan lagi agar anak tertarik dan aktif dalam belajar huruf b, d, p. Bisa dengan menyusun dengan biji-bijian, menggunakan tutup botol huruf, kartu huruf warna warni dll.