silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,892 Comments

  1. Sebagai guru TK video diatas sangat bermanfaat bagi saya untuk
    mengajarkan kepada anak cara ya g tepat agar dapat membedakan huruf dengan benar. Mulai dari memperkenalkan huruf, menjelaskan cara penulisan yang tepat dan mengajak anak menulis

  2. AMI 858437491
    Sebagai guru TK video diatas sangat bermanfaat bagi saya untuk
    mengajarkan kepada anak cara ya g tepat agar dapat membedakan huruf dengan benar. Mulai dari memperkenalkan huruf, menjelaskan cara penulisan yang tepat dan mengajak anak menulis

  3. Nama : Aprilyani
    Nim : 859799063

    Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

  4. kelas : Aprilyani
    Nim : 859799063
    Matkul : Profesionalitas Guru Paud
    Tutor : Rendy Setyowahyudi, M.Pd

    Video pembelajaran ini berpotensi untuk membantu anak memahami perbedaan huruf P, d, dan b. Namun, dengan beberapa saran di atas, video tersebut dapat menjadi lebih bermanfaat bagi siswa dan guru.
    Saran:
    • Gunakan strategi bermain: Guru dapat menggunakan strategi bermain untuk meningkatkan keaktifan anak, seperti melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama.
    • Variasikan media: Gunakan media yang lebih beragam, seperti kartu kata, gambar, dan benda-benda nyata, untuk membuat pembelajaran lebih menarik.
    • Lakukan evaluasi: Lakukan evaluasi di akhir pembelajaran untuk mengetahui pemahaman anak terhadap materi.
    • Gunakan metode demonstrasi: Guru dapat menggunakan metode demonstrasi untuk menunjukkan contoh penggunaan huruf P, D, dan B dalam kalimat.
    • Berikan umpan balik: Berikan umpan balik yang positif kepada anak atas partisipasi mereka dalam pembelajaran.

  5. Nama : Tri wahyuni
    Nim :858315333
    Vedio guru pintar online sangat bermanfaat untuk saya bagaimana mengatasi anak yang sulit membedakan huruf b.d dan p.
    Melalui cara langsung dengan cara menulis dan mengajak anak menulis dan memperkenalkan suatu huruf

  6. NAMA: ENDAH DWI YUSTIKA NIM: 859688144
    Video pembelajaran ini berpotensi untuk membantu anak memahami perbedaan huruf P, d, dan b. Namun, dengan beberapa saran di atas, video tersebut dapat menjadi lebih bermanfaat bagi siswa dan guru.
    • Gunakan strategi bermain: Guru dapat menggunakan strategi bermain untuk meningkatkan keaktifan anak, seperti melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama.
    • Variasikan media: Gunakan media yang lebih beragam, seperti kartu kata, gambar, dan benda-benda nyata, untuk membuat pembelajaran lebih menarik.
    • Lakukan evaluasi: Lakukan evaluasi di akhir pembelajaran untuk mengetahui pemahaman anak terhadap materi.
    • Gunakan metode demonstrasi: Guru dapat menggunakan metode demonstrasi untuk menunjukkan contoh penggunaan huruf P, D, dan B dalam kalimat.

  7. Nama : Nurhayati
    Nim : 855895361

    Pada Video kegiatan diatas pembelajaran yang dilakukan berpotensi untuk membantu anak memahami perbedaan huruf P, d, dan b. Namun, dengan beberapa saran di atas, video tersebut dapat menjadi lebih bermanfaat bagi siswa dan guru.
    ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam pembelajaran dari video diatas yaitu.
    1.Gunakan strategi bermain: Guru dapat menggunakan strategi bermain untuk meningkatkan keaktifan anak, seperti melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama.
    2.Variasikan media: Gunakan media yang lebih beragam, seperti kartu kata, gambar, dan benda-benda nyata, untuk membuat pembelajaran lebih menarik.
    3.Lakukan evaluasi: Lakukan evaluasi di akhir pembelajaran untuk mengetahui pemahaman anak terhadap materi.
    4.Gunakan metode demonstrasi: Guru dapat menggunakan metode demonstrasi untuk menunjukkan contoh penggunaan huruf P, D, dan B dalam kalimat.
    5.Berikan umpan balik: Berikan umpan balik yang positif kepada anak atas partisipasi mereka dalam pembelajaran.

  8. NIM : 855831613
    NAMA : HARIANTI
    Anak yang tidak tau huruf a dan b ,ajak anak menbaja buku B, A ,C,A ,dan jelas kan kepada anak kata yang kita bilang tadi sama anak dan ajak anak untuk belajar bersama ,salama saya melihat video ini saya lakukan di rumah sekolah saya terimakasih .

  9. Anak-anak sering kali mengalami kesulitan membedakan huruf yang mirip karena beberapa alasan, seperti perkembangan visual, keterampilan motorik, dan pengenalan pola. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesulitan ini:

    Perkembangan Visual yang Belum Matang: Pada usia dini, kemampuan anak untuk mengenali perbedaan visual antara huruf-huruf yang mirip mungkin belum sepenuhnya berkembang. Huruf seperti “b” dan “d” atau “p” dan “q” memiliki bentuk yang serupa dan arah yang berbeda, sehingga membingungkan bagi anak-anak.

    Kurangnya Pengalaman atau Latihan: Anak-anak yang baru mulai belajar membaca dan menulis mungkin belum memiliki cukup latihan atau paparan terhadap huruf-huruf tersebut. Semakin sering mereka berlatih, semakin baik kemampuan mereka dalam membedakan huruf.

    Keterampilan Motorik Halus yang Terbatas: Menulis huruf membutuhkan keterampilan motorik halus. Anak-anak yang keterampilan motoriknya belum matang mungkin mengalami kesulitan menulis huruf dengan benar, sehingga lebih sulit bagi mereka untuk membedakan huruf-huruf yang mirip.

    Kesulitan Pengolahan Visual: Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan pengolahan visual, yang membuat mereka sulit membedakan antara bentuk-bentuk yang mirip. Ini bisa disebabkan oleh masalah perkembangan atau gangguan belajar.

    Perbedaan dalam Pola Pembelajaran: Setiap anak belajar dengan cara yang berbeda. Beberapa anak mungkin memerlukan metode pengajaran yang lebih visual atau taktil untuk membantu mereka membedakan huruf.

    Teknik untuk Membantu Anak Membedakan Huruf yang Mirip:
    Penggunaan Kartu Huruf: Gunakan kartu huruf dengan gambar dan kata-kata yang berhubungan dengan huruf tersebut untuk membantu anak mengasosiasikan bentuk huruf dengan objek yang dikenal.

    Latihan Menggambar dan Menulis: Berikan latihan menggambar dan menulis huruf yang sering membingungkan dalam berbagai konteks, seperti menulis di pasir, menggunakan cat air, atau membuat huruf dari tanah liat.

    Permainan Memori Huruf: Buat permainan memori yang melibatkan huruf-huruf yang mirip untuk meningkatkan pengenalan huruf melalui permainan yang menyenangkan.

    Gunakan Teknologi: Ada banyak aplikasi dan permainan edukatif yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar huruf dan meningkatkan keterampilan pengenalan huruf.

    Cerita dan Lagu: Gunakan cerita, lagu, atau sajak yang menekankan pada huruf-huruf tertentu untuk membantu anak-anak mengenali dan mengingat perbedaan antara huruf-huruf yang mirip.

    Bimbingan Individu: Berikan perhatian khusus dan bimbingan individu untuk anak-anak yang mengalami kesulitan khusus dalam membedakan huruf.

    Dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang konsisten, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan untuk membedakan huruf-huruf yang mirip dan meningkatkan keterampilan membaca dan menulis mereka.

  10. Nama : kuswanti
    NIM : 857513947
    sebelum anak belajar menulis anak harus mengenal huruf terlebih dahulu apalagi untuk huruf yang terlihat sama seperti huruf b, d p dan q yang masih mengalami kesulitan.
    ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengajak anak lebih mengenali huruf b, d, p, q dan bisa membedakannya antara lain :
    ajak anak untuk membaca bersama 2 kata yang mengandung huruf b, d, p, q
    ucapkan kata perkata untuk membedakan bunyi huruf tersebut
    minta anak untuk menulis huruf tersebut di angkasa
    minta anak untuk menulis huruf tersebut
    berikan penguatan pada anak yang masih belajar dan yang sudah bisa membedakan huruf tersebut

Leave a Reply