silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,892 Comments

  1. Video di atas menggambarkan anak yang belum mampu untuk membedakan huruf yang mirip seperti b, d, p, dan q. Kondisi tersebut mengharuskan guru mencari ide-ide inovatif dan kreatif agar anak dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bahasa dan literasinya. pada video di atas, guru memberikan kegiatan variatif yang berupa membaca kata bersama yang berisi dua suku kata yang memiliki huruf yang sama, membaca kata per kata sampai anak memahami. Selain itu, dengan kegiatan menulis di udara huruf per huruf yang dilanjutkan dnegan menulis di papan tulis. kegiatan yang dilakukan oleh guru pada video tersebut cukup kreatif dan menarik bagi anak untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf yang mirip.

  2. Video di atas menggambarkan seorang guru yang memberikan metode pembelajaran untuk anak yang kesulitan dalam menuliskan dan menyebutkan huruf ” b, d, dan p “. Langkah guru dalam mengajak anak untuk menulis diangkasa lebih mudah di lakukan dan minat anak dalam mengikuti guru lebih besar sebagai tahap awal dalam menulis. Lalu kemudian guru meminta anak menuliskan secara nyata di papan tulis. Agar pemahaman anak lebih bertambah dalam membedakan huruf yang mirip.

  3. Nama : Nusuroh
    Nim : 857168354
    Tutor : Ibu Yuliah, M.Pd
    Video di atas menggambarkan seorang guru yang memberikan metode pembelajaran untuk anak yang kesulitan dalam menulis dan menyebutkan huruf ” b, d, dan p “. Langkah guru dalam mengajak anak untuk menulis diangkasa lebih mudah dilakukan dan minat anak dalam mengikuti guru lebih besar sebagai tahap awal dalam menulis. Lalu kemudian guru meminta anak menuliskannya secara nyata di papan tulis. Agar pemahaman anak semakin bertambah dalam membedakan huruf yang mirip guru mengajak anak untuk menyebutkan kata dengan huruf amalan yang mirip.

  4. Dari Video diatas menggambarkan anak yang belum mampu untuk membedakan huruf yang mirip seperti b, d, p, dan q. Kondisi ini mengharuskan guru mencari ide-ide inovatif dan kreatif agar anak dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bahasa dan literasinya. pada video tersebut, guru memberikan kegiatan variatif yang berupa membaca kata bersama yang berisi dua suku kata yang memiliki huruf yang sama, membaca kata per kata sampai anak memahami. Selain itu, dengan kegiatan menulis di udara huruf per huruf yang dilanjutkan dnegan menulis di papan tulis. kegiatan yang dilakukan oleh guru pada video tersebut cukup kreatif dan menarik bagi anak untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf yang mirip.

  5. dari video atas, berisi terkait dengan beberapa anak yang kesulitan dalam membedakan huruf b,d dan p yang memiliki hampir persamaan bentuk. dan dalam video guru berpaya untuk memberi pemahaman kepada anak bagaimana membedakan antara huruf b,d dan p, dengan mengajak anak menulis di angkasa menggunakan jari mereka dan menuliskan secara nyata di papan tulis

  6. Nama Esti Nurul Hasanah
    NIM 857442999

    Dalam video di atas, ada anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip seperti b, d, p, dan q. Untuk membantu anak-anak meningkatkan kemampuan literasi dan bahasa mereka, guru harus mencari cara baru dan kreatif. Pada video tersebut, guru menawarkan berbagai kegiatan kepada anak-anak, seperti membaca kata bersama yang terdiri dari dua suku kata dengan huruf yang sama dan membaca kata per kata sampai anak-anak dapat memahami apa yang mereka katakan. Selain itu, dalam video tersebut, guru melakukan kegiatan menulis di udara huruf per huruf dan menulis di papan tulis. Kegiatan ini cukup menarik dan kreatif untuk anak-anak dan membantu mereka meningkatkan kemampuan membedakan huruf yang mirip.

    Mengatasi anak PAUD yang belum bisa membedakan huruf *p*, *b*, dan *d* memerlukan kesabaran serta pendekatan yang kreatif. Konsistensi dalam pendekatan dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan akan membantu anak lebih mudah memahami perbedaan huruf.

  7. Vidio pembelajaran diatas dapat membantu garu dalam mengajarakan anak membedakan huruf-hruf yang memiliki bentuk mirip. seperti b, d dan p. Dengan adanya vidio tersebut dapat membantu para guru dalam mengenalkan huhur-huruf yang memiliki kemiripan bentuk dengan cara mengenali ciri-cirina, bunyinya, dan dapat mempraktikan langsung membuat huruf tersebut di udara, dapan junga menuliskannya di papan tulis. selain itu, agar anak dapat lebih berkesan dalam mengenal huruf-huruf yang mirip bentuknya, bisa dengan cara membentuk hurup b, d dan p mengunakan platisin, membentuk dari susunan batu, dan masih lain sebagainya. Terimakasih atas tanyangannya, dapat membantu dan mengispirasi kami🙏

  8. Dari video pembelajaran di atas,terlihat pembelajaran mengenal huruf yang mirip yaitu b,d,p dan q. Menurut saya dalam video di atas guru sudah menjelaskan dengan cara yang kreatif akan tetapi bisa juga guru mengajak anak untuk bereksplorasi denga. Huruf yang mirip dengan menggunakan gerakan tubuh hal itu dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan mudah di ingat anak.

  9. Nama : MIRYANI
    Nim : 856820383
    Saya sudah menonton vidio diatas mengenai anak yang belum bisa membedakan huruf b,d,p,dan q dan saya juga menambah sebenarnya bukan hanya hurup saja yang sulit di bedakan tapi anak didik saya juga sering terbalik dalam menulis nya bukan hanya hurup angka juga sering namun kita ajarkan dengan berbagai upaya agar anak bisa menuliskan nya dengan memberikan contoh huruf yang benar dengan warna yang berbeda kita tuliskan di kertas dan menunjukkan nya dan juga kita sebagai guru memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih nya yang telah dibedakan dengan warna antara huruf tersebut dan untuk yang tulisannya sering terbalik kita suruh anak untuk menulis kedepan lagi sampai bisa.tentunya dengan secara bergantian bagi yang belum bisa.

  10. Nama Elmiyani
    NIM 855842125
    Dalam video tersebut dapat kita lihat guru sedang mengajarkan kepada anak dalam membedakan huruf p,b,dan d menggunakan alat media kartu huruf. Guru sudah semaksimal mungkin untuk membantu anak dapat memahami dalam membedakan huruf namun di sini anak sedikit kurang aktif dan kurangnya komunikasi. Agar anak bisa aktif dan dapat berkomunikasi dengan baik bisa kita lakukan dengan permainan engklek, di dalam kotak itu kita tulis huruf yang akan kita kenalkan kepada anak, dan si anak kita suruh melompat huruf yg kita sebutkan. Di sini menjadi aktif dan juga senang dalam belajar.

Leave a Reply